Berburu Bakso Balung di Bali

Sejak menikah dan menetap di Bali, suami berhasil ‘meracuni’ saya dengan kegiatan berburu bakso. Bakso halal tentunya. Berhubung saya besar di Sumatra Barat, saya tahunya bakso itu ya sebatas bulatan bola-bola daging berbahan sapi atau ayam. Paling senang minta si abang tukang bakso nambahin tetelan yang rasanya kenyal-kenyal enak di lidah. 

Petuah Ogoh-Ogoh Paksi Ireng

Ogoh-ogoh salah satu seni patung tradisional Bali yang terus ada dari masa ke masa. Ini merupakan representasi dari kreativitas anak-anak muda di Pulau Dewata. Ogoh-ogoh berasal dari Bahasa Bali ogah-ogah, berarti sesuatu yang digoyang-goyangkan. Tradisi ini erat dengan Hari Raya Nyepi. Pemuda-pemudi desa berkumpul di depan banjar. Laki-laki bertugas mengangkat ogoh-ogoh, sedangkan perempuan dan anak-anak…

Pasti Happy di Ayodya Oemah Strawberry

Penggemar buah stroberi sangat banyak, termasuk suamiku yang strawberry lovers bangettt. Beli es krim seringnya rasa stroberi, pesan jus di restoran ya jus stroberi, dibikinin roti bakar atau pancake maunya diolesi selai stroberi. 

Nyepi di Muslim Friendly Hotel

Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada 17 Maret 2018. Bali yang biasanya disibukkan lalu lalang turis domestik dan mancanegara beristirahat sejenak dari segala bentuk aktivitas duniawi. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup 24 jam. Pemerintah pusat pun mengamini usulan majelis agama dan keagamaan di Bali untuk memutus koneksi jaringan internet selama berlangsungnya Nyepi,…

Wow! Ada Hotel 3D di Bali

Bali seakan tak pernah berhenti menebar pesona. Orang bilang, ada segudang alasan untuk mengunjungi Pulau Dewata lebih dari sekali. Penduduk ramah dan berbudaya, obyek wisata beragam, ditambah fasilitas akomodasi, terutama hotel yang memanjakan wisatawan semua ada di sini. 

Anakku yang tidak Selalu Manis

“Gimana sih caranya bikin bayi berhenti merengek?” “Kok bayiku gak bisa lama anteng main sendiri ya? Harus bareng aku terus?” “Anakku gak bakalan biarin aku masak atau ngerjain apapun. Melihatku gak ada di sampingnya aja langsung nangis kejer. Lama-lama emaknya bisa gila!” 

Janggan untuk Bali, Indonesia, dan Dunia

Hari masih pagi ketika saya bertemu dengan Bli Kadek Suprapta Meranggi di kediamannya, Sukun Bali Cottage, Sanur. Sesampainya di pintu masuk penginapan yang hanya berjarak 400 meter (m) dari Pantai Sanur itu, saya disambut dengan tapel – kepala hiasan layang-layang tradisional Bali – yang amat besar dan megah. Beberapa detik saya terkesima dengan pesonanya. Belakangan…

Pengamatan Kupu-Kupu di Kemenuh

Cuaca di Bali belum stabil karena masih dalam suasana musim hujan hingga akhir Februari 2018. Panas hujan datang silih berganti. Kami berharap akhir pekan kemarin cerah, tapi tampaknya langit sedikit mendung. Bagaimana jika hujan? Yah, lagi-lagi kami harus liburan di depan televisi. Eit, tunggu dulu. Apa iya kami harus berdiam diri terus di rumah? Apa…

Sandi Kala di Taman Kumbasari

Sore menjelang petang Sabtu (17/2) kemarin, kami berkunjung ke Pasar Badung dan Pasar Kumbasari yang lokasinya berdampingan di Jalan Gajah Mada, Kota Denpasar. Kami memarkir motor di areal parkir seberang Pura Melanting yang lokasinya tak jauh dari kedua pasar tradisional ini. 

#14HariBercerita

Februari selalu istimewa. Tanggal 14 bulan ini, aku dan mas genap empat tahun menikah. Kalo kata orang sih, angka segini masih level tiarap 😁 Bingung mau bikin momen apa buat jadi kenang-kenangan di tahun keempat ini, dan akhirnya terlintas bikin #14haribercerita di Instagramku @muthe_bogara

Sentuhan Rasa Italia di La Cucina

Banyak orang mendadak menjadi ‘foodie’ atau ‘eatie’ ketika menandai (tagging) foto aneka makanan yang diunggah ke Instagram atau Facebook. Dua kata ini sekarang sulit dihindari, terutama ketika Anda sedang menulis artikel tentang makanan dan restoran atau membahasnya di lini masa. Rasanya sulit mengenal cita rasa jika hanya melihat gambar saja. Di Restoran La Cucina, Anda…

Maze Runner: The Death Cure, Layakkah Ditunggu?

Thomas, kamu kemana aja? Gimana kabarnya? Mungkin itu kalimat pertama yang kutanyakan jika seorang Dylan O’Brien berdiri di hadapanku. Faktanya adalah pemeran utama trilogi Maze Runner ini sempat mengalami kecelakaan serius 2016 lalu yang membuat syuting seri terakhir terlambat, sehingga baru dirilis 2,5 tahun kemudian, tepatnya Januari 2018.