Buka Puasa di Restoran Ramah Anak Denpasar

Buka puasa bersama keluarga merupakan momen yang selalu ditunggu di bulan suci Ramadhan. Pekerjaan menumpuk di kantor, undangan buka puasa bersama di tempat lain, kemacetan lalu lintas, atau dinas luar kota membuat rencana buka puasa bersama anak istri ikut tertunda. 

Eat, Play, Learn di Warung Mogan Vegetarian

Jadi vegetarian di Bali sebenarnya gampang. Tempat makannya banyak berjejer di tengah kota, mulai dari Denpasar, Kuta, Canggu, sampai ke daerah-daerah di sembilan kabupaten kota. Susahnya itu menahan nafsu makan buat kembali menjadi omnivora 😀

Avengers Infinity War: Perang Thanos

WARNING: Postingan ini mengandung spoiler Avengers: Infinity War. Bagi yang belum sempat nonton filmnya, mending jangan dibaca dulu ya 😀 

Denpasar Mum Food Market: Tempat Jajanan Tradisional Naik Kelas

Suatu sore di akhir pekan kami sekeluarga mampir di tempat cuci mobil sekitar Jalan Mahendradata, Kota Denpasar. Hari itu kebetulan long weekend. Tempat cuci mobil penuh gara-gara banyak mobil, tapi karyawannya pada cuti. Alhasil kami harus menunggu dulu satu jam. Iseng-iseng kami jalan kaki sebentar sekitar 50 meter dari sana, sambil menunggu mobil selesai dibersihkan….

Berburu Bakso Balung di Bali

Sejak menikah dan menetap di Bali, suami berhasil ‘meracuni’ saya dengan kegiatan berburu bakso. Bakso halal tentunya. Berhubung saya besar di Sumatra Barat, saya tahunya bakso itu ya sebatas bulatan bola-bola daging berbahan sapi atau ayam. Paling senang minta si abang tukang bakso nambahin tetelan yang rasanya kenyal-kenyal enak di lidah. 

Petuah Ogoh-Ogoh Paksi Ireng

Ogoh-ogoh salah satu seni patung tradisional Bali yang terus ada dari masa ke masa. Ini merupakan representasi dari kreativitas anak-anak muda di Pulau Dewata. Ogoh-ogoh berasal dari Bahasa Bali ogah-ogah, berarti sesuatu yang digoyang-goyangkan. Tradisi ini erat dengan Hari Raya Nyepi. Pemuda-pemudi desa berkumpul di depan banjar. Laki-laki bertugas mengangkat ogoh-ogoh, sedangkan perempuan dan anak-anak…

Pasti Happy di Ayodya Oemah Strawberry

Penggemar buah stroberi sangat banyak, termasuk suamiku yang strawberry lovers bangettt. Beli es krim seringnya rasa stroberi, pesan jus di restoran ya jus stroberi, dibikinin roti bakar atau pancake maunya diolesi selai stroberi. 

Nyepi di Muslim Friendly Hotel

Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada 17 Maret 2018. Bali yang biasanya disibukkan lalu lalang turis domestik dan mancanegara beristirahat sejenak dari segala bentuk aktivitas duniawi. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup 24 jam. Pemerintah pusat pun mengamini usulan majelis agama dan keagamaan di Bali untuk memutus koneksi jaringan internet selama berlangsungnya Nyepi,…

Wow! Ada Hotel 3D di Bali

Bali seakan tak pernah berhenti menebar pesona. Orang bilang, ada segudang alasan untuk mengunjungi Pulau Dewata lebih dari sekali. Penduduk ramah dan berbudaya, obyek wisata beragam, ditambah fasilitas akomodasi, terutama hotel yang memanjakan wisatawan semua ada di sini. 

Anakku yang tidak Selalu Manis

“Gimana sih caranya bikin bayi berhenti merengek?” “Kok bayiku gak bisa lama anteng main sendiri ya? Harus bareng aku terus?” “Anakku gak bakalan biarin aku masak atau ngerjain apapun. Melihatku gak ada di sampingnya aja langsung nangis kejer. Lama-lama emaknya bisa gila!” 

Janggan untuk Bali, Indonesia, dan Dunia

Hari masih pagi ketika saya bertemu dengan Bli Kadek Suprapta Meranggi di kediamannya, Sukun Bali Cottage, Sanur. Sesampainya di pintu masuk penginapan yang hanya berjarak 400 meter (m) dari Pantai Sanur itu, saya disambut dengan tapel – kepala hiasan layang-layang tradisional Bali – yang amat besar dan megah. Beberapa detik saya terkesima dengan pesonanya. Belakangan…

Pengamatan Kupu-Kupu di Kemenuh

Cuaca di Bali belum stabil karena masih dalam suasana musim hujan hingga akhir Februari 2018. Panas hujan datang silih berganti. Kami berharap akhir pekan kemarin cerah, tapi tampaknya langit sedikit mendung. Bagaimana jika hujan? Yah, lagi-lagi kami harus liburan di depan televisi. Eit, tunggu dulu. Apa iya kami harus berdiam diri terus di rumah? Apa…