Pengamatan Kupu-Kupu di Kemenuh

Cuaca di Bali belum stabil karena masih dalam suasana musim hujan hingga akhir Februari 2018. Panas hujan datang silih berganti. Kami berharap akhir pekan kemarin cerah, tapi tampaknya langit sedikit mendung. Bagaimana jika hujan? Yah, lagi-lagi kami harus liburan di depan televisi. Eit, tunggu dulu. Apa iya kami harus berdiam diri terus di rumah? Apa…

Sandi Kala di Taman Kumbasari

Sore menjelang petang Sabtu (17/2) kemarin, kami berkunjung ke Pasar Badung dan Pasar Kumbasari yang lokasinya berdampingan di Jalan Gajah Mada, Kota Denpasar. Kami memarkir motor di areal parkir seberang Pura Melanting yang lokasinya tak jauh dari kedua pasar tradisional ini.ย 

#14HariBercerita

Februari selalu istimewa. Tanggal 14 bulan ini, aku dan mas genap empat tahun menikah. Kalo kata orang sih, angka segini masih level tiarap ๐Ÿ˜ Bingung mau bikin momen apa buat jadi kenang-kenangan di tahun keempat ini, dan akhirnya terlintas bikin #14haribercerita di Instagramku @muthe_bogara

Sentuhan Rasa Italia di La Cucina

Banyak orang mendadak menjadi โ€˜foodieโ€™ atau โ€˜eatieโ€™ ketika menandai (tagging) foto aneka makanan yang diunggah ke Instagram atau Facebook. Dua kata ini sekarang sulit dihindari, terutama ketika Anda sedang menulis artikel tentang makanan dan restoran atau membahasnya di lini masa. Rasanya sulit mengenal cita rasa jika hanya melihat gambar saja. Di Restoran La Cucina, Anda…

Maze Runner: The Death Cure, Layakkah Ditunggu?

Thomas, kamu kemana aja? Gimana kabarnya? Mungkin itu kalimat pertama yang kutanyakan jika seorang Dylan O’Brien berdiri di hadapanku. Faktanya adalah pemeran utama trilogi Maze Runner ini sempat mengalami kecelakaan serius 2016 lalu yang membuat syuting seri terakhir terlambat, sehingga baru dirilis 2,5 tahun kemudian, tepatnya Januari 2018.ย 

Berayun Manja di Basangbe Adventure Park

Wahana sky swing atau berayun di ketinggian semakin populer di Indonesia. Bandung misalnya terkenal dengan Sky Swing The Lodge Maribaya yang memberikan sensasi berayun sambil menghadap jurang.

Terpikat Pesona Lembah Tanah Wuk

Gantungan bola warna-warni bak pelangi menarik perhatian kami dari kejauhan, kurang lebih 1,5 kilometer (km) dari Hutan Kera atau Alas Pala Desa Sangeh, Kabupaten Badung, Bali. Kami serasa pernah melihatnya di Instagram. Belakangan kami ketahui itu adalah obyek wisata Tanah Wuk yang berada di lembah Sungai Yeh Penet.

Godog Lidah di Bakmi Goepel

Kamu yang tengah berada di Pulau Dewata mungkin merindukan berbagai kuliner khas Solo, terutama bakmi. Di mana warung yang enak untuk menikmatinya di Bali? Jawabannya mungkin subyektif, tapi menurutku ada satu tempat di Denpasar yang perlu kamu kunjungi, yakni Bakmi Goepel.ย 

Mencecap Rasa di Sudut Desa Visesa

Apa yang membedakan kehidupan di alam dengan rumah beton atau gedung perkantoran? Jawabannya alam bisa menenangkan, menghilangkan stres, seolah menempatkan kita pada mesin waktu di mana kita bisa meninggalkan sejenak hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas pekerjaan.ย 

Memuji Seni Bali Lewat Museum Puri Lukisan

Pemiskinan budaya Bali menjadi satu kekhawatiran seniman-seniman di Pulau Dewata tempo doeloe. Sejumlah tokoh kemudian berinisiatif mendirikan perkumpulan seniman bernama Pitamaha pada 1936. Mereka yang mendirikan Pitamaha, antara lain Tjokorda Gde Agung Sukawati (Raja Ubud), Walter Spies (pelukis asal Jerman, 1895-1942), dan Rudolf Bonnet (pelukis asal Belanda, 1895-1978). Misi yang mereka usung adalah melestarikan seni…

Mengubah Sejarah September 1965 Lewat Fiksi

Penafsiran sejarah kudeta politik 1965 di Indonesia semakin beragam setelah keran demokrasi terbuka pascareformasi. Orang-orang bermunculan menceritakan kekerasan Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia atau lebih dikenal dengan G30S PKI dengan versi masing-masing. Banyak rantai sejarah terputus dan seolah tabu dikupas tuntas sampai sekarang. Dalam acara bincang sore di Taman Baca Kesiman, Denpasar beberapa…

Melipir ke Angkringan Dua Djempol, Denpasar

Anak-anak muda hingga orang tua punya kebiasaan nongkrong di angkringan, entah itu sekadar mampir minum kopi dan makan gorengan, atau pertemuan terjadwal bersama kawan kerabat. Angkringan menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas yang menyenangkan, sembari mengisi perut yang kelaparan. Angkringan yang sederhana, murah, enak selalu dicari di berbagai daerah, tak terkecuali Kota Denpasar. Di sepanjang Jalan…