Perkuat Inner Strength Anak Lewat Biskuat Academy 2022


Semua orang kenal Cristiano Ronaldo, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana masa lalunya. Ronaldo mengantar tim nasional Portugal meraih gelar juara Piala Eropa 2016. Siapa sangka catatan kehidupan Ronaldo tak secemerlang dirinya sekarang.

CR7 pernah dikeluarkan dari sekolah gara-gara dicap anak nakal. Sang guru yang seharusnya menjadi panutan malah menghina keluarga Ronaldo yang miskin. Ibu Ronaldo seorang tukang masak, sedang ayahnya tukang kebun.

Ronaldo sempat menjadi anak yang tak diinginkan. Sang ibu sempat berencana mengaborsi kehamilannya. Niat tersebut dia urungkan karena agamanya, Katolik melarang perempuan melakukan aborsi.

Sang ayah meninggal dunia karena penyakit liver akibat kecanduan alkohol. Saat berumur 11 tahun, Ronaldo harus meninggalkan kampung halaman sejauh 972 kilometer (km) demi mengejar mimpi ke kota. Dia bergabung dengan akademi Sporting Club de Portugal.

Setiap malam, bertahun-tahun, Ronaldo menangis karena terpisah dari ibunya. Namun, itu Ronaldo dahulu. Lihatlah Ronaldo sekarang yang menjelma menjadi salah satu pesepak bola dunia terhebat yang pernah ada. Lima trofi Ballon d’Or pernah diraihnya.

Kekuatan dan semangat dalam diri Ronaldo juga dia tularkan kepada Martunis, anak angkatnya yang berkebangsaan Indonesia. Martunis dahulunya adalah bocah tujuh tahun yang terombang-ambing selama 21 hari di lautan usai tragedi tsunami Aceh, 26 Desember 2004.

Martunis digulung ombak saat sedang bermain bola bersama teman-temannya. Dia sempat memanjat pohon untuk bertahan hidup kemudian terbawa arus laut dan akhirnya terdampar di rawa-rawa yang ditemukan dalam keadaan selamat. Saat itu, Martunis mengenakan jersey Tim Nasional Portugal. Kini, Martunis tumbuh menjadi pesepak bola profesional sebagaimana ayah angkatnya.

Ada lebih banyak anak di luar sana yang tidak bisa mengikuti jejak Cristiano Ronaldo. Mereka gagal. Mereka tidak berhasil karena menyerah sebelum waktunya.

Dalam hidup, ada yang jatuh, tetapi mampu bangkit lagi. Ada yang jatuh, tetapi tak bisa keluar dari jeratan kelam, bahkan tenggelam dalam masalah yang jauh lebih kompleks.

Inilah yang namanya inner strength atau kekuatan baik dari dalam diri yang penting ditanamankan pada diri anak-anak kita. Kita tentu tak ingin membesarkan Ronaldo Ronaldo lain dengan kisah kelam masa kecil, tetapi kita harus memastikan bahwa apa pun yang terjadi dalam hidup anak-anak kita, mereka akan menghadapinya dengan semangat juara dan menjadi lebih kuat.

Izinkan saya berbagi pengalaman kecil dari putri saya, Maetami yang berusia enam tahun. Pengalaman ini mungkin pernah dihadapi sebagian besar anak di tahap-tahap awal masuk sekolah atau setidaknya sekali dalam kehidupan studi mereka.

Suatu hari di sekolah, putri saya bertengkar kecil dengan teman sebangkunya. Temannya itu rupanya lebih kesal dari putri saya sehingga ketika putri saya amarahnya sudah mereda di hari sama, temannya ternyata belum.

Keesokan harinya, di sekolah, teman putri saya rupanya memengaruhi murid-murid perempuan lain supaya tidak bermain dengan putri saya. Insting pertama putri saya ketika menangkap basah teman sebangkunya yang menghasut murid-murid perempuan lain adalah menangis dan berdiam diri di kelas.

Putri saya bahkan menangis di rumah sampai akhirnya saya bertanya dan mengetahui apa yang terjadi di sekolah. Dia bilang, dia tak mau sekolah karena semua teman tak mau lagi bermain dengannya.

Respons menangis atau melarikan diri seperti ini sangat wajar. Ini adalah emosi yang khas ketika seorang anak merasa diasingkan dan dikhianati, terlebih oleh teman sendiri.

Keesokan harinya, saya mengantarkan putri saya ke sekolah. Di depan gerbang, saya katakan padanya untuk berinisiatif meminta maaf kepada teman sebangkunya yang tak sengaja menyakitinya. Barangkali masih ada perasaan kesal teman putri saya terhadap putri saya karena tak ada yang berinisiatif meminta maaf lebih dahulu.

Saya tekankan pada si kakak bahwa minta maaf bukan berarti kalah. Minta maaf bukan berarti rendah diri, melainkan menunjukkan kebesaran diri dan kebaikan hati. Putri saya mengiyakan dan berjanji setelah hari itu dia tak akan lagi bermasalah dengan teman-temannya.

Saya begitu bangga dengan keberanian putri saya. Situasi kembali baik setelah itu. Pulang sekolah, wajahnya ceria dan dia sudah lupa kejadian sehari dua hari sebelumnya. Rasanya seperti si kakak baru saja memenangkan sebuah peperangan besar. Putri saya dan semua teman-teman perempuannya kembali bermain bersama.

Kisah putri saya ini adalah narasi sederhana yang mengajarkannya pelajaran penting tentang menghadapi tantangan di masa depan. Anak belajar mengatasi tantangan-tantangan kecil supaya bisa berurusan dengan tantangan-tantangan besar di kehidupan masa depannya nanti.

Apa itu inner strength?

Inner strength adalah kekuatan baik dari dalam atau kekuatan mental yang tercermin dengan kekuatan karakter yang ada pada setiap anak, antara lain pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri.

Kuat dari dalam berarti anak memiliki cadangan sumber daya untuk menghadapi kesulitan apa pun yang mungkin dia temui. Apa saja sumber dayanya? Ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap berani dalam diri.

Anak-anak tidak mudah putus asa dan tidak mudah menyerah menjalani masa-masa sulit. Anak-anak percaya pada diri sendiri dan bangkit kembali dari kegagalan. Anak-anak berani membuat pilihan dan mengatasi masalah dengan mencari solusinya.

Anak-anak dengan inner strength kuat cenderung tumbuh lebih sehat, lebih bahagia, lebih percaya diri, penuh kasih sayang, menyenangkan, dan optimis ketika dewasa. Mereka tidak mudah terpengaruh pergaulan teman sebaya, selalu berpegang teguh pada moral, dan memberi pengaruh positif bagi lingkungan sekitarnya.

Inner strength membantu anak mengetahui siapa dirinya dan menyediakan ruang yang nyaman untuk mengekspresikan diri. Berikut adalah bentuk-bentuk dukungan orang tua untuk membangun inner strength anak.

1. Besarkan anak seutuhnya

Hal terpenting membantu anak kita mengembangkan inner strength adalah pengasuhan positif. Bayangkan bagaimana kita ingin didukung penuh cinta untuk meraih tujuan, begitu juga yang diinginkan anak kita.

Sebagai orang tua, kita perlu mengembangkan tubuh, pikiran, dan intelektual anak secara seimbang. Fokus pada nutrisi, olah raga, dan perkembangan otak mereka dan pada saat sama bantu mereka menjadi kuat secara emosional, nyaman dengan diri sendiri, dan siap menghadapi situasi penuh keberanian juga tekad.

2. Ciptakan lingkungan kondusif

Berikan anak kita cinta tanpa syarat dengan berbagai stimulasi untuk bertumbuh dan berkembang. Dorong anak menemukan potensinya. Bantu mereka mengekspresikan bakat dan minat alami mereka.

Orang tua kadang tergoda untuk selalu mendisiplinkan anak. Disiplin, ketika dilakukan dengan cinta, itu bisa mendorong anak berinisiatif mendisplinkan diri di masa depan. Kita tak boleh lupa, hal yang kita disiplinkan adalah perilaku anak bukan emosinya.

3. Ajarkan anak self acceptance dan tetap bersikap positif

Masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangan. Bantu mereka menerima diri dengan segala kekuatan dan kelemahannya. Jangan berekspektasi berlebihan terhadap anak dengan membanding-bandingkan mereka dengan anak lain atau hal-hal yang tak perlu.

Selalu ajarkan anak berpandangan positif melihat segala hal. Padangan pesimis hanya menghilangkan harapan.

Apa pun yang terjadi, anak harus memiliki keyakinan, “Saya bisa melakukannya. Saya bisa menghadapinya.” Tanamkan keyakinan positif ini sebagai kunci mereka menuju kehidupan bahagia.

4. Selalu siap menghadapi keputusan sulit

Orang tua perlu belajar objektif mengevaluasi kebutuhan anak. Pada titik tertentu, kita akan berhadapan dengan dua pilihan sulit, seperti antara menahan atau melepaskannya, antara mendisiplinkan dengan memberikan anak kebebasan, antara melindungi anak atau membiarkan mereka mengambil risiko, antara memberi anak ruang dan privasi atau aktif terlibat dalam setiap pengambilan keputusan mereka.

5. Dorong anak untuk mandiri

Seorang anak akan terus mencari cara untuk menjadi lebih mandiri. Beri anak kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru agar mereka berprestasi dan percaya diri dengan kemampuannya.

6. Biarkan anak melakukan kesalahan

Pengalaman adalah guru paling berharga. Waktu paling signifikan untuk anak belajar adalah saat mereka membuat kesalahan.

Kesalahan memberi anak kesempatan mengembangkan strategi untuk mengatasi kegagalan. Kesalahan adalah ladang untuk menumbuhkan kekuatan anak mengatasi tantangan hidup.

7. Kenalkan anak dengan berbagai aktivitas positif

Beri anak kesempatan menjelajahi berbagai aktivitas positif, kemudian lihat mana yang paling membuatnya semangat. Pengalaman ini memberi anak wawasan positif tentang bakat alaminya dan membantu anak mengenal diri lebih dalam.

Anak akan menyadari dia suka atau tidak suka dengan hobi tertentu. Anak akan menemukan kekuatan dan kelemahannya. Anak akan mengetahui bakat alami yang membuatnya senang, merasa selaras dan percaya diri.

8. Tingkatkan fokus anak

Anak-anak harus belajar fokus sebab pada keadaan sulit, seseorang harus fokus pada masalah yang dihadapi. Jika anak tidak fokus dan konsentrasinya mudah teralihkan, mereka kelak kesulitan menangani situasi.

Anak perlu memikirkan solusi bahkan di saat krisis. Kehilangan keberanian berarti kalah dalam pertempuran kehidupan.

9. Daftarkan anak ke klub atau kelompok olah raga

Olah raga memupuk semangat, membangun kepercayaan diri sekaligus penerimaan diri sehingga anak bisa menjadi dirinya seutuhnya. Ada banyak jenis olah raga yang bagus untuk menumbuhkan inner strength anak, salah satunya sepak bola.

Sepak bola bukan hanya permainan olah raga, tetapi visualisasi inner strength seseorang. Saat anak-anak bermain sepak bola, mereka pasti menggabungkan kekuatan tubuh, pikiran, fokus, mental, dan inspirasi.

Tubuh anak adalah konduktor untuk menciptakan pikiran yang kuat. Ketika anak sesungguhnya lelah secara fisik, dia tak boleh lelah secara mental. Inner strength lah yang membuat anak tangguh sehingga sulit membuatnya jatuh dan menyerah sebelum menggapai gerbang keberhasilan.

Inilah semangat yang ditanamkan pelatih yang akrab dipanggil Bang Aji dalam video berdurasi satu menit di atas. Bang Aji adalah pelatih sepak bola yang dalam perjalanan kariernya 35 tahun terakhir berhasil mengantar sejumlah anak didiknya menjadi pemain tim nasional.

Kita ambil contoh lainnya. Tidak sekali dua kali, tidak satu dua orang megabintang sepak bola gagal mencetak gol saat berurusan dengan tendangan penalti.

Inner strength mendorong seseorang fokus pada tujuan. Ketika itu terganggu, kita bisa melihat banyak contoh kegagalan.

Lionel Messi salah satu daftar legenda yang gagal mengeksekusi penalti pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2018. Saat itu, Argentina tengah berhadapan dengan Islandia.

Messi berjalan dengan linglung. Dia gagal mencetak gol dari titik penalti yang hanya berjarak sekitar 11 meter, dengan hanya kiper saja yang harus dia kalahkan. Islandia kala itu bermain imbang 1-1 melawan Argentina yang perkasa.

Tekanan dari kanan kiri membuat Messi membeku di depan gawang. Hal sama juga pernah dialami Diego Maradona (Piala Dunia 1990), Michel Platini dan Zico (Piala Dunia 1986), dan Roberto Baggio (Piala Dunia 1994).

Inner strength mengajarkan kita bahwa kegagalan dan kekecewaan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Itulah hidup yang bergerak naik turun bagaikan roller coaster.

Kisah Messi di atas mengajarkan kita bahwa tidak apa-apa untuk gagal selama kita telah mencoba yang terbaik. Jangan berhenti mencoba karena kita tak tahu pada kali ke berapa kita akan menang.

Selain membutuhkan skill agar menjadi pesepak bola andal, generasi muda juga perlu memiliki karakter kuat dan positif. Olah raga sepak bola mengembangkan berbagai kekuatan dari dalam diri anak saat berinteraksi dengan orang lain juga diri sendiri.

Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olah raga bagi anak Indonesia. Tujuannya mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger.

Biskuat percaya bahwa setiap anak memiliki inner strength untuk mengembangkan masa depan. Tugas orang tua mendukung hal terbaik dalam diri anak di masa pertumbuhannya.

Biskuat mengajak orang tua di Indonesia untuk menciptakan #GenerasiTiger, generasi yang memiliki karakter tangguh, baik hati, pemberani, dan percaya diri.

Tahun ini, Biskuat Academy 2022 kembali hadir. Pas banget nih, momennya berdekatan dengan Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Qatar.

Apa saja persyaratan peserta (anak) yang mengikuti program ini?

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di wilayah Indonesia
  • Bukan merupakan karyawan serta anggota keluarga dari karyawan PT Mondelez Indonesia Trading, bukan afiliasinya, agensi, pemasok, atau vendor yang terkait dengan penyelenggaraan program.
  • Memenuhi seluruh ketentuan dan syarat ketentuan.
  • Menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi dari Mondelez Indonesia.

Bagaimana mekanisme program dan cara mengikutinya?

Pertama, beli biskuat kemasan khusus. Kamu bisa beli salah satu paket Biskuat rasa apa saja, seperti tertera di bawah ini, kemudian temukan kode unik yang tertera di belakang kemasan.

  • 1 Biskuat 121,6 gram
  • 1 Biskuat 60,8 gram
  • 2 Biskuat 22,8 gram
  • 2 Biskuat 7,6 gram

Kedua, daftar via WhatsApp dengan mengirimkan pesan ke nomor 081212225919. Ikuti Ikuti instruksi yang diberikan tim Biskuat melalui WhatsApp untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022.

Ketiga, peserta akan diminta menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi yang merupakan syarat wajib untuk melanjutkan registasi.

Keempat, peserta akan diminta mengisi data diri dan mengirimkan kode unik. Jika kamu beli Biskuat dari Alfamart pada Oktober, kamu akan diminta foto struk pembelian untuk mengikuti undian khusus Alfamart.

Kelima, 1 (satu) orang tua atau wali boleh mendaftarkan lebih dari satu anak dengan nomor telepon sama, tetapi dengan pembelian paket Biskuat berbeda.

Keenam, validasi atas kode promo akan dilakukan maksimal 3×24 jam oleh pihak Biskuat.

Ketujuh, akses login yang diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy dapat dipakai untuk seluruh kelas, yaitu enam kelas.

Kedelapan, semua kelas Biskuat Academy 2022 dilakukan secara online di http://www.biskuatacademy.com

Kesembilan, semua peserta Biskuat Academy 2022 akan mendapatkan e-sertifikat.

Apa saja hadiahnya?

Biskuat Academy 2022 menyajikan hadiah utama berupa kesempatan tur ke Stadion Bola Internasional di Eropa. Ada juga hadiah mingguan dan hadiah hiburan.

  • Hadiah utama untuk satu pemenang, yaitu tur Stadion Bola Internasional bersama satu pendamping.
  • Hadiah Top 10 untuk 10 finalis Biskuat Academy 2022, yaitu uang tunai sebesar Rp 5 juta untuk masing-masing pemenang.
  • Hadiah Top 20 untuk 20 finalis Biskuat Academy 2022, berupa kaos kaki Biskuat, topi Biskuat, backpack Biskuat, jersey Biskuat, dan bola Biskuat.
  • Hadiah mingguan untuk 20 pemenang setiap minggu akan mendapatkan salah satu hadiah, yaitu bola Biskuat atau voucher Rp 100 ribu.

Siapa saja pelatih dan pro-player yang bergabung dalam Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022?

  • Timo Scheunemann, pelatih sepak bola dengan lisensi kepelatihan UEFA Pro A yang sudah bergabung dengan Biskuat Academy sejak 2020.
  • Andik Vermansyah, pemain Timnas Indonesia dan Klub Bhayangkara FC di Liga 1 Indonesia. Andik sempat meraih prestasi sebagai runner-up di Piala AFF 2010 dan 2016.
  • Gavin Kwan Adsit, pesepak bola profesional yang bermain di Liga 1 bersama Persis Solo.
  • Indriyanto Nugroho, eks-pesepakbola Indonesia yang bermain sebagai striker Persepam Pamekasan. Dia juga pernah bermain di Italia.
  • Matias Ibo, seorang fisioterapis pertama di Timnas Indonesia dan di dunia sepak bola Indonesia.

Biskuat Academy 2022 kesempatan emas bagi orang tua untuk mendukung potensi anak melalui bidang non-akademik, yaitu olah raga sepak bola. Tunggu apa lagi? Kesempatan besar masih terbuka sampai 15 Januari 2023. Ayo, jadi #GenerasiTiger di Biskuat Academy 2022!


60 responses to “Perkuat Inner Strength Anak Lewat Biskuat Academy 2022”

  1. Anak-anak dengan inner strength kuat cenderung tumbuh lebih sehat, lebih bahagia, lebih percaya diri, penuh kasih sayang, menyenangkan, dan optimis ketika dewasa

    =======

    Setuju banget dengan pernyataan ini. menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk mengoptimalkan inner strength ini agar potensi anak dapat berkembang dengan baik

    Like

  2. Saya juga sama Christianity Ronaldo. Jiwa sosialnya tumbuh. Gak nyangka ya jika masa kecilnya bikin sedih. Rata rata orang sukses dulunya punya masa lalu menyedihkan. Ini bisa jadi pelajaran berharga buat kita untuk terus semangat menggapai cita cita dan pantang menyerah. Salah satunya dengan memperkuat inner strength.

    Like

    • Semakin kuat kehidupan menghimpit kita ke bawah, daya lenting kita makin tinggi. Konsepnya seperti pegas ya mba. Makin ditekan ke bawah, begitu lepas, langsung meroket. Begitulah latar belakang Cristiano Ronaldo yang bisa kita petik sebagai pelajaran.

      Like

  3. waah kebetulan sekali nih anak pertama saya sangat suka sepakbola, auto daftarin Biskuat academy dong. masih buka sampai januari tahun depan ya. anak saya pasti suka, sekaligus menjadi kesempatan saya untuk inner strenght anak saya

    Like

  4. Bener banget. Mendukung tumbuh kembang anak juga perlu dengan ngajak masuk klub2 hobi biar bisa berkembang.

    Misal suka bola masukin klub sepak bola ya, mba. Kalau suka masak ajakin klub masak juga bisa ya.

    Kayak Biskuat Academy ini ya, bisa jadi ajang anak2 belajar jadi lebih hebat dan tangguh.

    Like

  5. Salah satu tugas berat orang tua adalah menggali potensi anak sekaligus inner strengh nya. Kadang orang tua tidakbisa menerima kenyataan bahwa inner strengh anaknya tidak sesuai sengan yang diharapkan.

    Like

    • Parenting atau pola pengasuhan orang tua sekarang enggak bisa lagi kayak kita dahulu ya mba. Dahulu orang tua banyak yang ‘memaksakan’ anak menjadi seperti apa yang orang tua inginkan. Kalau sekarang, tugas orang tua hanya mengarahkan, mengeskpos mereka ke berbagai hobi, hasil akhirnya biarkan mereka memilih sendiri jalan yang mereka mau.

      Like

  6. Semoga dengan adanya Biskuat academy, inner strength anak tumbuh dan terbentuk dengan baik, maka semakin banyak anak-anak yang dapat menggapai mimpinya seperti langkah CR7.

    Like

  7. wow pelatihnya gak kaleng-kaleng ya?
    Biskuat tahu, anak harus ditempa agar bisa menerima kekalahan
    Saya ikut nonton tragedi Messi dan waktu itu ikut gemess …hehehe

    Like

    • Dan terjadi lagiiiiiii beberapa malam lalu di Qatar ya ambu. Messi gagal menang bersama Argentina. Kalah 1-2 dari Saudi Arabia. Duh, Messi oh Messi. Tapi mental Messi emang kuat banget. Saya yakin dia enggak segampang itu menyerah di awal. Pertandingan berikutnya pasti semangat lagi.

      Like

  8. Biskuat Academy 2022 ini bagus dan menarik sekali, akademi sepakbola online yang diharapkan bisa melatih anak-anak hebat untuk menjadi pemain bola di masa mendatang. Semoga program ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar

    Like

  9. Inner strength pengaruhnya luar biasa ya, Mbak. Inner strength didapatkan dari cara anak bersosialisasi dan mengatasi masalah yang dihadapi.
    Terlebih lingkungan juga berpengaruh untuk minat non akademik anak. Pas banget Biskuat dengan program Biskuat Academy memfasilitasi anak Indonesia untuk bisa mengembangkan minatnya dalam sepak bola, yeay!

    Liked by 1 person

    • Lingkungan itu bisa menjadi dua mata pisau, bisa mendukung anak, bisa juga menjatuhkan anak. Hal yang membedakan adalah mental atau daya tahan anak kita. Inilah tugas kita sebagai orang tua untuk memperkuat inner strength anak, khususnya sikap berani, percaya diri, tangguh, dan baik hati.

      Liked by 1 person

  10. Banyak bintang lahir dari kehidupan yang berat dan susah ya, Mbak. Salah satunya Ronaldo ini. Sekarang siapaa yang ngga kenal dia ya. Jangankan penggemar bola, emak2 macam saya aja tau, hehee

    Dukungan orang tua untuk anak agar bisa tumbuh berkembang dan percaya diri itu penting bangeet. Salah satunya mengikutsertakan dalam Biskuat Academy ini…

    Like

    • Dan Ronaldo punya anak angkat dari Indonesia, Martunis, yang jadi korban selamat dari peristiwa tsunami Aceh. Dia ditemukan memakai kostum bola CR7. Ronaldo berhasil memperkuat inner strength Martunis sampai sekarang anak angkatnya itu sudah menjadi pemain bola profesional.

      Like

  11. Dari beberapa waktu yang lalu dengar istilah inner strength, baru ngeh bahwa itu toh maksudnya. Trus ku langsung mikir, kilas balik lagi, apakah saya sudah mendukung anak-anak di rumah dalam hal inner strengthnya atau jangan-jangan sebaliknya. Soalnya kalau dipikir-pikir, masa kecil saya dulu ya part inner strength ini rasa-rasanya ga kebangun, saya pengennya jadi apa.. ortu pengennya apa..

    Like

  12. Anak-anak biasanya mengalami perasaan diabaikan teman atau dikucilkan. Beberapa sembuh dengan sangat cepat, beberapa menyimpannya dalam hati. Saya dulu sering ngasih anak uang saku lebih dengan pesan anak yang nakalin itu harus ditraktir. Setelah 2-3 kali, mereka sahabatan sampai sekarang.

    Like

  13. Namanya juga anak kecil ya. Nemu temannya menghasut teman-teman lain untuk nggak main sama dia tentu dia jadi berpikir. Buat apa lagi ke sekolah kalau nggak ada yang mau main dengannya.

    Kakak Maetami hebat.

    Like

    • Iya, Mba Yuni. Enggak salah anak kecil itu disebut homo ludens, manusia yang suka bermain. Memang usianya putri saya sedang senang-senangnya berkawan. Jadi, begitu tahu crash dengan teman sebangkunya, semangatnya gampang down. Untung aja udah baikan sekarang.

      Like

  14. Pembahasan soal pendidikan dan tumbuh kembang anak tuh selalu menarik. Pandangan akan hal ini juga beragam. Mulai dari isu tentang akhlak, akademik hingga kesehatan fisik dan mental.

    Baca artikel ini jadi mengingatkan akan pentingnya inner strength yang sesungguhnya sudah bersarang di dalam diri semua anak sedari kecil. Hanya saja perlu ketemu kesempatan, pendidik dan pengaruh yang tepat untuk muncul ke permukaan. Bisa jadi juga triggernya datang dari lingkungan atau organisasi yang aware akan topik yang penting ini.

    Like

  15. MashaAllah~
    Suka banget mengenai inner strength yang harus ditumbuhkan pada anak. Karena kemudahan teknologi dan sosial media, seringkali anak mudah stres dan depresi. Semoga dengan melatih anak-anak denganc cara yang benar seperti Program Biskuat Academy begini, anak-anak semakin banyak belajar mengenai cara menghadapi masalah dan keterampilan lainnya.

    Like

      • Bekal yang baik ketika bergabung di Biskuat Academy 2022, karena tidak hanya menumbuhkan bakat anak-anak di bidang olahraga terutama sepakbola, tetapi juga di bagian inner strenght ini.

        Semoga anak-anak bisa maju dan berkembang sesuai dengan minatnya.

        Like

  16. Pernah liat video CR yang terpatah-patah ngomong Inggris, trus kisah hidupnya yang inspiratif sampai yang terbaru, IGnya jadi IG paling banyak difollow orang. 501 juta orang follow, wow!

    Dan dari jalan hidup CR jadi ngeh soal dia yang memaksimalkan inner strengthnya itu ya. Dan gak menutup kemungkinan dari Biskuat Academy akan lahir CR-CR baru lainnya.

    Like

  17. ternyata semudah itu ikut Biskuat Academy ya?
    informasi yang dicari tetangga saya
    anaknya dan teman anaknya suka banget main bola
    tapi ngerasa hopeless karena di sini gak ada ssb

    Like

  18. Saya tidak begitu tahu nama-nama pemain sepak bola karena memang bukan penikmat bola, tapi kalau nama Christiani Ronaldo, pasti tahu. Dia menjadi salah satu figur yang dapat membuktikan kalau untuk menjadi sukses tidak harus melalui jalur akademis saja, melainkan jalur lainnya seperti menjadi pemain bola profesional pun bisa untuk memiliki nama yang dikenal dan dikenang oleh dunia.

    Like

  19. Saya baru tahu kisah CR7 ini saat baca di blognya Mba Mutia. Memang seseorang yang sukses itu punya lika-liku perjalanan hidup yang nggak mudah. Penting banget ya Kita support minat dan bakat anak. Saya jadi kepikiran buat masukin anak ke klub sepakbola.

    Like

  20. Baca artikel ini jadi makin tahu inner strength yang harus ditumbuhkan pada anak. Perlu banget nih anak2 buat ikutan Biskuat Academy. Biar makin pinter dan terasah bakatnya

    Like

  21. Inner strength dalam diri anak harus doperhatikan betul oleh orang tua ya, sehingga bisa jadi anak berkarakter. Btw keren nih Biskuat bisa adakan Biskuat Academy

    Like

  22. Aih seru ini..cukup beli biskuat, berkesempatan mengikuti Biskuat Academy 2022. Sukses terus deh buat Biskuat yang sudah mengadakan gelaran ini di tahun keempat. Saya zaman sekolah SMA dan kuliah dulu pun emang udah suka nih Biskuat, waktu itu sukanya yang varian cokelat.

    Like

  23. Jadi tercerahkan apa itu inner strength dalam diri anak. Setuju banget harus distimulasi agar anak bisa berjiwa tegar, lapang dada, dan sportif. Bukan menjadi sosok manusia yang lemah dan pengecut. Btw, Biskuat Academy untuk usia sampai berapa tahun? Kebetulan anak tetangga suka banget main bola

    Like

  24. Minta maaf bukan berarti rendah diri, melainkan menunjukkan kebesaran diri dan kebaikan hati. ..keren nih.

    Wah, Uni banyak hafal pemain bola dan kisahnya. Keren…

    Tips menumbuhkan inner strength juga sangat bagus. Pastinya anak-anak yang punya orang tua paham dengan hal ini bakal punya generasi penerus yang kuat.

    Bagus banget nih konsep Kekuatan Dari Dalam yang diusung Biskuat Academy… Saya sudah daftarkan si sulung. Saat ini dia sedang mengunyah-ngunyah menu latihan yang diakses di website Biskuat Academy…

    Makasih banyak artikelnya kak. Keren!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: