Makanan Sehat Buat Anak tak Harus Mahal

Satu bulan menjelang Maetami MPASI, sebagai ibu baru saya berselancar di dunia maya. Follow akun Instagram para mom seleb, dokter anak, sampai join banyak grup di Facebook. Tujuan saya sederhana, yaitu belajar, catat, dan contek menu-menu makanan sehat buat anak.

Namanya juga ibu yang baru punya anak pertama. Semangat masih 45. Obsesi memberikan nutrisi terbaik untuk anak selalu membara.

Masih teringat 2016 itu saya punya buku catatan khusus tentang MPASI. Saya juga beli 1-2 buku cetak tentang menu-menu MPASI anak.

Puas?

Pas membacanya sih puas banget.

Begitu mempraktikkan di dapur?

Nah ini, baru deh saya kaget. Emak rasanya digetok pakai panci teflon.

Alasannya, keluarga kecil saya adalah keluarga sederhana. Segala bentuk pengeluaran bulanan selalu saya catat di notes khusus. Begitu saya cek, ternyata biaya makan bayi saya yang masih mungil itu selama sebulan setara dengan biaya makan saya berdua sama suami selama sebulan.

Menu-menu makan anak saya 1-2 bulan pertama MPASI mahal dan mewah banget. Sangat mudah mendapatkan semua bahan yang saya mau di toko-toko ritel di Bali, tempat saya sekeluarga tinggal waktu itu.

Putri saya makan salmon dua kali seminggu. Buahnya apel fuji, pir xiang lie. Karbohidratnya selain nasi putih ada quinoa, oatmeal, flaxseeds, sereal organik. Lemak tambahannya EVOO dan unsalted butter merek impor.

Itu belum termasuk uang yang saya keluarkan untuk membeli peralatan memasak dan set peralatan makan anak yang tampilannya unik-unik plus praktis itu loh.

Ya iyalah, saya kan ngikutin resep-resep ala mom seleb di Instagram itu. Dia gak salah. Kesalahan ada pada saya, sebab tak pandai menyesuaikan diri dengan kondisi finansial keluarga.

Makanan Murah, Mudah, dan Sehat untuk Anak

Parents, kita sering lupa bahwa kita tinggal di Indonesia. Negara ini dijuluki Mega-biodiversity Country karena sumber daya alamnya melimpah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan orang tua menyajikan makanan sehat buat anak sesuai kearifan tradisional dan menu-menu lokal di setiap daerah.

Banyak buah dan sayur, aneka daging, unggas, ikan, dan hasil laut bisa kita peroleh di seluruh pasar tradisional di Indonesia. Bahan-bahannya mudah didapat, plus harga yang tentunya lebih murah. Kita bisa menyusun ragam menu makanan sehat buat anak sesuai selera.

Saya analogikan sebagai berikut. Kita punya daun bawang dan buncis yang kandungannya sama seperti asparagus impor.

Harga asparagus di supermarket berkisar Rp 110-160 ribu per kilogram (kg). Kita bisa mendapatkan buncis dengan harga normal Rp 12-16 ribu per kg, atau daun bawang Rp 13 ribu per kg.

makanan sehat buat anak

Kita punya apel malang, jadi gak harus juga kasih anak kita apel fuji. Apel malang dihargai rata-rata Rp 16 ribu per kg, sementara apel fuji Rp 35 ribu per kg.

Kita punya ikan tuna, tenggiri, dan kembung yang gizinya bahkan lebih tinggi dari salmon. Ikan tuna dijual dengan kisaran harga Rp 65-85 ribu per kg, tenggiri Rp 95 ribu per kg, dan kembung Rp 45 ribu per kg. Berbeda dengan salmon segar yang harga jualnya berkali lipat, mencapai Rp 250 ribu per kg.

Akhirnya saya menyadari, makanan sehat buat anak tak harus mahal.

Sumber Makanan Sehat Buat Anak

Anak-anak, terlebih bayi yang baru MPASI sebaiknya diperkenalkan dengan variasi makanan, mulai dari tekstur halus, sedang, dan kasar. Mereka juga perlu mengenal aneka rasa, seperti manisnya pisang, asamnya jeruk, tawarnya tahu, asinnya ikan laut, dan sebagainya.

Bayi yang terbiasa dengan ragam makanan biasanya tumbuh menjadi anak yang tidak pilih-pilih makanan. Orang tua senang karena drama GTM alias gerakan tutup mulut ala si kecil jarang terjadi.

Selain slogan empat sehat lima sempurna, anak kita sebaiknya diberikan menu empat bintang, terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayuran dan buah, serta lemak tambahan. Berikut kita akan bahas satu per satu sumber-sumber makanan murah tapi sehat untuk anak.

1.Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi terbesar anak kita. Mereka membutuhkan asupan karbohidrat sekitar 50-60 persen dari total kalori harian.

Karbohidrat memang menjadi penyebab obesitas banyak anak di dunia. Namun, tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat itu buruk buat tubuh.

Kita sebaiknya memberikan karbohidrat kompleks sebagai makanan sehat buat anak. Karbohidrat kompleks adalah makanan yang terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks dengan kandungan vitamin, mineral, dan serat baik untuk tubuh.

Biasanya karbohidrat kompleks lebih lama dicerna. Contohnya nasi merah, talas, ubi, kentang, dan pisang.

Siapa bilang sumber karbohidrat itu cuma beras putih? Jenisnya banyak loh, antara lain:

  • Beras putih
  • Beras merah
  • Beras cokelat
  • Kentang
  • Ubi jalar
  • Singkong
  • Talas
  • Jagung
  • Kacang polong
  • Pisang
  • Apel

2. Protein hewani

Protein hewani penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, terlebih pada anak yang otot, tulang, serta otaknya sedang berkembang.

Publikasi Unicef menyebutkan Indonesia salah satu negara dengan beban stunting dan wasting anak tertinggi di dunia. Lebih dari tujuh juta anak di bawah usia lima tahun mengalami stunting atau perawakan pendek akibat kekurangan gizi kronis. Wasting ditandai dengan berat badan rendah dibanding tinggi badan.

Unicef bahkan mengestimasikan, dengan tidak adanya tindakan tepat waktu, jumlah anak yang mengalami wasting atau kekurangan gizi bisa meningkat secara global menjadi 15 persen tahun ini. Kondisi ini diperburuk Covid-19.

Saat ini banyak keluarga di Indonesia kehilangan pendapatan rumah tangga. Resesi ekonomi akibat penyebaran virus corona yang kian meluas mematikan banyak sumber mata pencaharian. Banyak orang tua akhirnya kurang mampu membeli makanan sehat dan bergizi untuk anak-anaknya.

Protein hewani bermanfaat untuk tumbuh kembang anak dan mengurangi risiko stunting. Sumber protein hewani amat beragam, di antaranya:

  • Daging: sapi, kambing, domba, kuda, kelinci, dan sebagainya.
  • Ikan dan hewan laut: tenggiri, kembung, mas, nila, mujair, lele, patin, gabung, betok, bilih, belut, udang, cumi-cumi, kerang, dan sebagainya.
  • Unggas: ayam, itik, angsa, burung dara, puyuh, belibis, dan sebagainya.
  • Susu
  • Telur

3. Protein nabati

Mengutip The Asian Parent Indonesia, setidaknya ada lima manfaat protein nabati untuk si kecil.

Pertama, membantu produksi haemoglobin yang membawa oksigen dalam darah. Kedua, menyokong pertumbuhan anak selama periode usia emas atau golden age, berkisar 0-5 tahun.

Ketiga, membantu pertumbuhan dan kesehatan organ dalam, seperti jantung dan paru-paru. Keempat, membangun imunitas tubuh anak. Kelima, membuat anak tumbuh sehat dan kuat.

Sumber protein nabati yang bisa menjadi makanan sehat buat anak, antara lain:

  • Tahu
  • Tempe
  • Edamame
  • Lentil
  • Kacang tanah
  • Kacang hijau
  • Kacang merah
  • Kacang kedelai
  • Jamur kancing
  • Biji labu
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kubis
  • Kembang kol
  • Tauge

Beberapa jenis terakhir masuk kategori sayuran yang merangkap protein nabati untuk anak.

4. Sayur dan buah

Sayur adalah sumber makanan sehat buat anak, tapi keberadaannya justru sering tak disukai anak. Rasa beberapa sayur yang khas kadang membuat anak tak mau makan karena tidak cocok di lidah mereka.

Tugas kita sebagai orang tua memutar otak untuk mengatasi anak yang tidak suka makan sayur. Ini saya hadapi sekarang, setelah Maetami berusia empat tahun.

Biasanya saya akan menyajikan sayur dengan berbagai resep kreasi, seperti dadar telur campur irisan wortel dan buncis, mie rebus campur sawi, atau jus buah campur sayur.

Sayur adalah superfood buat anak. Manfaatnya banyak, mulai dari menjaga kekebalan tubuh, mengurangi risiko obesitas, menyehatkan sistem pencernaan, dan mencerdaskan otak.

Berikut beberapa jenis sayur murah tapi enak dan sehat untuk dikonsumsi si kecil:

  • Bayam
  • Kembang kol
  • Daun kelor
  • daun katuk
  • Kubis
  • Kangkung
  • Buncis
  • Kacang panjang
  • Kenikir
  • Timun
  • Labu siam
  • Gambas
  • Tauge
  • Sawi hijau
  • Tomat
  • Terong
  • Wortel

Berbeda dengan sayur, anak-anak cenderung suka buah, terlebih buah yang rasanya manis. Nutrisi pada buah memaksimalkan tumbuh kembang anak, sebab buah memiliki kalori relatif sedikit.

Saya berprinsip lebih baik anak saya ngemil buah yang banyak, ketimbang ngemil makanan cepat saji. Makanya buah sering saya jadikan snack MPASI dua kali sehari. Waktu pemberian buah adalah di antara makan pagi dan makan siang, serta di antara makan siang dan makan malam. Biasanya pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB.

Buah membantu si kecil terhindar dari penyakit, khususnya masalah pencernaan. Buah mengandung vitamin dan gizi lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan berbagai penyakit.

Berikut adalah jenis buah yang murah dan mudah didapatkan untuk si kecil. Sebagian rekomendasi berikut saya peroleh dari laman The Asian Parent Indonesia:

  • Pisang
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Stroberi
  • Nanas
  • Pir
  • Apel
  • Bengkuang
  • Sirsak
  • Semangka
  • Mangga
  • Melon

5. Lemak tambahan

Lemak tambahan adalah nutrisi penting yang perlu ditambahkan ke dalam MPASI bayi. Fungsinya mengikat semua nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh anak.

Fungsi lemak tambahan yang tak kalah penting adalah membantu pertumbuhan badan dan otak si kecil. Ini karena 85 persen otak anak terdiri dari lemak.

Lemak membangun selubung myelin di sekitar pusat syaraf otak dan sumsum tulang belakang anak. Lemak tambahan juga mencegah sembelit pada bayi yang baru MPASI.

Sumber lemak tambahan yang murah dan mudah didapat, antara lain:

  • Minyak sawit
  • Minyak kelapa
  • Minyak kedelai
  • Santan kelapa
  • Margarin
  • Unsalted butter

Sumber lainnya adalah keju, yogurt, minyak samin atau ghee, extra virgin olive oil (EVOO) dan extra virgin coconut oil (EVCO).

Selain lemak tambahan, kita juga mengenal bumbu aromatik untuk meningkatkan nafsu makan anak. Nah, bumbu aromatik ini bentuknya bisa berupa kaldu ayam, kaldu sapi, atau kaldu sayur. Bisa juga berupa seledri, daun bawang, daun kemangi, daun jeruk, daun pandan, daun salam, lengkuas, jahe, kunyit, sereh, keruku, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, dan sebagainya.

makanan sehat buat anak

Jangan lupa Parents, anak-anak kita adalah pembelajar sekaligus peniru ulung. Mereka suka berkaca dan mencontoh orang-orang sekitarnya. Sebagai orang tua kita perlu mencontohkan hal baik pada anak, khususnya terkait kebiasaan makan.

Anak yang orang tuanya sering makan makanan cepat saji alias junk food biasanya akan tumbuh menjadi anak yang juga menyukai junk food. Anak yang orang tuanya suka makanan sehat dan selalu makan sampai habis biasanya akan tumbuh menjadi anak yang suka makanan sehat dan disiplin menghabiskan makanan di piring.

Jangan pernah berkomentar negatif tentang makanan di depan anak. Contohnya nih, kita bilang tauge itu tidak enak, atau sawi hijau itu pahit. Kalimat kita akan menjadi tolak ukur bagi anak, sehingga lama kelamaan anak akan menolak makanan yang dimaksud.

Tetap semangat menyajikan aneka makanan sehat buat anak ya, Parents!

bundalogy

43 thoughts

  1. Mbaaa dirimu sungguh warbiyasaaakkk
    telatenn banget bikin MPASI dan mendokumentasikannya.
    pahala jariyah buat dirimu mbaaaa
    karena para young mommy pasti dapat buanyaaakk pencerahan dari menu dan resep ini

    Like

  2. Thanks banget mba infonya. Penting banget nih buat aku yang anaknya sedang MPASI. Memang benar sih, semangat 45 saat membuat MPASI itu luar biasa saat melihat resep2nya, eh saat dipraktekkan jauh dari apa yg diekspektasikan hahaha.

    Like

  3. Wooowww. amaziiing pisan mbak Mutia ini! Melihat semua makanan yang ditampilkan bikin daku kagum, eh tapi jadi sayang makannya. Soalnya bagus2 hahahaha πŸ™‚ Iya dong Indonesia melimpah banget sumber pangannya. Bikin makanan buat anak dan keluarga ga mesti mahal. Kandungan 5 sehat 5 sempurna ada di sini tuh.

    Like

  4. MPASI mu cantek cantek kali lah mba…
    Dulu diriku juga MPASI anak pertama diawal-awal itu ala ala selebram…
    terakhir karena belinya harus ke supermarket, dan gak tiap hari ke supermarket, akhirnya beli di warung.
    bahannya lebih segar, gak perlu setok setok, beli apa yang akan dimasak hari ini, dan harga pun terjangkau.

    Like

  5. Wah emang bener mbak bahan baku alami asli Indonesia itu lebih banyak variannya timbang yang bahan baku impor untuk mpasi anak ya. Semua tergantung ortu terutama ibu . Kalau ibunya rajin cari dapat deh itu bahan alami lokal yang sama kandungan nutrisinya dari yg impor. Tentunya harga lebih murahula hehehe

    Like

  6. Mantap bun. makanan dr olahan lokal yg bikin sendiri jg gak kalah sama impor. Yg penting nutrisi terpenuhi sesuai yg diinfokan sama nutritionist/dokter

    Like

  7. Aku sepakat makanan sehat itu enggak harus mahal hehe. Aku ngikutin tips MPASI lupa siapa. Kalau bisa makanannya makanan keluarga aja, jadi nanti gak milih2 dan gak susah carinya. Jadi belum pernah beliin si kecil salmon maupun beli peralatan khusus karena memang salmon di sini susah banget πŸ™ˆ supermarket jauh banget juga.

    Like

  8. Setuju. Makanan anak nggak perlu mahal yang penting bergizi seimbang ya. Baca ini jadi nggak minder lagi karena belum pernah kasih makan anakku ikan salmon *gegara susah juga dicari di sini. Tinggal juga di daerah yang nggak ada supermarketnya hehe jadi yah kasihnya ikan yang gampang aja dijangkau kayak ikan tuna, ikan kembung dll yang ternya nilai gizinya nggak kalah ya dengan ikan salmon.

    Btw thanks sudah berbagi resep MPASInya Mbak.. boleh kan saya intip dan praktekkan😊

    Like

  9. Mbak Mutia, ibu yang telaten, MPASI Maetami beragam begini terdokumentasi dengan apik pula. Masya Allah. Sungguh menginspirasi…Lengkap banget nutrisinya dan benar adanya makanan sehat enggak harus mahal ya
    Saya setuju jika anak peniru, maka saya bersyukur, kurang lebihnya saya dan suami dalam soal makan membuat kebiasaan makan anak-anak jadi ga ada masalah…mereka adaptif dengan makanan baru, enggak pilih-pilih, sayuran semua oke..pokoknya mudah makannya. Memang salah satu kuncinya pola makan anak ada di kebiasaan makan orang tua

    Like

    1. Setujuuuu banget Mba Dian. Intinya adalah dipembiasaan. Beneran kok, pola makan anak kebanyakan dipengaruhi pola makan orang tua. Teman saya ada yang memang dia gak suka sayur, akibatnya anaknya juga gak suka sayur.

      Like

  10. Benar bahwa, gak harus mahal untuk menghadirkan makanan sehat untuk anak kita. Yang penting nutrisinya ada, dan terpenuhi semua. Btw, boleh nih yaa, saya nyontek beberapa resep MPASI dan camilan yang di IG nya bunda yaa. Beragam banget menunya…

    Like

  11. Dapat banyak inspirasi dari postingan inu, buat anakku yang lagi dalam masa MPASI. Salut deh semua terdokumentasikan dengan baik, bantu banget pokoknya. Makasih sharingnya ya 😍

    Like

      1. Makasih mbak, anak sulungku sudah terlanjur picky eater karena pas masa batita, alergi nya banyak bangettt. Akhirnya sampe sekarang makan ya pilih2 klo menunya baru selalu ga mau coba. Semoga adiknya ga seperti itu, pusing maunya makan yg itu2 saja πŸ˜…

        Like

  12. aihh jadi inget saya sendiri mba Mut, dulu pas anak pertama ya gitu sering salmon, asparagus, kabocha lah. Terus emaknya makanya sambel teri deh wkwkwk. Akhirnya punya anak lagi ya memaksimalkan makanan lokal yang nggak kalah punya nilai gizi tinggi seperti kentang, ubi, jagung, lele, patin begitu. Btw, mb Mut rajin amat dokumentasi πŸ™‚

    Like

  13. Foto-foto MPASI nya kok imut-imut gitu ya. Dan memang mewah sekali. Benar kata Uni, tidak harus mahal. Banyak bahan yang ada di negeri kita yang kualitas nutrisinya tidak kalah dengan bahan impor. Semoga para orang tua tau informasi penting ini agar anak-anak bisa diasup dengan makanan yang sehat di tubuh dan sehat di kantong

    Like

  14. Hwiiiih banyak banget bun resep mpasinya dan lengap pula. Ditambah dengan kandungan nutrinsinya. Fotonya juga dibentuk lucu-lucu bikin gemes deh. Sayangnya aku belum punya anak. Kalo udah punya anak pasti langsung aku praktekin deh

    Like

  15. Mb Muti yaa…ternyata sejak ada Mae emang udah rajin memasak makanan bergizi untuk anak-anak. MPASInya variasi banget semua bikin sendiri pasti bersih ya dan hasilnya lahap. Keren, jempol deh…

    Like

  16. Keren deh, mbak mutia rajin banget mendokumentasikan menu MPASInya. Aku dulu rajin sih masak MPASI tapi gak kepikiran buat foto-foto. Bisa jadi inspirasi buat aku tahun depan nih yang insyaAllah bakal berjuang dengan menu MPASI lagi.

    Like

  17. Menu MPASI buat anak memamg harus diperhatikan betul-betul ya mom, emang keliatahanbya ribet harus masak ini itu, tapi dengan anak sehat, jadinya juga bahagia

    Like

  18. Ini mirip saya bgt mba Mutia. Berhubung pinginnya serba sehat tapi kok kepentok anggaran, akhirnya lari ke ya pepaya, apel malang, markisa atau pisang di kebon wqwq. Pinter2 kita pokoknya.

    Like

  19. Nah, ini info yang banyak dicari mamud alias mama muda. Membuat MPASI yang mudah, murah, sekaligus tidak membosankan untuk anak balita. Terlebih masih banyak orang tua yang maunya cara praktis. Belikan saja jajanan yang tidak sehat, yang penting anak mau makan. Padahal efek jangka panjangnya, hem..

    Like

  20. Huwaaa,,, enyak enyak semua MPASI nya… lengkapp dengan asupan buah dah sayurnya. Ibu hebat ini mah namanya.. Bener banget ya Muthe…negara kita itu Mega-biodiversity Country, so mestinya kita gak usah fokus ke bahan makanan impor yang beratin kantong. Supersetuju!

    Like

  21. keren banget mba, resep MPASI selengkap ini, bahan dan caranya detail. Harus disimpan kalo punya anak lagi, hehe. Kalo bahan makanan komplit gini anak pasti sehat dan tumbuh cerdas nih πŸ™‚

    Like

  22. Wah kalau asupan makanan MPASI sehat begini pasti anak akan tumbuh dan berkembang dengan pesat dan sehat ya mbak..dan orangtua juga ga repot disibukkan dengan anak2 yang biasanya susah makan karena mereka kadang gak selera makan karena menunya kurang enak heheh tapi kalau dibuat menunya seperti ini pasti pada lahap makannya

    Like

  23. Bahagianya Maetami punya Mama kreatif gini, Bikin aneka menu MPASI yang tampilannya menarik, rasanya juga pasti enak karena diolah dari bahan-bahan pilihan.

    Kalau anak pertama enang gitu ya, pengennya kasih yang terbaik. Padahal yang terbaik itu belum tentu yang mahal.

    Like

  24. super lengkap dan bagus banget menu sehat anak di tulisan ini. jujur liat gambarnya saja saya jadi ngiler sendiri. thanks for sharing ya kak.

    Like

  25. Orang tua cerdas begitu memperhatikan asupan nutrisi untuk anak-anaknya. Gak heran kalau banyak anak zaman sekarang pinter-pinter banget. Apalagi kalau makannya ikan.

    Like

  26. Setuju banget mbak, makanan yg penting sehat mengandung protein, vitamin dll yg baik buat anak, dan gak harus mahal. Krn kalaupun mahal tapi gak ada kandungan protein, vitamin yg baik buat anak yg percuma juga kan ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.