Tips Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

cuti melahirkan
Foto: The Conversation

BUNDALOGY — Masa transisi sehabis melahirkan tak selalu mudah, terlebih bagi bunda yang merangkap wanita pekerja. Ahli strategi karier yang juga seorang ibu, Linda Glass memiliki beberapa tips supaya bunda bisa kembali bekerja dengan tenang usai melahirkan.

Minta Bantuan

Tips pertama ini memang umum dilakukan ibu baru. Bunda bisa bertanya pada teman sekantor atau sahabat dekat yang pernah melalui hari sama.

Hal itu terkait pengalaman mereka, misalnya mencari pengasuh anak terbaik. Bunda bisa saja memutuskan pilihan dalam waktu singkat, namun memilih pengasuh bayi membutuhkan banyak pertimbangan dan waktu.

Jalani Pelan-Pelan

Melompat dari kondisi cuti melahirkan dan kembali bekerja membutuhkan waktu. Bunda biasanya sulit berkonsentrasi antara pekerjaan dengan bayi di rumah. Glass menilai budaya kerja perempuan akan kembali dalam beberapa pekan hingga beberapa bulan. Semua perlu dijalani pelan-pelan dan bertahap.

Tuliskan Prioritas

Sebelum kembali bekerja, tak ada salahnya bunda menuliskan tugas atau prioritas apa saja yang perlu dilakukan di rumah terkait pengasuhan si kecil. Ini untuk membantu bunda membuat gambaran umum, sehingga bunda bisa mengompromikan pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah.

Sebagai contoh, Bunda selalu membersihkan rumah sebelum berangkat kerja dan makan malam di rumah bersama anak dan suami. Ada begitu banyak kebutuhan dan ada begitu banyak waktu, sehingga gunakan waktu bunda secara efektif.

Koneksi dengan Pimpinan

Untuk menghindari stres di kantor, bunda perlu berkoneksi dengan pimpinan di kantor. Kenali jadwal dan agenda atasan untuk membiasakan diri.

Bunda juga perlu meyakinkan atasan tentang posisi bunda yang baru saja menjadi ibu, sehingga harus pulang tepat waktu untuk anak. Beberapa bos atau pimpinan di kantor sering khawatir dengan karyawan perempuan yang kurang fokus ke pekerjaan setelah mempunyai anak. Maka dari itu, bunda harus berkomitmen datang ke kantor tepat waktu sehingga bisa pulang tepat waktu pula atau bisa lebih awal.

Source: Web MD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.