Tips Atasi Morning Sickness

Foto: Good to Know

BUNDALOGY — Istilah morning sickness mungkin kurang tepat, sebab gejalanya tak selalu terjadi di pagi hari. Morning sickness bisa terjadi sepanjang hari.

Saat hamil, bunda mungkin merasa lemas dan sakit pagi hari, reda siang hari, dan mual kembali malam hari. Ada juga bunda yang baik-baik saja dipagi hari, namun mulai merasa mual sekitar jam makan siang.

Perempuan hamil biasanya morning sickness satu dua kali selama seminggu. Berikut beberapa tips yang bisa membantu bunda mengatasi morning sickness.

Makan Teratur

Ini mungkin tampak aneh, sebab nafsu makan seseorang justru hilang ketika sakit. Bagi ibu hamil, morning sickness hendaknya dilawan dengan makan teratur, misalnya ngemil dan teratur mengonsumsi sayuran setiap hari. Ini sangat membantu mengendalikan rasa mual di perut.

Membiarkan perut kosong dapat menjadi pemicu mual. Bunda sebaiknya menambah makanan ringan yang sehat, khususnya sayur dan buah.

Minum Banyak Cairan

Minum banyak cairan penting selama kehamilan, terutama jika bunda sering muntah. Cairan menjauhkan kita dari dehidrasi.

Perhatikan apa yang bunda minum. Jauhi kafein, yang dapat membuat morning sickness semakin parah. Bunda juga perlu menghindari minuman isotonik dan soda.

Hal di atas ada pengecualian bagi bunda yang muntahnya sudah terlampau berat. Jika minuman isotonik mampu menyembuhkan mual, maka boleh minum sedikit.

Wedang jahe solusi cerdas lain untuk mengatasi mual dan muntah. Minuman kesehatan ini membantu bunda kehilangan berat badan terlalu banyak. Beberapa minuman bervitamin juga bisa ditambahkan.

Konsumsi Vitamin

Bunda perlu mengonsumsi vitamin prenatal, apalagi saat sering morning sickness. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang vitamin yang tepat.

Beristirahat

Penyakit selama kehamilan semakin sulit diatasi tanpa istirahat yang cukup. Istirahat ekstra membantu bunda mengatasi morning sickness.

Diskusi dengan Dokter

Jika morning sickness berlangsung sangat lama, lebih dari tiga bulan, maka ini berpotensi masalah. Mual muntah berkepanjangan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Bunda sebaiknya meminta keterangan dokter kandungan untuk menemukan solusi lain mengatasinya.

Source: Symptom Find

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.