Inovasi Digital Mie Ayam Jamur Haji Mahmud: Harga Rakyat, Rasa Ningrat.

Saya punya beberapa teman bloger di Medan. Meski terpisah pulau, kami tetap terhubung di berbagai grup whatsapp khusus bloger dan influencer.

Setahun lalu teman-teman bloger saya dari Paris van Sumatera itu membahas tentang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Mereka berbagi foto, cerita, dan pengalaman menikmati mie ayam populer tersebut.

Saya yang waktu itu masih tinggal di Bali gigit jari karena cuma bisa membayangkan makan semangkuk mie ayam legenda itu. Gimana gak jadi legenda? Mie Ayam Haji Mahmud pertama kali hadir di Kota Medan 1988, setahun setelah saya lahir. Nyaris seumuran saya ini mie ayamnya.

Sebagai penyuka mie garis keras, saya jadi penasaran nyobain mie yang satu ini. Padahal ya, sepanjang bekerja sebagai jurnalis dan beberapa kali ikut liputan kementerian pusat ke Medan, saya udah keliling Kota Medan, mampir di banyak tempat, dan jalan-jalan ke sana ke mari.

Tiap ke Medan, wiskul alias wisata kulinernya kalo gak beli bika ambon, bolu meranti, atau medan napoleon, ujung-ujungnya nongkrong di durian ucok. Itu-itu saja agenda makannya.

Kasihan kali lah saya ini. Kok gak ada teman yang waktu itu ngajakin saya ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Jalan Abdullah Lubis?

Akhirnya Nyobain Juga

Nasib membawa saya dan keluarga pindah per Agustus 2020 ke Bekasi. Tahun ini teman-teman bloger saya yang dulu kembali membahas tentang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang lagi Special Anniversary ke-32.

Pas saya komentar di salah satu postingan mereka, eh ternyata saya dapat informasi kalo Mie Ayam Jamur H Mahmud punya outlet di luar Medan, yaitu di Banjarbaru (Kalimantan Selatan) dan Bekasi (Jawa Barat). Alamat lengkapnya di Jalan Tapir Raya Nomor 2, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi.

Yuhuuuu, pas weekend ceritanya saya langsung ngacir ke lokasi bareng suami. Sayangnya kami sampai di sana terlampau petang, 20 menit menjelang azan maghrib.

Interior Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud didominasi warna kuning dan cokelat. Pas masuk saya langsung disambut abang-abang berseragam.

Saya mulai was-was nih, jangan-jangan ini tuh restoran mahal. Masak abang-abang yang jualan mie ayamnya rapi banget? Pakai seragam, pakai topi, pakai apron, senyum ramah, kinclong pula tampilannya.

Dalam hati saya mikir, berapaan nih harga mie ayam di sini? Jangan-jangan ntar dompet saya langsung defisit. Hehehe.

Untungnya saya udah dapat gambaran lebih dulu dari teman-teman bloger saya di Medan. Mereka bilang, semua menu mie ayam di Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sangat bersahabat.

Tanpa babibu, keburu maghrib, saya langsung minta si abang bungkusin saya salah satu menu andalan warung ini, yaitu Mie Ayam Jamur Spesial Jumbo. Porsinya royal, bisa bikin saya kenyang maksimal. Harganya Rp 35 ribu per porsi.

  • warung mie ayam go digital
  • mie ayam jamur haji mahmud
  • mie ayam jamur haji mahmud

Sambil menunggu pesanan datang, saya sempat ngobrol sama si abang yang memang berasal dari Medan. Saya sempatkan juga selca di salah satu spot warung mie ayam yang Instagramable itu.

Ini memang warung mie ayam, tapi di sini kita gak cuma bisa makan mie ayam doang.

Ada pojok ngopi, tempat kita bisa ngopi cantik bareng teman atau keluarga. Kopi-kopi yang tersedia di sini umumnya kopi khas Bangka Belitung.

Ada juga pojok santai dilengkapi kursi kayu dan meja panjang. Biasanya furniture model begini paling disukai anak-anak sekolahan, anak-anak kuliahan, dan pekerja milenial yang suka ngumpul atau bahas proyek bareng teman-teman sambil buka laptop.

Sepulang dari Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, saya langsung shalat maghrib dan bersiap menikmati mie ayam jamur sebagai menu makan malam.

Apa saja yang kita dapatkan dalam seporsi Mie Ayam Jamur Spesial Jumbo Haji Mahmud?

  • Mie (porsi jumbo)
  • Irisan sayur hijau
  • Irisan ayam
  • Irisan jamur
  • Irisan daun bawang
  • Pindang telur
  • Bakso
  • Bawang goreng
  • Kerupuk pangsit
  • Sambal sachet
  • Sambal cabai
  • Sumpit
  • Sendok

Saya sengaja minta mie ayam dan kuahnya dipisah. Soalnya selama ini saya selalu mencoba makan mie ayam dengan dua versi, yaitu dengan kuah dan tanpa kuah.

Menurut saya, mie ayam yang tetap enak saat kita makan tanpa kuah, itu baru mie ayam lezat dan layak direkomendasikan. Dan sekarang, saya akhirnya mencicipi kelezatan mie ayam legenda Kota Medan itu.

warung mie ayam go digital

Secara tampilan, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud lebih tipis dan gepeng. Beda dengan mie ayam lain yang umumnya lebih tebal. Kadang tekstur tebal ini bikin kita cepat eneg.

Warna Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sedikit lebih cokelat, seperti ada campuran kecap manis membungkus mienya. Mirip dengan mie yamin. Beda dengan mie ayam biasa yang warnanya kuning dan cenderung pucat.

Rasa mie ayam jamur ini kenyal dan lembut. Enak dimakan dengan kuah atau tanpa kuah sekali pun. Ketika saya aduk mienya dengan topping ayam dan jamur di atasnya, sensasi manis, asin, plus gurih kaldunya terasa banget. Amboiii nikmatnya.

Taburan bawang goreng dan kerupuk pangsit yang lebar-lebar bikin mie ayam jamur ini semakin lezat dan endeus. Bakso sapinya empuk banget. Saya sengaja menyeruput sisa kuahnya terakhir.

Pas saya sendok kuahnya, masya Allah, berasa banget kaldunya. Seringnya kan kalo kita makan mie ayam biasa, rasa kuahnya cenderung tawar karena menggunakan air bekas rebusan mie dan sawi.

Kuah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud gak tawar sama sekali, melainkan gurih dan gak terlalu asin. Saya rasa kuahnya ini hasil campuran kaldu daging sapi dan kaldu jamur. Melebur jadi satu di lidah.

Harga Rakyat, Rasa Ningrat

Ko tahu tidak? Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini benar-benar mie ayam yang harganya rakyat, tapi rasanya ningrat. Ngerti ko apa maksudku kan? Hehehe. Pakai logat medan pula awak.

Saya bilang harga rakyat karena beli mie ayam di sini ya sama saja dengan kita makan di warung-warung mie ayam lainnya. Bedanya, Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini bisa bikin mie ayam yang tadinya sangat tradisional jadi naik kelas.

Pas saya bayar ke kasir, di struk saya sama sekali gak ada charge PPN 10 persen, seperti kalo kita makan di restoran lainnya. Padahal, dari tampilan luarnya Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini ya kayak restoran.

Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud gak cuma menyajikan mie ayam jamur saja loh. Ada banyak varian mie ayam bisa dipesan di sini, antara lain:

  • Mie Ayam Jamur Spesial (25k)
  • Mie Ayam Jamur Spesial Jumbo (35k)
  • Mie Ayam (15k)
  • Mie Ayam Jumbo (20k)
  • Mie Ayam Bakso (22k)
  • Mie Pangsit Ayam (22k)
  • Mie Ayam Bakso Mercon (25k)
  • Mie Ayam Bakso KK5 (25k)
  • Mie Pangsit Jamur Goreng (24k)
  • Mie Pangsit Jamur Spesial (29k)

Kita bisa juga menikmati aneka olahan masakan nusantara dan oriental plus snack, di antaranya:

  • Nasi Ayam Penyet Becek (27k)
  • Nasi Ayam Krispi Geprek (18k)
  • Nasi Ayam Krispi (16k)
  • Tempe Goreng (5k)
  • Tahu Goreng (5k)
  • Nasi Goreng Spesial (27k)
  • Nasi Goreng Kampung (20k)
  • Kerupuk AJ (10k)
  • Kerupuk Pangsit Ayam (15k)
  • Tahu Balik (15k)

Makan kita gak lengkap tanpa minuman segar dan sehat, seperti:

  • Milshake Vanila (15k)
  • Milkshake Cokelat (15k)
  • Milkshake Strawberry (15k)
  • Milkshake Greentea (15k)
  • Lemon Squash (15k)
  • Lemon Tea (15k)
  • Jus Jeruk (15k)
  • Jus Wortel Jeruk (15k)
  • Es Timun Serut (15k)
  • Es Jeruk (13k)
  • Teh Botol (5k)
  • Teh Manis (5k)
  • Teh Tawar (2k)
  • Kopi Susu (15k)
  • Kopi Sanger (12k)
  • Air Mineral (5k)
  • Es Kosong (2k)

Benar-benar khas Sumatera banget ini. Minuman favorit saya es timun serut dan es kosong. Saya senyum-senyum sendiri pas baca ada menu ini.

Gak semua orang tahu istilah es kosong loh, apalagi kalo kita tinggal seputaran Jabodetabek.

Es kosong ini cuma orang-orang Sumatera saja yang tahu. Pas baru hijrah ke Jakarta-Bogor sekitar 2003, saya pernah makan di warung makan trus pesan es kosong, eh pelayannya bingung.

Es kosong istilah lain untuk es tawar. Air putih dituang dalam gelas, trus dikasih batu es, gak ditambahin apa-apa lagi.

Kalo kita mau makan sekalian minum, mending pesan menu paketan aja. Kita bisa dapat satu menu makanan dan satu minuman dengan bujet di bawah 40k. Ngajak pacar malam mingguan pas lagi bokek pun gak bakal bikin kantong β€˜minta tolong.’

Berikut menu paket di Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud:

  • Mie Ayam Jamur + Milkshake (37k)
  • Mie Pangsit Ayam + Milkshake (34k)
  • Mie Pangsit Jamur Goreng + Milkshake (36k)
  • Nasi Goreng Spesial + Milkshake (39k)
  • Nasi Ayam Becek + Milkshake (39k)

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Go Digital

Si abang dengan logat melayunya bilang ke saya, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sudah Go Digital. Wah, makin kagum saya dengan UMKM satu ini.

Inovasi digital ini menjawab tantangan usaha yang kian dinamis, terlebih untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Alih-alih sekadar menunggu pelanggan datang, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud menjemput bola dengan menghampiri pelanggan melalui aplikasi.

Warung-warung makan di berbagai kota, tak terkecuali Bekasi sekarang tak terlihat seperti biasa. Bangku-bangku dan meja makan banyak yang kosong, tak lagi ramai pembeli.

Pemerintah daerah menyerukan masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Aktivitas terbatas, termasuk bagi kita yang suka memanjakan perut.

Banyak restoran dan waralaba kenamaan tak segan lagi berjualan makanan di luar gerai mereka, termasuk di pinggir jalan dan titik-titik strategis. Saya kerap melihat pegawai brand pizza populer menawarkan produk mereka di dekat lampu merah Tol Timur Bekasi atau perempatan lampu merah Grand Wisata, Tambun.

Sebagian besar warung dan kedai makanan memilih tutup, tapi tak demikian halnya dengan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Pengelola malah melahirkan aplikasi delivery dan reservasi makanan online.

Kita bisa memesan makanan yang dijual di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Berbahagia lah masyarakat Bekasi, khususnya yang tinggal di sekitar Kawasan Industri Jababeka karena bisa menikmati menu-menu legendaris ini dari rumah.

Buat yang berada di luar jangkauan sistem antar order ini, jangan kecewa. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga bisa dipesan via Go-Food dan Grab-Food.

warung mie ayam go digital

Saya pun mencoba install aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud melalui Google Play Store, kemudian mencoba melakukan pemesanan di hari berbeda. Tampilan pertamanya saja buat saya terkesan. Warung mie ayam satu ini gak main-main branding dan marketingnya.

warung mie ayam go digital

Desain aplikasinya kece abis, milenial banget. Saya pun stalking ke website https://hajimahmud.id/ dan akun-akun media sosial mereka, seperti Instagram dan Facebook. Busettt, selalu update!

Ada banyak benefit bisa kita dapatkan dengan menginstall aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Apa aja tuh?

1. Kuponku

Begitu aplikasi sukses diinstall ke ponsel atau smartphone, kita otomatis langsung mendapatkan dua voucher makan masing-masingnya Rp 10 ribu yang bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu, biasanya seminggu setelah menginstall aplikasi. Syarat minimum ordernya Rp 35 ribu per voucher.

Setelah kita mengisi dan melengkapi profil, kita langsung mendapatkan dua voucher makan 50 persen di seluruh outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Voucher ini berlaku selama sebulan dengan maksimal potongan harga Rp 50 ribu.

2. Ajak Teman

Kita bisa mendapatkan reward lebih hanya dengan mengajak teman atau keluarga menginstall aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di gawai mereka. Ada 10 ribu poin menunggu untuk dipanen.

Kita akan mendapatkan kode referral yang bisa dibagikan pada teman-teman, keluarga, dan kenalan kita. Sekalian promosi nih, buat kamu yang mau install aplikasi ini, dengan senang hati silakan memakai kode referral saya, yaitu 3UowmdV.

3. Pointku

Kita bisa dapat poin lebih banyak lagi hanya modal check in di aplikasi ini setiap hari berturut-turut. Perhitungan akan diulangi setelah kita berhasil check in tujuh hari.

Point adalah program loyalitas yang diberikan kepada semua pengguna aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Nantinya poin-poin ini bisa dipakai untuk meredeem voucher belanja.

Paten betul lah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini. Selain konsisten menjaga kualitas dan cita rasa selama lebih dari tiga dekade, inovasi pun terus dilakukan.

haji mahmud

Pelopor mie ayam jamur halal di Kota Medan mempunyai misi besar. Haji Mahmud bercita-cita mengembangkan bisnisnya minimal 37 outlet pada 2025 dan Go Internasional dengan minimal 245 outlet pada 2045.

Happy Anniversary ke-32 ya. Semoga Mie Ayam Jamur Haji Mahmud selalu menjadi salah satu UMKM kebanggaan orang Indonesia. Setelah bertransformasi menjadi #MieAyamGoDigital next insya Allah menjadi #MieAyamGoInternational. Amin.

bundalogy

37 thoughts

  1. Asli jadi ngiler liat penampakan mie ayam jamurnya.
    Andai ada di BSD, udah kusamperi nih. Sayang jauh di Bekasi sana ya.
    Harga-harga makanannya ramah di kantong, nggak bakal jebol kantong kalau makan di sana ramean ajak keluarga nih ya.

    Like

    1. Kalo makan bareng keluarga enaknya reservasi dulu mba. Misalnya lagi OTW ke Bekasi, langsung buka aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud dan reservasi. Sekalian kita bisa langsung pesan menu lewat aplikasi. Jadi, gak perlu nunggu lama deh. Nyampai lokasi semua pesanan sudah ready di meja. Kita juga bisa memperkirakan budget kita dari awal. Seru kan?

      Like

    1. Sabana lamak uni. Kamari lah. Dakek kampus President University. Kebetulan adiak awak kuliah di siko dulu, jadi tahu tampeknyo. Memang enak sekaliiii. Awak se lah pasan porsi jumbo, masih sajo kurang. Wkwkwkwk. Tapi sabana pueh.

      Like

  2. Membaca review dan melihat foto serta videonya membuat ngiler ingin nyicipin mie ayam jamur haji mahmud. Kalau lagi main ke Cikarang ntar mampir juga, penasaran sama mie yg sudah melegenda di Medan ini

    Like

  3. Mie yang fenomenal ya Mbak. Usianya sudah puluhan tahun tapi tetap eksis sampe sekarang. Pilihan menunya juga beragam. Jadi kalaupun pengen nyoba makanan lain selain mie, bisa banget. Semuanya enak dengan harga yang tidak menguras kantong.
    Alhamdulillah saya sempat kenal dengan salah seorang anak Pak H. Mahmud. Beliau suka ketemu saya kalau pas lagi ngontrol outlet di Cikarang. Kebetulan rumah saya juga di Cikarang. Kami juga sering terlibat dalam kegiatan sosial bersama. Tulisan ini saya forward ke beliau ya. Pasti seneng banget dia bacanya.
    Dan ah saya juga pernah buat tulisan tentang outlet di Cikarang. Sayangnya waktu ke Medan gak sempat mampir ke outletnya yg di Abdulah Lubis.

    Like

      1. Pingin banget makan mie ayam jamur pak haji Mahmud ini. Ngiler abis ini lihatnya. Berharap banget, mie ayam jamur pak haji Mahmud ini buka cabang di Purwokerto biar makin deket dan bisa kusamperin. Kaget bangey, harganya beneran merakyat ya mba. Nggak sabar mau nyobain nih πŸ˜‹

        Like

  4. Dulu jaman aku tinggal di Langkat, makan di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Medan ini andalan. Biasa sebulan sekali atau dua kali main ke Medan..salah satunya mampir deh makan ke sini.
    Senang sekali saat tahu sekarang sudah punya banyak cabang termasuk di luar Medan dan juga go digital. Pencapaian yang sesuai zaman. Keren!
    Buat obat kanget kapan-kapan mau ke Bekasi ah…mampir ke cabang mie yang melegenda banget ini. Pengin puasin rindu makan mie ayamnya yang memang mantap kali rasanya!

    Like

  5. Wualah… penampakan mie ayam jamurnya menggugah selera banget, jadi pingin icip-icip. Note dulu lha, kali aja bisa mampir saat main ke Bekasi.
    Udah gitu pilihan minumannya variatif, yummy banget

    Like

  6. Duh, ya ampyunnnn baca review dari kak muthee soal mie haji mahmud yang legendaris ini bikin lidahku bergoyang-goyang, sepertinya nikmat ya. E tapi sayangnya saya belum pernah coba lho, sedih ya? ya iyalah…hehe… btw, di Lampung sudah ada belum ya cabangnya mie ayam jamur hj mahmud ini ya kak???

    Like

  7. Kl ke Medan lagi cobain yg di Medan ya kak, ni langganan kami juga di Medan. Legend bgt, dah 32 th. Biasanya kan kl legend tu ga kekinian, ni beda ya kan. Tetap keren tpt dan pekerjanya, pake aplikasi juga ya kan. TOP deh

    Like

  8. Mie ayamnya terlihat mewah dan menggiurkan banget, Mbak. Jadi wishlist deh kalau suatu hari nanti ke Medan. Sebelumnya juga memang cuma tahu durian ucok, bika ambon dan bolu meranti πŸ˜€

    Like

  9. Toosss kita Muthe… suka mie ayam Jamur Haji Mahmud ya… emang melegenda dan gaul, sudah 32 tahun pastinya sudah expert di bidang mie ayam jamur ya. Haha betul itu, cuma kita2 nih yang ngerti apa itu es kosong ^^

    Like

  10. Irisan jamurnya beneran bikin ngiler, heuheu. Sayang jauh betul ya. Jababeka masih jauh dari rumahku. Kapan2 kalau jalan ke arah timur wajib dicoba nih. Harga juga standart, Pilihan banyak dan beneran menggoda.

    Like

  11. Mie ayam emang makanan favorit orang Indonesia. Bak jamur keberadaannya. Tapi yang terbaik tentu ada khasnya. Mie ayam jamur haji mahmud punya kekhasannya. eh tampilannya aja udah menggoda…apalagi dicoba nih. hehe…pengen euy

    Like

  12. ya ampun bikin ngiler diriku ini ingin menikmati mie ayam jamur haji mahmud dan nasi gorengnya. saya ingin banget mencicipinya namun semoga punya cabang atau outlet di daerah saya juga

    Like

  13. Wow.. udah 32 tahun! Pasti ini legendaris banget. Sudah sangat tangguh menghadapi jatuh bangunnya ekonomi di Indonesia. Sukses selalu untuk Mie H. Mahmud. Sayangnya di kota saya enggak ada, andai ada pasti deh udah langsung dicobain πŸ™‚

    Like

  14. Ini langsung masuk wish list saya dong, hehehe. Kebetulan jadwal pulang ke Indo sesudah coronce akan ada ke daerah Bekasi. Jadi pasti mau kesini.

    Sama kaya Mbak Mutia, saya juga lebih suka tanpa kuah. Kalau memang yang tanpa kuah enak, nah mungkin saya nyobain juga yang dengan kuah atau menu nasi goreng kampungnya yang menggoda.

    Like

  15. Sebagai pecinta mie ayam bangeeett wajib coba nih kayaknya, udah lama juga ga makan mie ayam deh. Aku kalau makan mie ayam suka banget dengan kuah yang banjir entah kenapa rasanya sedaapp aja sambil di seruput kalau sudah mau habis hihi. Mie ayam jamur Haji Mahmud ini kayaknya enak banget yaa dari penampakannya, mupeng.

    Like

  16. Kak itu mie ayam jamurnya nggak bisa dilempar satu mangkok kesini kah kak? Asli pengen nih, penampakannya yummy banget. Kayaknya terdekat aku harus ke banjarmasin ke cabangnya nih

    Like

  17. Yang namanya mie ayam itu memang cuma ada 2 mbak mutia. kalau ga enak ya enaaaak banget!! Dengan segala kemudahannya terlihat dari gambarnya enak bgt ini mie ayam haji Mahmud. Sayang terpisah 20km dgn rumah…Jababeka dekat sama rmh kakakku sih kapana2 bisa jajan ke sana

    Like

  18. Mie ayam jamur? Kubaru denger sih, dan jadi pengen nyobain. Yang pernah kucoba ya mie ayam biasa gak ada jamurnya. Bikin ngiler nih mie ayam jamurnya

    Like

  19. Kirain jualannya mie ayam dengan berbagai variasinya aja, ternyata banyak menu lainnya juga ya.
    Irisan jamurnya besar-besar banget, bikin ngiler nih. Apalagi baca ini pas lagi hujan. Kan paling enak tuh pas hujan gini menyantap semangkuk mie pedas

    Like

  20. Perasaan saya setelah baca postingan ini mirip caption di IG, Menggoda Iman, mkwkw. Sebagai anak Jawa Timur, cuma bisa ngebayangin aja deh nyantap yang ayam jamur spesial itu. Pasti enak banget, well noted mbak kalau ke Bekasi kudu dicoba

    Like

  21. Mbaaa aku ngiler pengen nyobain mie ayam jamur ak Haji Mahmud ini πŸ˜‹ seriusan dari harga yang dikasih tahu, ini tuh mursidah dan merakyat banget. Semoga mie ayam jamur pak Haji Mahmud buka cabang di Purwokerto biar ku bisa nyamperin.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.