Panduan Merawat Bayi Kembar di Awal Kelahiran

Foto: Shutterstock

BUNDALOGY — Merawat bayi baru lahir itu pekerjaan berat dan melelahkan. Bunda tak sekadar memulihkan diri pascapersalinan, tetapi juga memastikan si kecil mendapat ASI cukup, cukup istirahat, dan tumbuh sehat.

Stres yang bunda rasakan berlipat ganda ketika memiliki anak kembar. Merawat bayi tunggal saja sulitnya minta ampun. Apalagi bayi kembar, triplets (kembar 3), atau quadruplets (kembar 4).

Kebanyakan bunda baru bisa beristirahat di saat bayi tidur. Sayangnya waktu emas tersebut harus kita sela dengan menyelesaikan pekerjan rumah dan mandi.

Panduan berikut bisa bunda terapkan ketika merawat bayi kembar. Kuncinya adalah bunda mau melakukan perubahan sederhana dan konsisten menjalaninya supaya pikiran tenang, fisik juga tenang.

1. Sinkronkan jadwal

Sinkronkan jadwal tidur dan jadwal menyusui. Dokter biasanya merekomendasikan bunda membangunkan bayi lain setelah selesai menyusukan bayi pertama. Meski bunda mungkin sering mendengar dari orang tua terdahulu bahwa tidak baik membangunkan bayi yang sedang tidur, kondisinya berbeda jika bunda memiliki bayi kembar.

2. Cari bantuan

Sekarang bukan saatnya berpikir dua kali untuk mencari bantuan mengasuh bayi kembar. Menjaga anak kembar adalah tugas berat. Dapatkan bantuan dari keluarga atau asisten rumah tangga (ART). ART membantu bunda menyelesaikan pekerjaan rumah, sementara bunda fokus mengurus si kecil.

3. Gendong bergantian

Bonding adalah suatu keharusan antara ibu dan anak. Bayi mana pun suka dipeluk dan digendong. Namun, bukan berarti bunda harus menggendong keduanya sekaligus dalam satu waktu. Pastinya ini sangat melelahkan. Bunda sebagai gantinya bisa menggendong si kecil bergantian. Satu digendong, satu ditaruh di boks bayi atau di bouncer.

4. Bergabung dengan komunitas

Salah satu sumber daya terbaik di luar sana adalah orang tua lain yang juga memiliki anak kembar. Bunda bisa bergabung dengan komunitas ini. Salah satu contohnya adalah Mommy Twins Indonesia yang mempunyai grup di Facebook dan whatsapp. Bunda bisa berbagi cerita, keluhan, dan tips dengan ibu-ibu lainnya di sini. Bunda akan merasa memiliki banyak teman yang senasib sepenanggungan.

5. Pakaian netral

Ini adalah trik cerdas jika bunda memiliki sepasang anak kembar, laki-laki dan perempuan. Belilah pakaian dengan model dan warna-warna netral yang bisa dipakai bayi laki-laki juga perempuan. Ini memungkinkan bunda lebih hemat, juga bisa mengatur jadwal mencuci pakaian.

6. Tidur bersama

Begitu si kembar semakin teratur jadwal tidurnya, biasanya setelah berusia lima bulan, bunda tak perlu lagi memisahkan keduanya di kamar terpisah. Membiarkan bayi kembar tidur bersama membuat mereka terbiasa dengan kehadiran satu sama lain. Saat satu bayi menangis, bayi lainnya tidak terganggu sama sekali. Mereka beradaptasi dengan kebisingan di malam hari dan belajar tetap tidur nyenyak meski ada tangisan saudaranya.

7. Stroller kembar

Bunda akan kesulitan saat bepergian keluar dengan anak kembar tanpa bantuan kereta dorong atau stroller. Miliki stroller kembar untuk memudahkan perjalanan bunda sekeluarga. Keuntungan lain mempunyai stroller kembar adalah bunda bisa menggunakannya untuk membawa perlengkapan bayi yang diperlukan. Jangan lupa pelajari cara melipat dan membukanya ya.

8. Jangan beli serba dua

Kesalahan umum yang dilakukan orang tua bayi kembar pada umumnya adalah membeli semua barang dobel untuk masing-masing bayi. Selera bayi kembar pun berbeda. Saat membeli mainan misalnya. Anak pertama mungkin saja lebih suka mobil-mobilan, sementara anak kedua lebih suka robot-robotan. Ini membantu bunda menghemat uang.

9. Belanja online

Bayi kembar memiliki banyak keperluan, mulai dari popok, susu, kapas steril, sabun, dan sebagainya. Bunda, khususnya yang merawat bayi kembar tanpa bantuan ART pasti kesulitan jika harus meninggalkan si kecil saat berbelanja keperluan bulanan ke supermarket.

Pertimbangkan untuk berbelanja online melalui aplikasi peritel besar, seperti Klik Indomart, Clandys Order Delivery, Carefour Delivery Service, Ayoomall.com, dan sebagainya. Biasanya ada syarat pembelian minimal untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, seperti Rp 100 ribu untuk Indomart dan Rp 200 ribu untuk Clandys Order Delivery.

Belanja online bukan hanya memungkinkan bunda membuat daftar belanja lengkap, namun juga menghemat waktu dan tenaga. Bunda tinggal bayar online dan barang dikirim sampai ke rumah.

10. Santai kayak di pantai

Klise ya? Tapi faktanya panduan terakhir ini sering dilupakan kebanyakan orang tua di luar sana. Banyak ibu tak menyadari dia butuh waktu untuk bersantai.

Jangan terburu-buru menyelesaikan semua pekerjaan, bunda. Jika sudah sangat lelah, tinggalkan. Tidak sempat cuci baju? Tunda dulu atau antar ke laundry. Tidak sempat memasak? Tunda dulu, beli di warteg, atau pesan lewat Go-Food.

Tuhan memercayakan bayi kembar pada bunda karena menilai bunda mampu. Syukuri anugerah yang telah Tuhan titipkan pada bunda dan suami.

Ketahuilah, tidak ada ibu yang sempurna di dunia ini. Yang ada adalah ibu yang mau terus belajar memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Happy parenting, bunda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.