Kebiasaan Makan Ayah Pengaruhi Tumbuh Kembang Bayi

Foto: Charisma News

BUNDALOGY — Tahukah bunda? Apa yang dimakan ayah ternyata bisa memengaruhi kesehatan dan perkembangan anak sepanjang hidupnya.

Maggie Simpson memiliki IQ 158 atau di kisaran jenius, sayangnya tahun demi tahun pertumbuhan tubuhnya terhambat. Hal ini ternyata disebabkan sang ayah, Maggie Homer mempunyai kebiasaan minum minuman beralkohol, suka makan daging setengah matang, dan banyak mengonsumsi gula.

Bagaimana kebiasaan makan laki-laki bisa memengaruhi kesehatan calon bayinya kelak?

Gen yang terkandung dalam sperma dapat aktif atau nonaktif ketika berhadapan dengan masalah obesitas, kekurangan gizi, resistensi insulin, stres, hingga penyakit kronis lainnya. Pesan genetik dari tubuh sang ayah akan diteruskan melalui spermanya ke embrio pada saat terjadi pembuahan.

Anak yang lahir dari sperma mengandung gen rusak akan mengalami gangguan metabolisme yang membuat anak menderita penyakit dikemudian hari, termasuk diabetes dan kanker.

Tim dokter memberikan sejumlah saran untuk mengantisipasi pewarisan gen rusak ini, ditekankan kepada calon ibu. Pertama, konsumsi multivitamin prenatal harian. Pastikan bunda mendapatkan 400 mcg folat sehari untuk menghindari cacat lahir, seperti spina bifida.

Kedua, perbanyak konsumsi omega-3 DHA sekitar 900 mg untuk mata dan perkembangan otak bayi. Ini juga meningkatkan kemungkinan berhasilnya pembuahan.

Ketiga, hindari makan daging merah alias setengah matang, lemak trans dan lemak jenuh, serta kurangi minum sirup dan mengonsumsi gula. Keempat, bunda sebaiknya memperbanyak makan biji-bijian.

Source: Share Care

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.