Healing Bareng Anabul di Jakarta Escape Citypark


Pecinta anabul di Indonesia dalam beberapa kasus mungkin kesulitan menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan di ruang terbuka. Pasalnya, tidak semua taman atau ruang hijau di kota-kota besar ramah dengan hewan berbulu, khususnya anjing dan kucing.

Jakarta akhir-akhir ini makin terbuka dengan hewan peliharaan. Beberapa kafe, restoran, dan lounge mengizinkan tamu-tamunya membawa hewan peliharaan. Pengelola bahkan menyediakan arena bermain untuk mereka serta pagar pembatas antara pengunjung dan anjing yang bermain di lokasi tersebut.

Bagaimana dengan Bekasi? Ternyata ada loh, ruang terbuka hijau nan luas yang ramah anabul. Tempatnya bernama Jakarta Escape Citypark yang berlokasi di Jalan Mabes 2 Nomor 5, Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Kalau di Google Map, kamu bakal menemukan alamatnya atas nama Rumah Perubahan. Letaknya dekat exit Tol Jatiwarna. Papan penunjuk arahnya cukup lengkap di sepanjang jalan semisal kamu enggak pakai Google Map.

jakarta escape
Gerbang utama Jakarta Escape Citypark nan estetik

Aktivitas wisata di Rumah Perubahan, Jakarta Escape Citypark.

Jakarta Escape Citypark buka setiap hari, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-20.00 WIB. Sebaiknya kamu datang ke sini akhir pekan karena ada Sunday Market.

Kalau tujuan kamu adalah restoran atau kafe, datanglah selain Senin karena pada awal pekan keduanya tutup. Namun, kalau kamu terlanjur datang Senin, kamu tetap bisa kok jalan-jalan di ruang terbukanya.

Apa saja yang bisa dilakukan di Jakarta Escape Citypark?

1. Jalan-jalan di hutan bambu

Hutan bambu salah satu destinasi wisata utama di Jakarta Escape Citypark. Pengunjung masuk dari Selasar Belangi.

jakarta escape
Selasar Belangi, pintu masuk menuju hutan bambu

Harga tiket masuknya Rp 30 ribu per orang. Anak usia dua tahun atau yang tingginya minimal 90 cm sudah dikenakan tarif ya.

Masing-masing pengunjung diberikan satu paket wortel untuk kegiatan memberi makan rusa. Enggak perlu bayar lagi karena sudah include dengan tiket masuknya.

jakarta escape
Satu tiket bonus satu paket wortel untuk domba atau rusa

Waktu saya ke sana, lagi ada promo minimal pembelian kupon 200 ribu bonus tiket masuk hutan bambu untuk satu orang. Jadi, kemarin kami berlima cukup bayar untuk empat orang saja.

Berdiri di tengah batang-batang bambu yang tinggi menjulang rasanya seperti kita sedang berada di dunia lain. Angin bertiup sepoi-sepoi melewati sela-sela hutan bambu. Desirnya terdengar jelas.

hutan bambu jakarta escape
Selamat datang di Bamboverse Jakarta Escape Citypark

Saya teringat hutan bambu di Desa Penglipuran, Bali saat saya sekeluarga masih tinggal di sana beberapa tahun lalu. Adem banget loh. Kayak bukan di Bekasi yang terkenal panas. Rupanya ada alasannya.

Bambu salah satu tanaman kehutanan yang paling bagus menyimpan oksigen, mencapai 62 ton oksigen dan 88 ton karbon dioksida per hektare (ha) per tahun. Artinya, hutan bambu bisa menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida 35 persen lebih banyak dari tanaman lain dengan luasan sama.

Terjawab sudah mengapa rasanya sejuk sekali saat kita berada di area hutan bambu. Saya lupa mengitung panjang trek hutan bambu ini. Mungkin ada dua kilometer kali ya. Lumayan banget nih buat jalan sehat pagi hari.

Ada beberapa jenis bambu ditanam di Jakarta Escape Citypark, antara lain bambu ampel, bambu kuning, bambu hitam, bambu gombong, banyak lagi. Usia hutan bambu di sini baru setahun. Tingginya baru maksimal dan makin keren setelah berusia dua tahun.

hutan bambu jakarta escape
Bambu ampel, salah satu jenis bambu di hutan bambu Jakarta Escape Citypark

Hutan bambu di Jakarta Escape Citypark konon katanya terinspirasi dari Arashiyama, hutan bambu yang ada di Jepang. Trus, apa bedanya hutan bambu di Indonesia dengan hutan bambu di Jepang atau Cina?

Kita bisa lihat dari pola tumbuhnya. Hutan bambu di Jepang atau Cina, batang bambu umumnya tumbuh tunggal. Lurus menjulang satu per satu. Beda dengan bambu Indonesia yang tumbuhnya berumpun.

rumah perubahan jakarta escape
Suasana asri dan sejuk di hutan bambu

Satu rumpun bisa terdiri dari beberapa batang bambu hingga puluhan batang bambu. Mirip sama budaya kita yang suka bareng-bareng alias guyub ya.

Selain pengenalan bambu, kita juga belajar mengidentifikasi tanaman kehutanan di sini, seperti mengenal pohon jabon, mahoni, kueni, kayu putih, aneka palem-paleman, pakis-pakisan, dan pisang-pisangan. Ada keterangan nama ilmiahnya juga loh. Cocok banget nih jadi lokasi study tour sekolah.

Jabon, salah satu jenis kayu bahan furnitur di Jakarta Escape Citypark

Pada beberapa titik kita juga dimotivasi dengan papan-papan inetrpretasi berisi kalimat-kalimat motivasi dari Profesor Rhenald Kasali. Edukatif banget.

profesor rhenald kasali
Contoh papan interpretasi di hutan bambu Jakarta Escape Citypark

Rumah Perubahan memang didirikan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tersebut. Profesor Rhenald terpanggil melakukan perubahan nyata dengan memperbaharui kesejahteraan masyarakat secara konkret dan praktis. Sekarang, Rumah Perubahan dibuka untuk umum.

2. Memberi makan hewan

Aktivitas memberi makan hewan atau hand feeding bisa dilakukan sepanjang jalur hutan bambu. Jadi, kalau kamu mau membawa anak-anak bertemu kelinci, kambing, domba, kalkun, ular, biawak, iguana, dan memberi makan hewan-hewan ini, kamu harus membeli tiket masuk hutan bambu.

jakarta escape
Mengenal ular, salah satu reptil berdarah dingin.

Saat menelusuri hutan bambu, pos pertama yang bakal kamu jumpai adalah pondok kelinci. Ada berbagai jenis kelinci lokal dan blasteran dikembangbiakkan di sini. Kemarin waktu saya ke sana, ada anak-anak kelinci yang baru berusia tiga minggu. Lucu banget.

Berikutnya, kamu akan berhenti di pondok reptil. Nah, di sini ada biawak, iguana, dan ular. Kamu boleh pegang jika berani. Bisa foto-foto juga, tetapi harus di bawah pengawasan keeper ya.

Sekitar 200 meter dari pondok reptil, kita akan bertemu kandang domba dan kambing. Anak-anak senang banget nih memberi makan domba dan kambing. Bulu-bulunya tebal, seperti domba-domba Shaun the Sheep.

Kamu jalan lurus terus sampai mendengar suara kalkun yang berisik banget. Itu pertanda kamu tak lama lagi sampai di taman rusa. Kandang kalkun bersebelahan dengan taman rusa.

Ada empat ekor rusa jantan di sini. Sisanya betina dan anakan. Jenis rusanya sama seperti yang ada di Kebun Raya Bogor (KRB), yaitu rusa totol atau Axis axis.

rusa di jakarta escape citypark
Rusanya menyusul kita ke rumah kalkun saking laparnya

Pengelola bilang, awalnya cuma ada sepasang rusa, jantan dan betina di sini yang didatangkan dari KRB. Seperti diketahui, populasi rusa totol di KRB memang sudah over populasi.

Rusa-rusa di Jakarta Escape Citypark cepat berkembang biak. Dari awalnya sepasang, jumlahnya kini mencapai belasan ekor.

jakarta escape citypark
Si kecil senang berinteraksi dengan rusa totol

Saya jadi nostalgia saat praktik lapang selama dua minggu di Penangkaran Rusa Cariu, Jonggol. Time flies, sekarang anak-anak saya bisa mengajak anak-anak saya bertemu mamalia bertanduk ini.

jakarta escape citypark
Rusa-rusa sedang merumput

Ketiga anak saya awalnya takut karena rusa-rusa di Jakarta Escape Citypark dilepas bebas tanpa pagar pembatas. Jadi, interaksi antara pengunjung dan rusa amat dekat. Mirip dengan Taman Safari.

Lama-lama, anak-anak terbiasa dengan kehadiran rusa. Hanya Rashif saja, mungkin karena anak spesial yang sampai akhir masih teriak kalau didekati rusa.

3. Piknik di Sunday Market

Kalau kamu pengen langsung ke Sunday Market, kamu cukup beli kupon minimum spend 50 ribu di pintu masuk. Ada jalur khusus pengunjung yang ingin langsung menuju Sunday Market. Jadi, kamu enggak perlu melewati hutan bambu.

Kamu bisa berjalan kaki selama 15 menit untuk sampai ke Sunday Market. Kamu bisa juga naik boogie car, cukup bayar Rp 20 ribu per orang. Supir akan mengantarmu langsung ke lokasi.

Serunya ke Sunday Market via hutan bambu adalah di akhir perjalanan, kamu akan bertemu pondok yang menyediakan teh bunga telang yang bagus banget buat kesehatan.

teh telang gratis di jakarta escape
Mencicip teh bunga telang setelah berjalan-jalan di hutan bambu

Teh bewarna ungu ini tak hanya tampilannya saja yang cantik, tetapi khasiatnya membantu menurunkan berat badan, memperbaiki suasana hati, menguatkan jantung, dan melawan kanker. Cara penyajiannya alami, tanpa gula tambahan, hanya diinfus sama irisan lemon dan potongan es batu.

Lebih dari 20 tenant penjual makanan ada di sini. Semuanya pelaku UMKM Bekasi dan sekitarnya. Kamu bisa kok mendaftarkan usahamu untuk buka lapak di sini.

sunday market jakarta escape
Semua makanan di Sunday Market harganya ramah di kantong

Menu makanan dan minuman yang dijual beragam, seperti soto, sate taichan, pempek, tekwan, nasi bakar, kebab, es durian, aneka gorengan, es pisang hijau, kwetiau goreng, takoyaki, nasi goreng, mie goreng, banyak lagi.

sunday market jakarta escape citypark
Sunday Market berdekatan dengan Pengilon Resto dan Breezy Cafe

Soal kebersihan, sama-sama menjaga ya. Soalnya area piknik ini bentuknya taman terbuka. Kendati ada petugas khusus yang membersihkan sampah, ada baiknya kita mendisiplinkan diri sendiri.

Tong sampah di sekitar Sunday Market sangat cukup. Di seluruh sisi ada. Jadi, enggak ada alasan kita buang sampah sembarang. Tempat cuci tangan dan toiletnya juga bersih sekali. Mari kita jaga kebersihannya bersama.

Oya, jangan kaget kalau entar banyak burung merpati dan burung walik datang nyamperin kamu. Mereka sekadar nyamperin aja kok, enggak makanin makanan kamu.

Burung-burung dari keluarga Columbidae ini memang tinggal di sekitar Sunday Market. Kamu bisa kok kasih makan mereka dengan membeli makanan burung Rp 5 ribu aja.

sunday market jakarta escape citypark
Contoh kandang merpati di sekitar Sunday Market

Aturan piknik di Sunday Market enggak ribet kok. Ada dua opsi. Pertama, kamu bawa perlengkapan piknik sendiri dari rumah lalu gelar deh di taman terbuka Sunday Market. Kedua, kamu cukup bayar Rp 100 ribu, pengelola akan menyediakan tikar, taplak, gelas, keranjang, sampai piring buat kamu. Makanannya tinggal beli di tempat.

Pengunjung dilarang bawa makanan dan minuman dari luar, kecuali kue ulang tahun buat yang mau merayakan pertambahan usia di sini.

4. Senam bersama

Setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu jam 07.00 WIB, ada jadwal senam bersama di Jakarta Escape City. Gratis dan bisa diikuti siapa saja.

Jadi, kamu yang suka berolah raga, khususnya senam aerobik, ayo ikutan. Udaranya segar, badan pun sehat karena berkeringat.

5. Nongkrong di Breezy Café

Penggemar kopi, jangan lewatkan kesempatan nongkrong sambil ngopi di Breezy Cafe Rumah Perubahan. Tempatnya asyik banget buat jadi lokasi meeting atau work from nature.

Yes, alasannya Breezy Café dikelilingi pepohonan hijau yang sejuk. Siapa sih yang enggak betah kerja di tempat bernuansa alam? Stres berkurang, kreativitas dan ide-ide bertambah, nyaman dipandang mata, dan tentunya bagus buat kesehatan.

Breezy Café buka Selasa-Minggu, pukul 08.00-20.00 WIB. Senin libur ya.

6. Makan sehat di Pengilon Resto

Pengilon Resto ini ada di sekitar Sunday Market, tepatnya di dalam Rumah Victoria. Jadi, kalau kamu main ke Sunday Market, kamu sudah dekat dengan restoran ini.

Pengilon Resto buka setiap Selasa-Minggu, pukul 10.00-18.00 WIB. Last order jam lima sore ya.

Nama restoran ini diambil dari bahasa jawa. Pengilon artinya cermin atau kaca. Maknanya adalah apa yang kita makan mencerminkan diri kita alias you are what you eat. Kalau kita mau sehat, ya makanlah makanan sehat.

Pengilon Resto mengusung konsep Balanced Eating. Ini terlihat dari menu-menu yang disajikan.

Ada paket Balanced Combo 1 dengan menu sweet basil chicken dengan powerfull punch. Ada Balanced Combo 2 dengan menu bandeng on banana leaf dan minuman sehat. Ada juga paket Balanced Combo 3 dengan menu sesame beef protein chicken salad dengan jus kuning.

Harga paket combo ini rata-rata Rp 100 ribu. Menu-menu tunggal lainnya ada signature ayam pengilon, piccata chicken, seared tuna quinoa, steam fish balinese boemboe dengan harga sekitar Rp 75-85 ribu per porsi.

7. Berenang

Wisata di Jakarta Escape Citypark itu paket lengkap. Ada kolam renangnya juga loh. Bisa seharian deh main di sini. Jangan lupa bawa baju ganti ya.

kolam renang jakarta escape citypark
Bayar 50 ribu bisa berenang sepuasnya

Buat kamu yang pengen berenang di sini, tarifnya Rp 50 ribu per orang. Kalau bawa anak balita, orang tua bisa masuk sebagai pendamping alias enggak perlu bayar.

kolam renang jakarta escape citypark
Bersantai sambil mengawasi anak-anak berenang

Kolamnya cuma satu, tetapi ada pembatas antara kolam anak dengan kolam dewasa. Kolamnya nyaman, enggak menyengat bau kaporitnya seperti kolam-kolam kebanyakan. Jadi, safety banget. Ada tempat bersantai di pinggir kolam yang estetik dan Instagramable.

8. Sepeda sehat dan jalan sehat

Jalur pedestrian Jakarta Escape Citypark memang cocok banget buat pesepeda dan kamu yang suka maraton atau jalan sehat. Enggak salah pilih masuk ke sini.

lingkungan sekitar jakarta escape
Salah satu area pedestrian di Jakarta Escape Citypark

Pagi-pagi jam 6 sepedaan dulu, trus jam 7 ikutan senam bersama. Lanjut sarapan di Sunday Market kemudian berenang. What a perfect day!

9. Mancing

Lokasi mancing di Jakarta Escape Citypark bakal kamu temui di sebelah kiri gerbang pertama. Lokasinya sebelum Rumah Turki atau sebelum kolam teratai.

Kamu cukup bayar Rp 30 ribu per orang kalau mau mancing di sini. Ikannya boleh dibawa pulang.

10. Naik delman, becak, atau boogie car

Luas Jakarta Escape Citypark mencapai 9 ha. Kalau kamu enggak mau capek berjalan kaki mengelilinginya, kamu bisa kok naik delman, sewa becak, atau boogie car. Tarifnya beda-beda.

wisata di jakarta escape
Pemandangan hijau sejauh mata memandang
wisata di jakarta escape citypark
Jakarta Escape Citypark ditanami aneka tanaman kehutanan

Sewa becak Rp 30 ribu per dua jam. Tarif delmannya juga sama, sedangkan boogie car Rp 20 ribu per orang.

11. Tour Rumah Tempe

Mau belajar bikin tempe? Kamu bisa ikutan Tour Rumah Tempe di Jakarta Escape Citypark.

Pengunjung bakal diajak melihat langsung proses pembuatan tempe sekaligus praktik sendiri. Dua orang instruktur akan menemani kamu membuat tempe dengan metode higienis dilengkapi peralatan modern.

Hasil tempe yang udah jadi boleh dibawa pulang. Seru kan?

12. Galea Belangi dan Rumah Turki untuk spot wedding atau foto pre-wedding

Sebetulnya seluruh bagian dari Jakarta Escape Citypark bisa menjadi spot untuk foto pre-wedding. Namun, salah satu spot paling ikonik adalah Rumah Turki.

rumah turki jakarta escape citypark
Rumah Turki, salah satu spot foto pre-wedding
rumah turki jakarta escape citypark
Rumah Turki seperti outdoor studio ya

Kalau di Bali, ada Taman Ujung Sukasada di Karangasem yang juga punya spot mirip Rumah Turki. Lokasinya tematik dan menjadi favorit untuk foto pre-wedding.

wedding venur jakarta escape citypark
Venue wedding dengan konsep garden party
wedding venue jakarta escape citypark
Aula di Jakarta Escape Citypark

Galea Belangi mencakup beberapa area yang biasa digunakan sebagai venue resepsi pernikahan. Konsepnya bisa garden party, bisa juga indoor di aula yang lokasinya persis di samping kolam renang.

13. Aneka permainan anak

Anak-anak punya banyak pilihan permainan di sini. Ada spot panahan, bermain VR game, menembak, dan melukis pot. Saya hanya sempat tanya harga aktivitas melukis pot di sini, yaitu Rp 45 ribu.

Anak-anak juga orang dewasa bisa melukis pot tanah liat yang tadinya polos menjadi beraneka warna, rupa, dan gambar. Biarkan tangan-tangan kecil mereka berkreasi dan lihat hasilnya. Potnya boleh dibawa pulang dan bisa jadi wadah tanaman hias ibu di rumah.

13. Kumpul komunitas pecinta anabul

Ini dia nih aktivitas terakhir yang enggak kalah seru. Jakarta Escape Citypark adalah surga bagi pet parents. Kamu atau komunitas kamu bisa janjian ngumpul di sini.

Ada area luas di depan kolam renang yang bisa digunakan untuk bermain bersama anak-anak bulu kamu. Kamu bisa melepas tali kekang anjing-anjing kamu di sini. Biarkan mereka bergerak bebas kemana pergi. Namun, tetap dipantau ya.

Tata tertib hewan peliharaan di Rumah Perubahan, Jakarta Escape Citypark.

Pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab dengan hewan peliharaannya dipersilakan berkunjung ke Jakarta Escape Citypark. Pengelola bahkan menyiapkan diskon seru untuk pet parents.

Ada sejumlah aturan sederhana untuk hewan peliharaan demi memastikan kamu dan pengunjung lain nyaman berada di Jakarta Escape Citypark.

1. Pastikan hewan peliharaan di bawah kendali

Pengunjung boleh melepas hewan peliharaan tanpa tali kekang di area-area tertentu Jakarta Escape Citypark. Namun, pastikan anabul berada di bawah kendali.

Jangan sampai hewan peliharaan kita mengganggu tamu-tamu yang lain. Apalagi sampai membuat tamu-tamu yang lain terusik lalu pergi.

2. Buang kotoran hewan peliharaan dengan benar

Pemilik hewan peliharaan wajib memerhatikan kebersihan peliharaannya. Semisal anabul buang air kecil atau buang air besar, pemilik harus membuang kotoran hewan peliharaan dengan benar ke tempat sampah yang sudah disediakan.

Pemilik hewan peliharaan sebaiknya membawa kantong plastik sendiri untuk membersihkan kotoran atau poop hewan dan tisu untuk membersihkan pipisnya.

3. Ikat hewan peliharaan di area-area tertentu

Ada spot-spot yang tidak boleh dimasuki hewan peliharaan, misalnya kolam renang. Jadi, pastikan anabul kamu dalam posisi terikat ketika berada di sekitar kolam ya.

4. Usahakan hewan peliharaan sudah divaksin

Anjing biasanya terbagi menjadi anjing besar dan anjing kecil. Anjing yang masih galak sebaiknya tetap dipasangi tali atau rantai, bisa juga mulutnya dipasangi brangus (muzzle).

Jangan sekali pun membawa hewan peliharaan yang sakit. Ini bisa membahayakan pengunjung lain, hewan lain, dan hewan peliharaan itu sendiri. Sebaiknya hewan peliharaan yang dibawa sudah divaksin.

5. Jangan lakukan kekerasan terhadap hewan

Namanya juga hewan peliharaan, ya harus disayang dong. Jangan pernah sengaja atau mempertontonkan kekerasan terhadap hewan di taman ini, seperti memukul hewan karena tidak menurut, mencambuk mereka, atau menendangnya. Kasihan kan. Hewan juga punya hak asasi.

Seru banget kan main di sini? Jakarta Escape Citypark cocok banget jadi family short occasion. Kalau kamu udah bosan ngider di Jakarta, melipir sebentar ke Bekasi dan nikmati akhir pekan kamu di sini. Selamat berkunjung.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: