Enggak Perlu Seram Pakai Retinol Serum

Halo teman-teman. Terima kasih kembali berkunjung ke blog saya. Beberapa dari kalian melayangkan DM via Instagram, katanya apa iya saya jadi brand ambassador Scarlett Whitening? Hehehe.

Wah, saya bukan Jihyo Twice, bukan juga Agnez Monica. Saya nulis Scarlett Whitening ya karena produk-produknya emang sebagus itu sehingga layak direkomendasikan. Scarlett Whitening by Felicya Angelista udah jadi local proud Indonesia.

Salah satu artikel ilmiah yang ditulis Annisa Aurelia Eksananda dan Tias Andarini Indarwati pada Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya Volume 10 bahkan menyebutkan Scarlett Whitening menempati peringkat dua merek skincare lokal terlaris di Indonesia. Total penjualannya mencapai Rp 17,7 miliar. WOW banget kan?

Scarlett Whitening mengantongi izin BPOM, bersertifikat halal, dan memiliki kualitas baik dengan harga terjangkau. Nah, kali ini saya lagi-lagi mau mengulas dua serum terbaru Scarlett berbahan dasar retinol dan niacinamide. Namanya Skin Smoothing Retinol Serum, serta Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum.

Pengalaman buruk pakai serum retinol

Banyak banget bahan perawatan kulit (skincare) di luar sana, dan satu paling dominan, yaitu retinol. Bahan serbaguna ini dikenal karena manfaatnya mengesankan, mulai dari mengurangi jerawat, mengatur pergantian sel kulit, mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, dan utamanya mengurangi kemunculan garis-garis halus, kerutan, pori-pori, dan bintik hitam yang merupakan tanda-tanda penuaan.

Inilah kenapa banyak merek kosmetik dan ahli kosmetik dunia beranggapan siapa pun yang tertarik mengembangkan skincare anti-aging, salah satunya perlu menggunakan retinol.

Beberapa tahun lalu, sekitar 2016 pas masih stay di Bali, saya sebetulnya punya pengalaman buruk menggunakan serum retinol. Jadi, ceritanya saya beli produk skincare berbasis retinol dari brand-X (yang jelas bukan Scarlett dan jangan tanya mereknya apa di kolom komentar ya).

Rutinitas perawatan kulit saya, mulai dari sabun cuci muka, toner, serum, sampai pelembab mengandung retinol. Baru saja seminggu penggunaan, saya merasakan sekali kulit wajah makin kencang. Saya udah hepi duluan nih. Eh, tapi entah kenapa saya kok lama-lama ngerasa muka kering banget dari biasa, terutama di bagian wajah tempat saya meneteskan serum retinol, seperti di sebelah sudut mata dan dahi.

Makin lama saya makin enggak nyaman dengan kondisi ini dan akhirnya ngobrol sama teman yang mengerti tentang skincare. Lalu, bagaimana saya sembuh dari efek samping penggunaan skincare ini? Tetap baca kelanjutannya ya.

Cara tepat menggunakan serum retinol

RAMP UP SLOWLY!!! Itu dia kuncinya. Kalau semua skincare kita mengandung retinol, maka lebih baik menggunakan serum perlahan. Jangan langsung pakai serum berbasis retinol ini tiap hari.

Tips pertama, saya mengubah langsung cara pemakaian saya lantaran kulit tergolong sensitif. Saya hanya pakai serum retinol sekali tiga hari setidaknya dua hingga tiga pekan pertama. Setelah kulit wajah saya cukup menoleransi serum ini, baru deh frekuensinya ditingkatkan menjadi sekali dua hari, kemudian sekali sehari.

Tips kedua, jangan buru-buru meneteskan serum retinol ke wajah setelah mencuci muka. YES. Tunggulah 10-15 menit setelah wajah mengering, baru teteskan serum.

Kulit lembab memungkinkan retinol menembus lapisan kulit lebih dalam. Celakanya, kalau kita baru pertama kali memakainya, efek sampingnya jauh lebih parah dari pengalaman saya sebelumnya.

Tips ketiga, kalau kamu menggunakan skincare dengan bahan aktif lain, khususnya vitamin C sebagai bahan utama, sebaiknya jangan gunakan bersamaan dengan serum retinol. Gunakan pada waktu terpisah, misalnya pakai skincare dengan vitamin C pada siang hari dan serum retinol malam hari.

serum retinol scarlett whitening

Benar dong. Setelah cara pemakaian serum saya perbaiki dengan memerhatikan tiga tips sederhana di atas, saya enggak menemukan lagi kulit bersisik atau terlampau kering dan kencang. Kulit saya yang tadinya cenderung sensitif akhirnya bisa toleran dengan retinol-based serum.

So, buat kamu yang pernah punya pengalaman kurang enak sama serum retinol, jangan cepat kapok. Retinol tidak memberikan hasil kilat. So, yang sabar pakai serumnya ya. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, butuh waktu dua hingga tiga bulan untuk melihat manfaat optimal.

Tetap rutin menggunakannya dan jangan mudah menyerah. Kalau kulit wajah kita sukses menoleransi serum ini, manfaat besar dan jangka panjang pasti dirasakan. Kamu bakal enggak seram lagi, malah merasa butuh banget serum ini. Begitulah yang saya rasakan.

Manfaat serum retinol dari Scarlett Whitening

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang juga dikenal dengan nama lain, seperti adapalene dan tretinoin. Sebaiknya pakai serum berbasis retinol pada malam hari dan biarkan keajaibannya bekerja.

Skin Smoothing Retinol Serum dari Scarlett Whitening setidaknya memiliki empat kandungan utama (power ingredients), yaitu encapsulated retinol, pmegranate extract, hexapeptide-8, dan allantoin. Apa saja manfaatnya?

  • Encapsulated retinol bermanfaat menyamarkan garis-garis halus, mengangkat sel kulit mati, dan merawat kekencangan kulit.
  • Pomegranate extract membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Hexapeptide-8 membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit, dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.
  • Allantoin membantu menghidrasi kulit dan menghaluskan kulit.

Teteskan Skin Smoothing Retinol Serum dari Scarlett Whitening secara merata di bagian wajah, khususnya zona T, seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu. Pijat perlahan dan biarkan beberapa saat sebelum melanjutkan tahapan skincare berikutnya.

Manfaat serum niacinamide dari Scarlett Whitening

Kalian tahu enggak? Serum retinol itu bekerja lebih maksimal ketika diaplikasikan bersama hydrating cleanser, niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramides. Mumpung dari awal kamu udah pakai rejimen skincare dari Scarlett Whitening, kenapa enggak sekalian aja cobain serum niacinamidenya?

serum niacinamide scarlett whitening

Kenalin nih, ada Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum. Kamu bisa mengaplikasikan kin Smoothing Retinol Serum dengan produk unyu ini.

Kalau retinol serum Scarlett dikemas dalam botol biru, maka serum niacinamide dikemas dalam botol ungu violet. Mereka best friend banget buat wajah.

scarlett whitening serum

Kenapa kedua serum ini bisa cocok, bahkan ketika dipakai bersamaan? Soalnya serum niacinamide bisa mengurangi risiko iritasi pada kulit kering setelah pemakaian serum retinol. Ini persis seperti kasus kulit sensitif saya beberapa tahun lalu.

Dua serum baru produksi Scarlett Whitening ini diformulasikan dengan baik dan stabil. Kalau kita pakai keduanya secara konsisten, secara nyata manfaatnya mengurangi berbagai kerusakan yang mengancam wajah. So, ingat kuncinya ya, KONSISTENSI PEMAKAIAN. Jangan cuma semangat sebulan pertama doang, abis itu berhenti. Ya enggak kelihatan dong hasilnya.

Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening memiliki enam kandungan utama (power ingredients), yaitu beta glucan, niacinamide 5%, creatine, allantoin, triple ceramide complex, dan 7 phyto extract. Apa saja manfaatnya?

  • Beta glucan melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan efek buruk sinar ultraviolet.
  • Niacinamide 5% merawat skin barrier, mencerahkan kulit secara merata, dan membantu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah.
  • Creatine menyejukkan dan melembabkan kulit.
  • Allantoin melembabkan kulit dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.
  • Triple ceramide complex melembabkan kulit dan merawat kekencangan kulit.
  • 7 phyto extract, yaitu moringa extract, mugwort extract, chamomile extract, bifida fermant extract, pomegranate extract, lotus extract, dan centella asiatica extract memberi ekstra manfaat yang menyempurnakan enam kandungan utama lainnya.

Teteskan 2-3 tetes serum niacinamide pada telapak tangan. Oleskan perlahan dan merata ke seluruh kulit wajah. Tunggu hingga tiga menit sampai produk meresap sepenuhnya.

Siapa saja yang boleh pakai duo serum ini?

Siapa saja yang sedang memerangi tanda-tanda penuaan, usia 18 tahun ke atas silakan menggunakan Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening. Namun, saran saya, buat kamu yang sedang hamil, sedang menyusui, ada riwayat eksim atau rosacea sebaiknya tidak menggunakan serum retinol dulu.

Kalau pun kamu tetap mau pakai pas hamil, mendingan setelah masa kehamilan melewati trimester kedua, juga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau dokter kulit.

manfaat serum retinol

Kalau dokter enggak bolehin, gimana dong?

Tenang, Scarlett Whitening punya banyak alternatif serum yang ramah untuk ibu hamil dan ibu menyusui, seperti Scarlett Whitening Acne Serum, Brightly Ever After Serum, dan Glowtening Serum. Ibu hamil bisa pakai ketiga serum itu sesuai kondisi kulit.

Bagaimana tekstur kedua serum terbaru Scarlett Whitening ini?

Tekstur serum retinol cukup kental, beda dengan serum niacinamide yang bening dan cair. Nyaris tidak ada aroma khusus dan menyengat, hanya terasa sedikit lengket di kulit.

  • manfaat serum niacinamide

Kapan sebaiknya pakai serum retinol dan niacinamide?

Pada dasarnya Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening bisa dipakai siang juga malam hari. Namun, saya menganjurkan pemakaian serum retinol di malam hari, sedangkan niacinamide siang hari. Pasalnya sinar matahari sedikit menonaktifkan retinol atau mengurangi kerja retinol.

Kalau kita pakai serum retinol malam hari, kan udah enggak ada matahari tuh. Kamar tidur juga gelap atau remang-remang. Nah, saat itulah serum retinol bekerja maksimal memberi manfaat luar biasa buat kulit kita.

Serum retinol dan niacinamide dari Scarlett Whitening masing-masingnya dikemas dalam botol kaca bening, kemasan sama seperti serum-serum pendahulunya. Volumenya 15 ml.

manfaat serum retinol

Kalau kita masih proses pemakaian bertahap pertama kali, satu botol ini bisa tahan sampai tiga bulan. Kalau kita udah pemakaian rutin, satu botol bisa tahan sampai 1,5 bulan, bergantung pemakaian.

Serum retinol dan niacinamide dari Scarlett Whitening teruji bebas merkuri dan hydroquinone. Seluruh produk teregistrasi di BPOM.

Kalau kamu mau cek keaslian produk-produk Scarlett, silakan buka link https://verify.scarlettwhitening.com/ kemudian isi data yang diminta, disusul kode pada bawah barcode untuk memeriksa kode serinya. Kamu bisa order langsung seluruh produk face care Scarlett Whitening dengan mengunjungi link berikut https://linktr.ee/scarlett_whitening

Percaya deh, kamu bakal senyum setelah pakai retinol dan niacinamide serum dari Scarlett Whitening. Mumpung baru gajian, go and get it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.