Decreed by Fate: Jodoh di Tangan Mak Comblang

Decreed by Fate menceritakan kehidupan Ye Rong Er, putri tunggal Pangeran Lian dan Selir Yu Qingyao. Pangeran Lian meninggal dunia dalam perang, disusul sang istri, sehingga Rong Er anak yatim piatu. Tumbuh tanpa kedua orang tua menjadikan Rong Er wanita tangguh, jauh dari kata lemah lembut, layaknya tuan putri pada umumnya.

Apalagi dalam silsilah kerajaan Cina dahulu, hanya anak laki-laki atau pangeran yang mendapat perhatian khusus. Anak perempuan tidak berkuasa atas apa-apa, sekadar status bangsawan, terlebih ayahnya yang pangeran tidak naik tahta menjadi raja. Rong Er dianggap sebagai putri tanpa kekuasaan.

Cerita Decreed by Fate berlatar belakang Tiongkok yang terpecah menjadi dua bagian besar, Negara Utara dan Negara Selatan. Kala itu tersohor dua keluarga kaya di selatan, yaitu Keluarga Pangeran Lian yang memiliki Putri Rong Er, dan Keluarga Bangsawan Jing’an yang memiliki Jenderal Yin Si Shen. Keduanya sama-sama belum menikah.

decreed by fate
Putri Ye Rong Er alias Wen Re Jing

Pernikahan di selatan masa itu ditentukan dengan dua cara. Pertama, dijodohkan istana atau orang tua. Kedua, dijodohkan seorang mak comblang.

Seluruh mak comblang di Kota Jing’an berbondong-bondong mencarikan jodoh untuk Jenderal Yin Si Shen. Meski tak banyak yang pernah melihat tampangnya, Jenderal Yin Si Shen dikenal sangat gagah dan rupawan. Anehnya sang jenderal selalu menolak siapa pun gadis yang dijodohkan untuknya.

decreed by fate
Jenderal Yin Si Shen alias Lu Ting Xiao

Jauh berbeda dengan Keluarga Pangeran Lian, Pengurus Lv yang menjaga Putri Rong Er dari kecil justru rela membayar mak comblang ke sana kemari supaya ada pria yang mau menikah dengan majikannya. Sayang tidak ada yang mau menerima Rong Er karena dia dianggap perawan tua, terlalu perkasa, pembawa sial, tidak punya kekuasaan, dan ditakdirkan hidup kesepian. Siapa pun yang menikahinya kelak akan bercerai.

Sinopsis Decreed by Fate

Suatu hari Putri Rong Er menerima Dekrit Istana. Bagai disambar petir siang bolong, kaisar menjodohkannya dengan Yin Si Shen, salah satu jenderal terkuat dan disegani di Negara Selatan. Rong Er kehabisan akal untuk menolak pernikahan tersebut karena tak seorang pun bisa menganulir titah kaisar.

Akibatnya apa? Rong Er mau tak mau menikah dengan Yin Si Shen tanpa pernah tahu seperti apa wajah suaminya. Saat upacara pernikahan pun, setiap kali Rong Er hendak membuka cadar yang menutupi kepala hingga wajahnya untuk melihat Yin Si Shen, pria itu menahannya.

decreed by fate review
Putri Rong Er dan Jenderal Yin Si Shen

Akhirnya Rong Er mendapat kesan Jenderal Yin Si Shen bukan pria baik-baik. Dia memutar otak mencari cara untuk bisa bercerai dengan Yin Si Shen. Rong Er ditemani pelayan setianya, A Li melarikan diri di malam pernikahannya ke Kota Ping Yang.

decreed by fate review
A Li alias Wen Re Ling, pelayan setia Putri Rong Er.

Kota Ping Yang dikenal sebagai kota dengan populasi mak comblang terbanyak di Tiongkok. Asosiasi Mak Comblang Tiongkok juga terpusat di sana. Rong Er menyamar sebagai Wen Re Jing, sedangkan A Li menjadi Wen Re Ling. Mereka mengaku anak buah Lu Ting Xiao, mak comblang nomor satu dari Kota Jing’an yang membuka cabang di Kota Ping Yang, bernama Rumah Boqing.

Rumah Boqing satu-satunya yang menerima gugatan perceraian dari pihak perempuan (istri). Tidak seperti mak comblang lain yang hanya menerima gugatan cerai dari pihak laki-laki alias suami. Rong Er bertekad suatu hari bisa membuat surat perceraiannya sendiri agar berpisah dari Yin Si Shen.

Biar enggak makin penasaran, berikut adalah pemeran utama dan pendukung serial Decreed by Fate yang tayang eksklusif di aplikasi menonton iQiyi.

  • Li Jiu Lin sebagai Jendera Yin Si Shen/ Lu Ting Xiao
  • Chen Fang Tong sebagai Ye Rong Er/ Wen Ren Jing
  • Wu Cheng Xu sebagai Jenderal Lin Xie/ Fang Xian Xun
  • Xu Shao Hang sebagai Wang Yi Zhi, Ketua Organisasi Changlow.
  • Xu Ning sebagai Zheng Lin (Mak Comblang)
  • Cheng Yu Feng sebagai Liu Zhan (Mak Comblang)
  • Jia Yi sebagai A Ling/ Wen Ren Ling, pelayan setia Ye Rong Er, putri Pengurus Lv.
  • Jiang Rui Ze sebagai Qin Yi Yi, sepupu Jenderal Yin Si Shen.
decreed by fate review

Yin Si Shen yang menyadari istrinya lari di malam pertama mereka tak bersedih. Dia bertekad kelak Rong Er kembali ke sisinya atas kesadaran sendiri.

Akhirnya Yin Si Shen menyusul ke Kota Ping Yang. Tanpa sepengetahuan Rong Er, dia menyamar sebagai Lu Ting Xiao, Kepala Rumah Boqing. Mau tak mau Yin Si Shen tinggal serumah dengan Rong Er dan A Li.

Kisah cinta mereka makin seru dengan kehadiran orang ketiga, yaitu Fang Xian Xun. Dia adalah sahabat Rong Er yang pura-pura lemah dan berguru ilmu silat pada Rong Er.

decreed by fate
Jenderal Lin Xie alias Fang Xian Xun

Padahal aslinya Fang Xian Xun adalah Jenderal Lin Xie yang paling ditakuti dari Negara Utara. Lin Xie datang diam-diam ke utara dalam misi membunuh Jenderal Yin Si Shen dan mengungkap Organisasi Changlow.

Organisasi Changlow

Changlow adalah organisasi rahasia diketuai Wang Yi Zhi dari Negara Utara. Dia menculik wanita untuk dijadikan mata-mata. Tugasnya mencelakai menteri atau raja di istana, mau itu wilayah utara atau selatan. Organisasi Changlow hanya tunduk pada mereka yang membayar mahal jasa mereka, sehingga dianggap mengadu domba dua negara.

Nah, di Negara Selatan, Organisasi Changlow berlindung di balik Keluarga Hong yang dikenal senang membantu rakyat miskin. Tuan Hong memakai topeng dermawan untuk mencari mangsa, yaitu gadis-gadis dan anak perempuan yang akan dia culik dan jual sebagai budak ke Organisasi Changlow. Salah satu korbannya adalah Qin Yi Yi yang juga adik sepupu Jenderal Yin Si Shen.

Rong Er tanpa sengaja bersinggungan dengan Organisasi Changlow setelah kenal dekat dengan Nona Ji. Dia seorang wanita penghibur resmi di Rumah Bordil Baihua yang menjadi primadona Kota Ping Yang.

decreed by fate
Nona Ji dari Rumah Bordil Baihua

Rong Er dan Nona Ji bersahabat dekat karena Rong Er mendukung hubungan Nona Ji dengan seorang pelajar bernama Tuan Xu. Sayangnya status Nona Ji sebagai wanita penghibur nomor satu di Kota Ping Yang tidak memungkinkannya menikah dengan orang lain.

Rong Er dianggap terlalu ikut campur dengan Organisasi Changlow. Wang Yi Zhi mengancam Nona Ji. Jika Nona Ji hendak bahagia bersama Tuan Xu, maka dia harus mencarikan wanita pengganti yang akan menempati posisinya.

Wang Yi Zhi menghendaki Rong Er menggantikan Nona Ji sebagai wanita penghibur nomor satu di Kota Ping Yang. Oleh sebabnya Nona Ji mengkhianati Rong Er dengan memberikan Rong Er racun cinta.

Racun cinta

Rong Er terkena racun cinta yang bisa menyebabkan hilang ingatan. Setiap kali penderitanya menggunakan perasaan, racunnya semakin bekerja. Awalnya penderita merasakan dingin sekali, lalu wajahnya pucat, kemudian pingsan.

Racun cinta lama kelamaan memasuki jantung dan membunuh pelan-pelan. Sayangnya racun ini sama sekali belum ada penawarnya.

Racun cinta bekerja cepat pada Rong Er karena dia terkena saat perasaannya terhadap Yin Si Shen sedang bergejolak. Akhirnya supaya memperlambat penyebaran racun ini, Yin Si Shen menghilang sementara dari pandangan Rong Er.

li jiu lin
Rong Er jatuh cinta beneran sama Jenderal Yin Si Shen

Dia pergi ke Lembah Obat Dewa untuk bertemu Tabib Racun, Yue Li Weng. Tabib Racun memberikan syarat berat. Dia bersedia datang ke Ping Yang menyembuhkan Rong Er asalkan Yin Si Shen mau menjadi kelinci percobaannya untuk membuat obat-obatan penawar racun selama beberapa hari di Lembah Obat Dewa. Demi cintanya pada Rong Er, Yin Si Shen bersedia membiarkan tubuhnya menjadi obyek percobaan si tabib gila.

Tabib Racun akhirnya datang ke Ping Yang. Dia mendiagnosis kondisi Rong Er makin parah, meski tampilan luarnya baik-baik saja. Ramuan penawar racun cinta membutuhkan bahan-bahan yang sulit didapatkan. Pertama, gingseng berumur puluhan ribu tahun. Kedua, rumput penghilang perasaan. Ini adalah tanaman beracun yang legendaris dari hutan barat.

Semua orang bekerja sama menyembuhkan Rong Er. A Li mendapatkan gingseng puluhan ribu tahun dari Zheng Lin berkat bantuan Liu Zan, mak comblang yang menaruh hati padanya. Jenderal Lin Xie mendapatkan rumput penghilang perasaan, meski pulang dengan kondisi mengenaskan.

wu cheng xu
Rong Er dan Jenderal Lin Xie

Ending cerita udah ketebak ya. Happy ending, of course.

Ada kejutan plot twistnya nih untuk penonton yang bikin kita surprise banget di episode terakhir. Kalian harus tonton sendiri di aplikasi iQiyi. Udah download belum?

Review Decreed by Fate

Decreed by Fate yang memiliki judul asli Qian Jin Nan Tao merupakan komedi historical romance dengan total 16 episode. Serial ini termasuk low budget, tidak seperti drama sejarah Cina pada umumnya yang minimal berjumlah 30 episode.

Eits, meski low budget, saya sangat merekomendasikan serial ini karena sukses bikin ketawa sejak episode pertama, plus merinding karena chemistry pemeran utama pria dan wanita, juga second leadnya juarakkkk!

Usia Rong Er dalam cerita ini adalah 21 tahun. Tradisi Cina Kuno mengatur pernikahan bahkan sejak pasangan masih anak-anak. Usia pernikahan terbaik bagi pria masa itu adalah awal 20-an, sedangkan perempuan adalah akhir 20-an, atau 17-20 tahun. Artinya, perempuan yang usianya di atas 20 tahun zaman dahulu sudah dicap perawan tua. Ngeri banget yaaa. Untungnya kita enggak terlahir pada zaman kuno ini. Hehehe.

decreed by fate review
Pernikahan Rong Er dan Jenderal Yin Si Shen

Perjodohan di Cina Kuno adalah ritual penting. Pendapat mak comblang profesional menjadi pertimbangan utama orang tua yang ingin menikahkan putra-putrinya.

Tradisi perjodohan ini berlangsung lebih dari dua ribu tahun. Mak comblang bertugas memasangkan calon mempelai dari dua keluarga dengan status hampir sama demi kebaikan sosial lebih besar.

Perceraian ala Cina Kuno

Hukum Cina Kuno menyebutkan seorang pria bisa menceraikan istri, tetapi istri tidak bisa menceraikan suami, kecuali suami memperlakukan keluarga istri dengan buruk. Hukum inilah yang ingin dilawan Rong Er dengan mendirikan Rumah Boqing.

Biasanya laki-laki Cina Kuno baru menceraikan istrinya ketika istri gagal melahirkan anak laki-laki. Alasan lainnya istri tidak berbakti pada keluarga suami, istri cemburu, atau istri memiliki penyakit mengkhawatirkan. Lebay banget ya zaman dahulu.

Sekarang kalian udah pada tahu kan? Kenapa dalam drama-drama Cina, yang namanya laki-laki bisa beristri banyak, tetapi istri pertama atau istri sahnya tenang-tenang saja alias akur. Itu karena cemburu adalah dasar yang bisa digunakan suami untuk menceraikan istri. Cerai adalah penghinaan terbesar atau tabu bagi perempuan. Orang-orang percaya bahwa perempuan yang diceraikan bakal masuk neraka.

Oleh sebab itu laki-laki Cina Kuno hanya memiliki satu istri sah, tetapi mereka secara terbuka memiliki banyak perempuan simpanan (gundik). Prostitusi adalah bisnis legal, sehingga di serial ini kita bisa melihat keberadaan Nona Ji sebagai pekerja seks komersial yang justru dihormati dari Rumah Bordil Baihua.

Seorang gundik boleh saja menjadi kesayangan seorang pria, tetapi setelah gundik melahirkan anak, terlebih anak itu laki-laki, maka anaknya tidak akan pernah menjadi anaknya. Maksudnya, anak-anak gundik lahir dengan menyandang status anak istri sah. Anak-anak ini menggunakan marga keluarga suami atau istri sah, bukan mengikuti marga ibu kandung yang melahirkannya.

Drama sejarah berbalut komedi

Ada banyak drama romantis kerajaan yang berbalut komedi. Namun, Decreed by Fate satu judul yang menurut saya kelewatan kocaknya. Asyik banget. Scene-scene romantisnya itu seperti komik versi live.

Biasanya dalam drama kerajaan ada seorang pangeran atau raja yang memiliki banyak selir. Dalam Decreed by Fate, justru yang terjadi kebalikannya. Rong Er sebagai tuan putri bisa hidup akur rukun di antara dua jenderal besar yang mencintainya. Dia bahkan terkesan bisa memiliki keduanya, meski telah menetapkan cinta pada satu hati. Kesannya kayak poliandri gitu.

Saya suka sekali dengan akting Chen Fang Tong sebagai Ye Rong Er. Dia imut banget. Gayanya mengingatkan saya pada idola saya, Zhao Lu Si. Saya jadi kepo pengen nonton aktingnya di drama lain.

Li Jiu Lin yang memerankan Jenderal Yin Si Shen sebagai aktor utama pertama kalinya saya lihat muncul dalam serial Who Rules the World. Dalam drama tersebut dia menjadi kakak Feng Xi Yun alias kakak Bai Feng Xi. Cakeup pisan.

Wu Cheng Xu sampai hari ini saya masih menunggu drama yang menjadikannya pemeran utama pria. Kasihan banget, dia selalu jadi cowok paling menderita di sejumlah drama yang menempatkannya sebagai second lead, termasuk di Decreed by Fate ini.

decreed by fate review
Wu Cheng Xu sebagai Jenderal Lin Xie/ Fang Xian Xun

Entah kenapa saya lebih pengen Rong Er sama Jenderal Lin Xie, bukan sama Yin Si Shen. Mereka berdua kocak banget dan saling memahami satu sama lain. Apalagi Lin Xie aslinya salah satu prajurit setia mendiang ayah Rong Er.

Ini juga yang bikin saya penasaran. Kenapa Lin Xie bisa jadi jenderal Negara Utara, sedangkan aslinya dia adalah ketua organisasi mata-mata rahasia bentukan Pangeran Lian yang jelas-jelas pangeran dari Negara Selatan? Ini tak sepenuhnya dijelaskan dalam cerita. Mungkin dengan plot twist tersebut kelak akan lahir Decreed by Fate season kedua.

wu cheng xu
Jenderal Lin Xie yang penuh misteri

Menurut saya Cheng Xu sangat layak diberi peran lebih. Mukanya juga manis banget. Cocok mainin peran yang mirip-mirip sama dramanya Wang Yibo, tengil tanggung gimanaaa gitu. You know what I mean lah ya.

Saya paling kagum dalam aktingnya di drama Unforgettable Love. Saya juga suka saat Wu Cheng Xu bermain sebagai sahabat Dilraba Dilmurat di serial the Long Ballad.

Decreed by Fate tinggi banget ratingnya di iQiyi, yaitu 9.6. Ini termasuk fastest raising di platform video daring terbesar di dunia asal Cina tersebut. Pasti kamu makin penasaran kan? Tonton aja deh.

14 thoughts

  1. Seru dan lucu ya, ahhh racun ini mah, saya paling suka nonton yang komedi-komedi.
    Tapi saya 16 episode, berapa hari tuh baru selesai, hiks.
    Banyak banget loh sekarang drama-drama yang bagus-bagus, bukan cuman Korea, China juga menarik 🙂

    Like

  2. Seru banget keknya ya. Banyak hal menarik yang bisa dinikmati. Mulai dari putri Rong Er yang bergaul dan hidup dalam 2 cinta Jendral yang sama-sama ganteng, dan cerita tentang racun cinta alias racun meracun yang sering banget dihadirkan dalam drama Cina. Dan eh ternyata ratingnya tinggi banget ya. Wajib ditonton ini sih. Apalagi ini hanya 16 episode ya. Gak berlama-lama seperti kebiasaan drama cina lainnya.
    BTW, saya terkagum-kagum lihat posternya Jendral Lin Xie. Selain karena memang wajahnya ganteng, pakaian yang dikenakan pun terlihat mewah dan gagah banget. Polesan typography dari posternya juga apik. Posternya jadi terlihat istimewa dan keren.
    Saya lagi menyelesaikan drama WHO RULES THE WORLD nih. Habis itu akan lanjut dengan DECREED BY FATE ini ah. Makasih referensinya Muthia.

    Like

  3. aduh duh nama kedua jendral kok mirip… aku jadi bolak balik nih bacanya, mana sama-sama cakep lagi… ini eksklusif di Qiyi doang ya? bakalan muncul nggak ya di netflix atau iflix? aku pingin nonton

    Like

  4. Jenderalnya ganteng yak, haha.
    Udah lama juga gak menonton Drama China, jadi tidak mengikuti perkembangannya.
    Pan kapan boleh juga disimak

    Like

  5. mau dong dicomblangiiiin. mana yang dicombalingannya ganteng banget gitu yak hihi.

    btw iQiyi itu aplikasi film-film Cina gitu ya? udah lama ngga nonton serial. ntar cobain ah.

    Like

  6. Hihihi bisa aja nih, jodoh di tangan mak comblang. Makjleb karena saya beberapa kali comblangin saudara, syukurnya beneran jadi suaminya nih sekarang. Udah lama nih gak nonton drama China, tahu update-annya ya dari baca postingan review teman-teman blogger aja.

    Like

  7. Drama China yang satu ini menarik buat ditonton, terakhir nonton drama China 6 bulan yang lalu nih. Apalagi ini aktor-aktris nya pada cakep-cakep, hahaha

    Like

  8. Ya ampun, ini film Beneran nambah wawasan. Baru tahu saya ada komunitas alias asosiasi Mak comblang, hehehe
    Seru nih perjalanan pelarian mereka.

    Like

  9. Waaah, rating drama Decreed by Fate tinggi banget yaah..
    Suka banget kalau ada nilai-nilai luhur yang bisa kita ambil pelajaran. Aku jadi ingat kalau lelaki punya istri banyak tuh, hanya satu yang bisa dilakukan wanita, yakni membuat sang suami semakin cinta dengan dirinya (karena merasa ada saingan istri ke berapa dan berapa). Nah, upaya ini yang membuat bahagia sebuah hubungan dan mengapa poligami itu boleh sedangkan poliandri tidak diperbolehkan.
    Sejalan banget dengan kepercayaan yang aku anut ya..

    Like

  10. Wahh pemainnya pada shinning, shimering, splendid ya 🙂 Aku belum pernah nonton drachin yang versi historicalnya, apa cobain ini aja ya?

    Like

  11. Huahaha apaaa perempuan di usia 20 an dicap perawan tua. Kaget banget. Jadi penasaran pengen nonton sendiri deh ini. Catet ah judulnya Decreed by Fate ya di iQIYII

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.