Unforgettable Love: Pentingnya Kesehatan Mental Keluarga

Unforgettable Love drama China 2021 yang masuk ke dalam daftar C-drama terbaik tahun ini versi saya, menyusul Please Feel at Ease Mr Ling dan The Long Ballad.

Genrenya masih romantic comedy, tapi mengangkat isu mental health dan parenting. Drama China 24 episode ini bercerita tentang pernikahan kontrak antara CEO Heshi Group, He Qiaoyan dengan dokter sekaligus psikiater anak bernama Qin Yiyue.

Unforgettable Love diadaptasi dari web novel berjudul Mr He’s Love is Not Forgotten karya Qin Ye. Drama ini tayang 24 episode dengan durasi 45 menit per episode.

Kita kenalan dulu yuk sama para pemain Unforgettable Love.

  • Miles Wei sebagai He Qiaoyan, CEO Heshi Group, ayah Xiao Bao.
  • Hu Yi Xuan sebagai Qin Yiyue, dokter, psikiater anak, istri kontrak Qiaoyan.
  • Lennon Sun sebagai He We Fei alias Xiao Bao, putra Qiaoyan.
  • Jerry Yu sebagai Wen Gu.
  • Sheng Hui Zi sebagai Yang Ruowei, sahabat Yiyue.
  • Wu Chen Xu sebagai Ning Fang, dokter, psikiater, sahabat Yiyue.
  • Shi Qing Yan sebagai Lin Wei, tunangan Qiaoyan.
  • Zhang Hao Lun sebagai Zhou Ziyang, dokter ortopedi, mantan pacar Yiyue.
  • Zhang Rui Jia sebagai He Jia Qin, bibi Qiaoyan.

Sebagaimana umumnya drama komedi romantis, ending Unforgettable Love udah bisa ketebak dari awal. Hal yang membuat drama China satu ini berbeda adalah isu mental health yang melatarbelakanginya.

unforgettable love

Unforgettable Love menyadarkan kita bahwa kehadiran orang tua secara konsisten dalam keseharian anak pasti memengaruhi perkembangan karakter mereka. Makanya sebelum kita memerhatikan kesehatan mental anak kita, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kesehatan mental kita sendiri.

Sinopsis Unforgettable Love

Sinopsis berikut saya tulis tidak berdasarkan urutan cerita dalam episode-episode Unforgettable Love. Tujuannya supaya pembaca blog saya bisa lebih memahami kisah dalam drama ini.

He Qiaoyan membawa kakak laki-lakinya, He Qiaonian, beserta kakak ipar dan keponakannya, Xiao Bao merayakan pesta ulang tahun Xiao Bao yang kedua. Malam itu hujan turun sangat deras, ketika tiba-tiba sebuah truk putih melintas mencelakai kendaraan yang mereka tumpangi.

Qiaoyan yang duduk di kursi kemudi menabrak sebuah pohon besar di Jalan Huanshan. Kecelakaan itu menewaskan kakak laki-laki dan kakak iparnya, sementara Qiaoyan dan Bao selamat.

unforgettable love
CEO Heshi Group, He Qiaoyan

Begitu terbangun di rumah sakit setelah koma setengah bulan, Qiaoyan mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stres pascatrauma. Ini adalah gangguan mental yang muncul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa tidak menyenangkan, misalnya kecelakaan, perang, bencana alam, atau pelecehan seksual.

Qiaoyan gak ingat apa yang terjadi malam itu. Namun, ia kerap memimpikan punggung seorang wanita sedang bernyanyi sembari menggendong Bao tak jauh dari lokasi.

Lima tahun kemudian Qiaoyan menggantikan kakaknya menjadi CEO Heshi Group, sebuah perusahaan teknologi kesehatan terkemuka di Kota Qin. Selama itu pula Qiaoyan menjadi ayah sambung Bao.

unforgettable love
He We Fei alias Xiao Bao

Sayangnya Bao tumbuh tidak seperti anak kecil seusianya. Bao anak berkebutuhan khusus yang mengalami PTSD seperti Qiaoyan, tapi lebih parah. Bao gak mau bicara sepatah kata pun. Sehari-hari dia berkomunikasi lewat kartu ucapan, papan tulis kecil, atau chat ponsel.

miles wei
Xiao Bao seorang anak berkebutuhan khusus

Bao juga mengalami gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder). Tubuhnya menegang dan kaku ketika didekati orang tak dikenal. Saat ada yang menyentuhnya tanpa izin, dia histeris dan tantrum.

Qiaoyan berusaha mendatangkan dokter dan psikiater terbaik untuk Bao, tapi hasilnya nihil. Dokter yang betah dengan Bao paling lama cuma bertahan tiga hari.

Suatu malam Bao mengikuti papanya ke sebuah hotel. Qiaoyan dijadwalkan memberi penghargaan kepada salah seorang dokter yang dinilai paling inovatif di bidang riset kesehatan tahun 2020.

Dia adalah Zhou Ziyang, dokter ortopedi yang tak lain adalah mantan kekasih Qin Yiyue. Dr Zhou memutuskan hubungan dengan Yiyue lantaran terpikat anak direktur kepala rumah sakit tempatnya bekerja. Padahal Zhou dan Yiyue sudah tiga tahun berpacaran.

Bisa dibilang dr Zhou ini cowok matre lah. Lihat cewek lain lebih bening dan lebih kaya, dia langsung meninggalkan Yiyue.

Jelas-jelas Yiyue yang habis-habisan mendukungnya sejak masih kuliah di Fakultas Kedokteran dalam dan luar negeri. Makalah Tesien dr Zhou yang diganjar penghargaan itu aslinya adalah hasil karya Yiyue yang dikerjakan selama setengah tahun.

unforgettable love drama china
dr Qin Yiyue

Ya, Yiyue dulunya adalah calon dokter bedah tulang seperti Zhou. Dia beralih menjadi psikiater lantaran tangannya cedera setelah menolong bayi tak dikenal dalam sebuah kecelakaan tragis.

Udah ketebak bayi yang dimaksud siapa, ya kan? Namun, Yiyue sendiri gak tahu kalo bayi yang dulunya dia selamatkan adalah Bao.

Taksi yang ditumpangi Yiyue malam itu kebetulan melintas di Jalan Huanshan. Dia melihat sebuah mobil terbalik dan mendengar tangisan bayi di dalamnya.

Dengan sigap Yiyue berusaha mengeluarkan Bao yang ketakutan. Kasihan Yiyue, pergelangan tangan kanannya cedera saat memecahkan kaca belakang mobil.

Tangan adalah harta paling berharga bagi seorang dokter bedah. Yiyue harus mengubur impiannya menjadi dokter tulang dan beralih ke psikiater.

Balik lagi ke hotel…

Yiyue gak terima Zhou menerima penghargaan di atas penderitaannya. Gadis itu langsung mendatangi hotel yang menjadi venue acara. Di sana pertama kalinya Yiyue berjumpa dengan Qiaoyan dalam sebuah kejadian epik yang menggelitik.

Siapa aja yang menonton scene mereka di kamar hotel yang terekam LIVE Instagram bakal terpingkal-pingkal. Yiyue mengatakan pada Qiaoyan bahwa makalah itu adalah hasil jerih payahnya yang diklaim sepihak oleh dr Zhou.

Yiyue bilang, ilmu kedokteran itu suci. Dia punya cukup bukti yang menunjukkan dr Zhou telah memplagiat hasil karyanya.

Qiaoyan rupanya percaya dengan Yiyue. Dia pun membatalkan penghargaan untuk dr Zhou di hadapan orang banyak.

Di luar hotel, Yiyue melihat seorang anak kecil ketakutan dikelilingi orang dewasa. Bao tersesat di hotel saat berusaha menemukan papanya.

Saat Yiyue mendekat, entah kenapa Bao tanpa ragu menerima uluran tangan Yiyue. Apalagi Yiyue memberikannya sapu tangan dan sebuah boneka kecil untuk menemaninya di saat takut.

Sapu tangan itu sapu tangan sama yang digunakan Yiyue saat membersihkan wajah Bao di malam kecelakaan itu. Bao rupanya masih hapal aroma tubuh Yiyue, sehingga merasa ada ikatan dengan dokter itu.

Nikah Kontrak

Dokter terakhir Bao mengundurkan diri. Mau gak mau Qiaoyan membawa Bao pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Kali ini dia menuju Rumah Sakit Yade, tempat Yiyue bekerja.

Hari itu adalah pertemuan kedua Bao dengan Yiyue setelah insiden di hotel. Qiaoyan seperti melihat keajaiban saat Bao berinisiatif mengajak Yiyue berteman dengannya, hal yang gak pernah dilakukan Bao dalam lima tahun terakhir.

unforgettable love

Bao menggunakan bahasa isyarat meminta Yiyue menjadi dokternya. Qiaoyan mau gak mau harus mengabulkan keinginan Bao. Apalagi sebelumnya Qiaoyan bersumpah akan memprioritaskan Bao dan Heshi Group sepanjang hidupnya.

Dengan segala cara Qiaoyan membujuk Yiyue tinggal di rumahnya, menjadi dokter, sekaligus ‘mama’ untuk Bao. Emang dasar cowok kanebo yang kaku, gak tahu cara memenangkan hati perempuan, Qiaoyan gagal melulu.

Dia mengikuti nasihat sahabatnya, Wen Gu, mulai dari mengirimkan bunga dan hadiah ke rumah sakit, menjemput Yiyue pulang kerja, membuntuti Yiyue sampai ke rumahnya, membuatkan Yiyue kue, bahkan menyempatkan diri merawat Yiyue yang sakit.

Saking kesalnya, Yiyue pernah bertanya pada Qiaoyan, seandainya Bao menganggap seekor jerapan adalah ibunya, apakah Qiaoyan juga akan membawa jerapan itu ke rumah?

Tahu gak jawaban Qiaoyan apa? Dia bilang, kalo Bao menganggap jerapah adalah ibunya, maka dia akan membeli seluruh kebun binatang untuk Bao.

Semua usaha Qiaoyan membujuk Yiyue gak mempan. Puncaknya Yiyue gak bisa menolak ketika Qiaoyan jadi dewa penyelamat di malam pesta pembukaan gedung baru RS Yade.

Malam itu Direktur Huang, Kepala RS Yade mengumumkan dr Zhou sebagai dokter kepala yang baru. Dokter Qing, kekasih dr Zhou dengan sengaja merundung Yiyue di pesta itu.

Untungnya Qiaoyan sebagai tamu kehormatan datang bak pangeran tampan berkuda putih. Dia membalikkan keadaan dengan cara melamar Yiyue di tempat.

Kebayang gak gimana keberuntungan mengubah Yiyue menjadi Cinderella dalam semalam?

Yiyue gak bisa lagi mengelak dari nikah kontrak. Dia setuju menandatangani perjanjian jangka pendek dengan Qiaoyan. Selama dua tahun ke depan Yiyue naik status sebagai Nyonya He dan mama Bao.

miles wei

Ada dua kondisi bisa menyebabkan nikah kontrak itu berakhir. Pertama, penyakit Bao membaik. Kedua, terjadi hal yang gak bisa dilawan, misalnya salah satu pihak jatuh cinta dengan pihak lain, salah satu pihak meninggal dunia, atau bertemu dengan orang yang disukai.

Petualangan Yiyue pun dimulai…

Susahnya Jadi Nyonya He

Yiyue menikmati perannya sebagai mama Bao. Namun, dia merasa tersiksa menjadi Nyonya He.

Hidup sebagai istri Qiaoyan, sosok yang kaku dan rigit. Apa-apa dihitung pakai waktu, apa-apa merujuk pada pasal-pasal kontrak. Pokoknya kayak nikah sama buku KUHP deh.

Belum lagi kehadiran He Jia Qin, bibinya Qiaoyan yang jelas-jelas gak merestui pernikahan kontrak mereka. Bibi He bahkan kembali menjodohkan Qiaoyan dengan Lin Wei, putri pemilik Linshi Group yang sejak kecil direncakan menjadi tunangan Qiaoyan.

Lin Wei, tunangan masa kecil Qiaoyan

Bedanya Qiaoyan dengan male lead drama-drama romantis lainnya, ketika berjumpa dengan kekasih masa lalu yang dijodohkan keluarga, Qiaoyan sama sekali gak ragu. Meski Lin Wei kembali dari Prancis, Qiaoyan tetap memilih Yiyue.

Sering kali Yiyue mendapati Qiaoyan menentang omongan orang-orang yang memojokkan Yiyue. Begitu ada rumor sedikit yang menjelek-jelekkan Yiyue di internet, Qiaoyan mengerahkan seluruh pengacara untuk meng-counter berita negatif tersebut.

unforgettable love drama china
Pura-pura romantis di depan Bao

Qiaoyan melawan bibinya yang memaksanya kembali pada Lin Wei. Hadeuh, pokoknya saya heran banget sama Bibi He. Punya menantu dokter aja gak dianggap, gimana cerita kalo Yiyue itu cuma gadis miskin, pelayan, yang gak punya apa-apa? Ngeri.

Momen-momen sepele yang melibatkan Qiaoyan dan Yiyue sebagai keluarga pura-pura, kebersamaan dengan Bao, dan romansa ala suami istri kontrak perlahan membuat keduanya terbawa perasaan.

unforgettable love

Saya paling suka saat mereka berdansa Waltz, setelah itu Qiaoyan mengganti sepatu hak tinggi Yiyue dengan sepatu kets. Sungguh manis. Qiaoyan bahkan sengaja memutar lagu favorit Yiyue di ballroom supaya istri kontraknya itu tidak tegang dan bisa lebih santai di tengah jamuan.

Qiaoyan bukan hanya menghormati Yiyue, tapi juga kedua orang tua Yiyue. Begitu tulusnya Qiaoyan mengerahkan segala cara membantu penyembuhan papa Yiyue yang mendadak harus dioperasi karena memiliki endokarditis infektif, yaitu infeksi lapisan dalam pembuluh darah dan jantung, serta regurgitasi katup mitral, yaitu kebocoran darah ke atrium (serambi) jantung. Operasinya tergolong berisiko tinggi.

Sikap Qiaoyan yang selalu melindungi layaknya suami sungguhan itu membuat hati Yiyue luluh. Dia jatuh cinta beneran sama bosnya. Namun, itu justru menjadi penyebab berakhirnya kontrak pernikahan mereka.

Sebetulnya Qiaoyan dan Yiyue sudah tahu mereka saling menaruh hati. Itu terlihat di episode-17 ketika muncul tanda hati di gelang kesehatan khusus untuk pasangan yang dikenakan Qiaoyan dan Yiyue.

Dokter Ning Fang hadir di titik terendah Yiyue. Dia senior Yiyue di kampus dulu.

Kehadiran dr Ning membuat Qiaoyan cemburu, sebab dr Ning menyukai Yiyue, bahkan jauh sebelum Yiyue berhubungan dengan dr Zhou. Dokter Ning gak kunjung mengungkapkan perasaan pada Yiyue karena takut persahabatan mereka rusak.

unforgettable love drama china
dr Ning Fang

Kali ini dr Ning bertekad gak mau lagi melewatkan kesempatan kedua. Secara terang-terangan di acara outing SD Cahaya Matahari, tempat Bao bersekolah, dr Ning mengatakan pada Qiaoyan bahwa dirinya menyukai Yiyue.

unforgettable love
dr Ning Fang dan CEO He tanding basket

Dokter Ning secara tegas meminta Qiaoyan dan Bao segera meninggalkan hidup Yiyue setelah kontrak mereka berakhir.

Love Will Find a Way

Qiaoyan sadar dirinya juga menyimpan perasaan sama seperti Yiyue. Pada episode-18 Qiaoyan mengajukan kontrak kerja kedua yang intinya meminta Yiyue terang-terangan menjadi kekasihnya.

Benar kata pepatah, love will find a way. Mulai dari sini dan seterusnya kisah cinta mereka berlangsung manis dan mengundang tawa.

Qiaoyan berjuang untuk bisa bilang ‘I Love You’ pada Yiyue. Kalimat yang sama sekali gak pernah dia ucapkan seumur hidupnya.

Paling sweet saat pasangan anyar ini kencan di kolam pancing. Yiyue udah dandan cantik, pake heels, feminin banget pokoknya. Dia kira mau diajakin candle light dinner atau pergi ke tempat romantis, eh gak tahunya diajakin mancing.

Romansa mereka gak lama saat Yiyue dihadapkan fakta bahwa kehadirannya bisa membangkitkan ingatan Qiaoyan yang hilang. Bisa dibayangkan bagaimana Qiaoyan mengetahui ternyata dirinya pengemudi mobil yang menyebabkan kakak dan kakak iparnya meninggal dunia.

Yiyue berinisiatif memutus hubungan lebih dulu. Dia beralasan ingin melanjutkan kuliah ke Jerman, sekaligus mengawal proyek RS Yade di negara tersebut.

Qiaoyan gak terima. Mereka gak bisa putus kalo hanya disetujui satu pihak.

Naik turun hubungan Qiaoyan dan Yiyue bak roller coaster. Qiaoyan yang memaksa ingin mempertahankan Yiyue pada akhirnya mengikat Yiyue dengan menikah di catatan sipil.

unforgettable love

Qiaoyan dan Yiyue menjalani long distance married setahun. Xiao Bao pun pulih sepenuhnya. Sepulangnya Yiyue dari Jerman, pasangan love bird ini melangsungkan pernikahan resmi dihadiri keluarga dan sahabat terdekat.

Review Unforgettable Love

Unforgettable Love drama China dengan kisah cinta manis, tapi hanya manis jika ditonton sekali. Kayaknya kalo ditonton dua kali atau lebih bakal hambar. Hehehe.

Kalo kalian tipikal suka komedi romantis ringan, gak banyak konflik, maka serial ini cocok buat kalian. Setipe lah sama drama korea Go Back Couple.

Bagaimana proses cinta itu hadir sedikit demi sedikit antara Qiaoyan dan Yiyue buat saya sungguh mendebarkan hati. Drama kawin kontrak selalu bisa menghadirkan romantisme yang meyakinkan. Setuju gak? Siapa yang suka Full House, cung!

Kisah Qiaoyan dan Yiyue membuktikan bahwa keinginan untuk menerima dan menyesuaikan diri dengan pasangan menjadi kunci harmonisnya sebuah hubungan.

Kita bisa lihat bagaimana Qiaoyan dengan segala kesempurnaannya mau beradaptasi dengan Yiyue yang selebor, Yiyue yang ingin romantis dengan cara-cara sederhana, dan Yiyue yang bukan dari kalangan atas.

unforgettable love

Ketika Qiaoyan menerima Yiyue, di saat yang sama Yiyue juga melakukan hal sama. Mereka dengan sepenuh hati berusaha saling melengkapi demi hubungan yang harmonis. Awalnya mungkin mereka melakukannya untuk Bao, tapi lama kelamaan mereka melakukannya karena menyukai satu sama lain.

Kisah cinta second lead-nya, Wen Gu dan Yang Ruowei juga menarik. Ngelihat mereka sama kayak saya ngelihat Hui Yi Wang dan Zhou Quan yang jadi second lead di drama China My Dear Lady.

unforgettable love

Wen Gu dan Yang Ruowei awalnya hanya atasan dan bawahan yang terjebak dalam taruhan siapa yang jatuh cinta duluan. Kedua belah pihak bersikukuh saling mengalahkan, tanpa sadar jika sesungguhnya mereka berdua sudah saling suka sejak awal.

Yang Ruowei sebenarnya gadis rapuh. Dia hanya perantau di Kota Qin yang mencoba melarikan diri dari keluarganya yang broken home.

Ruowei memiliki ibu yang seolah tak mencintai anak perempuannya. Setiap saat Ruowei harus berurusan dengan kakak laki-lakinya, Yang Ruoqiang yang suka berjudi dan selalu memeras Ruowei.

Hal itu membuat Ruowei membangun pertahanan diri. Dia gak mau kelihatan lemah di mata siapa pun. Dia ingin menjadi perempuan kuat yang mandiri.

Inilah yang membuat Ruowei terkesan galak, jutek, gak pernah serius berpacaran. Setiap punya pacar, Ruowei akan mencampakkannya sebelum pria itu mengetahui latar belakang keluarganya.

Bagi Ruowei, Wen Gu pria yang tidak bisa diharapkan. Selain gampang berpindah hati, Wen Gu juga terlahir dengan sendok emas di tangannya. Wen Gu anak orang kaya, pewaris tunggal Wenshi Group.

Jika sungguh peduli dengan seseorang, kau harus berusaha melindunginya. Setinggi apapun pertahanan hatinya, jika kau berusaha juga pasti ada jalannya.

Nasihat Qin Yiyue pada Wen Gu

Benih cinta di dua episode terakhir, antara dr Ning Fang dan Lin Wei juga manis. Dua orang yang sama-sama patah hati akhirnya bisa move on dan menemukan kenyamanan satu sama lain.

unforgettable love
Lin Wei dan dr Ning Fang

Unforgettable Love bukan apa-apa tanpa kehadiran Bao. Ini adalah akting perdana Lennon Sun alias Sun Sicheng di layar televisi.

Aktor cilik kelahiran 11 Juni 2016 ini (ya ampun, tanggal bulan tahun lahirnya sama kayak putri saya) imut bangettt. Senang banget lihat Bao pake baju kompakan sama papanya. Yang satu hot daddy, yang satu angle baby. Omo omo…

unforgettable love
Hot daddy dan angle baby. Super cute!

Bao anak dengan IQ tinggi, di atas rata-rata. Ya gimana ya? Umurnya baru enam tahun, tapi buku bacaannya Dialog Terkait Dua Sistem Utama Dunia karya Galileo Galilei, atau buku-buku astronomi karya Ptolemy dan Copernicus.

Tim kreatif Unfogettable Love patut diacungi jempol dengan ide mengisi backsound suara Bao dengan suara kucing. Ya secara Bao ini gak banyak dialog di serial ini. Kata-kata yang dia ucapkan nyaris di banyak episode adalah sapaan mamma, mammi, mammia.

Gak salah sutradara memilih Lennon Sun. Wajahnya ekspresif sekali. Ekspresi ketawa, ekspresi ngambek, ekspresi marah, ekspresi menangis, aduh, pengen rasanya jadiin dia anak keempat. Wkwkwk.

Unforgettable Love dapat rating 8.9/10 di IMDb. Gila, tinggi banget skornya. Udah deh, dijamin gak nyesel nontonnya.

Isu Kesehatan Mental dalam Unforgettable Love

Secara keseluruhan Unforgettable Love mengajak kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental.

Drama China ini juga menyemangati orang-orang yang tengah berjuang melawan mental health dan bagaimana kita bisa mensupport mereka. Hati saya terketuk dengan kalimat Yiyue.

Masalah psikologis harusnya mendapat perhatian sosial yang luas. Namun, saat ini banyak orang tua tidak peduli dengan psikoterapi anaknya. Mereka sama sekali gak peduli sama psikiater, bahkan menganggap psikiater hanya mencari keuntungan saja.

Dr Qin Yiyue

Ini bisa kita lihat di episode-8, saat Yiyue menangani pasien anak bernama Yang Shenghuai. Yiyue melihat keadaan Shenghuai selama menjalani psikoterapi semakin membaik. Namun, Yiyue justru mengkhawatirkan kondisi mental mama Shenghuai.

Yiyue menilai mama Shenghuai mengalami depresi dan gangguan kecemasan serius. Kondisinya sangat parah. Namun, mama Shenghuai sendiri tidak menyadari keadaannya.

Ketika Yiyue menyarankan mama Shenghuai berobat ke Klinik Psikologi, mama Shenghuai menentang. Dia menuduh Yiyue orang utusan suaminya yang bertugas mengambil diagnosis mengerikan ini sebagai jalan untuk memisahkan Shenghuai darinya.

Saking paniknya, mama Shenghuai mendadak mendorong tubuh Yiyue terguling di tangga hingga kakinya keseleo.

unforgettable love
Qiaoyan menggendong Yiyue saat cedera kaki

Hubungan keluarga berpengaruh besar terhadap kesehatan mental, perilaku, dan kesehatan fisik seseorang. Kalo hubungan keluarga berjalan baik, seseorang akan merasa aman dan dicintai. Timbul rasa saling memiliki dan melindungi.

Beda cerita kalo hubungan keluarga tidak sehat. Seseorang bisa terjerumus ke dalam masalah kesehatan mental.

Yiyue berulang kali meminta Qiaoyan meluangkan waktu lebih lama untuk Bao. Satu-satunya yang Bao butuhkan adalah perhatian dari orang tuanya. Jika ini diabaikan, pemulihan Bao semakin sulit. Bao berpotensi mengembangkan perilaku menyimpang seiring bertambahnya usia.

unforgettable love drama china

Unforgettable Love juga menyoroti pentingnya keberadaan lembaga pendidikan yang inklusif untuk mendukung pemulihan anak-anak berkebutuhan khusus. Ini menjadi misi utama Tomorrow, klinik konsultasi psikologi yang dibentuk dr Ning Fang.

Pergi ke sekolah tak seharusnya menjadi indikator masa kecil anak, terlebih bagi anak berkebutuhan khusus. Takdir sudah menyiapkan banyak rintangan untuk mereka. Tak seharusnya mereka menanggung beban lebih banyak lagi.

Dr Ning Fang

Dokter Ning Fang mendorong Lin Wei mengejar impiannya di bidang desain, alih-alih kembali bekerja di perusahaan keluarga. Ini salah satu cara terbaik mengatasi gangguan kecemasan yang dialami Lin Wei sejak kuliah tahun kedua di Prancis.

Nah, kebetulan nih. Saya mau sharing sedikit tips menjaga kesehatan mental keluarga.

1. Tidur cukup

Kok tidur sih? Faktanya tidur paling penting menjaga kesehatan mental kita. Tanpa kita istirahat cukup, ritme biologis tubuh kita gak sinkron.

Kita jadi mudah tersinggung, mudah baper, gampang marah, suka lupa, gak fokus, dan paling parah mudah depresi. Beneran loh, tidur itu penting untuk meningkatkan kemampuan menyimpan memori otak kita, mengatasi tekanan hidup yang kita hadapi hari ini, dan mengisi ulang energi kita.

unforgettable love

Gangguan tidur bisa dalam bentuk tidur terlalu sedikit, kebanyakan tidur, atau rasa kantuk berlebihan di siang hari. Ingat ya, tidak ada pengganti untuk tidur malam. Jadi, jangan coba-coba mengganti jam begadang dengan tidur lebih lama di siang hari. Sia-sia aja.

2. Kontak fisik

Kontak fisik di sini saya contohkan pelukan orang tua untuk anak, pelukan suami untuk istri, atau sentuhan yang bikin kita rileks, seperti usapan pada punggung, elusan pada rambut, atau genggaman tangan. Kontak fisik meningkatkan kadar oksitoksin dan dopamin di otak kita.

unforgettable love drama china

Kedua hormon otak ini berdampak pada kesehatan mental. Oksitoksin dikenal sebagai hormon bahagia yang memperkuat ikatan satu sama lain. Dopamin mengatur perasaan senang dan puas dalam diri kita.

Kita bisa lihat bagaimana Bao bisa pulas saat Yiyue memeluknya sebelum tidur. Bao senang mendengar nyanyian Yiyue.

3. Habiskan waktu di luar ruangan

Alam bebas menawarkan ketenangan dan kehangatan. Kelima indra kita berfungsi sempurna di alam, mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan, dan rasa.

Kita bisa lihat betapa bahagia Bao ketika diajak Yiyue jalan-jalan ke taman. Dia lebih suka jalan-jalan ke taman bersama Yiyue, ketimbang ke museum bersama Qiaoyan.

BTW, pernah dengar shinrin yoku gak? Ini adalah kebiasaan masyarakat Jepang yang senang menghabiskan waktu di hutan. Kalo diterjemahkan, shinrin yoku berarti mandi di atmosfir hutan.

Shinrin yoku populer sejak 1980-an di Jepang. Saat kelima pancaindera kita bekerja, menyesap suasana hutan, kita tidak lagi memikirkan tentang hari esok, tak pula mengkhawatirkan masa lalu. Hidup terasa lebih ringan.

4. Jadwalkan kumpul keluarga

Jangan lupa menyisipkan waktu untuk kumpul keluarga. Sekali seminggu atau dua kali seminggu rencanakan jalan-jalan bersama keluarga.

Kalian bisa jogging bareng di car free day, piknik di halaman belakang, hiking ke air terjun, sepedaan bareng, atau main bulu tangkis bareng.

Kumpul keluarga memungkinkan kita menikmati momen bersama, mengenang kenangan masa kecil yang bahagia. Kita mungkin menyebutnya main-main, tapi sesungguhnya ini salah satu cara meningkatkan kesehatan mental keluarga.

5. Refleksi dan meditasi

Luangkan waktu setiap harinya untuk refleksi atau meditasi. Kalo saya pribadi membiasakan journaling malam hari sebelum tidur.

Refleksi dan meditasi salah satu cara menjaga kesehatan mental keluarga. Wujudnya selain journaling adalah berdoa atau shalat.

Kita belajar memproses emosi kita, seperti marah, sedih, kecewa, dan takut. Kecerdasan emosional berkembang melalui interaksi keluarga.

6. Olah raga

Tubuh manusia dirancang untuk bergerak. Olah raga sangat penting untuk kesehatan mental.

Selain perbaikan fisik dan kekuatan otot, olah raga meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan daya tahan tubuh.

Olah raga bersama anggota keluarga mengembangkan kepercayaan diri yang akhirnya memberi perbaikan psikologis, layaknya tubuh diberi obat antidepresan.

7. Pola makan sehat

Otak kita jauh lebih sehat ketika terhidrasi dan ternutrisi dengan baik. Air dan makanan tak ubahnya seperti bahan bakar untuk tubuh dan otak.

Kita semua bisa membedakan mana makanan baik dan tidak baik untuk tubuh. Pola makan yang perlu lebih diperhatikan orang tua adalah membatasi asupan gula untuk anak. Penting juga hidup bebas alkohol, sebab alkohol mendatangkan banyak malapetaka untuk otak.

Kekurangan nutrisi bisa mengganggu fungsi otak. Betul kata dokter anak saya, we are what we eat. Kita adalah apa yang kita makan.

unforgettable love

Oke, sekian suplemen tambahan dari saya. Terima kasih untuk kalian yang meluangkan waktu membaca ulasan Unforgettable Love ini. Semoga yang masih ragu mau nonton, jadi gak ragu lagi ya. Selamat menonton!

14 thoughts

  1. Ya ampun mbaa, review-nya lengkaapp banget, jadi penasaran buat cuss nonton.
    Potongan adegan draChin ini sering nongol di IG-ku

    Penasraan, karena pemeran ceweknya kiyuuuutt banget, yeppp vibes-nya rada mirip “Go Back Couple” ya.
    Tapi memang masing2 draChin dan draKor punya ciri khas tersendiri yak.

    Like

  2. Yhaa yhaaa yhaaa… kisah cinta yang … rada standar sama kayak sinetron Indonesia 😦
    kecelakaan, kebetulan dan a little bit ketak masuk akalan, tapi kalo ga gitu ya … (ga usah dijawab hahahha)

    btw apa iya,
    seorang perempuan modis sekelas Yiyue masih bawa bawa sapu tangan yang sama yang digunakan Yiyue saat membersihkan wajah Bao di malam kecelakaan itu? hiks hiks berhubung ini kisah dongeng ya sudahlah yaaaa

    Like

  3. wuah banyak pelajaran ya di film ini, khususnya tentang kesehatan mental
    betapa kacaunya seseorang dgn mental health
    dan pulihnya butuh waktu + kesabaran

    gemas dah sama si kecil, hahaha

    Like

  4. Aku suka deh drama atau film yang ada kedokterannya atau cerita tentang kesehatan. Kan biasanya romantis tuh anatara pasien dan dokternya hahaha 😀 Apalagi ini mengisahkan kesehatan mental wuiiih kudu ditonton ah 😀 Pemain2nya kece2 terus deh drama beginian. Love!

    Like

  5. Komplit banget, ya reviewnya ya dramanya. Suka, ada poin-poin penting yang kekinian, terutama masalah kesehatan mental yang masih sering diabaikan.
    Enggak kebayang kalau nikah serupa dengan KUHP kwkwkw..lurus taat aturan pada pasal-pasal. Paling geme lihat Bao, ya ampun kebayang akting polosnya di usia segitu . Fixed mesti nonton Unforgettable Love!

    Like

    1. Yups setuju kak, mental sehat juga berpengaruh ya terhadap pikiran positif dan tentunya bisa membawa kebahagian hidup. Menarik untuk dilihat ini film.

      Like

  6. Dari film yang bermakna melahirkan makna mendalam untuk dapat kita terapkan ya. Apalagi ada tentang keluarga, pendidikan, dan kesehatan mental.

    Btw, ternyata di sana juga ada nikah kontrak ya, daku pikir hanya di sini aja hehe

    Like

  7. Aku nonton ini juga kak seruuuu banget sih ya. Bao yang imuut rasa pengen cubit pipinya.

    Btw tipsnya ini jadi tamparan banget buat Aku yang suka bergadang trus bangun sampai Siang wkwkw trims kak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.