Jelang Mudik Lebaran, Sudahkah Kamu Punya Asuransi Kecelakaan?

Idul Fitri 2022 diperkirakan terbesar dan teramai dalam tiga tahun terakhir pandemi. Pemerintah jauh hari memerkirakan tak kurang dari 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor akan melakukan perjalanan mudik. Angka tersebut baru seputaran Pulau Jawa saja loh.

Kamu berencana mudik juga gak tahun ini? Sebagai warga urban kota yang sering berkendaraan, entah itu dengan mobil, sepeda motor, atau sesederhana bersepeda, kita tentu saja menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas setiap saat di jalan raya. Demikian juga jika kita tergolong pekerja dengan mobilitas tinggi dan naik pesawat ke sana kemari, kita juga berisiko mengalami kecelakaan pesawat.

Selain memproteksi diri dengan patuh berlalu lintas dan berhati-hati, kita juga bisa melindungi diri dari kerugian finansial akibat kecelakaan dengan memiliki asuransi, berupa asuransi kecelakaan diri hingga asuransi jiwa. Kamu udah punya belum?

Apa itu asuransi kecelakaan?

Asuransi kecelakaan adalah asuransi umum (kerugian) yang memberi dukungan finansial kepada pemegang polis ketika terjadi kecelakaan tak terduga yang membahayakan nyawa.

Tujuan premi asuransi kecelakaan memberi perlindungan menyeluruh, mulai dari biaya medis, rawat inap, kompensasi cedera, cacat tetap atau sebagian, hingga kematian. Asuransi kecelakaan ini bentuknya banyak, antara lain:

  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi kecelakaan kerja
  • Asuransi kecelakaan pesawat
  • Asuransi kecelakaan lalu lintas
asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri memproteksi kita dari berbagai risiko kecelakaan yang mungkin terjadi, mulai dari meninggal dunia, cacat tetap atau cacat sementara, dan cedera akibat kecelakaan berat atau ringan.

Asuransi kecelakaan kerja ditujukan untuk karyawan atau pekerja perusahaan. Manfaatnya mulai dari pertanggungan biaya perawatan, santunan meninggal dunia, santunan beasiswa untuk dana pendidikan anak (bila ada), dan tunjangan selama istirahat kerja.

Asuransi kecelakaan pesawat memberi santunan jika penumpang pesawat mengalami kecelakaan. Pada dasarnya ada tiga pihak yang memberikan santunan ini, yaitu maskapai pesawat, Jasa Raharja, dan pemerintah.

Asuransi kecelakaan lalu lintas yang lebih dikenal dengan asuransi sosial kecelakaan penumpang menanggung risiko meninggal dunia, cacat tetap, dan cedera akibat kecelakaan. Kategorinya mulai dari asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi kecelakaan mobil.

Manfaat asuransi kecelakaan

Gak semua orang merasa asuransi kecelakaan itu penting atau krusial. Beberapa orang mungkin percaya asuransi kecelakaan lebih cocok untuk individu yang risiko kerjanya tergolong tinggi, atau orang yang mobilisasinya tinggi.

Ini tidak benar, sebab kecelakaan bisa menimpa siapa aja dan kapan aja. Berikut adalah manfaat utama asuransi kecelakaan.

1. Bukan “jika,” tetapi “kapan” kecelakaan itu terjadi?

Jangan berniat punya asuransi kecelakaan jika kecelakaan terjadi. Padahal kita gak tahu kapan kecelakaan itu terjadi?

Kecelakaan bisa datang ketika kita tak menduganya, tak mengharapkannya. Kecelakaan bisa terjadi karena kita ceroboh di tempat kerja atau karena kita berada di tempat salah pada waktu yang salah.

Kecelakaan itu bukan cuma gak terduga, tapi berbiaya mahal loh. Asuransi kesehatan cuma bisa memberi perlindungan ketika kita dirawat di rumah sakit dan itu terbatas perawatan medis.

Sekiranya kita terpaksa cuti lama dan gak bisa kerja, dana darurat kita otomatis tersedot dan cepat habis. Saat seperti inilah kita butuh skenario lain melalui perlindungan asuransi kecelakaan.

2. Asuransi kecelakaan mengcover rawat jalan

Manfaat penting dari asuransi kecelakaan adalah kita bisa mengklaim penggantian biaya medis untuk rawat inap juga rawat jalan tertentu, seperti pemindaian MRI, CT scan yang tentu saja biayanya sangat mahal.

tujuan premi asuransi

Tidak seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan tidak mengharuskan kita dirawat inap dulu, baru bisa mengklaim biayanya. Dari sini kita melihat asuransi kecelakaan diri melengkapi cakupan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

3. Ada manfaat pendapatan

Kecelakaan berpotensi mengganggu kemampuan kita untuk bekerja, dalam jangka pendek atau panjang. Tentu saja ini menekan sumber penghasilan dan tabungan kita di masa depan.

Asuransi kecelakaan melindungi kita dari tagihan medis terkait kecelakaan serta memberi kompensasi untuk mengganti upah yang hilang selama kita dalam masa penyembuhan. Coba deh dihitung-hitung, kita libur kerja, tetapi rasanya seperti tetap bergaji karena uang kita sama sekali tidak keluar untuk biaya rawat inap dan biaya medis pascakecelakaan.

4. Cakupan asuransi kecelakaan luas

Memang benar, gak ada yang pengen tabrakan, gak ada yang pengen kecelakaan bus, gak ada yang pengen jatuh dari pesawat. Namun, nyawa manusia gak ada yang tahu, ya kan?

Asuransi kecelakaan diri setidaknya memberi ketenangan pikiran bukan cuma buat kita, tapi juga anggota keluarga kita. Kita bisa menggunakan kompensasinya dalam bentuk santunan untuk keluarga kita jika kita meninggal, dan kita juga gak perlu membebani ekonomi anggota keluarga kita selama perawatan.

Pilih asuransi kecelakaan lewat Lifepal

Punya asuransi sama seperti kita sedia payung sebelum hujan. Punya asuransi dulu, baru mudik dengan aman.

Kalo kamu bingung mau pilih asuransi kecelakaan, kunjungi saja laman https://lifepal.co.id/asuransi/kecelakaan/ dan pelajari semuanya di sana. Lifepal adalah platform marketplace asuransi all-in-one. Kita di sana bisa membandingkan polis dan membeli asuransi online.

tujuan premi asuransi
Banyak pilihan asuransi kecelakaan di Lifepal

Ada banyak referensi asuransi kecelakaan bagi pengguna aplikasi Lifepal. Berikut adalah asuransi kecelakaan terbaik di Indonesia 2022 yang bisa kita dapatkan lewat aplikasi Lifepal:

  • Asuransi kecelakaan Adira (Zurich)
  • Asuransi kecelakaan Sinar Mas
  • Asuransi kecelakaan Great Eastern Life
  • Asuransi kecelakaan Takaful

Kamu penasaran, apa saja manfaat pertanggungan masing-masing asuransi kecelakaan di atas? Baca selengkapnya di website Lifepal ya.

5 thoughts

  1. Sebanding kali ya apa yang kita beli dari sebuah asuransi dengan perlindungan yang kita dapatkan. Juga jaminan kalau-kalau nanti ada sesuatu yang terjadi dengan kendaraan kita.

    Like

  2. Setuju banget ini
    Punya asuransi itu buat perlindungan awal. Bukan mengharap kena celaka tapi buat berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu

    Like

  3. Kalau mau mudik memang baiknya punya asuransi. ga mahal dan coverege-nya lumayan. Namanya perjalanan mudik ya.
    Kalau kami memang takpernah mudik lebaran. Mudiknya sekitaran tengah semester pertama. Hehehe. Biasanya gitu, karena pengen nyaman di jalan.

    Like

  4. Ada asuransi kecelakaan yang mengcover rawat jalan tentunya sangat bersahabat banget dengan kebutuhan masyarakat nih. Dewasa ini kebutuhan asuransi semakin meningkat. Kesadaran memiliki asuransi semakin menguat.

    Like

  5. Banyak sekali manfaat dari asuransi ini. Btw saya sering denger juga tentang asuransi Lifepal sepertinya banyak dipercaya sama orang-orang ya kak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.