Nikmati Minggu Pagi di Rainbow Garden Bekasi

Saya lupa kapan kami sekeluarga ke sini, Rainbow Garden Bekasi, saking udah lama banget saya gak nulis soal traveling keluarga. Satu yang jelas, kami pasti ke sini di Minggu pagi, sebab Minggu satu-satunya hari di mana Abang Rashif libur terapi.

Baiklah, dengan memori yang tersisa ala emak anak tiga, mulai hari ini saya mencoba menyicil tulisan soal tempat-tempat yang pernah kami kunjungi, tapi belum sempat dituliskan. Nah, kali ini saya mulai dengan cerita Rainbow Garden Bekasi.

Saat mobil kami memulai perjalanan ke tempat ini dari Jatimulya, saya sangsi apa iya Rainbow Garden Bekasi itu bagus? Soalnya meski sama-sama Bekasi, kok akses ke sana cukup jauh ya, plus harus melalui perkampungan padat penduduk, jalan sempit, hingga melintasi pasar kaget.

Hampir saja kami hendak memutar arah, sebab kami kira pasar kaget di depan kami adalah destinasi yang dituju. Peta Google Maps sudah menunjukkan kami beberapa puluh meter lagi sampai di lokasi, tepatnya setelah 40 menit perjalanan.

Maklum, masih pandemi, jadi kami sangat menghindari kerumunan. Alhamdulillah, rupanya pasar kaget itu berada di luar pagar. Rainbow Garden Bekasi lokasinya seperti bundaran yang luas, dikelilingi pagar besi dan ada danau besar di tengahnya.

Rainbow Garden Bekasi
Pintu masuk Rainbow Garden Bekasi

Rainbow Garden Bekasi beralamat di Kavling Central Niaga VI, Blok SN 6-8 Nomor 11, Jalan Harapan Indah Boulevard, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Destinasi wisata keluarga ini memiliki luasan hingga 3 hektare (ha), mengusung konsep eat and play.

Sesampainya pintu masuk, kami langsung parkir mobil. Tarif parkir di sini Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 5 ribu untuk motor.

Loket pembelian tiket tepat berada di sebelah kanan pintu masuk wahana. Saya membayar Rp 100 ribu untuk lima orang. Anak kecil usia satu tahun sudah diwajibkan beli tiket di sini.

Rainbow Garden Bekasi Bedanya Apa?

Rainbow Garden Bekasi menyediakan aneka wahana permainan untuk anak, tetapi 95 persen outdoor. Hanya ada satu unit playground yang didesain dalam ruangan.

Semua wahananya mirip kayak kita bawa anak-anak main ke mal. Bedanya kalo mal itu indoor, sedangkan Rainbow Garden Bekasi itu outdoor.

Saya takjub melihat taman tematik yang mengelilingi Rainbow Garden Bekasi. Saya jadi teringat Big Garden Corner di Denpasar.

Separuh wahana permainan disediakan gratis. Sisanya kita harus membayar tiket tambahan, rata-rata Rp 15 ribu per anak per wahana.

Berikut saya akan bahas wahana-wahana gratis dan wahana-wahana yang dikenakan extra charge.

Wahana Gratis di Rainbow Garden Bekasi

Rainbow Garden Bekasi menyediakan banyak wahana gratis yang bisa dimanfaatkan anak-anak dan orang tua untuk bermain. Tempat ini sudah buka sejak pukul 08.00 WIB, meski pun informasi di Google menuliskan waktu bukanya pukul 11.00 WIB.

Sebaiknya kita datang ke sini pagi hari, begitu wahana ini baru buka. Soalnya kan sedang pandemi nih. Pasti lebih seru kita masuk kawasan serasa punya sendiri, plus meminimalisir kontak dengan orang luar juga kan.

Rainbow Garden Bekasi
Rashif asik bermain di saung Rainbow Garden Bekasi

Berikut tujuh wahana gratis di Rainbow Garden Bekasi.

1. Mobil-mobilan dan sepeda anak

Ada banyak mobil anak yang digerakkan secara manual, yaitu pakai kaki. Mobil ini tidak memiliki pedal gas, sehingga anak yang menaikinya harus mendorong mobil dengan kaki supaya melaju.

Mainan ini bagus untuk melatih kekuatan otot kaki. Manfaatnya supaya fisik anak lebih kuat. Rangin, salah satu putra kembar saya suka sekali wahana satu ini. Dia berkeliling cukup jauh, hampir separup lapangan hanya bermodal dengkul. Kuat juga ya si kembar.

Rainbow Garden Bekasi
Rangin asik bermain sepeda anak di Rainbow Garden Bekasi

Banyak mobil manual bisa dipilih anak. Jumlahnya mungkin ada 10 unit, sehingga anak kita gak perlu rebutan dengan anak lain.

Ada juga sepeda anak, mulai sepeda roda dua hingga roda empat. Ukurannya pun beragam, disesuaikan dengan tinggi anak.

Kakak Mae sempat menjajal sepeda roda empat. Maklum, si kakak sampai sekarang masih belum bisa gowes sepeda roda dua.

2. Becak

Rainbow Garden Bekasi menggratiskan wahana becak yang bisa memuat dua penumpang. Duh, jadi ingat Jogja. Becaknya mungkin ada lima unit, bisa dipakai bergantian.

Suami saya mengangkut ketiga anak kami berkeliling Rainbow Garden Bekasi dengan becak ini. Sensasi mengayuh becak, sembari menikmati pemandangan sekeliling danau sungguh mengesankan.

Rainbow Garden Bekasi
Papa capeknya lebay deh. Baru aja gowes bentar bawa anak.

Ternyata Rainbow Garden Bekasi juga bisa dimanfaatkan orang tua seperti kami untuk berolah raga dadakan. Saya kadang menggantikan suami membawa anak-anak naik becak. Lumayan berkeringat, tapi sehat.

3. Satwa karet tunggang

Pengelola juga menyediakan beberapa unit satwa karet untuk bermain kuda-kudaan. Anak kita mula-mula duduk di atasnya, kemudian jumping seperti menunggang kuda, barulah dengan sendirinya boneka karet tunggang tadi berpindah ke depan.

Rainbow Garden Bekasi
Rashif asik bermain tunggangan karet di Rainbow Garden Bekasi

Satwa karet tunggang salah satu favorit Rashif, putra kembar saya yang lain. Dia membawa sapi karetnya kemana-mana.

4. Trampolin outdoor

Ada tiga titik trampolin outdoor di Rainbow Garden Bekasi. Kira-kira cukup memuat 5-6 anak di dalamnya.

Trampolin bagus untuk menguatkan tulang kaki. Secara langsung anak berolah raga, sekaligus mendetoksifikasi tubuhnya secara alami.

Rainbow Garden Bekasi
Trampolin anak di Rainbow Garden Bekasi

Melompat di atas trampolin juga bisa menurunkan berat badan bagi anak-anak yang bermasalah dengan obesitas. Tak ketinggalan aktivitas ini meningkatkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Anak-anak mana sih yang gak suka loncat-loncatan? Outdoor pula. Gak heran spot gratis keempat ini banyak yang mengantre.

5. Ayunan kayu karakter

Anak-anak 1-3 tahun pasti suka nih. Rainbow Garden Bekasi sangat banyak menempatkan ayunan kayu karakter.

Biasanya kan ayunan bentuknya karet atau kursi besi. Nah, di Rainbow Bekasi ayunannya berbentuk lumba-lumba kayu, kapal-kapalan, dan kuda. Seru banget. Satu spot memiliki tiga ayunan kayu.

taman permainan anak di Rainbow Garden Bekasi
Ayunan kayu karakter di Rainbow Garden Bekasi

Selain ayunan kayu karakter, beberapa titik di taman juga menyediakan ayunan kayu untuk dewasa. Lokasinya persis di samping saung-saung tempat makan. Saung ini tempat makan, dan biasa digunakan orang tua sembari mengawasi putra-putrinya bermain.

6. Kolam renang karet

Rainbow Garden Bekasi menyediakan dua unit kolam renang karet jumbo loh. Anak-anak kita bisa berenang di dalamnya.

Kolam renang pertama menyediakan tiga pelampung karet berbentuk karakter bisa dipakai bagi anak-anak yang gak bisa renang. Satu kolam karet kira-kira bisa diisi 5-6 anak. Orang tua pun kalo mau bisa kok masuk ke dalamnya.

Kolam renang kedua bola menyediakan bola besar terbuat dari plastik karet transparan yang bisa dimasuki anak. Bola karet raksasa ini seperti yang biasa digunakan para atlet zorbing atau globe-riding di luar negeri.

Tak jauh dari kolam renang jumbo ini terdapat kamar mandi plus mushola. Kita bisa ganti baju di sana. Jangan lupa bawa baju ganti dan handuk ya.

7. Perosotan anak

Anak suka main perosotan? Rainbow Garden Bekasi menyediakan banyak wahana perosotan, terbuat dari besi, sudah termasuk set terowongan, monkey bar untuk panjatan anak, dan tangga naik turun.

taman hijau di Rainbow Garden Bekasi
Perosotan lengkap dengan rumah-rumahan anak

Wahana Berbayar di Rainbow Garden Bekasi

Kalo kita ragu apakah wahana ini gratis atau berbayar, kita bisa menanyakan pada petugas berseragam yang tersebar di beberapa titik. Wahana berbayar di Rainbow Garden Bekasi menggunakan sistem kartu.

Kita cukup membeli kartu seharga Rp 10 ribu, kemudian mengisi ulang saldonya sesuka hati. Rata-rata satu wahana berbayar Rp 15 ribu per anak. Anak kita mau naik berapa wahana berbayar nih? Kalikan saja sendiri.

Berikut adalah empat wahana berbayar di Rainbow Garden Bekasi

1. Playground indoor dan outdoor

Rainbow Garden Bekasi memiliki satu area playground indoor dan satu area playground outdoor. Silakan pilih, anak kita mau main dalam ruangan atau luar ruangan?

Saran saya pilih playground indoor saja, sebab mainannya lebih lengkap, malah lengkap banget. Ada kolam bola yang bersih berbentuk memanjang.

kolam bola di Rainbow Garden Bekasi
Kolam bolanya bersih

Ada komidi putar untuk tiga anak. Ada aneka mobil aki, sepeda motor aki, sepeda kayuh roda dua dan roda empat, perosotan, boneka goyang, dan spot lego.

playground indoor Rainbow Garden Bekasi
Sepeda motor aki dan mobil aki bisa dipilih sesuka hati

Bisa dibilang masuk ke dalam playground indoor ini sudah bisa merasakan semua wahana di luar yang gratis. Bedanya mungkin di luar lebih segar aja karena lingkungan Rainbow Garden Bekasi sangat rimbun.

2. Animal ride elektrik

Pengelola menyediakan lapangan khusus untuk walking animal. Ini adalah wahana binatang jalan atau animal ride yang digerakkan secara elektrik.

Kita cukup masukin kartu, kemudian injak pedal gas, kendalikan rem di tangan, dan walking animal pun membawa kita berkeliling lintasan. Ada yang bentuknya panda, gajah, dan hewan lainnya.

Saya mencoba wahana satu ini bersama Rangin. Ya, orang tua dan anak bisa naik bersamaan karena animal ride ini bisa menampung bobot hingga 150 kilogram (kg). Alhamdulillah, emak plus anak gak nyampe separuh bobot maksimal.

3. Bebek gowes

Bebek gowes adalah wahana berbayar ketiga yang bisa kita nikmati di Rainbow Garden Bekasi. Perahu bebek ini terbuat dari bahan fiberglass yang harus digenjot, diengkol, dikayuh, apa pun lah istilahnya supaya bergerak.

Rata-rata bebek gowes di Rainbow Garden Bekasi bisa dinaiki dua dewasa dan dua anak. Kita bisa membeli tiketnya di area kapal pinisi yang terletak di pinggir danau.

4. Boom boom car

Ini dia nih, wahana favorit kita semua. Boom boom car adalah permainan yang tak lekang oleh waktu, mau sebanyak apapun wahana baru muncul di tempat rekreasi.

Boom boom car adalah permainan simulasi mobil-mobilan bertenaga listrik. Mainan ini dilengkapi setir mobil, sehingga kesannya kita seperti mengendarai mobil beneran.

main boom boom car di Rainbow Garden Bekasi
Boom boom car gak pernah membosankan

Setirnya cukup liar. Anak-anak kayaknya butuh adaptasi beberapa menit di awal. Jangan langsung mencoba tabrakan dengan mobil lain ya. Pelajari akselerasinya dulu, juga mengendalikan gigi maju dan gigi mundurnya.

Lapangan boom boom car di Rainbow Garden Bekasi luas banget, bahkan lebih luas dari lapangan yang pernah saya lihat di mal-mal Bekasi.

Taman Tematik Rainbow Garden Bekasi

Rainbow Garden Bekasi tampaknya terus memvariasikan desain teman tematiknya supaya gak bikin bosan pengunjung. Kebetulan tahun ini taman tematik yang saya jumpai adalah taman patung dinosaurus, taman cinta, taman olah raga, dan desain taman dengan arsitektur kapal pinisi.

taman dinosaurus Rainbow Garden Bekasi
Taman patung dinosaurus

Taman patung dinosaurus di Rainbow Garden Bekasi menjadi spot foto favorit anak-anak. Beberapa jenis patung dino yang ada di sini, antara lain tyranosaurus rex, ankylosaurus, brachiosaurus, carnotaurus, dan dilophosaurus.

piknik di Rainbow Garden Bekasi
Tempat piknik di samping taman patung dinosaurus

Kita bisa piknik di sini karena persis di samping taman patung dinosaurus ada taman rumput hijau, dilapisi rumput sintetis. Taman ini dikelilingi banyak bunga. Sebagiannya bunga sintetis, tetapi rindang karena pepohonan hijau sekitarnya.

taman piknik di Rainbow Garden Bekasi
Ademnya suasana di Rainbow Garden Bekasi

Sebuah kapal pinisi besar persis berada di lokasi danau yang terbuka. Di bawahnya ada wahana bebek gowes yang bisa kita kayuh untuk berkeliling danau. Sayang kami tak sempat mencoba wahana perahu bebek ini karena datang terlalu pagi. Pengelola belum sempat membersihkannya.

kapal pinisi Rainbow Garden Bekasi
Kapal pinisi megah berdiri di Rainbow Garden Bekasi

Kapal pinisi menjadi spot selfie favorit orang tua dan pengunjung dewasa. Sebetulnya kapal ini juga merangkap tempat pembelian tiket ekstra untuk wahana bebek-bebekan.

pinggir danau Rainbow Garden Bekasi
Pinggiran danau yang bersih dan asri di Rainbow Garden Bekasi

Namanya juga taman outdoor, tak perlu heran jika beberapa wahana Rainbow Garden Bekasi agak lusuh dan kusam. Mainan-mainan ini selama 24 jam seminggu terus berada di luar.

petugas Rainbow Garden Bekasi
Pengelola Rainbow Garden Bekasi membersihkan area permainan

Syukurnya pengelola rajin banget membersihkan. Tenaga kebersihannya cukup banyak, mulai dari yang menyapu taman, membersihkan dedaunan dan sampah bekas pengunjung, merapikan mainan, mengawasi anak-anak bermain, dan menyajikan makanan pesanan pengunjung.

Kuliner yang Bikin Ngiler

Rainbow Garden Bekasi memang mengusung konsep eat and play. Jadi, wajar jika wahana permainan di sini sama seru dengan wisata kulinernya.

Kita bisa pesan makanan di salah satu warung, kemudian makan di kursi meja tersedia atau saung-saung kecil di pinggir danau. Asik loh saungnya, dilengkapi rumput sintetis, sehingga nyaman banget buat bare foot alias bertelanjang kaki.

duduk di saung Rainbow Garden Bekasi
Nunggu makanan datang di saung Rainbow Garden Bekasi

Banyak banget menu makanan yang bisa kita pesan. Kalian harus coba ceker merconnya. Suedapppppp banget.

makan di Rainbow Garden Bekasi
Banyak pilihan makanan di Kedai Kale

Penyuka makanan pedas wajib coba. Pedasnya meledak, tapi kita bisa kok minta dibuatin gak terlalu pedas.

Ceker mercon di Kedai Kale, tenant tempat kami makan di Rainbow Garden Bekasi benar-benar bikin ketagihan. Kami sampai nambah lagi seporsi.

Cekernya besar dan tebal, sehingga gurih dan kenyal di lidah. Aroma amisnya gak ada sama sekali.

Bumbunya terasa karena sepertinya cuma ditumbuk kasar. Pedasnya legit, bahkan kuah sisanya pun gak rela disisakan di piring.

makan di Rainbow Garden Bekasi
Aneka menu pilihan Kedai Kale Rainbow Garden Bekasi

Aduh, pokoknya semua makanan kampung yang ada di sini enak enak. Buat yang penasaran, nih beberapa menu tersedia di tenant-tenant Rainbow Garden Bekasi.

  • Corn dog mozzarella
  • Sosis mozzarella
  • Roti goreng coklat
  • Kentang goreng saus keju
  • Kentang goreng original
  • Sate pisang lumer
  • Bakso bakar
  • Sosis bakar
  • Otak-otak bakar
  • Ayam bakar
  • Mie nyemek
  • Nasi goreng
  • Kwetiau goreng
  • Indomie rebus
  • Seblak ceker
  • Otak-otak mercon
  • Bakso mercon
  • Sosis mercon
  • Bihun goreng
  • Ceker mercon
  • Cilok mercon
  • Bakso aci
  • Bakso aci ceker
  • Bakso aci indomie
  • Ayam pedas
  • Karage sambal matah
  • Indomie sambal matah
  • Otak-otak jumbo
  • Bakso goreng

Harga makanan di sini murah, sama kayak kita belanja di warteg atau warung kaki lima. Beda jauh sama tarif makan di mal yang relatif mahal. Soal rasa di sini gak kalah saing. Malah cucok banget buat lidah Indonesia kayak saya.

Wajah ibun papa yang menyenangkan dan mengenyangkan

Terima kasih Rainbow Garden Bekasi. Kami bisa menghabiskan Minggu pagi dengan sehat, menyenangkan, sekaligus mengenyangkan. Sampai jumpa lagi di kunjungan berikutnya.

2 thoughts

  1. Halo mba, maaf mau tanya. Ini mba ke rainbow garden pas kapan ya? Aku ada rencana bawa anakku deket2 minggu ini. Kira2 masih buka pagi gak ya? Soalnya di google sih tulisannya jam 12 siang πŸ˜…πŸ˜…

    Terima kasih banyak ya mbaa 😊

    Like

    1. Dulu aku juga ragu karena Google nulisnya buka jam 11. Padahal mah tempatnya jam 8 juga dah buka. Aku sering ke sini mba, soalnya pengen jajan kampung di kantin2nya. Enak. Anak2 main, emaknya jajan. Kekekeke.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.