Konstruksi Kapal Kayu Pinisi Tawarkan Megahnya Surga Bahari

Gagahnya tujuh layar kapal pinisi tak bisa diingkari. Kapal dibangun selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Seni pembuatannya diwariskan turun temurun sejak ribuan tahun lalu. Kapal kayu legendaris dari Bulukumba, Sulawesi Selatan ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14.

Kutipan naskah La Galigo, epik mitos peradaban Bugis yang ditulis Colliq Pujie menyebutkan pada abad ke-14, putra mahkota Kerajaan Luwu berlayar menuju Cina menggunakan pinisi. Anak raja ini kemudian memperistri seorang putri Tiongkok bernama We Cudai.

Kisah lawas ini menggambarkan betapa kokohnya perahu pinisi mengarungi samudera hingga sampai di Negeri Cina.

Konstruksi kapal kayu pinisi dirancang begitu hati-hati. Bagi mata yang tidak teliti dan terlatih, mungkin sulit menebak mana bagian yang harus dipalu, disambung, atau dilas, apakah itu di sisi kanan atas atau bawah, depan atau belakang.

Setelah konstruksi kapal kayu ini dibangun, ratusan kubik kayu digabung membentuk badan struktur perahu. Bangunan perahu inilah yang akan mengapung, berlayar menghubungkan pulau, negara, bahkan benua.

Saat masih tinggal di Bali, beberapa kali saya menyaksikan pesona kapal kayu pinisi yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar. Kapal-kapal cantik ini menjadi bagian dari pelayaran domestik yang membawa turis-turis lokal dan mancanegara, seperti yang berasal dari India, Australia, Eropa, hingga Timur Tengah.

Turis-turis asing umumnya mengambil paket wisata ke Indonesia Timur. Mereka senang menjelajahi keindahan alam dan budaya Indonesia di sana, seperti Labuan Bajo dan Raja Ampat.

Konstruksi Kapal Kayu di Yacht Sourcing

Pernah mendengar Yacht Sourcing? Ini adalah perusahaan kapal yacht dan wisata laut yang berdiri di Indonesia dan dioperasikan tim berpengalaman dari seluruh dunia.

Yacht Sourcing setidaknya menawarkan tiga hal kepada klien, yaitu kontruksi kapal, penjualan kapal, dan sewa kapal kayu tradisional, seperti pinisi. Nah, khusus konstruksi kapal kayu di Yacht Sourcing, perusahaan akan membimbing klien sejak desain hingga pengiriman.

Berikut tiga konstruksi kapal kayu pinisi terbaik buatan Yacht Sourcing.

1. Prana

Prana adalah kapal pesiar pinisi terbesar dan termewah di dunia. Luasannya lebih dari 900 meter per segi, terdiri dari empat dek indah dan sembilan suite elegan.

Konstruksi kapal kayu Prana mengandalkan dua tiang setinggi 55 meter yang dibangun dari kayu ulin (Eusideroxylon zwageri) dan jati (Tectona grandis) menggunakan teknik tradisional.

Prana (Foto: Yacth Sourcing)

Desain Prana terinspirasi dari tradisi Pinisi dan cara pembuatannya yang sangat tradisional. Sekilas kapal mewah ini terlihat seperti Dhow Arab yang pada awalnya digunakan untuk transportasi dan kargo. Pada zaman penjajahan, kapal ini kera digunakan untuk mengangkut rempah-rempah dari pulau-pulau Indonesia terpencil.

yacht sourcing
Suaana di dek Prana (Foto: Yacth Sourcing)

Fasilitas di dalamnya tak kalah bersaing dengan hotel bintang lima sekalipun. Tamu bisa bersantai di salah satu sofa daybed, melakukan perawatan wajah di Oasis Spa, melihat matahari terbenam di lounge ber-AC, menonton film di bawah gemerlap bintang, hingga kelas yoga di pagi hari. Ya, ada dek yoga di sini yang berfungsi ganda sebagai bioskop.

Dek utama Prana memiliki ruang tamu di dalam dan luar ruangan, spa, dek olah raga air, dan Ambon Suite. Kapal ini bisa menampung hingga 18 tamu.

2. The Maj Oceanic

Ini adalah kapal pesiar pinisi mewah yang tergolong baru, dibangun pada 2020 dengan tujuan mewujudkan impian istana terapung. The Maj Oceanic hadir dengan 47 meter per segi dan enam kabin yang mengesankan.

konstruksi kapal kayu
The Maj Oceanic (Foto: Yacth Sourcing)

Ada empat area bersantai di luar ruangan untuk menyaksikan matahari terbenam. Ada juga ruang spa khusus untuk menikmati pijat sempurna, dan beberapa area makan di dalam dan luar ruangan. Liburan terasa semakin sempurna.

Suasana di Kabin The Maj Oceanic (Foto: Yacth Sourcing)

The Maj Oceanic merupakan kombinasi dari tradisi dan kemewahan. Kapal tradisional Indonesia ini bisa menjelma begitu modern layaknya hotel bintang lima.

Tamu bisa menghabiskan malam menyenangkan di bar. Tamu juga menikmati berbagai kegiatan dengan mainan air pilihan yang tersedia di kapal lengkap dengan peralatan menyelamnya.

3. Oracle

Oracle dirancang cerdik untuk memastikan kedua kabin memiliki kenyamanan dan kemewahan sama. Semua tamu memiliki tingkat akomodasi sensasional yang sama, layaknya di dalam pesawat.

Oracle pertama kalinya diluncurkan musim panas 2019. Kapal pesiar bergaya pinisi ini membangkitkan warisan Indonesia dengan kayu lokal. Oracle menyajikan pengalaman berlayar menuju pulau-pulau spektakuler di Indonesia, seperti Komodo dan Raja Ampat.

Oracle (Foto: Yacth Sourcing)

Oracle paling cocok dimiliki atau disewa pasangan baru atau keluarga kecil karena tata letaknya mengusung keakraban. Pelayanannya yang paling fokus adalah kuliner yang kuat. Hidangan-hidangan untuk tamu benar-benar direncanakan dengan matang.

Itu baru tiga jenis konstruksi kapal kayu yang dikerjakan Yacht Sourcing. Masih banyak kapal-kapal indah lainnya, seperti Vela, Anahita, dan Deanna.

yacht sourcing
Suasana di dek Oracle (Foto: Yacth Sourcing)

Galangan kapal Yacht Sourcing berada di Bira, Sulawesi Selatan, didukung tim di Serangan, Bali. Perusahaan tidak pernah berhenti memperbaiki konstruksi kapal pesiar kayu yang dirancang tradisional, disertai pemasangan dan peletakan perabotan kelas atas untuk kapal sewaan mewah.

Manusia telah membangun perahu dari kayu selama ribuan tahun. Kapal kayu sampai hari ini masih sangat digemari karena biaya pembuatannya tak semahal kapal modern.

Teknik pembuatan boleh saja masih tradisional, tetapi hasilnya sangat memuaskan, bahkan melampaui kapal-kapal modern.

Kayu lebih ringan dibanding bahan konstruksi kapal modern, seperti fiberglass. Tarikannya lebih kuat, kekuatannya lebih kuat, dan efisiensinya secara keseluruhan lebih baik dibanding semua bahan modern, termasuk serat karbon (carbon fiber).

  • konstruksi kapal kayu
  • konstruksi kapal kayu

Tertarik memilikinya? Silakan hubungi langsung Yacht Sourcing dan bersama-sama menjadikan industri wisata bahari negeri ini kian berkembang di peta global.

23 thoughts

  1. Jadi inget saat Gwyneth Paltrow liburan ke Indonesia dan dia nyewa kapal pinisi kayak gini. Ya ampuun, betapa senangnya. Sangat berkesan buat dia dan anak-anaknya dan aku pun jadi mupeng pengen ngerasain LOB di kapal mewah kayak gini 🙂

    Like

  2. Aku suka sekali dengan kapal-kapal model pinisi gitu, Kak. Apalagi yang memiliki fasilitas terbaik seperti yang diceritakan di atas. Rasanya aku pingin deh menikmati liburan dengan berlayar naik kapal pinisi itu. Keren kali ya. Hehehehe

    Like

  3. MashaAllah. Meleleh liat kemewahan interiornya. Kapan ya punya kesempatan mencoba salah satu kapal Pinisi ini, terutama yang Prana. Mungkin saya gak akan mau mendarat. Pengennya terus melaut, menjelajah dunia, dari Asia hingga Eropa.

    Like

  4. Kapal phinisi memang khas dan budaya peninggalan leluhur kita ya, memang ternyata menyimpan konstruksi yang mewah dan kokoh, duh kapan yaa bisa menikmati liburan di atas kapal phinisi kebanggaan Indonesia

    Like

  5. waw keren banget, kirain kapal semacam phinisi gak ada lagi
    Ternyata masih ada dan mewah nian, dan kita bisa pariwisata ke Indonesia Timur dengan yacht mewah

    Like

  6. Keren-keren banget kapal pinisi buatan Yacht Sourcing. Kalau bisa menyewa buat mengajak keluarga mengarungi samudra, pasti bakal seneng banget. Sepertinya nggak bakal mau turun nih walau waktu sewanya sudah habis

    Like

  7. Ya ampun! Itu dalam kapal Pinisi sekeren itu? Gak nyangka banget ya. Udah kaya fasilitas hotel bintang lima saja. Duh mupeng pengen tapi apa daya sedikitpun gak bakalan menjangkau nya

    Like

  8. Mbaaak kereen banget sih ini asli aku suka sekali dengan kapal-kapal pinisi gitu, Kak. Apalagi yang memiliki fasilitas terbaik seperti yang diceritakan di cerita ini.
    Wah rasanya pingin banget deh menikmati liburan dengan berlayar naik kapal pinisi itu. Keren kali ya hihihi

    Like

  9. Saya pribadi masih takut kalau naik kapal laut. Bahkan ke pantai pun gak begitu suka. Tetapi, selalu kagum dengan keindahan desain kapal. Apalagi kapal kayu pinisi. Klasik yang mewah banget, ya.

    Like

  10. Akhirnya kembali kekayaaan seni dan teknologi jaman bahela membuat wisata bahari terasa sangat eksklusif ya bu, pasti memorable sekali bisa berlayar dengan desain kapal legenda seperti ini

    Like

  11. Cantik ya tampilan eksterior maupun interior kapal kayunya. Kalau disuruh memilih desainnya, kayaknya Prana bisa jadi pilihan. Duh tapi siapa ya yang akan membelikan?hehehe
    Tapi minimal semoga ada nih nanti pihak resort yang akan memesan dan menjadikannya destinasi wisata.

    Like

  12. Aku termasuk yang mabok laut tapi kalau lihat kapal model begini, jadi pengen naik kapal, hihihiii … aku baru dua kali naik kapal. Waktu bayi naik kambuna dan pas SMA naik KM Fudi. Kalau naik ferry sudah beberapa kali, Gilimanuk dan ferry di Balikpapan.

    Like

  13. Memang tampak mewah desain dari pinisi ini ya,Mba. Konstruksinya dari kayu tapi tampilannya menarik apalagi saat dipakai berlayar melihat pemandangan indah Indonesia. Hmm,pantesan bule-bule pun paling senang lah mencoba kapal pinisi ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.