Ragam Cara Membuat Es Buah Biar Gak Bosan Pas Buka Puasa

Belum buka puasa udah nulis cara membuat es buah aja nih. Hehehe. Ngomong-ngomong, pernah dengar kalimat, fruit is nature’s candy gak? Buah itu permen alami yang diberikan alam untuk kita. Jadi, kalo cari yang manis-manis pas buka puasa, ya makan buah aja.

Buah sangat enak dan bisa menjadi makanan penutup nan lezat. Saya termasuk yang percaya bahwa sajian  tertentu akan lebih besar manfaatnya ketika digabungkan, contohnya ya bikin es buah.

10 Cara Membuat Es Buah

“Makan buah dan sayurmu!” Nasihat serupa selalu kita dengar dari ibu, ayah, nenek, kakek, paman, bibi, kakak, lagu, iklan di TV, semuanya bilang  begitu.

Gak salah sih kita makan cookie, cake, atau kue-kue manis berbahan terigu pas berbuka puasa. Namun, kalo ada buah, bukankah ini pilihan lebih sehat?

Sekiranya sudah bosan dengan buah potong, silakan mencoba satu dari 10 resep cara membuat es buah yang saya sajikan berikut ini sebagai tambahan menu buka puasa.

1.Es Oyen

Bahan

  • Buah kelapa muda, pisahkan air dan daging buahnya (1 buah)
  • Alpukat (1 buah)
  • Nangka (1/2 mangkuk kecil)
  • Biji mutiara (1/2 mangkuk kecil)
  • Susu kental manis
  • Sirup rasa cocopandan
  • Es batu
cara membuat es buah

Cara membuat

  • Rendam biji mutiara dalam air hangat (bukan air panas mendidih), biarkan sampai mengembang.
  • Kerok daging buah kelapa muda.
  • Campurkan semua bahan buah dalam satu wadah.
  • Tuang air kelapa muda, susu kental manis, dan sirup cocopandan.
  • Tambahkan es batu

2. Es Teler

Bahan

  • Alpukat (2 buah)
  • Nangka (1 mangkuk kecil)
  • Cincau hitam (250 gram)
  • Biji selasih (1/2 mangkuk kecil)
  • Kolang-kaling (250 gram)
  • Kelapa muda (1 buah)
  • Es batu
cara membuat sop buah

Cara membuat

  • Pisahkan daging dan air buah kelapa muda
  • Potong kotak alpukat dan nangka
  • Iris tipis kolang-kaling
  • Campurkan seluruh bahan buah dengan biji selasih dan air kelapa muda.
  • Tambahkan susu kental manis dan es batu.

3. Es Koktail

Bahan

  • Nanas (1 mangkuk kecil)
  • Melon (1 mangkuk kecil)
  • Pepaya setengah matang (1 mangkuk kecil)
  • Nata de coco (1 mangkuk kecil)
  • Biji selasih (1/2 mangkuk kecil)
  • Stroberi (5-6 biji, opsional)
  • Kayu manis (3 cm)
  • Cengkeh (3 butir)
  • Gula pasir (250 gram)
  • Air perasan lemon (1 buah)
  • Kapur sirih (1/2 sdm)
  • Air
  • Es batu
resep sop buah

Cara membuat

  • Rendam pepaya dengan air kapur sirih semalam. Setelah kaku, kemudian cuci bersih dan tiriskan.
  • Rebus air, gula pasir, potongan kayu manis dan cengkeh sampai mendidih.
  • Matikan kompor, tunggu sampai larutan sedikit dingin.
  • Masukkan seluruh buah, natadecoco, biji selasih, dan air perasan lemon.
  • Masukkan ke dalam gelas, tambahkan es batu.

4. Es Ximilu

Bahan

  • Stroberi (5 buah)
  • Kiwi (1 buah)
  • Melon (1 mangkuk kecil)
  • Semangka (1 mangkuk kecil)
  • Lengkeng (1/2 mangkuk kecil)
  • Jelly parut (1/2 mangkuk kecil)
  • Biji selasih (1/2 mangkuk kecil)
  • Cremer
  • Gula cair, bisa dibuat dari gula pasir yang dilarutkan dengan air panas.
  • Air
resep es buah

Cara membuat

  • Potong buah ukurannya sesuai selera, kemudian tata dalam mangkuk.
  • Tambahkan jelly parut di atasnya, kemudian 1-2 sdm cremer bubuk untuk es buah atau fiber creme. Banyak kok mereknya, seperti Elenka, Ansell, Javaland, dan sebagainya.
  • Tambahkan es batu di atasnya.

5. Es Kuwut

Bahan

  • Kelapa muda (1 buah)
  • Melon (1 mangkuk kecil)
  • Timun (1 mangkuk kecil)
  • Air perasan jeruk nipis (1 buah)
  • Biji selasih (1/2 mangkuk kecil)
  • Gula cair
  • Es batu
resep es campur

Cara membuat

  • Serut daging buah kelapa muda, melon, dan timun.
  • Campurkan dengan air kelapa muda, biji selasi, dan air perasan jeruk nipis.
  • Tambahkan beberapa potong irisan jeruk nipis sebagai penghias.
  • Bisa juga ditambahkan gula cair jika kurang manis.
  • Hidangkan dengan es batu.

6. Es Maimun

Bahan

  • Markisa (5 buah)
  • Timun kecil (3 buah)
  • Nata de coco (1 mangkuk kecil)
  • Daun jeruk (3 lembar)
  • Gula pasir
es buah segar

Cara membuat

  • Rebus air bersama gula pasir sampai larut dan mendidih. Matikan kompor.
  • Masukkan daun jeruk bersama markisa.
  • Tekstur markisa yang berlendir dan menempel, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu menggunakan garpu sebelum dicampurkan ke dalam air gula.
  • Setelah agak dingin, tambahkan timun serut dan nata de coco (tanpa air).
  • Sajikan bersama es batu.

7. Es Buah Soda

Bahan

  • Melon (1 mangkuk kecil)
  • Bengkoang (1 mangkuk kecil)
  • Nanas (1 mangkuk kecil)
  • Sirup rasa melon
  • Air soda tawar (500 ml)
  • Air
  • Gula pasir
  • Es batu
sop buah

Cara membuat

  • Potong melon, bengkoang, nanas kotak atau bulat sesuai selera. Bisa juga ditambahkan buah lain, seperti pepaya dan mangga yang tidak terlalu matang.
  • Masak air bersama sedikit gula pasir sampai mendidih. Jangan terlalu banyak karena akan dicampur dengan sirup melon.
  • Masukkan semua buah ke dalam larutan gula, tambahkan sirup melon.
  • Saat hendak disajikan, baru tambahkan air soda. Saya biasanya pakai Sprite kaleng kecil. Jika soda terlalu cepat dicampurkan, sensasi sodanya saat disajikan akan hilang.
  • Sajikan bersama es batu.

8. Es Buah Rempah

Bahan

  • Nanas (1 mangkuk kecil)
  • Pepaya (1 mangkuk kecil)
  • Mangga (1 mangkuk kecil)
  • Bengkoang (1 mangkuk kecil)
  • Gula pasir (250 gram)
  • Kayu manis (4 cm)
  • Cengkih (2 buah)
  • Daun jeruk (3 lembar)
  • Air
  • Air soda tawar (500 ml)
es buah

Cara membuat

  • Potong nanas, pepaya, mangga, bengkoang kotak atau bulat sesuai selera. Pepaya dan mangga sebaiknya tidak terlalu matang.
  • Masak air bersama gula pasir sampai mendidih. Masukkan kayu manis, cengkih, dan daun jeruk sampai tercium aroma rempah yang harum.
  • Sebaiknya simpan buah di dalam lemari es semalam supaya buah meresap sempurna bersama larutan rempah.
  • Saat hendak disajikan, baru tambahkan air soda. Saya biasanya pakai Sprite kaleng kecil. Jika soda langsung dicampurkan, aroma rempah dan sensasi sodanya saat disajikan akan hilang.
  • Sajikan bersama es batu.

9. Es Semlo

Bahan

  • Pisang kepok (5 buah)
  • Gula pasir (250 gram)
  • Daun pandan (2 lembar)
  • Cengkih (5 buah)
  • Kayu manis (4 cm)
  • Air perasan jeruk nipis (2 sdm)
  • Garam
  • Es batu
sop buah

Cara membuat

  • Potong pisang kepok setebal 1-2 cm. Pisangnya jangan terlalu matang ya.
  • Rebus air bersama gula pasir, cengkih, kayu manis, sejumput garam, dan daun pandan sampai larut dan mengeluarkan aroma harum khas rempah.
  • Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan potongan pisang, aduk beberapa menit.
  • Terakhir, masukkan air perasan jeruk nipis. Tata dalam wadah dan tambahkan es batu di atasnya.

10. Es Buah Yakult

Bahan

  • Mangga (2 buah)
  • Biji selasih (1 mangkuk kecil)
  • Nata de coco (1 mangkuk kecil)
  • Yakult (2 botol)
  • Susu kental manis (5 sdm)
  • Air gula
  • Air
  • Es batu
cara membuat es buah

Cara membuat

  • Potong mangga berbentuk dadu atau bulat sesuai selera. Mangga yang dipilih sebaiknya manis dan tidak benyek.
  • Campurkan mangga dengan biji selasih bersama air, air gula, susu kental manis, yakult, dan es batu.
  • Sajikan selagi dingin dan segar.

Buah-buahan sangat sehat, serba guna, aromanya khas, dan rasanya luar biasa. Coba pikirkan, apa lagi ide dan cara membuat es buah yang muncul di kepalamu? Silakan berbagi di kolom komentar ya. Terima kasih.

12 thoughts

  1. Ternyata sangat banyak ragam es buah yang bisa kita buat untuk berbuka puasa ya. Karena puasa 30 hari lumayan juga, untuk gonta-ganti menu es campur setiap hari

    Like

  2. Hadeh, kak Muthe bikin ngiler aja tuh es buahnya. Aku paling suka es buah markisa (maimun), es teler dan es koktail. Suka aja kalo ada isi buah2nya di dalam larutan es…dan pas sekali artikel ini untuk nambah informasi bagaimana cara bikinnya, jadi pengen cepet2 buka puasa nih, cocok pas panas minum yang seger2 kayak es buah ini…

    Like

  3. Namanya macam-macam ya ternayat meski bahan utamanya sama, buah. Jadi tahu saya, padahal mungkin sering makan dan pernah bikin. Dan beneran menyegarkan memang puasa menyajikan varian es buah ini

    Like

  4. Saya bookmarked aaah, koleksi resepnya mantap sekali nih buat menu buka puasa. Kalo denger es oyen, suka senyum sendiri, jadi inget kucing si Oyen. Kenapa yak dinamain es oyen?? Tapi rasanya enak banget es oyen

    Like

  5. Es buah rempah, jadi ingat ibu mertua, sering bikin setup buah. Resepnya mirip pakai kayu manis. Biasanya bikin setup jambu biji, karena di halaman rumah ada pohonnya. Enak seger dan wangi…
    Mantul resep-resepnya nih…Ada 10 kombinasi. Sip deh…

    Like

  6. Baca ini siang2 rasanya langsung nelen ludah ajaa. Wkwkwk
    Kak muuttt. Aku blm pernah deh cobain es oyen mwkwk maksudnya cobain bikin sendiri blm pernah. Otw kepengen bikin untuk buka sore ini

    Like

  7. Jadi ngiler nih liat tampilan dari es buah. Betul juga ternyata, sajian apapun jika digabungkan maka akan besar manfaatnya, termasuk buah-buahan yang dipadukan menjadi berbagai varian es buah.

    Like

  8. Ya Allah, kenapa ini saya baca post ini siang-siang hikss
    Mana rasa es oyen udah kebayang-bayang pula. Duh… Tapi ngintip di kulkas, kayaknya ntar sore cuma bisa bikin es buah yakult aja nih. Gass lah…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.