Menu Takjil Buka Puasa Ini Gak Bikin Emak Rempong di Dapur

Menu takjil buka puasa itu pastinya banyak banget. Namanya juga Indonesia, ya kan? Kuliner Nusantaranya berjibun dari Sabang sampai Merauke. Saya termasuk emak yang rajin masak, tapi senangnya masak yang simpel aja. Apalagi momennya puasa. Tenaga sudah habis terkuras bukan cuma menahan lapar haus, tapi juga menyusui dua bayi kembar, dan momong satu batita.

Puasa tahun ini bakal beda banget sebab kita semua masih menjalankan social distancing di tengah pandemi COVID-19. Buat kamu yang berdomisili di Bekasi, gak begitu suka masak, atau gak sempat masak, tapi tetap ingin makan makanan sehat, tenang. Ada menu makanan sehat selama #dirumahaja di sekitar Mustika Jaya loh. Mba Ipeh menyajikannya dengan apik di laman personal websitenya Ngider Bae.

Ngomong-ngomong soal menu takjil, puasa tahun ini kita gak mungkin beli jadi terus, gak mungkin delivery food terus. Jangan sampai kita diam di rumah, tapi uang kita selalu keluar rumah. Ingat ancaman krisis ekonomi sudah di depan mata. Suka gak suka kita perlu mulai berhemat dari hal-hal sederhana, seperti membeli makanan jadi ini.

10 Menu Takjil Buka Puasa Antiribet

Sebetulnya penyebutan menu takjil yang dikaitkan masyarakat kita dengan hidangan buka puasa itu salah. Takjil arti sebenarnya dalam KBBI adalah mempercepat atau menyegerakan berbuka. Kata ini diserap dari bahasa Arab, ‘ajila yang artinya menyegerakan.

Trus, istilah yang benar apa dong? Harusnya kita menyebut menu iftar, mengacu pada perjamuan umat Muslim saat berbuka puasa selama Ramadhan. Iftar dilakukan tepat setelah Maghrib.

Sayangnya mesin pencarian Google pun gak begitu populer dengan istilah ‘menu iftar’ ini. Saya juga mencoba mencari istilah ini di Ubersuggest milik Neil Patel. Hasil pencarian keyword tersebut juga nol, beda dengan ‘menu takjil’ yang volume pencariannya mencapai 1.600. Hehehe.

Kali ini saya ingin berbagi 10 menu takjil buka puasa antiribet yang tentunya gak bakal bikin emak rempong di dapur. Menu-menu berikut mudah ditiru, gak mahal, cara membuatnya gampang banget, tapi tetap enak di lidah.

1. Bubur Kacang Hijau Keju

Bahan:

  • Kacang hijau (250 gram)
  • Gula pasir (100 gram)
  • Garam (1/2 sdt)
  • Santan (200 ml)
  • Susu kental manis (5 sdm)
  • Daun pandan (3 lembar)
  • Keju Cheddar
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Rendam kacang hijau pagi hari, sehingga sudah mengembang di sore hari saat jam emak masak di dapur.
  • Campurkan kacang hijau bersama air dan daun pandan. Jika daun pandan tidak ada, bisa diganti dengan 2 sdm sirup Marjan atau ABC Cocopandan. Rebus hingga mengembang sempurna. Matikan kompor.
  • Masukkan gula pasir, garam, santan, aduk hingga gula larut.
  • Angkat dan sajikan bersama parutan keju di atasnya.

2. Es Timun Serut

Bahan:

  • Timun ukuran besar (1 buah)
  • Nata de coco merek apa saja (1 gelas kecil)
  • Susu kental manis (5 sdm)
  • Sirup Marjan Cocopandan (2 sdm)
  • Gula pasir (100 gram)
  • Air
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Kupas kulit timun, serut halus, sisihkan.
  • Saring nata de coco, buang airnya. Saya kebetulan pakai merek Wong Coco.
  • Larutkan gula pasir dengan sedikit air hangat. Setelah larut, tambahkan air dingin. Masukkan sirup marjan dan susu kental manis.
  • Masukkan timun dan nata de coco ke dalam larutan air. Aduk, kemudian hidangkan atau simpan dulu di lemari pendingin.

3. Pancake Kuah Santan

Bahan:

  • Tepung terigu (1 gelas atau 1/4 botol Aqua 1,5 liter)
  • Telur ayam (1 butir)
  • Gula (1 sdm)
  • Garam (1/4 sdm)
  • Ragi instan atau soda kue (1/2 sdt)
  • Minyak goreng atau mentega cair (2 sdm)
  • Susu kental manis (1 gelas)

Bahan kuah:

  • Santan (125 ml)
  • Air (500 ml)
  • Gula pasir (100 gram)
  • Sirup Marjan Cocopandan (2 sdm)
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Campur seluruh bahan dalam satu wadah. Aduk dengan pengocok adonan sampai tercampur merata. Diamkan lima menit.
  • Panaskan teflon antilengket dengan api kecil. Teflon tidak boleh terlalu panas supaya warna coklat pancake merata sempurna, tidak totol-totol.
  • Tuangkan adonan ke atas teflon sesuai ukuran yang diinginkan. Balik adonan satu kali saja.
  • Setelah kematangan adonan dirasa cukup, angkat dan sajikan.
  • Masak kuah dengan cara mencampurkan air, gula pasir, dan sirup hingga mendidih.
  • Tata pancake di atas piring. Tuangkan dengan kuah santan di atasnya.

4. Asinan Buah Sederhana

Bahan:

  • Tiga jenis buah (nanas, timun, pepaya setengah matang_
  • Buah lainnya jika ada (bengkoang, mangga muda, kedondong, jambu kristal)
  • Gula pasir (3 sdm)
  • Gula merah (2 sdm)
  • Asam jawa (1/2 sdm)
  • Garam secukupnya
  • Air

Bahan bumbu halus:

  • Cabai merah keriting (5 buah)
  • Cabai rawit (3 buah)
  • Terasi bakar (1/2 sdt)
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Rebus air bersama bumbu halus, gula pasir, gula merah, asam jawa, dan garam sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Benar-benar dingin ya.
  • Susun potongan buah di atas wadah, tuang kuah yang sudah dingin. Tutup wadah dan simpan sejenak di lemari pendingin.

5. Bubur Sumsum Kuah Jahe

Bahan:

  • Tepung beras (100 gram)
  • Santan kelapa (Buat masing-masingnya 500 ml di dua wadah terpisah)
  • Garam (1/2 sdm)
  • Air

Bahan kuah:

  • Gula merah (disisir halus, 200 gram)
  • Air (100 ml)
  • Daun pandan (2 lembar)
  • Jahe (1 ruas diiris tipis tipis)
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Campurkan tepung beras, santan, air, garam, kemudian aduk perlahan hingga merata.
  • Masak adonan di atas kompor. Aduk terus sampai mendidih dan mengental perlahan.
  • Setelah adonan mengental, masukkan lagi sisa santan di wadah kedua, kembali aduk hingga adonan kembali merata dan mengental.
  • Angkat, salin ke wadah, dinginkan.
  • Masak kuah dengan cara mencampurkan seluruh bahan. Panaskan di atas api hingga mendidih. Angkat dan siramkan ke atas bubur sumsum.

6. Urap Ubi Pisang Kepok

Bahan:

  • Pisang kepok (6 buah)
  • Ubi kuning (2 buah)
  • Kelapa parut halus (1/4 butir)
  • Gula pasir (2 sdm)
  • Garam (1/2 sdt)
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Kukus pisang kepok dan ubi kuning sampai matang. Angkat, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil sesuai selera.
  • Campurkan kelapa parut, gula, garam. Aduk merata.
  • Masukkan pisang kepok dan ubi yang sudah dipotong kecil-kecil. Sajikan.

7. Oreo Goreng

Bahan:

  • Biskuit oreo rasa cokelat, stroberi, dan vanila (masing-masing 6 pcs)
  • Tepung terigu (150 gram)
  • Susu kental manis (150 ml)
  • Telur ayam (1 butir)
  • Gula halus (2 sdm)
  • Bahan topping:
  • Susu kental manis cokelat
  • Keju Cheddar diparut
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Susun oreo satu per satu dalam wadah datar. Masukkan ke dalam freezer selama dua jam.
  • Campurkan tepung terigu, gula pasir, telur, dan susu cair. Aduk merata dan mengental. Jangan sampai encer ya.
  • Masukkan oreo beku ke dalam adonan hingga menutupi seluruh permukaan biskuit.
  • Goreng adonan hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  • Tambahkan topping susu kental manis dan keju parut di atasnya.

8. Martabak Tahu Goreng

Bahan:

  • Kulit lumpia yang sudah jadi (10 lembar)
  • Tahu putih (2 buah)
  • Telur ayam (2 butir)
  • Kaldu ayam Masako/ Royco (1 bungkus)
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
  • Saos botol
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Potong tahu menjadi kotak-kotak kecil. Iris tipis daun bawang.
  • Kocok telur ayam bersama kaldu ayam dan garam. Campurkan dengan tahu dan daun bawang.
  • Panaskan minyak goreng. Ambil kulit lumpia, isi dengan adonan telur, lipat keempat sisinya menuju satu titik di tengah adonan (seperti persegi atau kotak).
  • Goreng sampai berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan saos cabai botol.

9. Perkedel Indomie

Bahan:

  • Indomie goreng original
  • Telur ayam (3 butir)
  • Ayam/ daging sapi/ bakso cincang (pilih salah satu)
  • Wortel iris kotak kecil (1 buah)
  • Daun bawang (2 batang)
  • Bawang merah (5 siung)
  • Bawang putih (3 siung)
  • Garam
  • Gula
  • Merica bubuk
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Rebus indomie goreng, tiriskan, campurkan bumbu.
  • Kocok telur, masukkan indomie dan bahan lainnya hingga tercampur merata.
  • Bentuk pipih, seperti perkedel menggunakan sendok.
  • Panaskan minyak, goreng adonan satu per satu hingga berwarna kuning kecokelatan.
  • Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saos botol.

10. Es Jedeg (Jeruk-Degan) Soda

Bahan:

  • Kelapa muda (ambil air dan daging buahnya)
  • Jeruk manis (3 buah)
  • Sprite (1/2 kaleng) atau air soda
  • Gula pasir
  • Es batu
menu takjil buka puasa

Cara membuat:

  • Peras air jeruk manis. Campurkan dengan daging kelapa muda dan airnya.
  • Larutkan gula pasir dengan sedikit air panas. Masukkan ke dalam campuran sebelumnya.
  • Tambahkan 1/2 kaleng Sprite (air soda) bersama es batu.
  • Es jeruk kelapa muda soda siap disajikan.

Meski puasa masih seminggu lagi, tapi saya sudah hepi bayangin gak lama lagi kita bakal bertemu bulan suci. Kamu pastinya juga kan?

Buat kamu yang berminat mengeksekusi 1 atau 2 menu di atas, boleh banget loh. Jangan lupa bagikan pengalamanmu mencoba resep tersebut ya. Terima kasih.

33 thoughts

  1. Waaah asyik ada banyak resep takjil. Kayaknya saya mau coba yang burjo keju deh, Mba. Secara belum pernah coba pakai keju. Sama oreo goreng biar bocah latihan puasa.

    Like

  2. Wow… semua mengiurkan Mbak Mutia. Dan saya baru tau, bubur kacang ijo bisa juga pakai keju. Kalau asinan, mungkin saya hindari dulu pas puasa. Karena saya sukanya makan asinan pas siang hari hahaha.

    Like

  3. Haduh2 liat semuanya udh ngiler dr sekarang. Menu takjil reguler di rumahku ya es timun itu mbak. Timun dan gula aja tapi, gak pake isian lagi. Itu aja udh segeeeeerrrr bangett. Kangen ya sama suasana ramadhan, meski bakal berbeda tapi ttp semangat nih mau puasa. Selamat berpuasa ya Mbak!

    Like

  4. Waah… makasih resepnya bunda. Enak-enak nih menunya dan simple, izin share ya biar nanti pas ramadhan nggak bingung cari resep takjil. Suka bingung deh kalau pas puasa gitu mau bikin takjil apa. Yang pasti ada sih buah-buahan segar, hehe

    Like

  5. nah favorit ku nih bubur sumsum mbak Mutia..bikinnya 10 menit.. hbsnya 5 menit wkwk…tergampang dan tercepat bubur sumsum buat menu tajil btw itu pancake kuah santan nama lainnya surabi bkn sih?

    Like

  6. Ahhhh mba makasih banyak ya ide resepnya. Sampai ama aku dibintangin lho. Aku pengen bkin oreo goreng ama pengen coba beli martabak tahu. Ah langsung belanja lumpianya dulu aku hihihi. Pengen coba bikin😍. Makasih ya resepnya

    Like

  7. Beberapa belum pernah kucoba, seperti urap pisang kepok ubi…toss kita hepi menyambut bulan suci, pas banget ada list menu takjil buka puasa anti rempong ini. Thanks mbak Muthia…

    Like

  8. Aduh lamgsung ngiler baca ini, membayangkan pas puasa takjilnya itu hahahha, btw aku pling suka timun serut sama asinan buah sederhana. Itu enak banget astagaaaa, thanks resepnya kapan2 pengin coba nih.

    Like

  9. Es jedeg soda nih kayaknya seger banget … Pengen coba ah nanti sore buat berbuka. Btw menulis ini di jam setengah 6 pagi kenapa sudah terasa segar di tenggorokan gitu ya hehehe thanks resepnya kak

    Like

  10. Ya Allah goda’an banget ini Unii… di saat menunggu waktu berbuka lihat es jedeg soda haha… btw inspiratif sekali ini si Uni Mutia,, burjo alias bubur kacang ijo pake keju parut ya, makin bikin anak2 syuukkaaa ^^

    Like

  11. Saya baca ini di jam siang, jadi ngiler. Menu-menunya sangat menarik, Uni. Saya jadi teringat salah satu kue dalam bahasa Minang, disebut “pinukuik”, mirip pancake, mungkin itu dari kata pancake dalam bahasa Indonesia kali ya, panekuk jadi pinukuik. Eh, jadi malah bahas bahasa.

    Like

  12. Bacanya menjelang siang begini sungguh menggoda dahaga, hahaha. Makasih ya mbak, jadi banyak refrensi ta’jil berbuka nih. Es serut timun kayaknya seger banget dan penasaran sama perkedel indomienya. Semoga ada waktu untuk dieksekusi ^^

    Like

  13. Benar kak cara masaknya juga mudah, kalo aku BeHangat.Com dan sekeluarga lebih suka dan sering buat bubur sumsum. Manis enak dan buat kenyang

    Like

  14. Aduh, saya beneran ngiler deh bacanya, untung malam-malam nih bacanya hehe. Btw kreatif banget kacang hijau di kasih keju, saya gak kepikiran, yang paling bikin saya ngiler bagian Pancake Kuah Santannya. Terima kasih sudah berbagi resep! πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.