Review Vidio Original Series: Turn On

Turn On adalah web series produksi Screenplay Films yang tayang di aplikasi berbayar Vidio. Ini adalah Wattpad story kedua yang saya ikuti setelah My Lecturer My Husband di WeTV.

Web series yang tayang sekali sepekan, setiap Kamis dini hari ini aslinya ditulis Tiara Wales, kemudian disutradarai Vemmy Sagita. Gak tanggung-tanggung versi Wattpadnya ngehits banget, diakses 16 juta pembaca di Indonesia dan seluruh dunia. Makanya saya penasaran nonton live-nya.

Kabarnya sih setelah selesai tayang eksklusif 8 episode di Vidio 4 Maret lalu, Turn On bakal dipecah jadi beberapa episode dan diputar ulang di SCTV. Tapi kayaknya beberapa adegan bakal di-cut ketika web series sini muncul di televisi swasta, khususnya adegan buat 17 tahun ke atas.

Penonton di rumah yang gak punya aplikasi Vidio harus bersabar hati dulu nih. Atau kalo makin penasaran setelah baca coretan ini, segera aja download dan berlangganan Vidio. Murah kok, Cuma Rp 19 ribu per bulan.

Kenalan dulu yuk sama pemeran utama dan pendukung Turn On.

  • Giorgino Abraham sebagai Andreas Calvin Manik
  • Clara Bernadeth sebagai Maria Agustina
  • Mathias Muchus sebagai Abraham Calvin Manik (ayah Andreas)
  • Sonia Alyssa sebagai Zie Zie
  • Erika Carlina sebagai Flora Anggoro
  • Jonathan Andriano sebagai Dicko Triatmojo
  • Asri Welas sebagai Solena
  • Faradina Mufti sebagai Kak Tere
  • Cinta Brian sebagai Arda Mikael
  • Aimee Saras sebagai Dina Hartoyo

Alasan Turn On Layak Tonton

Saya sebetulnya udah langganan tiga aplikasi berbayar, yaitu Disney Hotstar, WeTV, dan VIU. Gara-gara Turn On tayangnya eksklusif di Vidio, terpaksa saya juga harus install aplikasi keempat. Sebenarnya bisa aja sih nonton bajakannya di YouTube, tapi jangan ya gaes. Kita harus menghargai orisinalitas hasil karya insan perfilman Indonesia. Kapan majunya bangsa ini kalo rakyatnya demennya nonton bajakan?

Nyesal? Ngerasa rugi? Wah, gak sama sekali. Berikut empat alasan kenapa Turn On layak ditonton.

1. Web series yang kualitas setiap episodenya setara film

Gak sia-sia Screenplay Films mendapuk Vemmy Sagita sebagai sutradara. Wanita ini pernah didaulat sebagai Sutradara Sinetron Terpuji di Festival Film Bandung (2013).

Kalo di televisi, sebagian kita mungkin familiar sama sinetron-sinetron kualitas premium karya Vemmy Sagita. Sebut saja sederet judul legendaris, seperti Siapa Takut Jatuh Cinta, Love in Paris, Putih Abu-Abu, dan Calon Bini.

Turn On kembali membuktikan tangan dingin Vemmy Sagita. Kualitas setiap episode yang tayang dengan durasi rata-rata 45 menit ini benar- benar setara film. Mirip lah kayak kita nonton drama korea. Gak ngebosenin. Saya aja hepi begitu tahu serial di Indonesia bisa sebagus ini.

Gak heran sambutan penonton meriah banget. Banyak yang rela begadang menunggu episode barunya rilis Kamis dini hari. Rata-rata komentar yang saya baca request supaya serial ini tayang dua kali seminggu.

Cerita Turn On versi Wattpad dan web series emang sedikit berbeda. Versi Wattpad-nya Andreas dan Maria adalah mahasiswa Fakultas Teknik sebuah kampus terkenal di Jakarta. Andreas adalah senior Maria dan Dicko di kampus.

Andreas versi web series dibuat lebih dewasa. Dia pria mapan yang sudah bekerja. Settingnya di Wattpad jelas-jelas di Jakarta. Apartemen Andreas itu ada di sekitar area Senopati, sementara di web series semuanya berlokasi di Bali.

2. Syuting full di Bali

Ini tuh serial mahal. Syutingnya full di Bali semua. Umumnya di Jimbaran Uluwatu, Denpasar, dan Ubud.

Scene di Jimbaran Uluwatu diambil di tempat-tempat mewah, mulai dari Bvlgari Resort Bali yang jadi kediaman keluarga besar Manik, juga rumah Andreas. Kelihatan banget dari tebing-tebing karst khas pantai di Uluwatu.

  • turn on
  • turn on
  • turn on
  • turn on
  • turn on

Ada juga Karma Kandara Resort Bali yang jadi tempat bulan madu Andreas dan Maria, sekaligus tempat pertunangan pura-pura Dicko dan Greta yang bikin Flora cemburu buta.

  • turn on
  • turn on
  • turn on

Kantornya Andreas kalo saya gak salah lihat dari bangunannya seperti berada di gedung Hatten Wines Sanur, Denpasar. Kelihatan pas Maria di episode pertama markir motor di depan kantornya.

Maria juga sempat mondar mandir di halaman Monumen Bajra Sandhi Renon pas nyari Andreas yang berencana terbang ke Stockholm di episode terakhir.

Beberapa spot di Ubud yang kelihatan, antara lain Bali Budha, The Bridges Restaurant, dan Mathis Retreat. Nah, Mathis Retreat tuh aslinya hotel dan resort juga. Lokasinya di Kedewatan.

Mathis Healing Center jadi tempat yang dipilihkan Andreas untuk terapi dan pengobatan Zie Zie. Terracotta, restoran dengan view sawah di Mathis Retreat kalo saya gak salah jadi tempat Andreas dan Maria ngeteh dan ngopi bareng menyambut senja. Romantis abis pokoknya.

  • turn on
  • turn on review
  • turn on review

Tempat Dicko dan Flora menghabiskan kehidupan malam mereka sebagian besar berada di klub-klub Canggu dan Seminyak. Ada scene Arda sepedaan nyariin Zie Zie di Yellow Bridge, itu berlokasi di Nusa Lembongan.

Duh, pokoknya web series ini tuh bikin penonton puas banget nge-eksplor Bali. Gambar-gambarnya yang di-take gak cuma dalam ruangan doang, tapi outdoor juga.

3. Akting aktor aktris Turn On natural abis

Beneran deh Turn On bikin kita kayak lagi nonton real life tapi ini tuh film. Akting aktor dan aktrisnya natural abis. So far menurut saya ini tuh peran terbaik Gino dan Clara di layar lebar.

Gino perfect abis. Clara di beberapa scene masih terlihat agak kurang santai, tapi karakter Maria cocok banget buat dia. Saya gak kebayang siapa selain Clara yang cocok megang peran ini. Apalagi Gino dan Clara chemistrynya udah terbangun sejak mereka berdua ngebintangin film remake Tersanjung.

Untuk karakter Flora, tiga kata buat Erika, O-M-G. Aktingnya sempurna banget sebagai pemeran pendukung. Saya seperti nemuin kembali Masayu Anastasia, Jennifer Arnelita, Intan Ayu Purnama, Dinda Kanya Dewi, pokoknya artis-artis era 2000-an yang meski jadi pemeran pendukung atau antagonis sekali pun, sukses bikin penonton jatuh cinta.

Cerita sisipan Flora dan Dicko itu bagi saya bukan cuma pemanis di Turn On. Mereka berdua layak dibikinin split terpisah, seperti Milly & Mamet versi Ada Apa dengan Cinta (AADC). Klik banget akting mereka berdua. Please dong Mba Vemmy, bikini Turn On-2 yang lebih banyak mengulas kehidupan Flora dan Dicko. Hehehe.

4. Kaya dialog yang nyentil abis

Turn On bukan sekadar serial romance dewasa, melainkan mengajarkan kita banyak makna kehidupan. Web series ini menghadirkan banyak dialog antara pemeran utama dan pendukung yang seringnya nyentil abis ke kita sebagai penonton, tanpa pandang bulu.

Kebanyakan sih saya menemukannya dari celotehan Flora. Kita sering membayangkan betapa enaknya jadi anak orang kaya, lahir bergelimang harta, padahal kenyataannya apa yang kita lihat dari mereka gak seindah kehidupan mereka aslinya.

Rendah diri itu sama kayak lo jongkok, tapi di atas Monas. Dengan bangganya lo pamerin betapa menderitanya hidup lo, betapa susahnya hidup lo, biar apa? Biar semua orang simpati sama lo.

Flora – Turn On

Flora dan Dicko lahir dari keluarga terpandang, tapi sama sekali gak mau mengikuti jejak orang tuanya, mencari nafkah bak nyamuk yang mengisap darah orang lain. Papanya Flora politikus koruptor, sama seperti papanya Dicko yang jadi pengusaha sekaligus mafia di bisnis kelapa sawit.

Senang senang ya boleh, mabok ya boleh, kerja ya kerja. Kalo gak sanggup yang gak usah mabok, gak usah clubbing.

Flora – Turn On

Papa Andreas memang kaya dan baik hati, tidak memandang harta dan kedudukan keluarga calon suami atau istri pilihan anaknya. Namun, Abraham tega memisahkan Andreas dan Zie Zie secara sepihak ketika menemukan kekurangan Zie Zie sebagai personal, plus merahasiakan hal itu bertahun-tahun.

Kadang sebagai orang tua kita merasa seolah-olah bisa mengendalikan hidup anak kita sepenuhnya. Sayangnya ini gak berlaku dalam urusan asmara di mana kita gak bisa terus-terusan jadi dalang yang mengatur siapa pasangan hidup paling cocok untuk anak kita.

Maria, kasarnya dia adalah anak haram. Ayahnya gak jelas siapa. Ibunya meninggal ketika melahirkannya. Maria dibesarkan tantenya, Dina Hartoyo yang gila kerja dan juga hidup bebas tanpa ikatan perkawinan sah.

Maria gak bisa memilih punya orang tua siapa, tapi dia tumbuh jadi wanita mandiri, berdikari, wanita baik-baik yang menjunjung tinggi kehormatannya sebagai perempuan.

Baik Andreas, Maria, Flora, Dicko mengajarkan kita bahwa gak ada satu pun manusia di Bumi ini yang hidupnya mudah dan lempeng-lempeng aja, mau dia kaya atau pun miskin.  Kita hanya gak ngelihat langsung apa yang udah mereka lewati. Setiap orang berjuang dengan caranya masing-masing.

Sinopsis Turn On

Andreas adalah pria muda sekaligus anak pengusaha kaya raya di Bali. Sayang dia kehilangan jati diri sebagai laki-laki karena trauma kegagalan hubungan percintaan di masa lalu.

Zie Zie, cinta pertama Andreas sejak SMA sekaligus satu-satunya yang dia harapkan menjadi istrinya berselingkuh dengan sahabatnya sendiri, Arda.

Tepat pukul 11 malam waktu Sydney, ketika Andreas dan Zie Zie mengakhiri video call mereka, Zie Zie lupa mematikan laptop, sehingga Andreas menyaksikan sendiri Zie Zie dan Arda bermesraan.

Kenapa harus Arda? Padahal Andreas memercayakan Arda buat jagain Zie Zie selama berkuliah di Sydney. Tadinya mereka bertiga memang berencana kuliah bareng ke Aussie. Zie Zie dan Andreas di Sydney, sementara Arda di Canberra.

Andreas mengurungkan niatnya karena kasihan sama papanya sendirian sejak sang mama meninggal. Abraham, papa Andreas sosok lelaki setia, terlalu mencintai istrinya. Kesepian membuat kondisi jantungnya semakin lama semakin buruk.

Sejak perselingkuhan itu, dua tahun lebih Andreas memilih mendiamkan Zie Zie. Hubungan keduanya gak jelas. Mereka gak putus, gak lanjut juga. Bahkan ketika Andreas mengetahui Zie Zie sedang liburan di Bali, dia tetap memilih mendiamkan perempuan itu.

Banyak rumor bertebaran lantaran Andreas gak pernah terlihat bareng cewek, terlebih usianya sudah pantas menikah. Gosip tak ubahnya seperti makanan sehari-hari pewaris utama Manik Group itu.

Andreas dibilang gay lah. Dia menolak kehadiran Flora, teman sekantornya yang cantik, seksi, yang terang-terangan jatuh cinta padanya. Andreas juga digosipin gak bisa turn on alias impoten.

Parahnya gosip terakhir itu benar. Disfungsi ereksi membuat Andreas sama sekali gak bergairah meski ada cewek seksi di hadapannya. Sejak hubungannya dengan Zie Zie kandas, Andreas sama sekali gak minat sama cewek, tapi bukan berarti dia gay.

Versi Wattpad-nya sih dibilang kalo Andreas jadi jijik banget sama cewek. Kalo lihat cewek cantik tersenyum, dia seperti ngelihat Zie Zie. Semua cewek, kecuali mamanya dan kakaknya sama buruknya di mata Andreas.

Kak Tere menyarankan Andreas menjumpai seorang bernama Solena. Dia seorang psikolog, seks terapis, juga herbalogis.

Solena menyarankan Andreas menyelesaikan cinta lamanya yang belum kelar dengan Zie Zie. Ya, kondisi medis yang dialami Andreas itu tak lain karena trauma hubungan percintaan di masa lalu.

Singkat cerita demi menyelamatkan nama baik keluarga, juga melihat kondisi jantung papanya yang semakin mengkhawatirkan, Andreas memutuskan kawin kontrak dengan Maria yang tak lain adalah bawahannya di kantor.

Keduanya mendadak dekat karena peristiwa yang gak disengaja. Maria kepergok memata-matai Andreas lantaran disuruh Flora.

Aslinya Maria wanita sederhana yang punya impian punya toko kue sendiri. Sejak kecil Maria dibesarkan tantenya, Dina Hartoyo yang nyentrik. Ibu Maria meninggal saat melahirkannya, sedangkan ayahnya gak jelas siapa dan di mana keberadaannya.

Andreas dan Maria terikat kawin kontrak selama tiga tahun. Perjanjian mereka tertulis hitam di atas putih, disaksikan Pak Sahid, pengacara Keluarga Manik.

Selama itu pula keduanya gak boleh ada affair dengan orang lain. Artinya, Andreas gak boleh main perempuan, Maria gak boleh punya pria idaman lain. Pokoknya mereka berdua dilarang selingkuh.

Kawin kontrak bak simbiosis mutualisme bagi dua sejoli ini. Andreas selamat nama baiknya. Papanya juga senang. Sebagai gantinya, Andreas bakal ngebiayain pembangunan toko kue impian Maria. Maria juga mendapatkan hak material dan fasilitas sebagaimana istri sah.

Apabila salah satu pihak melanggar perjanjian, pihak yang dirugikan berhak menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun. Jika dalam tiga tahun terjadi kehamilan, maka anak yang dilahirkan menjadi tanggung jawab bersama.

Selain Zie Zie, Dicko dan Flora adalah pihak yang menentang pernikahan ini. Dicko jelas sedari awal naksir Maria, sedangkan Flora naksir Andreas.

Dicko sempat gak nyerah dengan terus mepetin Maria meski sudah berstatus istri Andreas, terlebih ketika dia tahu Andreas dan Maria hanya pasangan kawin kontrak. Dia rela jadi financial planner gratisan buat pengembangan Toko Kue Sukaria. Sayang usaha Dicko dan Flora ‘ngerjain’ Andreas supaya berpaling dari Maria terus gagal.

Mereka kemudian menyadari Andreas dan Maria sebetulnya pasangan cocok dan saling mencintai, hanya saja keduanya gak saling jujur mengakui. Sejak itu Dicko dan Flora berbalik jadi pendukung Andreas dan Maria. Merela selalu support setiap kali dua sahabatnya ada masalah dalam berumah tangga.

Dicko dan Flora hopeless. Sama-sama patah hati malah bikin mereka tanpa sadar saling jatuh hati. Sayang kehidupan mereka yang liberal, kemakan gengsi, gak mau terikat, terlebih aslinya pernikahan mereka sangat ditunggu-tunggu Keluarga Anggoro dan Keluarga Triatmojo menjadi alasan keduanya berjanji gak akan pernah ‘pakai hati’ dalam berhubungan.

Anggoro, papa Flora adalah seorang politikus koruptor, sementara Triatmojo, papa Dicko adalah pengusaha yang menjalankan bisnis perkebunan kelapa sawit ilegal. Bisa dibilang keduanya ini mafia lah di Bali.

Dicko dan Flora berjanji, kalo salah satu dari mereka main hati, maka yang kalah harus beliin yang menang tiket pesawat ke Las Vegas. Keduanya kemudian berusaha saling membuat cemburu satu sama lain. Dicko pura-pura punya pacar bernama Greta, sementara Flora selalu gonta ganti cowok bule.

Pernikahan Andreas dan Maria berjalan bahagia. Meski cuma kawin kontrak, hubungan mereka tetap asli sebab keduanya berikrar janji suci di hadapan pendeta. Papa Andreas sangat menyukai Maria dan gak rela jika Zie Zie mengusik rumah tangga putra dan menantu kesayangannya.

Tadinya Andreas ngerasa biasa-biasa aja sama Maria, tapi karena mereka semakin sering ngabisin waktu berdua, Andreas pelan-pelan jatuh cinta beneran sama istri kontraknya itu.

Maria pun merasakan hal sama. Inilah kenapa Maria dengan tangan terbuka menyambut pelukan Andreas dan mereka pun akhirnya berhubungan layaknya suami istri beneran. Yups, Maria berhasil bikin Andreas turn on lagi.

Konflik terjadi mulai akhir episode lima. Rahasia besar di balik perselingkuhan Zie Zie dan Arda terkuak. Papa Andreas adalah dalang utama perpisahan Andreas dan Zie Zie.

Abraham mendapat laporan dari orang kepercayaannya bahwa Zie Zie menderita bipolar. Kekasih putranya itu sering mengalami mood swing berlebihan. Abraham tetap mendukung hubungan Andreas dan Zie Zie asalkan Zie Zie tanpa sepengetahuan Andreas mau menjalani pengobatan sampai sembuh.

Awalnya Zie Zie setuju. Namun, lama-lama Zie Zie mungkin bosan harus minum obat dan medical healing terus, sehingga penyakit mentalnya kian parah. Abraham saat kunjungan kerja ke Aussie mendapati kondisi Zie Zie kian berantakan.

Abraham gak pengen anaknya menikah dengan wanita yang emosinya gak stabil seperti Zie Zie. Dia meminta Zie Zie meninggalkan Andreas. Itulah yang membuat Zie Zie memohon bantuan Arda pura-pura selingkuh dengannya.

Arda yang aslinya memang cinta beneran sama Zie Zie mau-mau aja mengabulkan permintaan Zie Zie, meski harus mengorbankan persahabatannya dengan Andreas.

Fakta lama yang baru terkuak itu sukses bikin hati Andreas panas. Dia gelap mata dan meninggalkan papanya. Andreas bertekad ingin menuntaskan hubungannya dengan Zie Zie untuk mengetahui apakah mereka bisa lanjut atau udahan aja.

Keduanya mengambil jalan tengah dengan berpetualang berdua ke spot-spot pacaran mereka dulu. Zie Zie mengajak Andreas ke tempat kenangan mereka dengan harapan Andreas bisa kembali ke pelukannya.

Harapan tinggal harapan. Andreas gak lagi merasakan hal sama terhadap Zie Zie. Ingatannya justru dipenuhi Maria.

Beberapa kali Andreas berusaha jujur tentang hatinya ke Maria. Namun, kepercayaan diri Maria kian pupus, ditambah lagi kehadiran Hilman, kekasih Tante Dina yang terus menerus memeras mereka dengan memaksa Maria meminta sejumlah uang melalui Andreas. Itu membuat Maria gerah.

Maria gak kuasa mengkhianati papa Andreas yang sangat baik padanya. Pak Abraham Calvin Manik bisa menerima jika Maria tidak punya orang tua, tapi Maria gak membayangkan bagaimana kondisi jantung mertuanya itu begitu mengetahui pernikahan kontrak ini.

Andreas melakukan berbagai cara supaya Maria tidak membatalkan perjanjian. Dia bahkan mengirim Zie Zie ke Mathis Healing Center di Ubud supaya kondisi mantan kekasihnya itu membaik dan bisa menerima kenyataan.

Sayang Zie Zie justru kian merusak hubungan Maria dan Andreas. Dia sempat mengancam bunuh diri. Dia mengirimi Maria seluruh video bersama Andreas, lengkap dengan video janji mereka untuk terus bersama di masa depan.

Maria menyaksikan semua video itu dalam kondisi hamil muda, kondisi yang hanya diketahui olehnya dan tantenya. Puncaknya Maria mengembalikan cincin pernikahannya pada Andreas.

Andreas merasa gak punya siapa-siapa lagi. Dia terlanjur meninggalkan rumah dan papanya sesaat setelah mengetahui perbuatan papanya terhadap Zie Zie di masa lalu.

Andreas gagal mempertahankan Maria. Dia menjual rumahnya yang penuh kenangan bersama Maria. Andreas memutuskan menyepi sejenak meninggalkan Bali menuju Stockholm.

Maria sempat menyusul Andreas setelah menerima pengakuan dan permohonan maaf dari Zie Zie. Terlambat, informasi penerbangan Andreas ke Stockholm baru diketahui Maria satu jam setelah pesawat lepas landas.

Sesampainya di rumah, Maria melihat Maneki Neko, boneka kucing emas pembawa keberuntungan yang pernah dihadiahkan Andreas sesaat setelah Toko Kue Sukaria dibuka. Intuisi Maria berkata Andreas gak mungkin kemana-mana.

Maria melaju dengan motornya menuju toko kuenya yang sempat dihancurkan oleh Hilman. Benar saja. Di halaman toko dia melihat furnitur-furnitur baru berdatangan. Satu per satu diturunkan dari mobil pick up terbuka, mulai dari oven, etalase kaca untuk pajangan kue, kursi dan meja baru.

Maria melihat sosok itu dari kejauhan. Pria gondrong yang dulu dia kenal sebagai anak orang kaya sombong, bos angkuh, suka ngerjain bawahan, dan tentunya suami kontraknya. Ya, Andreas berdiri gagah di hadapannya.

Sekarang gak ada lagi yang bisa memisahkan mereka. Versi Wattpadnya sih Andreas dan Maria punya anak kembar yang lucu banget. They live happily ever after.

Disfungsi Ereksi Akibat Gagalnya Hubungan Percintaan

Ketika pasangan kekasih berpisah, apalagi putusnya setelah menjalani hubungan lama, pastinya perasaan campur aduk dong. Mungkin sedih ketika hubungan itu berakhir, mungkin lega karena akhirnya bebas dari konflik berkepanjangan, mungkin juga gembira karena bisa bertemu orang  baru yang dinilai lebih cocok.

Buat yang sedih dan gak bisa move on, khususnya kaum pria nih, ada loh yang dampaknya bisa parah banget, salah satunya mengalami disfungsi ereksi. Ini bisa terjadi pada pria yang belum menikah atau pun yang pernah menikah.

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan pria mencapai atau mempertahankan ereksi dengan baik ketika berhubungan seksual. Sebetulnya setiap pria pernah mengalami kejadian aneh ini, mungkin karena kelelahan, atau terlalu banyak minum. Namun, kalo kejadiannya terlalu sering atau bahkan terus-terusan, ini bisa membahayakan kehidupan seksual pria.

Sakit hati atau trauma akibat perpisahan, kecewa dengan pasangan bisa menyebabkan depresi atau kecemasan. Ini juga memengaruhi kepercayaan diri pria untuk menemukan pasangan baru.

Semua masalah psikologis di atas bisa memicu disfungsi ereksi. Gairah seks menurun. Otak akhirnya gagal mengirim sinyal berupa dorongan ereksi ke bagian vital.

Sebuah studi terhadap 2.000 pria di Inggris menyebutkan 43 persen pria berusia 18-60 tahun mengalami disfungsi ereksi. Hampir separuh alasannya karena stress dan depresi, diikuti kelelahan (36 persen), kecemasan (29 persen), dan minum minuman keras (26 persen).

Disfungsi ereksi membuat sepertiga responden menyatakan mereka akhirnya putus dengan pasangannya. Dokter Hilary Jones, saya mengutip pernyataannya dari laman Mirror mengatakan sering kali disfungsi ereksi masih tabu dibicarakan masyarakat.

Padahal zaman sekarang banyak orang terang-terangan berbagi kehidupan seksual mereka di media sosial. Sayang kebanyakan pria gak cukup percaya diri membahas disfungsi ereksi atau berbagi kisah perjuangan mereka melawan impotensi.

Cuma 28 persen saja pria yang mau periksa ke dokter umum, dan cuma sembilan persen saja yang mau sharing dengan rekannya sesama pria atau dengan keluarganya. Hal paling mengkhawatirkan, sebut dr Hilary adalah 43 persen pria jelas-jelas gak mau mendiskusikan hal itu, dan 23 persen bilang gak nyaman pergi ke dokter umum atau curhat ke teman.

Pria-pria tersebut bilang mereka lebih rela diputusin pasangan ketimbang berkonsultasi dengan dokter. Satu dari lima pria berusia 30 tahunan di Inggris lebih memilih pakai viagra atau obat penguat ketimbang berobat ke dokter.

Sebetulnya ada cara lain untuk mengatasi disfungsi ereksi akibat kondisi mental dan psikologis dalam hubungan percintaan, yaitu mengomunikasikan penyebab utama masalah tersebut. Kalo urusan sama mantan belum kelar dan belum jelas, ya beresin. Persis seperti nasihat Solena sama Andreas.

Setiap orang butuh waktu untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan. Seberapapun frustasinya kita, jangan pernah menyalahkan diri, jangan pula menyalahkan mantan pasangan.

Hadapi kenyataan bahwa kalian emang gak cocok dan gak bisa lagi bareng-bareng. Kalo hubungan gak sehat ini terus dipertahankan, yang ada dua-duanya bakal kecewa. Betul gak tuh?

19 thoughts

  1. reviewnya makin bikin penasaran kak, btw web series emang selalu menarik ya kak, tiap serinya selalu bikin penasaran.

    Like

  2. Ya ampun kasihan juga ya mbak jika putus cinta mengakibatkan disfungsi ereksi. Memang menerima kenyataan bahwa dia bukan jodoh untuk kita kelak adalah yang terbaik. Btw reviewny menarik dan mendorongku ingin menontonnya nih mbak, hehehe

    Like

  3. Wow menarik banget ini ceritanya ternyata ya
    Aku belum pernah ninton web series gini deh
    Ternyata bagus ya serialnya. Itu setting lokasinya bikin mupeng beraaat
    Aaaa kangen liburan aku tuuu. Kangen pulang kampung. Kangen Bali so much

    Like

  4. Membaca ulasan dan trailer singkat dari artikel mbak Muthe ini jadi penasaran dengan film Turn On. Yang saya suka dari film yang diulas mbak muthe ini lebih menyatu ke alam (nature) dan sepertinya Sutradara ingin juga mengeksplore Bali dan pariwisatanya. Keren juga sih, biar sekaligus mempromosikan kepada dunia tentang pariwisata lokal dan sepertinya juga film ini berbeda dengan film2 lainnya yang notabene hanya sebatas konflik2 saja hehe. Makasih kak muthe..

    Like

  5. Teringat vemmy emang teringat film calon bini. Kayaknya doi emang cocok banget menggarap film sederhana tapi berkesan buat penonton.

    Gak kebayang di saya, ternyata putus cinta bisa berefek parah juga buat kaum lelaki. Ngeri juga nih sampe disfungsi ereksi.

    Like

  6. Ya ampun, di tayangkannya dini hari.
    Ceritanya memang menarik banget ya mbak, jadi walau tayangnya dini hari tetep banyak yang nonton. Dan dini hari, buat para ibu emang waktu yang pas bisa nonton tenang tanpa gangguan anak-anak.
    Disfungsi ereksi emang kalau di masyarakat kita, dipandang tabu kalau harus dibicarakan ya. Jadi penderitanya ya lebih banyak memilih diam.

    Like

  7. Kadang rada males kalau lihat series tapi kualitasnya enggak jelas, kurang gitu. Mungkin gegara udah kebiasaan nonton drakor kali ya, hehe. Turn On ini kualitasnya setara film ya, jadi pasti oke. Makin penasaran, mau langganan Vidio ah nanti.

    Like

  8. Seringnya, film atau web series yang diangkat dari novel suka berbeda dengan novelnya. Kadang ada yang lebih bagus dan nyaman diliat. Kadang ada yang menjauh dari kualitas novelnya. Semua itu bergantung selera penikmatnya sih.

    Nah, untuk yang turn on ini bagaimana? Mungkin disesuaikan dengan ceritanya kali ya. Secara turn on kan harusnya untuk orang-orang yang sudah menikah. Atau pasangan halal. Karena kita tinggal di Indonesia. Makanya cerita diubah dari pasangan anak kampus ke pasangan sudah bekerja. Tapi, yuni belum baca novelnya sih. Hehehe

    Like

  9. Mba Mut aku baru tahu kalo gagalnya hubungan percintaan somehow bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Dan ternyata Andreas sempet Ghosting ke Zie zie dan puncaknya adalah mencari status dengan kawin kontrak dengan Maria. Meskipun bisa ditebak sih akhirnya semua film kawin kontrak ujungnya bakal bener-bener suka beneran. Daannn baru ngeh arti ‘turn on’ sesungguhnya haha. Boleh nih masuk wishlist meskipun udah dapet spoiler wkwkwk.

    Like

  10. Ada yang bilang, kalau nonton film Indonesia, nanti ujungnya bakal kecewa. Masih lebih bagus film luar negeri, terutama Hollywood. Wah, kalau kayak gitu pemikirannya, siapa yang mau menghargai karya anak sendiri. Ya ‘kan?

    Like

  11. udah sering liat trailernya saat buka aplikasi video tapi belum pernah nonton, baca review ini jadi makin tertarik sih. apalagi ide ceritanya yang segar dan ditambah latar tempat yang memanjakan mata

    Like

  12. Sepakat soal akting Gino dan Clara yang oke banget. Apalagi ak juga baru aja nonton mereka di film TERSANJUNG. Sayang kualitas sinematik kayak gini belum kita temuin di sinetron, masih sebatas series di OTT. Padahal sineas lokal udah punya potensi positif

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.