Sebuket Bunga Matahari untuk Ibu Sang Pelita Hati

Bunga untuk Hari Ibu salah satu cara terbaik mengungkapkan kasih sayang kepada orang yang melahirkan dan membesarkan kita. Bunga melambangkan cinta dan keanggunan, layaknya sosok ibu di mata anak-anaknya.

Hari Ibu tanggal berapa sih? Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember. Penetapan ini berdasarkan kesepakatan Kongres Perempuan Indonesia III pada 1938 di Bandung.

Kala itu anggota kongres menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu karena bertepatan dengan penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 Desember 1928.

Kita harus jujur, Hari Ibu itu layaknya setiap hari, bukan hanya 22 Desember saja. Namun, tanggal ini bisa dikatakan momentum pas untuk memberikan apresiasi kepada sang bunda.

Wanita mana yang tak suka menerima bunga? Inilah mengapa bunga bisa menjadi hadiah sempurna untuk ibu kita.

LUCKY CHARM FOR MY MOM

Bunga cocok dijadikan sebagai lambang ucapan “Aku sayang Ibu.” Ketika berpikir tentang Hari Ibu, tak heran banyak pilihan bunga muncul di benak kita, mulai dari mawar, lili, anggrek, anyelir, tulip, dan bunga matahari.

Mengapa? Karena bunga apapun bisa mewakili sifat-sifat mulia ibu, mulai dari penyayang, penyabar, tulus, bijak, rendah hati, tegas, cerdas, rela berkorban, dan tanpa pamrih. Rasanya keindahan semesta ada dalam wujud seorang ibu.

Pada momen Hari Ibu tahun ini, saya layak mempersembahkan sebuket bunga matahari untuk sang pelita hati. Bunga matahari sungguh pas mengungkapkan pesan betapa saya sangat menyayangi ibu.

Ibu bagaikan matahari yang selalu menyinari Bumi. Bunga ini selalu mengikuti ke mana arah cahaya matahari bergulir. Demikian juga selayaknya anak terhadap ibunya, patuh dan setia. Sebab sejatinya tidak ada ibu yang menginginkan hal buruk terjadi pada anak-anaknya.

Bunga matahari memiliki perilaku khas, yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Ada makna kesetiaan, kehangatan, dan kebahagiaan.

Ketiga makna itu melekat pada seorang ibu. Sejak kecil hingga dewasa, ibu adalah sosok setia yang selalu ada untuk anaknya. Meski secara fisik berjauhan, secara batin ibu akan selalu dekat.

Kehangatan ibu tak hanya bisa dirasakan dalam pelukan. Kehangatan itu juga ada dalam senyumnya, dalam bijak nasihatnya, dan dalam lembut tutur katanya.

Kebahagiaan anak adalah kebahagiaan ibu. Seorang ibu tak akan pernah menangis di depan anaknya. Kalaupun ia mengeluarkan air mata, itu karena ia bahagia. Ya, bahagia saat melihat anaknya bahagia.

Puas berselancar di dunia maya, saya pun menemukan gambar sebuket bunga matahari yang telah ditata apik juga rapi di laman FlowerAdvisor, sebuah layanan pengiriman bunga online. Di sana tertulis Lucky Charm dengan kode produk FA104104. Harganya sekitar Rp 365 ribu.

Ada belasan model buket bunga matahari yang bisa kita pilih di laman FlowerAdvisor. Saya semakin gembira begitu mengetahui FlowerAdvisor melayani pengiriman bunga ke banyak kota di Indonesia. Meski tinggal di Denpasar, saya tetap bisa mengirimkan bunga untuk Hari Ibu kepada ibu tersayang di kampung halaman.

FlowerAdvisor juga melayani pengiriman bunga hingga ke luar negeri loh. Kita bisa mengirimkan bunga ke Singapura, Malaysia, Filipina, bahkan Hong Kong.

Pelanggan setia FlowerAdvisor berasal dari seluruh dunia. Selain Indonesia, ada juga dari Inggris, Amerika Serikat, Malaysia, Cina, Korea, Jepang, Kanada, Italia, Spanyol, Meksiko, Prancis, dan Australia.

BUNGA UNTUK SETIAP MOMEN

FlowerAdvisor menyediakan bunga atau karangan bunga untuk berbagai momen penting. Tak hanya Hari Ibu, kita juga bisa mengirimkan bunga saat Hari Ayah, Natal, tahun baru, valentine, ulang tahun, lamaran, pernikahan, kelahiran buah hati, wisuda, ucapan semoga lekas sembuh, permintaan maaf, dan lainnya.

Mawar (roses) sejauh ini menjadi pilihan paling favorit para pelanggan FlowerAdvisor. Jenisnya beragam, mulai dari blue roses, champagne roses, pink roses, red roses, white roses, yellow roses, orange roses, peach roses, dan mixed roses. Bunga-bunga ini disusun dengan indah dan dikemas rapi sehingga cantik dipandang.

Adakah jenis bunga lain? Tentu ada dong. Kita bisa memilih anggrek, lili, tulip, anyelir, dan tentunya bunga matahari. Bunga-bunga tersebut bisa juga dicampur dengan bunga lain untuk kombinasi warna dan aroma.

Masing-masing jenis bunga bisa mengirim pesan berbeda. Berikut sekilas filosofi yang melekat pada beberapa jenis bunga.

1. Mawar

Mawar merah (red roses) jenis paling umum. Bunga ini identik dengan cinta dan romantisme. Kita bisa memberikannya kepada seseorang yang dicinta, khususnya istri atau pacar.

Orang bilang, tanpa berkata “I Love You” sekali pun, isi hati kita sudah terwakili dengan kehadiran bunga ini.

Mawar merah muda (pink roses) identik dengan kelembutan. Kita bisa mengungkapkan terima kasih, rasa syukur kepada pasangan atas kehadirannya di samping kita, atau atas kebaikan-kebaikannya kepada kita.

Mawar putih (white roses)  identik dengan kesucian dan ketulusan. Maknanya tak kalah hebat dari mawar merah. Pria yang ingin melamar kekasih hati misalnya, bisa menjadikan bunga ini sebagai pemanis momen penting tersebut.

Mawar kuning (yellow roses) melambangkan keceriaan dan kebahagiaan. Bunga ini bisa kita berikan untuk sahabat, apakah itu di hari ulang tahunnya, hari kelulusan ujian, atau hari wisuda.

Mawar oranye (orange roses) melambangkan semangat dan antusiasme. Ini karena oranye merupakan hasil perpaduan warna merah dan kuning. Mawar ini juga bisa diberikan untuk sahabat atau pasangan. Mawar oranye tidak melulu diberikan laki-laki kepada perempuan, namun bisa sebaliknya.

Mawar peach (peach roses) sekilas mirip dengan mawar oranye dengan shade warna lebih lembut. Jika kita bingung memilih warna mawar untuk momen tertentu, mawar peach bisa menjadi pilihan netral. Kita bisa memberikannya untuk siapa saja dan momen apa saja.

2. Anggrek

Anggrek salah satu bunga tercantik di dunia yang kaya filosofi juga makna. Harganya pun relatif mahal dibanding bunga-bunga lain.

Pecinta anggrek pasti tahu bunga ini terbilang sulit ditanam karena membutuhkan perawatan khusus. Kita juga harus sabar menunggu anggrek mekar sempurna.

Anggrek adalah lambang ketulusan, kesabaran, dan cinta sejati. Almarhum Presiden BJ Habibie semasa hidupnya selalu mempersembahkan sebuket anggrek di makam almarhumah istrinya, Ibu Ainun. Pak Habibie kadang menyelipkan bunga sedap malam atau beberapa tangkai mawar merah di antara rangkaian anggreknya.

3. Lili

Bunga dengan kelopak didominasi warna putih ini memiliki filosofi kesucian, kemurnian, kehormatan. Lili atau Lilium adalah bunga kebanggaan masyarakat Yunani karena legenda yang melatarbelakanginya.

Wanita cantik bernama Alkmene melahirkan Hercules, putera dari Dewa Zeus. Zeus menginginkan Hercules hidup abadi, sehingga ia memerintahkan Dewi Hera menyusui bayi tersebut.

Saat Dewi Hera tengah menyusui Hercules dalam posisi tidur, air susunya menetes dan tumbuh menjadi bunga lili putih. Bunga ini juga cocok diberikan pada momen Hari Ibu.

4. Tulip

Tulip adalah bunga dengan nuansa romantis perlambang kasih yang sempurna. Jika bosan dengan mawar, kita bisa memberikan tulip yang terkesan elegan untuk yang tersayang.

Makna tulip merah sama dengan mawar merah, demikian juga tulip warna lain. Laki-laki Persia biasanya mengungkapkan cinta kepada pasangan lewat tulip merah. Ini karena bentuk tulip menyerupai jantung atau hati manusia.

Konon pada zaman dahulu diceritakan seorang bangsawan bernama Pangeran Farhad jatuh cinta pada pelayan istana bernama Shirin. Sayangnya Shirin meninggal dunia dan membuat sang pangeran terpukul, hingga menyusul kekasihnya dengan terjun ke jurang. Tetesan darah Pangeran Farhad konon katanya tumbuh menjadi bunga tulip merah.

PESAN BUNGA DI FLOWERADVISOR

Toko Bunga FlowerAdvisor setidaknya menyediakan empat tipe karangan bunga, yaitu buket bunga, flower box, bunga papan, dan preserved flowers.

1.Buket bunga

Buket bunga adalah rangkaian satu jenis atau beberapa jenis bunga yang disusun bersama dedaunan sehingga tampilannya lebih cantik. Kita bisa memilih buket bunga berdasarkan jenis, harga, dan ukuran yang dikehendaki.

2. Flower box

Flower box adalah rangkaian bunga yang disusun dalam box, sehingga terlihat lebih elegan. FlowerAdvisor mengemasnya dalam box berkualitas terbaik.

3. Bunga papan

Bunga papan adalah rangkaian bunga untuk ungkapan pesan duka cita, ucapan selamat atas pernikahan, kelulusan wisuda, hingga grand opening.

4. Preserved flowers

Preserved flowers kini semakin menyaingi popularitas bunga segar. Ini adalah jenis bunga segar yang diawetkan dengan metode terkini, sehingga keindahan bunga tak akan hilang.

Bunga abadi ini tidak mudah layu dan rusak, sehingga bisa menjadi kenang-kenangan untuk momen spesial. Preserved flowers tidak membutuhkan perawatan khusus, cukup menjaga kelembabannya dengan tidak meletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Pemesanan bunga di FlowerAdvisor sangat mudah hanya dalam empat langkah. Pilih kota atau negara tujuan tempat kita akan mengirimkan bunga, pilih produk bunga yang disukai, pilih tanggal pengiriman dan selesaikan pembayaran, maka toko bunga FlowerAdvisor akan mengirimkan pesanan kita pada tanggal dan waktu yang ditentukan.

Ada setidaknya enam skema pembayaran tersedia. Pertama, virtual account Mandiri, BCA, dan BNI. Kedua, pembayaran langsung melalui Klik BCA, BCA Klik Pay, e-Pay BRI, CIMB Clicks, Permata Bank, Link Aja! Doku Wallet, PayPal, GoPay, dan OVO.

Ketiga, transfer bank. Keempat, kartu kredit. Kelima, pembayaran tunai di gerai. Keenam, pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Super lengkap!

Harganya pun bervariasi, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jangan langsung bilang mahal dulu karena semua berupa bunga segar atau bunga segar yang diawetkan (preserved flowers).

FlowerAdvisor tidak menjual bunga palsu atau bunga imitasi. Kita tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk orang-orang terkasih.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi laman resmi floweradvisor.co.id dan dapatkan bunga terbaik untuk yang tersayang. Katakan dengan bunga, sebab seribu makna bisa hadir bersama kusuma.

76 thoughts

  1. Aih, takjub akuuu. Pengiriman bunga sampai ke mancanegara begini, ya? Keren ih FlowerAdvisor. Bisa mengirimkan bunga untuk orang-orang tersayang di manapun berada dong, ya.
    Informasi tentang bunganya mantap banget, Mbak. Soalnya selama ini awam di dunia perbungaan. Jadi tahu kan kalau begini.
    Aku belum pernah nih menerima maupun memberikan bunga. Gimana kalau dicoba ya lewat FlowerAdvisor? Hihihi …

    Like

    1. Iya Mba Mel. Bukan toko bunga biasaaaa. Kekeke. Aku juga kaget pas tahu bisa delivery ke luar negeri. Yg makin bikin surprise adalah mereka menyediakan preserved flowers juga alias bunga abadi. Bunga segar diawetkan dengan metode terkini, sehingga kesegarannya bisa tahan lama banget.

      Like

    2. Ibu mana yg gak suka dikasih bunga secantik yg dikirimin FlowerAdvisor gini yaa Mbak Mutia… aahhh..berharap anakku mau ngadoin saya bunga2 ini…

      Like

      1. Gak ada emak yg gak suka bunga ya Mba Mia. Walaupun suami mungkin iseng nanya, “Kalo aku kasih bunga kamu mau gak” Trus kita jawab, “Ndak usah lah buang-buang uang saja.” Padahal dalam hati berkata, “Mau bangettttttttt.” Hahahaha. Amiiin mba. Semoga putera-puteri kita menjadi anak yg kelak berbakti pada kedua orang tuanya.

        Like

  2. Cantik-cantik sekali bunga yang ditawarkan ya, Mbak Mutia. Dan ini sih, tidak harus untuk hari ibu, berbagai acara istimewa juga bisa. Enaknya lagi, sekarang bisa pesan lewat online. lebih memudahkan dan hemat tenaga.

    Like

  3. Bunga menang bahasa yang universal ya, bisa digunakan untuk mewakili berbagai perasaan. Simpati, sayang, senang, susah bisa diungkapkan dengan bunga. Dan ternyata setiap bunga punya makna yang berbeda..saya suka bunga mawar dan tulip. Ternyata keduanya punya arti yang sama ya…

    Like

  4. Aih bener – bener suka deh sama bunga- bunga cantik dari floweradvisor.Apalagi bisa kirim – kirim bunga ke banyak daerah bahkan negara .

    Like

  5. Wahh ada penjelasan tentang makna bunga juga, saya suka.
    Saya suka mawar merah dan putih, apalagi yg kelopaknya gede-gede spt mawar di telenovela.
    Ibu saya suka Anggrek.
    Dan iya, saya juga suka tulip

    Like

    1. Telenovela Marimar, Maria Marcedes, Paula, Esmeralda, Kasandra, halllah ketahuan deh umurnya. Hahaha. Di telenovela memang sering dikadoin bunga yaaa mba. Cantik-cantik bunganya, seperti buket-buket bunga di FlowerAdvisor.

      Like

  6. Cantik sekali bunganya mbak, kelihatan banget kalau memang pakai bunga segar. Saya dan teman-teman di sebuah komunitas kalau ada anggota yang punya hajatan (biasanya sih yang menikah), kami kasihnya hadiah papan ucapan bunga gitu. Bayarnya nanti kongsian. Heheheh

    Like

  7. Jadi di flower advisor ini semacam marketplace di mana kita bisa dikasi banyak pilihan penjual bunga dan memilihnya sesuai kebutuhan dan lokasi ya mbak?
    Tadimnya kupikir satu toko bunga aja 😀
    Kalau aku pribadi suka deh dikasi buket bunga, apalagi campuran lily dan mawar 😀

    Like

    1. Lili dan mawar perpaduan yang sempurna, juga maknanya. Sejauh ini pun saya baru melihat FlowerAdvisor yg jangkauannya paling luas di Indonesia. Malahan bisa kirim bunga ke luar negeri.

      Like

    2. Buket bunganya cantik-cantik banget sih
      Duuuh aku langsung jatuh cinta lihatnya
      Aku palinh suka buket bunga yang putih
      Lebih terasa tulus dan dari hati banget kalau dipersembahkan buat Ibu

      Like

  8. Banyak makna dari bunga yang diberikan… hanya saja ibu saya bukan tipe seperti itu. Pasti beliau berujar, ga usah beli yang aneh2 uangnya disimpan aja.. yah..gitulah.. beda masing2 ibu meskipun sama2 perempuan ya ka mutia

    Like

    1. Di hati kecil ibu mana pun pasti senang dikasih bunga Mas Lufti. Tapi biasanya begitu tahu harga buket bunganya, si ibu langsung nyeletuk, “Mending ibu dikasih mentahannya aja.” Hahahaha. Makanya saya kadang kalo belikan ibu hadiah, misalnya bunga, suka gak mau ngasih tahu harganya. Yg penting saya melihat senyum dan sumringah di wajah ibunda.

      Like

    1. FlowerAdvisor menyiapkannya sesempurna mungkin mba, makanya cantik banget buket bunga mataharinya. Maknanya juga sangat dalam ketika diberikan kepada ibu kita. Buket bunga mataharinya bisa digabung dengan beberapa tangkai mawar.

      Like

  9. Memberi sebuket bunga untuk sosok perempuan mulia dimuka bumi
    Apalagi Flower Advisor menyediakan pemesanan bucket bunga.
    Biasanya bunga mawar,ini bunga matahari
    Ide yang kreatif juga

    Like

  10. Cakep bangeeets mba Muthe itu buket bunganya, simpen ah buat nanti kalo ada ocassion khusus. Dan untuk hari Ibu, dikasih ucapan terima kasih dan sayang kita kepada Ibu tuh udah bikin mereka bahagia banget. Apalagi kita sendiri sudah merasakan jadi Ibu, pastinya bahagia dan merasa diapresiasi banget kan kalo diucapin 🙂

    Like

      1. Ta’ minta suami kirim bunga ke aku deh. Dia mah sejak pedekate udah ngasih bunga. Haha…Aku yang terkaget-kaget, sampai kesannya dingin…Speachless kale…

        Like

  11. saya suka bunga lili..pernah beli yg masih kuncup taruh di vas sampe mekar tahan wanginya seminggu…satu ruangan kyk disemprot parfum ga habis2 …udah cantik bentuknya wangi lagi cocok nih buat hari ibu…karena melambangkan kasih ibu yg tak henti2 selalu melimpah untuk anandanya..

    Like

  12. Jadi inget lagu Kasih Ibu, liriknya “… bagai sang surya menyinari dunia” Pas banget ya kalo ngasih bunga matahari buat ibu, karena kasih sayangnya kayak matahari yg menyinari dunia

    Like

  13. Baru tahu cerita soal bunga tuli merah ini. Jadi pengin tahu fairy tale lengkapnya. Menarik sepertinya cerita soal bunga ini.

    Like

      1. iya keren mba, mungkin budidayanya aja belanda sih. soal asal usul dan legenda memang yunani yang jagonya.

        Like

  14. Almh Ibu paling suka dg bunga sedap malam. Entah kenapa beliau suka sekali. Sampai hari ini kadang, kakakku kalau ke makam Bapak Ibu selalu beli dua bunga itu. Ditaruh di makam beliau berdua.

    Like

    1. Sedap malam wanginya khas mas. Cocok banget kalo digabung sama anggrek. Insya Allah almarhumah ibu sudah tenang ya Mas Ari. Tinggal kita sebagai anak yg tak boleh lupa berdoa untuk kedua orang tua kita.

      Like

  15. Baca ini, jad ngarep ada teman yang kirim karangan bunga Flower Advisor, nih. Rasanya pasti bahagiaaaaa banget. Mungkin ada yang mau kirim? Saya ingin buket lily, ya.

    Like

    1. Lili wanginya lumayan awet dan enak bangetttt ya Mba Sus. Amiiin, kali aja ada yg baca kaaaan trus langsung order via FlowerAdvisor karena bisa dikirim ke kota mana saja di Indonesia.

      Like

  16. Menarik sekali. Kalau saya sendiri belum pernah Kasih bunga ke Ibu. Cuma sebagai bakti anak ke ortu, saya selalu nurut jika di perintah selagi itu baik. Btw penasaran juga sama bunga tulip, secara kayak gak pernah liat di Indonesia

    Like

  17. Kami sering juga pesan papan bunga, tapi selalunya bunga buatan/kertas. Karena kalo bunga asli mahal memang
    Tapi sesekali boleh dong nunga asli, lebih ok tentunyaa, harga juga ternyata banyak pilihan

    Like

    1. Duh, kalo kolega di Bali harus yg kece yaaa Mba Hani bunganya. Hehehe. Sesekali boleh coba order di FlowerAdvisor mba. Mereka biasanya kasih saran juga sama pilihan bunga yg kita inginkan. Komunikatif lah CS-nya.

      Like

      1. Yes, Mbak….Siaap.
        Aku akan cobalah.
        Pasti advice selalu dibutuhkan, karena kolega cewek ama cowok ga boleh sama.
        Ingin juga gitu pas ada potensial client ultah aku beliin bunga, lebay gak ya?

        Like

    1. Ibunya ultah Februari mba? Wah, sebentar lagi dong ya. Pasti senang deh ibu dikasih bunga sama anaknya. Selain anggrek, bisa dicombine juga sama bunga lain mba, jadi makin wangi. Hehehe.

      Like

  18. buket bunga mataharinya bagus-bagus banget. Saya jadi dapat ide buat merangkai bunga matahari nih, kebetulan di kantor ada bunga matahari juga. Biasanya sih mekar, dan akhirnya lau di pohonnya. Bagus juga nih kalau dipetik, terus di rangkai dan ditaruh di meja kerja

    Like

  19. Mbak mau juga donk bunga mataharinya. Cantiknyaa masya Allah semua bunganya.

    Keren ya flower advisor udah kemana mana kirim bunganya. Ikut berbanggalah ya kita. Karya Indonesia dan ke luar negeri. Hahahah

    Like

    1. Gampang bangettttt mba, tinggal lewat smartphone. Hehehe. Kalo mba coba buka websitenya FlowerAdvisor, mereka gak cuma jualan bunga aja, ada kado-kado lainnya juga yg gak kalah ciamik.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.