Berayun Manja di Basangbe Adventure Park

Foto Instagram @ruri_krupuk

Wahana sky swing atau berayun di ketinggian semakin populer di Indonesia. Bandung misalnya terkenal dengan Sky Swing The Lodge Maribaya yang memberikan sensasi berayun sambil menghadap jurang.

Pengunjung mengantre lama di akhir pekan, kadang sambil berpanas-panasan demi mendapatkan spot berswafoto terbaik di obyek wisata pemicu adrenalin ini. Pulau Dewata tak mau ketinggalan menghadirkan wahana sama di berbagai daerah wisata, seperti di Buleleng, Badung, dan Tabanan. Kamu punya beberapa alternatif pilihan lokasi untuk menghindari antrean mencoba wahana yang satu ini.

Wahana sky swing di Bali yang cukup populer, antara lain Bali Swing di Desa Bongkasa yang dekat dengan Kawasan Pariwisata Ubud. Ada juga Anjungan Wanagiri Hidden Hill di Danau Buyan, Bedugul, dan yang terbaru adalah Basangbe Swing di Basangbe Adventure Park, Tabanan.

Basangbe Swing terletak di bukit yang miring. Ada tiga ayunan tunggal dengan ketinggian beragam, mulai dari lima meter (m), 15 m, dan 25 m. Ada juga ayunan kembar dengan latar belakang tiga sarang burung lucu tempat pengunjung menikmati pemandangan menakjubkan dari puncak lembah.

WhatsApp Image 2018-01-24 at 10.13.57 (2)

Pengelola memastikan pengunjung yang menikmati wahana ini terjamin keamanannya. Mereka yang ingin berayun ekstrem wajib mengenakan perlengkapan keselamatan berupa full body harnesses. Ayunannya juga digantung di pohon-pohon kokoh, menggunakan tali yang kekuatannya berstandar International Climbing and Mountaineering Federation (UIAA). Satu atau dua orang petugas juga menjaga dan mengawasi pengunjung yang mencoba wahana ini.

Mula-mula, kamu akan diminta menghadapkan tubuh ke lembah di seberang sana. Lembah Basangbe menyajikan pemandangan hutan nan hijau. Burung-burung, tupai, dan kupu-kupu sangat mudah dijumpai yang menandakan kondisi lingkungan sekitar masih alami.

Setelah siap, tubuh akan diayun petugas meluncur jauh ke depan. Kemungkinan besar kamu akan berteriak pada ayunan pertama. Meski demikian, tetaplah buka mata dan nikmati pemandangan indah di depan, meski jantung berdebar. Momen ini semakin sempurna jika diabadikan lewat foto yang bisa kamu unggah di media sosial.

WhatsApp Image 2018-01-24 at 10.13.52 (1)

Basangbe Adventure Park adalah destinasi pariwisata baru yang baru akan diresmikan Maret 2018. Salah seorang pengelola, Rakha mengatakan pihaknya masih menunggu pengesahan kelengkapan administrasi dari pihak berwenang agar lokasi ini resmi sebagai destinasi pariwisata baru di Kabupaten Tabanan.

“Lokasi ini masih akan terus dikembangkan supaya lebih menarik dan diresmikan sekitar Februari atau Maret 2018,” katanya.

Anak muda zaman sekarang banyak yang menggemari olah raga ekstrem. Ini juga yang membuat Rakha dan beberapa temannya membuat berbagai wahana yang cukup membuat jantung deg-degan, seperti ATV, high rope, flying fox, trekking, bersepeda, valley yoga, hingga kemping. Jalur high rope dan flying foxnya cukup variatif dengan berbagai ketinggian.

Foto Instagram @putus High rope di Basangbe

“Warga sekitar dan wisatawan yang sudah terlanjur tahu tempat ini tetap kami sambut jika datang,” kata Rakha.

Basangbe Adventure Park berlokasi di Jalan Padangaling, Cau Belayu, Marga, Kabupaten Tabanan. Pengunjung cukup menempuh 45 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua atau empat dari Kota Denpasar.

Foto Instagram @yoogaa_78

Basangbe awalnya lebih dikenal sebagai balap motor trail, enduro adventure. Saat kami datang, kebetulan sedang ada event lomba motor trail enduro adventure.

Tiket masuk ke adventure park ini adalah Rp 25 ribu per orang. Setelah melakukan pembayaran, pengunjung akan diberi gelang kertas yang harus dipakai selama berada di dalam lokasi ini. Gelang tersebut akan diperiksa petugas di masing-masing wahana.

Usai mencoba berbagai wahana, perut pun pasti lapar. Restoran Basangbe siap memanjakan perut dengan menu-menu halal dan ramah di kantong. Ada lalapan ayam, lalapan tahu tempe, mie goreng, capcay, fuyunghai, kentang goreng, mie kuah, pisang goreng, pop mie, disajikan dengan aneka minuman, seperti jus semangka, jus nanas, jus pepaya, jus pisang, jus buah naga, jus mangga, jus melon, dan mix juice.

Restoran Basangbe dengan fasilitas mushola di tingkat atas

WhatsApp Image 2018-01-24 at 10.13.57

Kisaran harga makanan di sana tak akan membuat wajahmu cemberut saat mengantre di kasir. Sepiring lalapan ayam dihargai Rp 23 ribu, Mie goreng Rp 18 ribu, Capcay Rp 18 ribu, kelapa muda Rp 15 ribu, sementara aneka jusnya dibanderol dengan kisaran harga Rp 15-18 ribu.

WhatsApp Image 2018-01-24 at 10.13.53 (1)

Mushala sederhana juga disediakan tepat di lantai atas restoran. Perlengkapan ibadah, seperti sarung, peci, dan mukena juga ada. Kamu pun tak perlu takut terlambat menunaikan shalat lima waktu. Tunggu apa lagi? Yuk berwisata ke Basangbe.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.