Boku Unmei No Hito Desu: Jodoh Pasti Bertemu


Siapa yang tak kenal Kamenashi Kazuya dan Yamashita Tomohisa yang muncul dalam dorama lawas Nobuta wa Produce. Anak 90-an pasti tahu dan tergila-gila sama akting keduanya di sana.

Kini, dua penyanyi tampan asal Jepang yang sudah berumur 36 dan 37 tahun itu kembali bersama dalam dorama berjudul Boku Unmei No Hito Desu yang tayang di Netflix. Keduanya beradu peran dengan aktris cantik Kimura Fumino yang aku sendiri baru kali ini melihatnya di layar lebar.

Kamenashi Kazuya dan Yamashita Tomohisa di Nobuta wa Produce

Boku Unmei No Hito Desu berkisah tentang dua orang yang ditakdirkan berjodoh di masa depan. Kamenashi Kazuya berperan sebagai Masaki Makoto disuratkan bertemu dan menikah dengan Kimura Fumino yang memerankan Kogetsu Haruko.

Makoto dan Haruko sejatinya pernah bertemu saat kecil. Mereka pernah bermain dan melihat pelangi bersama di pantai.

Saat di bangku SMA, sekolah Makoto dan sekolah Haruko kerap bertemu dalam pertandingan baseball. Haruko secara spontan pernah menyemangati Makoto yang kalah dalam pertandingan.

Ketika keduanya ikut ujian masuk perguruan tinggi, Makoto dan Haruko pernah duduk dalam satu baris. Haruko meminjamkan pensilnya pada Makoto.

Tanpa disadari, Makoto dan Haruko sering tertangkap dalam satu frame foto. Mereka juga kerap berada di tempat sama meski tak saling bertegur sapa.

Saat dewasa, Makoto dan Haruko ternyata bekerja di gedung sama. Kantor mereka bersebelahan bahkan Makoto dan Haruko duduk saling membelakangi, hanya dibatasi dinding beton. Semua bukanlah suatu kebetulan karena mereka memang ditakdirkan berjodoh satu sama lain. Representasi “jodohmu di depan mata” banget ya.

Kita kenalan dulu sama para pemeran serial Boku Unmei No Hito Desu yang tayang dalam 10 episode ini.

  • Kamenashi Kazuya sebagai Masaki Makoto.
  • Kimura Fumino sebagai Kogetsu Haruko.
  • Yamashita Tomohisa sebagai Dewa, Ichiro Makoto.
  • Mitsushima Shinnosuke sebagai Sadaoka Mitsukuni, teman sekelas Haruko, pemuja Haruko.
  • Nanao sebagai yotsuya Mitsue, sahabat Haruko.
  • Sugimoto Tetta sebagai Kogetsu Daichi, ayah Haruko.
  • Ishino Mako sebagai Kogetsu Yoshie, ibu Haruko.
  • Tanabe Seiichi sebagai Karasuda Shokichi, bos Makoto.
  • Sawabe Yu sebagai Katsuragi Kazuo, teman sekantor Makoto.
  • Okano Maya sebagai Ukumori Midori, teman sekantor Makoto.
  • Ohkura Koji sebagai Sekihara Taku, teman sekantor Makoto.
  • Watanabe Eriko sebagai Hatozaki Sumire, bos Haruko.

Sinopsis Boku Unmei No Hito Desu

Boku Unmei No Hito Desu atau dalam bahasa inggris berjudul I am Your Destiny adalah dorama Jepang 10 episode yang mengisahkan perjalanan cinta Masaki Makoto (29 tahun) dan Kogetsu Haruko (29 tahun). Dua sejoli ini ditakdirkan bertemu, bersama, menikah, dan mempunyai anak laki-laki yang kelak menyelamatkan dunia 30 tahun kemudian.

Takdir menghubungkan Makoto dan Haruko sedemikian rupa. Keduanya secara terpisah juga sama-sama sial dalam urusan cinta. Makoto selalu dikhianati kekasihnya, demikian juga Haruko yang selalu jatuh cinta pada orang yang salah. Ternyata, ada alasan di balik itu semua.

Kamu mau tahu alasanmu tak beruntung dalam urusan wanita? Itu karena ada orang lain ditakdirkan untuk kamu temui. Dia adalah belahan jiwamu. Jadi, takdirmu mengganggumu dan berusaha mengembalikanmu ke jalan yang benar.

Kamisama

Dialah gadis pertama selain ibumu yang memegang tanganmu. Saat usiamu lima tahun dan pergi ke pantai pertama kalinya, kalian membuat gunung pasir yang besar dengan terowongan di kedua sisinya. Tangan kalian bersentuhan di terowongan itu.

Kamisama

Dia duduk di belakangmu saat ujian masuk universitas. Kau meminjam pensil ini darinya. Nomor peserta ujianmu 3340. Nomor dia 3341.

Kamisama

Saat Tahun Baru di kuil. Saat kau berdoa ada koin lima yen mengenai kepalamu dan masuk ke hoodie-mu. Itu dia yang melemparnya. Dia berharap bertemu dan menikahi belahan jiwanya.

Kamisama

Suatu hari, Makoto didatangi sesosok pria misterius yang mengaku seorang dewa atau kamisama. Sang Dewa berwujud manusia itu memerintahkan Makoto segera mendekati Haruko, memikatnya, menikahinya, berkeluarga, dan mempunyai anak.

Jika Makoto dan Haruko tak menikah segera, dunia bakal tidak baik-baik saja. Bumi akan hancur karena sebuah asteroid raksasa sedang dalam perjalanan menuju Bumi.

Anak kalian akan menyelamatkan Bumi 30 tahun lagi. Dia akan memenangkan Nobel Perdamaian dan Nobel Fisika sekaligus mengubah orbit meteorit yang mendekati Bumi.

Kamisama

Makoto awalnya tak percaya dan menganggap orang yang mengaku dewa itu mengada-ada. Namun, bukti demi bukti yang ditunjukkan sang dewa membuatnya percaya. Apalagi, Makoto jujur mengakui dia menyukai Haruko ketika melihat gadis yang ternyata bekerja di sebelah kantornya itu.

Sayangnya, cinta Makoto bertepuk sebelah tangan. Mungkin cara pendekatannya salah dan terlampau agresif. Haruko bukannya simpati, malah ilfil alias hilang feeling pada Makoto.

Haruko menganggap Makoto tak lebih dari seorang penguntit dan cowok halu yang mengada-ada. Makoto menolak menyerah. Semakin Haruko menjauhinya, semakin Makoto bersemangat menaklukkan hari Haruko.

Bagaimana akhir perjuangan Makoto mendapatkan hati belahan jiwanya? Siapa sebenarnya kamisama yang setia menemaninya itu? Kamu bisa menyaksikan langsung di Netflix dengan durasi rata-rata 45 menit per episode.

Review Boku Unmei No Hito Desu

Boku Unmei No Hito Desu kisah cinta dua kekasih yang ditakdirkan melahirkan seorang jenius di masa depan. Namun, Makoto dan Haruko terlalu banyak membuang waktu dan energi mereka untuk mengejar cinta yang salah.

Oleh sebab itu, seseorang datang mengaku dewa dan turun tangan membimbing Makoto ke jalan yang benar. Awal si kamisama ini datang tiba-tiba ke rumah Makoto, aku sempat bertanya-tanya, kok dewa tampilannya begini sih?

Semua terjawab sudah di episode terakhir yang sempat membuatku berkaca-kaca. Ternyata eh ternyata sang dewa adalah…. (sorry, kali ini aku enggak akan spoiler). Nonton sendiri ya.

Makoto menjalankan misinya dengan serius. Dia mengejar cinta Haruko sepenuh hati. Dia belajar mencintai musik klasik sampai ngafalin semua judul-judul karya para maestro. Dia usaha menaklukkan hati kedua orang tua Haruko. Dia usaha melindungi Haruko dalam berbagai keadaan. Dia belajar menyukai sumo karena Haruko menyukai sumo. Tuluuuus banget meski ditolak berkali-kali.

Perasaan cinta tak mudah hilang. Cinta adalah emosi yang tak bisa dilepaskan begitu saja hanya karena ditolak.

Masaki Makoto
Pepet terus Makotoooo…..

Maukah kau membeli sesuatu dari seseorang yang kau benci? Jangan jual sesuatu saat kau tak disukai. Tak ada orang yang mendadak bisa menyukai hal yang dia benci. Jika nol dikalikan angka terbesar sekali pun, hasilnya tetap nol. Meski cintamu padanya satu juta atau 10 miliar, hasilnya tetap sama jika hatinya masih nol padamu. Ubahlah dirimu menjadi hal biasa baginya. Lalu, jika lama-lama dia tertarik, baru kau punya peluang itu.

Nasihat Sekihara Taku untuk Makoto

Akting Kamenashi Kazuya luar biasa. Makin berumur makin ganteng dan makin matang.

Kimura Fumino sebagai Haruko di sini entah benar atau enggak dugaanku, karakternya memang sengaja dibikin membosankan ya? Kesannya Si Haruko ini enggak ada usaha sama sekali untuk menemukan belahan jiwanya.

Padahal, dia pernah berdoa di kuil agar Tuhan mempertemukannya dengan jodohnya. Dia bilang dia ingin menikah.

Akan tetapi, di saat Tuhan mengirimkan dua laki-laki sekaligus yang terang-terangan menyukainya, yaitu Makoto dan Sadaoka, kok Haruko kayak kasar gitu nolak keduanya? Itu kan berbanding terbalik sama apa yang dia doakan selama ini.

Makoto dan Sadaoka sama-sama mencintai Haruko

Sadaoka sukses menjadi rival Makoto. Secara tampilan dan pekerjaan, dia lebih unggul dari Makoto. Sadaoka bekerja sebagai trader di sebuah perusahaan dagang. Hal yang membedakan adalah Sadaoka tidak segigih Makoto memperjuangkan cintanya.

Makoto dan Kamisama yang ternyata adalah …

Chemistry antara Makoto dan dewanya bahkan jauh lebih kuat dibanding Makoto dan Haruko. Hahaha. Mungkin karena aku udah terbiasa lihat Kamenashi dan Yamapi main satu layar.

Boku Unmei No Hito Desu adalah drama komedi romantis dengan plot tipis. Jadi, 10 episode menurutku terlalu banyak untuk jalan cerita yang sangat simpel ini.

Serial Netflix ini juga mengingatkanku pada dorama Yamapi lama berjudul Proposal Daisakusen. Yamapi berperan sebagai Iwase Ken yang mendapat bantuan dewa untuk memperbaiki hubungannya dengan Yoshida Rei, sahabat yang aslinya dia cintai, tetapi memilih menikah dengan pria lain.

Time lapse terjadi. Sesosok dewa muncul dan memberi Iwase kesempatan kedua untuk mengejar kembali cinta Rei.

Boku Unmei No Hito Desu memang enggak seistimewa itu. Kalau kamu penggemar KamePi (Kamenashi dan Yamapi), kamu akan dengan senang hati menikmati mereka di layar. Namun, kalau kamu bukan penggemar keduanya atau salah satunya, kamu mungkin sedikit bosan dengan jalan ceritanya.

Bagaimana kita tahu seseorang adalah jodoh kita?

Jatuh cinta adalah perasaan luar biasa yang dialami seseorang. Namun, bagaimana kita tahu kita jatuh cinta pada orang yang benar? Bagaimana kita tahu dia adalah orang yang ditakdirkan bersama dengan kita alias belahan jiwa kita?

Kita mungkin pernah bertemu seseorang yang memahami kita lebih baik dari orang lain. Kita mungkin pernah bertemu lawan jenis yang menginspirasi kita menjadi pribadi lebih baik.

Berikut 10 tanda yang menunjukkan seseorang potensial menjadi belahan jiwamu.

1. Kamu bertemu dia di waktu yang tepat

Jodohmu mungkin pernah berpapasan denganmu sebelumnya. Dia mungkin pernah berada di satu tempat denganmu, tetapi semua baru terasa istimewa ketika kalian benar-benar bertemu, kenalan, ngobrol, dan saling mendekati.

2. Hubungan kalian ngalir kayak Bengawan Solo

Ini adalah perbedaan signifikan ketika kamu bertemu dengan belahan jiwamu. Entah kenapa, semesta seolah mendukung kalian untuk bersama.

Kayaknya hubungan kalian kok rasanya mengalir dengan lancar seperti aliran air Bengawan Solo? Kalian enggak perlu jungkir balik untuk menyatukan hubungan kalian. Ikatan yang tercipta tulus dan saling berpadu.

3. Kamu dan dia seperti bisa baca pikiran satu sama lain

Kalau kamu bertemu belahan jiwamu, sering kali kamu enggak perlu banyak kata untuk mengungkapkan perasaan. Kamu merasa seperti bisa membaca pikirannya dan dia bisa membaca pikiranmu.

Pernah enggak sih, kamu pengen A, kemudian tanpa ngomong ke dia, tiba-tiba dia udah mewujudkan hal yang kamu inginkan? Pernah enggak sih, pas kamu tiba-tiba pengen makan bakso, tiba-tiba dia ngajakin kamu ke warung bakso? Itu salah satu ciri kalian berjodoh.

4. Kalian rukun kayak sahabat

Koneksi dan kenyamanan menjadikanmu dan belahan jiwamu rukun satu sama lain. Kalian berdua bisa menjadi teman baik alias sahabat karena memahami lebih baik satu sama lain.

5. Kamu tahu kelebihan dan kekurangannya

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Belahan jiwamu bisa memahami itu semua dengan baik. Misalnya, kamu mungkin tipe perempuan yang jarang rapi-rapi kamar, enggak bisa beres-beres rumah, tetapi pasanganmu enggak keberatan sama sekali meski dia aslinya orang yang gila kebersihan. Ini aku dan suamiku banget. Hahaiii.

6. Berbeda pendapat udah biasa

Kendati dia adalah belahan jiwamu, bukan berarti kamu harus selalu setuju dengan semua pendapatnya. Belahan jiwamu akan menghargai perbedaan itu. Dia menghormati pandanganmu akan sesuatu dan sama sekali tak berniat egois memaksakan pendapatnya sendiri.

7. Kamu mencintainya dalam kondisi terburuk sekali pun

Tidak ada hal yang bisa mengubah perasaan cintamu terhadap belahan jiwamu kendati dia berada dalam kondisi terburuk sekali pun. Misalnya, pasanganmu tadinya kerja di perusahaan bonafit kemudian resign dan kerja di perusahaan biasa aja, enggak masalah. Kamu tetap melihatnya sebagai sosok baik tidak peduli bagaimana keadaannya saat ini.

8. Kamu enggak ada niat untuk pisah

Ada kalanya kamu bertengkar dengan pasanganmu, tetapi tidak satu pun pertengkaran bisa membuatmu berpikir hendak meninggalkannya atau berpisah darinya. Saat kamu marah, kamu berusaha menahan diri untuk tidak melewati batas saat berhadapan dengannya.

9. Kalian nyaman dengan me time masing-masing

Tidak ada yang namanya rasa canggung ketika bersama belahan jiwamu bahkan saat kalian berada di tempat yang sama dengan suasana hening. Misalnya, kamu dan dia lagi berada di satu ruangan. Kamu asyik baca buku, dia asyik main game.

Kalian sibuk dengan me time masing-masing, tetapi entah kenapa kalian tetap menikmati kebersamaan tersebut. Rasanya tetap tenang. Kalian pun bisa langsung nyambung begitu kegiatan masing-masing selesai dan ngobrol lagi.

10. Kamu jarang cemburu sama dia

Kamu mengenal pasanganmu sedemikan rupa sehingga tidak merasa terancam sama sekali ketika ada orang lain yang coba-coba mendekati atau menarik perhatiannya. Bisa dibilang, kamu jarang banget cemburu. Mungkin karena kamu merasa sangat mengenal pasanganmu sehingga hubungan kalian kuat dan tulus.

Makoto dan Haruko kembali mengulang kisah masa kecilnya, melihat pelangi bersama.

Aku yakin masih banyak ciri lain yang menunjukkan seseorang berpotensi menjadi belahan jiwamu. Mungkin kamu bisa sharing pendapat di kolom komentar.

Terima kasih ya udah baca review ini sampai akhir. Selamat menonton ya.


5 responses to “Boku Unmei No Hito Desu: Jodoh Pasti Bertemu”

  1. saya termasuk yang gak kenal Kamenashi Kazuya dan Yamashita Tomohisa dari dorama Nobuta wa Produce loh mba, hehehe. saya gak nonton dorama soalnya, tapi anime, hehehe. kalau ngomongin samurai X atau hunter x hunter dan inuyasha saya pasti tahu, hehehe. tapi jalan verita boku ini kayanya rame ya. penasaran juga dengan kisah sang anak yang katanya bisa menyelamatkan dunia. karena saya penyuka drakor, berharap ada remake nya nih versi drakor, hehehe

    Like

  2. Duh baca ciri-ciri seseorang itu soulmate Kita kog aku jadi membayangkan paksu, dah lah fix dia soulmateku wkwkwk … Dan pagiku Menjadi bahagia membaca artikel ini. Thanks kak

    Like

  3. so sweet banget ya 10 tanda belahan jiwa itu, tapi sayangnya yang begini emang kayaknya cuma ada di dorama, sinetron, film dan sejenisnya ya, karena sesungguhnya di dunia nyata itu berta, hihih.
    tapi jadi penasaran nih ingin nonton langsung kisah cinta dua sejoli ini yang nantinya akan melahirkan anak cerdas, gimana cara mereka mendidik anaknya ya?

    Like

  4. Sama halnya dorama atau drakor, aku masih belum biasa dengan nama-nama mereka.
    Baca reviewnya, kalau di kenyataan, gimana ya rasanya kita tahu masa depan anak kita. Apalagi diramalkan bisa menyelamatkan bumi… Seneng atau deg-degan ya?…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: