Cara Paling Gampang Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering adalah problem rambut paling umum wanita Indonesia, mau rambut panjang atau pendek. Makanya kita enggak perlu heran banyak banget merek shampo rambut kering bertebaran di iklan internet dan televisi.

Penyebab rambut kering tiap orang beda-beda, sehingga cara mengatasinya juga beda-beda. Biasanya kita perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti cuaca, genetik, perlakuan khusus untuk rambut, hingga obat-obatan tertentu yang kita konsumsi.

Tips pertama dari saya ketika kita ingin mengatasi rambut kering adalah menjawab pertanyaan, “Kenapa rambut saya ini sangat kering?”

Penyebab rambut kering

Penyebab rambut kering bisa jadi faktor eksternal atau internet. Faktor eksternal, misalnya cuaca dingin. Ya, cuaca dingin bisa membuat rambut kita lebih kering dari biasa. Berikutnya, seberapa sering kita keramas di rumah? Ya, keramas terlampau sering bisa bikin rambut kering loh.

Faktor internal, misalnya seberapa terhidrasi kita? Kalo kita malas minum air putih, rambut bisa jadi kering. Sama seperti tanaman yang enggak pernah disiram, jadi kering dan layu. Begitu juga kiranya rambut kita.

Sekiranya kita malas minum, minimal delapan gelas sehari, wajar saja jika rambut kita kering. Mungkin yang kering enggak cuma rambut kita. Coba cek tangan, kuku, dan kulit tubuh kita secara keseluruhan. Bisa jadi juga kering kayak rambut kita.

cara mengatasi rambut kering

Sekarang, yuk kita bahas satu per satu penyebab rambut kering.

1. Cuaca

Faktor paling umum ini kerap kita abaikan. Suhu udara di tiap cuaca itu beda, terlebih jika kita tinggal di negara empat musim. Semakin dingin cuaca, semakin kering udara, sehingga menghilangkan kelembaban rambut dan berpotensi membuat rambut kering, kusam, rapuh, stres, bahkan ujungnya rentan bercabang.

2. Kebiasaan keramas

Jika kita terlampau sering keramas atau mencuci rambut, kita mungkin bertanya-tanya, mengapa rambut kita begitu kering?

Rambut kering bisa disebabkan keramas berlebihan. Ini kesalahan besar. Keramas berlebihan menghilangkan minyak alami rambut kita dan membuat rambut tak lagi bersinar. Rambut jadi kering, kulit kepala ikut kering, dan sering gatal.

3. Konsumsi obat-obatan

Rambut kering untuk waktu lama? Coba cek, adakah kita  tengah mengonsumsi obat-obatan?

Beberapa jenis obat yang kita minum bisa memicu rambut kering, seperti obat antidepresan, obat kemo, antijamur, beberapa jenis antibiotik, obat hipertensi, obat asam urat, obat pelangsing, obat terapi hormonal, masih banyak lagi.

Ada baiknya kita membaca secara saksama label obat-obatan yang kita konsumsi, atau berkonsultasi dengan dokter tentang efek sampingnya. Siapa tahu ada alternatif obat-obatan lain yang lebih ramah untuk problem rambut kering kita, ya kan?

4. Alat penata rambut

Siapa di sini yang sering pakai pengering rambut (hair dryer) atau catok rambut tiap hari? Apa pun jenisnya, alat penata rambut biasanya mengggunakan panas berlebihan. Penggunaan jangka panjang dan terus-terusan bisa bikin rambut kering.

Memang benar, sekarang sudah banyak beredar serum rambut, gel rambut, shampo rambut kering, tetapi tetap saja enggak ada cara yang sepenuhnya terbukti maksimal melindungi rambut kering dari alat penata rambut tadi selain meminimalisasi penggunaannya.

Kalau kita terlalu sering pakai hair dryer atau catok rambut, rambut kita bisa kering, patah, dan rusak.

5. Bahan kimia

Kita punya kebiasaan sering mewarnai rambut, atau mengeritingi rambut menggunakan bahan-bahan kimia? Bisa jadi tekstur rambut kita jadi kering karena itu semua.

Ada banyak produk alami yang minim bahan kimia, misalnya pewarna rambut alami, tetapi tetap saja jauh lebih baik mengurangi penggunaannya. Alternatifnya, coba pakai hair clip extensions aja, atau enggak usah cat rambut keseluruhan. Cukup tambahkan highlight yang terbuat dari bahan alami.

6. Genetik

Kalau udah bawaan genetik, mau ditreatmant kayak gimana pun ya susah. Semisal ayah atau ibu kita punya problem rambut kering atau kulit kepala kering, kemungkinan besar anaknya akan mewarisinya.

Cara terbaik memperbaiki rambut kering karena faktor genetik adalah menjaga rambut tetap sehat dan lembab, misalnya pakai produk shampo rambut kering.

Cara mengatasi rambut kering

Rambut adalah mahkota, maka perlakukan dengan baik. Gunakan produk-produk perawatan rambut yang membantu melembabkan kulit kepala yang kering.

Kulit kepala sehat pada dasarnya akar dari rambut sehat. Kulit kepala kita mudah kering dan teriritasi karena faktor eksternal dan internal tadi.

Berikut adalah cara paling gampang untuk mengatasi rambut kering.

1. Buat potongan rambut biasa

Cara paling gampang mengatasi rambut kering, terutama yang ujungnya kering dan rapuh adalah buat potongan rambut biasa. Potong rambut rutin setelah 1,5-2 bulan. Potongan rambut biasa akan menyegarkan setiap lapisan rambut kita, mengurangi potensi rambut bercabang, dan yang terpenting merangsang rambut tumbuh bagus dan kuat. BTW, kalau kita enggak punya bujet banyak untuk potong rambut ke salon sekali sebulan atau sekali dua bulan, ya potong aja sendiri di rumah. Kita cukup siapin gunting yang tajam dan layak.

2. Perbaiki pola makan

Jika rambut kita sangat kering dan kita ingin rambut kita sehat dalam jangka panjang, perbaiki pola makan kita. Bahan makanan yang bagus untuk mengatasi rambut kering adalah yang mengandung omega-3, seperti salmon, ikan kembung, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ada juga makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah beri (stroberi, bluberi, rapsberi) dan sayur bayam.

cara mengatasi rambut kering

Selain makanan, kita juga bisa konsumsi vitamin penumbuh rambut, bukan ramuan ajaib yang aneh-aneh ya. Nutrisi yang dibutuhkan rambut kering, antara lain biotin, asam folat, vitamin D, A, C, dan E.

3. Gunakan shampo rambut kering

Shampo rambut kering bisa menghidrasi rambut. Jangan sebatas percaya pada tulisan ‘hydrate shampo’ di botolnya. Periksa label dan komposisinya.

Sempurnakan perawatan rambut kering dengan kondisioner. Kalau mau praktis, ya pakai saja shampo yang di dalamnya sudah include kondisioner. Kita enggak perlu bingung lagi mengembalikan kesehatan rambut kering dan rusak.

4. Jangan keramas tiap hari

Keramas berlebihan akan menghabiskan seluruh minyak alami rambut kita. Keramas di sini maksudnya keramas pakai shampo ya.

Cobalah keramas atau mencuci rambut kita pakai shampo maksimal tiga kali seminggu. Sekiranya kita tinggal di kota, sering beraktivitas luar ruangan, sehingga merasa risih kalau enggak keramas tiap  hari, ya silakan keramas, tapi enggak usah pakai shampo. Kan kita bisa basahi rambut tanpa shampo.

5. Pakai handuk microfiber

Handuk kasar atau compang-camping mungkin masih bisa kita pakai untuk mengeringkan badan setelah mandi, tetapi kasihan banget kalau kita pakai untuk mengeringkan rambut yang kering dan rapuh. Pakailah handuk microfiber yang lembut dan lebih cepat menyerap air, sehingga rambut basah cepat kering. Kita juga enggak perlu lagi pakai pengering rambut.

cara mengatasi rambut kering

Apakah kamu sudah menerapkan lima tips simpel di atas? Bagus. Sekarang tinggal sabar menunggu sampai rambut yang tadinya kering perlahan sehat kembali.

2 thoughts

  1. Sejak pandemi, aku sama anak-anak setiap hari keramas. Kaya ada kekhawatiran rambutnya ketempelan virus dari luar rumah, gitu..
    Ternyata beneran, rambut jadi cepet kering dan gak nyaman banget ngliatnya.
    Kalau diakalin pakai masker sama conditioner gitu, bisa membantu rambut gak kering kah?

    Like

  2. kalau aku ada beberapa sampo sih yang kalau habis pakai samponya rambut langsung jadi kering gitu. beneran nggak enak sih kalau rambut kering itu kayak gersang jadinya. he

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.