Cara Pembiayaan Modal Kerja Syariah

Pembiayaan modal kerja syariah adalah bantuan dana jangka pendek atau menengah kepada nasabah yang bertujuan membantu usaha perusahaan atau perseorangan berdasarkan prinsip syariah. Tujuannya memenuhi kebutuhan modal kerja berbagai lini usaha.

Pembiayaan syariah ini sangat penting mengingat lapangan pekerjaan dan kemampuan masyarakat kita kian terbatas. Selama pandemi Covid-19 ini misalnya, banyak orang memberanikan diri membuka usaha baru, meski skalanya mikro dan kecil.

Tujuan mereka hanya satu, yaitu menopang kebutuhan hidup dan keluarga. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan usaha. Utamanya adalah modal kerja cukup besar yang ujung-ujungnya membebani pembiayaan.

Pembiayaan Modal Kerja Syariah

Pembiayaan modal kerja syariah diperuntukkan bagi pengusaha yang membutuhkan modal kerja untuk melanjutkan usaha. Penerima dana ini adalah pengusaha yang memiliki prospek dan tidak melanggar ketentuan syariah Islam serta peraturan perundangan yang berlaku.

Bank syariah dalam hal ini bukan meminjamkan uang, melainkan bekerja sama dengan nasabah untuk menggabungkan modal pada usaha tertentu dengan pembagian keuntungan berdasar nisbah bagi hasil yang disepakati. Bank syariah bertindak sebagai penyandang dana (shahibul maal), sedangkan nasabah sebagai pengusaha (mudharib).

pembiayaan modal kerja syariah

Apa saja manfaat pembiayaan modal kerja syariah?

  • Modal kerja usaha semakin kuat
  • Sistem bagi hasil disesuaikan dengan hasil usaha
  • Pembayarannya sesuai cash flow
  • Jangka waktu pembiayaan sesuai jadwal penyelesaian usaha atau proyek.

Bagaimana cara pembiayaan modal kerja syariah?

Persyaratan bank syariah secara umum hampir sama. Dalam hal ini saya mencontohkan pembiayaan modal kerja dari Bank Syariah Bukopin dengan ketentuan, sebagai berikut:

  • Targetnya pelaku usaha perorangan atau badan usaha
  • Self financing minimal 30 persen
  • Nilai pembiayaan paling sedikit Rp 500 juta dari kebutuhan usaha atau proyek
  • Jangka waktu sesuai penyelesaian proyek
  • Nilai agunan 125 persen dari plafond pembiayaan

Pengusaha perorangan wajib melengkapi dokumen pendukung, yaitu foto kopi identitas diri, surat nikah, karty keluarga, laporan keuangan tiga tahun terakhir, data obyek pembiayaan, NPWP, dan salinan rekening koran atau tabungan tiga bulan terakhir.

Badan usaha wajib menyertakan kelengkapan dokumen, seperti foto kopi akta pendirian usaha, identitas pengurus, legalitas usaha, laporan keuangan tiga tahun terakhir, data obyek pembiayaan, NPWP, dan salinan rekening koran atau tabungan tiga bulan terakhir.

Pembiayaan modal kerja syariah dapat meningkatkan rasio kecukupan modal. Pertengahan 2021 lalu Bank Syariah Bukopin meraih pinjaman subordinasi untuk meningkatkan rasio kecukupan modal perushaaan dari 15 persen menjadi 21 persen awal 2022.

Bank Syariah Bukopin optimistis rasio tersebut mendorong kinerja fungsi intermediasi syariah perusahaan hinga 10 persen, sekaligus membalikkan kepercayaan nasabah untuk menekan financing to deposit ratio ke bawah 100 persen.

Pinjaman dari induk usaha, dalam hal ini Bank Bukopin ke depannya akan meningkat seiring perbaikan kondisi ekonomi tahun ini.

Keunggulan Pembiayaan Bank Syariah Bukopin Lainnya

Bank Syariah Bukopin di masa akan datang akan memfasilitasi kredit rumah bekas syariah demi meningkatkan kualitas layanan pada nasabah. Perseroan berencana kembali mendapatkan tambahan modal di tengah tahun. Ada juga beberapa aksi korporasi lainnya yang menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Pembiayaan modal kerja syariah dari Bank Syariah Bukopin hanya memiliki kewajiban modal satu triliun rupiah saja. Tambahan modal saat ini saja sudah mendulang potensi pengembangan usaha yang begitu banyak.

Di luar itu Bank Syariah Bukopin berencana meningkatkan ekspansi debitur baru untuk mempercepat pemulihan kinerja pembiayaan. Bank Bukopin yang kini sudah menjadi bagian dari Kookmin Bank mendapat bantuan dari sisi teknologi, modal, likuiditas, dan potensi debitur baru.

Komitmen Kookmin Bank untuk likuiditas Bank Syariah Bukopin sangat tinggi. Mereka dengan senang hati membantu mengoptimalkan pasar pembiayaan syariah yang kian besar ke depannya.

Kalian yang tengah tersandung masalah modal kerja, silakan mengakses pembiayaan modal kerja syariah melalui Bank Syariah Bukopin. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi atau mengunjungi center terdekat.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.