IndiHome Wujudkan Kedaulatan Digital untuk Mutiara Selatan Indonesia

Air laut surut membuat kapal motor yang kami tumpangi tak merapat sempurna. Mau tak mau kami harus berjalan bertelanjang kaki mencapai daratan yang jaraknya masih 500 meter di depan. Saat itu 2012, saya dan lima rekan dari Jakarta baru saja kembali dari kunjungan singkat ke Pulau Ndana, titik nol teritorial Indonesia di bagian selatan.

Maraknya penyelundupan imigran (people smuggling) melalui perairan Indonesia tengah hangat diperbincangkan kala itu. Apalagi Nusa Tenggara Timur (NTT) berbatasan langsung dengan dua negara sekaligus, yaitu Australia dan Timor Leste. Kedaulatan negara tentu menjadi harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

Sore berganti senja. Sang surya yang sepanjang hari setia menemani kami perlahan kembali ke peraduannya. Tubuh kami lunglai, setengah kuyup karena laut yang kurang bersahabat.

aktivitas tanpa batas
Pulau Ndana di Rote, titik nol selatan Indonesia (Foto: dokpri)

Perjalanan kami bermula dari Pelabuhan Tenau di Kupang menuju Pelabuhan Ba’a di Rote Ndao. Ombak besar menggoyang kapal kami naik turun. Lautan yang kami seberangi merupakan pertemuan arus Samudra Hindia, Laut Suwu, dan Laut Timor yang ganas.

Dari Ba’a, kami menuju Desa Oeseli di Kecamatan Rote Barat Daya. Kami menyewa perahu nelayan setempat setelah melapor ke Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar, kemudian menyeberang selama satu jam ke Pulau Ndana.

aktivitas tanpa batas
Pantai Oeseli, salah satu akses menuju Pulau Ndana (Foto: dokpri)

Ombak besar menerjang kami sepanjang perjalanan. Kapal kecil kami sempat terhenti karena tak sanggup melawan arus ombak yang ganas. Hal sama kami hadapi saat pergi dan pulang ke Desa Oeseli.

aktivitas tanpa batas
Saya dalam perjalanan ke Pulau Ndana (Foto: Dokpri)

Lelah belum usai. Saya perlu membuat laporan singkat tentang perjalanan hari itu untuk kantor tempat saya bekerja. Masih jelas teringat, jangankan mendapat jaringan internet yang bagus, menumpang mengisi daya baterai ponsel di rumah penduduk saja saya tidak bisa, lantaran sambungan listrik di Desa Oeseli sangat terbatas.

aktivitas tanpa batas
Asrap (tengah) dan anak-anak Desa Oeseli di Pulau Rote (Foto: dokpri)

Seorang anak laki-laki lima tahun bersorak menyambut kami. Asrap, demikian namanya mengajak beberapa temannya mengitari kami.

Kamera dan cahaya ponsel kami agaknya menarik perhatian mereka. Ah, tak ada salahnya bermain sekejap dengan anak-anak ini, sebelum panggilan tugas menanti keesokan hari.

aktivitas tanpa batas

Dari barat ke timur, dari utara ke selatan. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Empat daerah di empat penjuru mata angin ini merupakan garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedaulatan digital tidak hanya menyangkut masalah teknis saja. Internet lebih dari sekadar teknologi. Internet adalah pengetahuan, dan pengetahuan adalah pemberdayaan. Kita perlu memastikan bahwa internet di Indonesia bisa memberdayakan masyarakat.

Digitalisasi berkembang pesat selama pandemi ini. Industri telekomunikasi secara nasional diperkirakan terus tumbuh 5,1 persen sampai akhir 2021.

Kebutuhan akses data nomor satu. Sayangnya akses internet masih menjadi kendala utama di berbagai daerah.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) menyebutkan salah satu faktor penyebab masih banyak penduduk Indonesia kesulitan mengakses jaringan internet adalah kondisi geografis. Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga pemenuhan ketersediaan layanan internet hingga daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) cukup menyulitkan.

Masalah berikutnya bukan cuma keterbatasan akses internet. Masih banyak masyarakat kita tidak memiliki keterampilan digital dasar, semudah mencari informasi di web, berkirim surel (email), melakukan panggilan video, berbelanja atau membayar tagihan mereka secara online.

BAKTI Kominfo menyebutkan penetrasi pengguna internet Indonesia pada 2019-2020 mencapai 73,7 persen, naik dari 64,8 persen pada 2018. Angka ini membuktikan masih banyak masyarakat kita yang belum melek internet.

Akses internet sekarang menjadi prasyarat berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs), salah satunya mendukung pendidikan. Ketika krisis Covid-19 memperdalam kesenjangan masyarakat kita yang terhubung dan yang tidak, kita harus mempercepat pembangunan di mana semua orang, terutama anak-anak kita yang masih bersekolah dapat mengakses internet.

Untuk itu kita harus mengakui akses internet sebagai kebutuhan dasar yang baru, kemudian bekerja keras menutupi kesenjangan digital dengan mewujudkan kedaulatan digital di berbagai daerah.

Betapa bahagianya saya mengetahui layanan IndiHome, internetnya Indonesia kini telah hadir di Pulau Rote. Kelak jika saya kembali ke Mutiara Selatan Indonesia itu, khususnya ke Desa Oeseli, saya tidak akan menjumpai kendala serupa 2012 silam.

internetnya indonesia
Patung raksasa Jenderal Soedirman menegaskan kedaulatan Pulau Ndana sebagai bagian dari NKRI (Foto: Dokpri)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui IndiHome berkontribusi menghadirkan pemerataan konektivitas bagi masyarakat Rote sejak 2019. IndiHome menawarkan kecepatan internet mulai dari 10 Mbps hingga 20 Mbps di pulau terselatan Indonesia itu.

internetnya indonesia
IndiHome hadir di Pulau Rote (Foto: https://indihome.co.id/)

Mengawali layanannya, pelanggan mendapatkan bonus telepon lokal dan interlokal, menonton tayangan TV interaktif IndiHome, layanan Wifi.id dan Movin’ serta paket bundling over-the-top (OTT), seperti Catchplay, Hooq dan Iflix.

Saya yakin Asraf yang sekarang kira-kira berumur 14 tahun bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan tenang. Terima kasih, IndiHome.

internetnya indonesia

Koneksi internet bagai napas awal kehidupan. Tanpa internet, aspek sosial, ekonomi, hingga pendidikan hari ini tak akan berjalan. Jika semuanya tak berjalan, ujungnya adalah keterbelakangan pembangunan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

National Commission on Human Rights atau Komisi Nasional Hak Asasi Manusia PBB sejak 2011 telah memasukkan akses terhadap internet sebagai salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan dasar manusia.

Estonia pada 2000 atau satu dekade sebelum PBB bahkan telah mengesahkan undang-undang yang menyatakan akses terhadap internet sebagai hak asasi manusia. Prancis menyusul pada 2009, kemudian legislator di Kosta Rika, Amerika Tengah menyepakati keputusan sama pada 2010.

Pemerintah Finlandia pada 2009 mengeluarkan dekrit yang salah satu poinnya menyebutkan, setiap koneksi internet di negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia itu harus memiliki kecepatan setidaknya satu megabit (MB) per detik.

Virus corona masih meraja lela dan menjadi masalah utama yang dihadapi pemerintah berbagai negara saat ini. Indonesia bahkan masih menerapkan Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga hingga 6 Desember mendatang di Jawa dan Bali. Tak ada yang tahu jika kebijakan serupa masih berlanjut atau tidak hingga awal Tahun Baru 2022.

Ini berarti masyarakat kita masih belum benar-benar bisa berkumpul bebas dalam kelompok besar di luar sana. Internet adalah sahabat terbaik di saat seperti ini.

Masuk akal jika kita menyebut akses internet sebagai hak asasi manusia karena sebagian besar kita menggunakan internet untuk menjalani kehidupan lebih efisien.

1. Internet untuk komunikasi instan

Sekarang orang-orang cenderung berkomunikasi lewat chat atau pesan instan ketimbang tatap muka. Berkirim pesan instan memungkinkan orang-orang berkomunikasi dalam kecepatan yang tak terpikirkan sebelumnya.

internetnya indonesia

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, internet mendekatkan yang jauh. Dua tahun saya tak bisa pulang ke Sumatra Barat menjenguk kedua orang tua lantaran terbentur aturan PPKM. Namun, internet membuat saya bisa melakukan aktivitas tanpa batas, salah satunya berkomunikasi melalui panggilan telepon atau video dengan orang tua di kampung.

2. Internet untuk bekerja

Dua tahun terakhir mayoritas masyarakat kita bekerja dari rumah. Kita membutuhkan internet untuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab yang sebelumnya biasa kita lakukan di kantor atau tempat kerja.

Bekerja dari rumah atau work from home seringkali lebih rumit dari kedengarannya. Ketika pekerjaan kita sebagian besar adalah mengetik di laptop, menjawab puluhan, ratusan, bahkan ribuan pesan baru di WhatsApp atau Slack, tampaknya cukup mudah melakukannya dari mana saja.

Namun, kenyataannya tidak semua ruang bisa kita atur untuk berfungsi ganda sebagai tempat kerja, terutama jika kita mempertimbangkan persyaratan kecepatan internet rumahan.

internetnya indonesia

Aplikasi menonton film Netflix misalnya, memerlukan koneksi minimal 25 Mbps untuk streaming video berkualitas tinggi (HD), atau minimal 3 Mbps untuk streaming tontonan dengan kualitas gambar dan video standar.

Jika kita lebih sering rapat atau meeting online dari rumah, ini bukan lagi masalah video berkualitas 4k, seperti saat kita menonton Squid Game atau drama korea lainnya, melainkan apakah kita bisa lancar berbicara dengan atasan, rekan kerja, dan klien kita.

3. Internet untuk pendidikan

Anak-anak kita yang masih sekolah selama pandemi ini melakukan pembelajaran online serta video call dengan gurunya. Sistem belajar daring berlaku nyaris di seluruh Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta.

Model pendidikan jarak jauh ini merupakan alternatif terbaik karena sekolah tatap muka masih menimbulkan risiko kesehatan bagi siswa. Dalam hal ini internet berperan penting menunjang aktivitas pendidikan anak.

internetnya indonesia

Guru dapat mengunggah bahan ajarnya, berupa catatan atau video di website, forum, atau grup WA kelas. Proses belajar menjadi menarik dan beragam karena guru bisa mengajar menggunakan animasi, slide powerpoint, video tutorial, atau gambar yang menarik perhatian siswa.

Siswa bisa mengakses materi pendidikan tambahan dari berbagai sumber. Hari ini banyak video pembelajaran gratis di YouTube.

Orang tua juga bisa membayar kursus online sebagai tambahan materi pembelajaran berkualitas untuk buah hati. Dengan demikian internet meningkatkan pendidikan berkualitas yang menjadi salah satu pilar pembangungan berkelanjutan.

4. Internet untuk hiburan

Film, musik, dan games adalah tiga dari sekian banyak fungsi internet sebagai sarana hiburan masyarakat. Internet membuka banyak pilihan hiburan, memberi akses ke berbagai konten, dan memungkinkan lebih banyak orang menciptakan jenis-jenis hiburan dan karya seni baru untuk dinikmati.

internetnya indonesia

Internet memperluas gagasan kita tentang hiburan, jauh melampaui norma-norma masa lalu. Dulu yang namanya hiburan adalah pergi ke bioskop atau membaca majalah. Hiburan orang zaman sekarang jauh lebih variatif, bisa didapat dari mana saja, tanpa batas ruang dan waktu, asalkan terhubung dengan jaringan internet cepat.

Saya pribadi setidaknya merasakan lima manfaat internet untuk hiburan, yaitu:

  • Internet memanjakan kita dengan konten-konten berkualitas di YouTube, Podcast, situs berita online, platform media sosial (Intagram, Facebook, Twitter), streaming musik, situs e-book, dan bermain game online, seperti Lead by IndiHome.
  • Internet memungkinkan orang tua mengontrol tontonan anak di rumah menggunakan fitur kontrol orang tua (parenting control) gratis. Saya bisa lega melepas si kecil menonton di YouTube.
  • Internet mendekatkan kita dengan keluarga dan sahabat yang terbatas jarak. Saya bisa video call dengan orang tua, dan anak-anak saya bisa tetap dekat dengan nenek kakeknya yang jauh di sana.
  • Internet memungkinkan kita menyimpan memori foto secara online. Saya tidak perlu mencetak foto, membeli album, atau menyimpan dokumen foto di hardisk seperti 20 tahun lalu. Semua foto keluarga, kenangan hidup, dan aktivitas terbaru bisa ditandai dan diunggah untuk publik atau pribadi melalui media sosial.
  • Internet memungkinkan kita bermigrasi dari TV analog ke TV digital. Saya bisa menonton dari mana saja menggunakan perangkat Wi-Fi dengan harga lebih murah dari layanan TV tradisional.
internetnya indonesia

IndiHome adalah internetnya Indonesia. Ini adalah solusi internet berkelas dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas.

IndiHome merupakan layanan internet rumah Triple Play, mencakup internet, telepon rumah, dan televisi interaktif (IPTV/ IndiHome TV).

Berikut sederet keunggulan layanan IndiHome.

1. Koneksi internet paling stabil

Internet IndiHome menggunakan jaringan fiber optik yang menawarkan kecepatan internet mulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps. Masing-masingnya memiliki rekomendasi jumlah perangkat, misalnya kecepatan 10 Mbps bisa memfasilitasi 1-3 perangkat, 20 Mbps (3-5 perangkat), atau maksimal 300 Mbps untuk 25-30 perangkat.

IndiHome memanfaatkan jaringan Telkom yang berbasis fiber optik. Hingga akhir Juni 2021, panjang jaringan fiber backbone Telkom mencapai 169.833 km atau setara empat kali keliling bumi.

Keunggulan ini membuat internet IndiHome paling stabil dan tahan terhadap segala cuaca. Aktivitas bekerja, belajar, bermain games di rumah menjadi lebih nyaman dan praktis.

2. Jaringan terluas hingga pelosok negeri

Jaringan IndiHome saat ini tersebar di seluruh Indonesia dan terus berinovasi memenuhi kebutuhan internet lebih baik bagi masyarakat. IndiHome kini melayani lebih dari 8,3 juta pelanggan di 496 kota dan kabupaten.

Jumlah pelanggan IndiHome hingga semester pertama 2021 tumbuh 11,4 persen year on year (yoy). Bagi calon pelanggan baru, silakan cek alamat di laman resmi IndiHome, kemudian pilih paket, isi data personal, verifikasi, dan petugas langsung datang ke rumah.

Selanjutnya nikmati layanan internet IndiHome untuk aktivitas tanpa batas.

3. Pilihan paket internet lebih beragam

Ada banyak pilihan paket internet IndiHome serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Rumah saya misalnya, menggunakan Paket IndiHome 3P (dengan akses Disney+ Hotstar).

Paket ini memiliki kecepatan layanan internet hingga 50 Mbps, cocok digunakan untuk 10-12 perangkat sekaligus. Apalagi suami saya bekerja di bidang IT dimana koneksi internet cepat dan stabil menjadi kenyamanan utama selama bekerja dari rumah.

4. Jaringan telepon rumah jernih

Kita bisa sepaket sekaligus memasang telepon rumah dengan berlangganan IndiHome. Jalin komunikasi dengan orang-orang terdekat menggunakan telepon rumah IndiHome.

Kualitas suaranya  jernih. Harganya lebih hemat, mulai dari telepon lokal, interlokal, seluler, dan sambungan langsung internasional (SLI).

5. IndiHome TV kaya fitur unggulan

IndiHome menyajikan beragam film dan tayangan unggulan di IndiHome TV. Ada channel anak, channel keluarga, channel dewasa, konser musikartis favorit, dan dialog interaktif lainnya.

IndiHome TV memiliki banyak fitur unggulan, antara lain:

  • Playback, Pause and Rewind untuk mundur, pause, atau putar ulang tayangan TV degan bebas.
  • TV Storage untuk merekam tayangan TV kita ke dalam hard drive hingga 600 menit untuk ditonton di lain waktu.
  • TV on Demand untuk menonton tayangan ulang acara live sampai tujuh hari terakhir.
  • Video on Demand untuk kontrol penuh video yang bisa diputar di IndiHome TV.
  • Karaoke untuk hiburan bernyanyi di kala senggang.
  • UseeTV GO untuk konten premium yang bisa otomatis ditontont melalui aplikasi UseeTV GO.

6. Streaming dan browsing sekaligus

Perangkat Set-Up-Box (STB) IndiHome memberikan dua jenis layanan sekaligus, yaitu PTV dan layanan OTT. Kita bisa mengakses berbagai tayangan streaming sambil browsing di internet.

7. Bisa remote dari ponsel

Kita bisa mengendalikan tontonan di IndiHome TV menggunakan Remote Apps di ponsel. Ini merupakan alternatif dari remote fisik eksisting dari IndiHome TV yang berbasis aplikasi.

Remote Apps didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pelanggan mengoperasikan IndiHome TV. Solusi remote TV tiba-tiba hilang akhirnya terpecahkan.

8. Banyak promo menarik

Temukan beragam promo dan penawaran paket menarik dari IndiHome dengan berlangganan sekarang juga. Buat kalian yang hobi bermain game, IndiHome sejak lama turut memajukan ekosistem e-sport di Indonesia melalui academy eSport.

Jaringan internetnya untuk gamer lebih stabil dengan adanya IndiHome Paket Gamer. Kita bisa memainkan berbagai game populer dengan multibenefit, mulai dari exclusive items, high speed internet, free play game, dan free gifts.

blogger days indihome

Semua informasi dan manfaat di atas jauh lebih mudah diakses melalui myIndiHome. Aplikasi ini mempermudah kita melakukan transaksi, mulai dari berlangganan IndiHome, aktivasi OTT video streaming, berlangganan fitur tambahan, laporan gangguan, cek dan bayar tagihan, cek poin myIndiHome, info pemakaian, dan layanan menarik lainnya.

internetnya indonesia

Internet hari ini terhubung dengan seluruh sendi kehidupan. Internet memfasilitasi manusia untuk bertukar informasi, berkomunikasi, bekerja, bersosialisasi, dan berinteraksi.

Akses internet adalah kunci membangun peradaban lebih baik, khususnya untuk generasi calon pemimpin bangsa kita di masa depan. Bagi saya pribadi, mewujudkan kedaulatan digital dan meningkatkan literasi digital adalah sebuah keniscayaan.

Semoga kita semua bisa berperan aktif memaksimalkan ruang digital untuk hal-hal bermanfaat. Kita pastikan masyarakat Indonesia dari ujung timur ke barat, dari selatan ke utara tetap terhubung dan berkembang bersama. Yuk, jalani aktivitas tanpa batas bersama IndiHome.

Referensi Pendukung

https://indihome.co.id/news/kini-indihome-hadir-di-pulau-rote

https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker

https://www.theatlantic.com/technology/archive/2011/06/united-nations-declares-internet-access-a-basic-human-right/239911/

55 thoughts

  1. aaah ikut senang. di masa sekarang, yang segala sesuatunya butuh akses internet, kebayang banget kalau tak ada fasilitasnya. inget zaman sinyal seluler juga terbatas, kalau lagi pulang kampung, kudu ke kota dulu untuk buka hp haha.. dengan fasilitas internet, semoga kemajuan di tanah air makin merata ya.

    Like

  2. setuju banget nih: Koneksi internet bagai napas awal kehidupan!
    beberapa waktu saya menonton perjuangan telkom membangun jaringan di kawasan terluar, tertinggal, terdepan Indonesia
    Telkom dengan Indihome nya gak sekadar mengeruk keuntungan tapi memberi manfaat bagi penduduk Indonesia

    Like

    1. Setuju dengan argumen kak Maria, memang sudah saatnya pemilik bisnis besar tidak hanya memanfaatkan dari segi kesuksesan bisnis saja tapi lebih humanis dan bersinggungan langsung dengan objek di lapangan. Ini jauh realistis.

      Like

  3. Suka dan setuju banget dengan paragraf berikut ini:

    Kedaulatan digital tidak hanya menyangkut masalah teknis saja. Internet lebih dari sekadar teknologi. Internet adalah pengetahuan, dan pengetahuan adalah pemberdayaan. Kita perlu memastikan bahwa internet di Indonesia bisa memberdayakan masyarakat.

    Karena memang harapannya adalah perkembangan teknologi, dalam bentuk apapun itu, akan segaris lurus dengan tingginya akal, pengetahuan dan kemampuan manusia. Selain tentu saja memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peradaban.

    Well written Mutia.

    Artikel Mutia juga sekarang visualnya semakin cantik nih. Menyelipkan sub-judul dengan menggunakan keindahan Canva. Love it!!

    Like

    1. Semoga dengan kehadiran INDIHOME visi dan misi tentang perluasan pengetahuan di tanah air bisa terwujud dengan baik. Menjadi bagian penting dari sejarah perkembangan internet dan dunia pendidikan di Indonesia.

      Like

  4. Sebagai user IndiHome aku juga puas menggunakan produk layanan internet dari PT TELKOM ini mbak. apalagi memang jaringan IndiHome ini luas bahakan menyentuh daerah 3T. Sehingga bukan masyarakat dari perkotaan saja yang bisa beraktivitas tanpa batas.

    Like

  5. Meski saat ini jaringan mereka Suka sering down (ngga tau di daerah kami saja atau seluruh area jangkauannya). Tp diakui Telkom masih yang paling bandel dan paling menjangkau sampe ke pelosok2…

    Like

  6. Indihome dengan Telkomsel memang menjangkau hampir semua wilayah Indonesia.
    Semoga dengan semakin mudahnya akses internet, generasi muda memanfaatkannya untuk mengembangkan potensi diri dan daerah. Lancar terus sinyal Indohome.

    Like

  7. ah iya, di era digital seperti ini internet adalah kebutuhan utama ya mbak
    internet tak hanya membuat kita bisa saling terhubung, tapi juga bisa mendukung setiap aktivitas kita

    Like

  8. Bisa dikatakan internet sudah menjadi kebutuhan primer juga kali ya kak. Pasalnya memang internet bermanfaat dalam segala bidang. Makanya senang dengan pasokan internet yang merata di setiap daerah jadi memudahkan buat siapa saja untuk tetap terhubung

    Like

    1. Kalau buat kami sekeluarga, internet cepat memang sudah jadi kebutuhan mbak. Sama halnya seperti listrik dan air. Solanya aktivitas kami banyak yang membutuhkan jaringan internet. Karena itu kami di rumah memakai IndiHome.

      Like

  9. Tahun 2009 saat pindah ke Amerika, internet sudah lebih maju dan meluas penggunaannya daripada di Indonesia. Aku sempat kesulitan untuk menghubungi orang tua di Madiun dan Kediri. Padahal di sana sudah familiar pakai Skype untuk berhubungan antar teman dan acara pengajian jarak jauh. Juga sosial media sudah banyak yang pakai. Sementara di Indonesia baru di kota-kota besarnya. Maka kalau mau telpon dengan melihat wajah orangtua , ponakan yang kuliah di luar kota yang bantu, sebulan sekali dia bawa laptop yang ada akses internet ke rumah Mbahnya. Ngobrollah aku sama Ortuku. Seneng banget rasanya.
    Kini berkat kemajuan teknologi termasuk internet, kapan saja bisa video call dan lihat senyum teduh mereka….Apalagi dengan bantuan jaringan Indihome aktivitas tanpa batas:)

    Like

    1. Skype di AS pas 2009 udah kayak Facebook kayak kita sekarang kali ya mba. Hahahaha. Syukurkan Indonesia sekarang penetrasi internetnya secara nasional semakin luas berkat Telkom melalui IndiHome.

      Like

  10. Dengan pesatnya perkembangan digitalisasi tentu tak dipungkiri bahwa kebutuhan akan internet menjadi suatu hal mutlak
    Itu sebab pemerataan konektivitas dan jaringan diharapkan bisa diatasi secara tepat

    Like

  11. Indihome emang terbukti bagus tuh dari kualitas jaringan internet dll, kantorku juga make ini dan lancar2 aja selama kami belajar daring di sekolah. Semoga makin sukses aja indihome.

    Like

  12. Wah, makin meluas aja nih jangkauannya IndiHome. Semoga juga diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanannya, terutama ketika ada komplian dari pelanggannya. Amiin….

    Like

  13. Positifnya lagi dari Indihome selain pelayanannya sampai jaringannya yang targetnya bisa seluruh Indonesia.

    Produk-produk fisik yang mendukung jaringan Indihome ini ternyata merupakan produk asli UKM Indonesia. Sebagai bentuk dukungan PT. Telkom Indonesia untuk memajukan UKM serta mendorong perekonomian Indonesia.

    Jadi bisa terwujud dari Indonesia dan untuk Indonesia.

    Like

  14. Jadi pengen tahu kabarnya Asraf sekarang. Apakah dia masih mengenali Mbak Mutia jika berkunjung lagi ke sana, ya? hehe. Ikut senang, IndiHome sudah sedemikian tersebar jaringannya. Banyak orang yang bisa beraktivitas tanpa batas sekarang.

    Like

  15. penggunaan internet makin gede ketika masa covid seperti sekarang ini
    dulu mana pernah aku ikutan webinar atau kelas online, pas masuk pandemi udah lupa berapa kali ikutan kelas online.
    dan kuota internet yang terpakai jelas butuh besar
    seneng tau kalau internet melalui Indihome udah mulai menjangkau pelosok ya, semoga kedepannya makin merata aja

    Like

    1. Wah, aku merasakan sekali ketergantungan sama internet rumahan selama 2 tahun pandemi ini mba. Kalo gak pake IndiHome, gak kebayang deh berapa tagihan internetku jika mengandalkan kuota ponsel doang. Huhuhu.

      Like

  16. Keren banget kalo jaringan koneksi internet sdh berkembang hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi tentunya masyarakat bisa terbantu dalam melakukan aktivitas digital ya kan.

    Like

  17. Di sekolahku juga sudah pake indihome, jadi semakin gampang internetan dan siswa saat belajar di sekolah. Karena jaringan internetnya juga kan emang kenceng kalo indihome ini.

    Like

  18. Semoga kedepannya jangkauan internet di Indonesia semakin merata dan seluruh negeri ini tercover internet yang memadai.
    Senang rasanya IndiHome ikut berkontribusi tentang kemajuan pemerataan internet di Indonesia.

    Like

  19. Indihome memang sangat berperan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia, jadi pemerataan arus informasi juga ya

    Like

  20. Kedaulatan digital, bener juga ya, emang dibutuhkan banget saat ini.
    Membaca ini saya jadi ingat perjuangan salah satu peserta diklat di tempat saya bekerja. Menempuh perjalanan sehari demi bisa mengakses internet dan mengirimkan tugas. Perjuangan yang luar biasa. Semoga Telkom dengan indihomenya semakin luas persebaran dan pemerataannya, hingga pak guru itu tak perlu jauh-jauh meninggalkan rumah hanya demi bisa mengakses internet

    Like

  21. Memang cuma Indihome deh yang bisa diandalkan hingga ke pelosok-pelosok, ya. Ah jangankan gitu, ke tempatku aja yang masih deket dari Bandung, provider lain sering kali tiarap. Nah cuma Indihome deh yang stabil. Makanya aku percaya dengan Indihome sejak lama.

    Like

  22. Alhamdulillah semenjak ada Indihome jadi makin berwarna hidupnya. Udah ada di mana-mana juga bahkan di pelosok. Aku pribadi terbantu dengan Indihome untuk ngeblog dan nonton streaming. Kualitas jaringannya so far juga memuaskan.

    Like

  23. IndiHome nih terbaik ya mbak Muthe , apalagi jangkauannya udah sampai pelosok pastinya sangat membantu kegiatan masy pelosok ya ..apalagi skrg semua serba digital mulai dari pendidikan sampai transaksi perdagangan Jadi kalau ada jaringan inet yang sampai menjangkau pelosok pastinya membantu banget

    Like

  24. Sebagai guru aku merasakan banget pentingnya internet yang lancar dan ini dipenuhi oleh IndiHome. Kisah dan tulisannya keren nih…

    Like

  25. Setuju banget mbak mengenai keberadaan internet, aku jadi teringat percakapan dengan suami saat penganten baru, ‘bang aku gak apa-apa di rumah saja asal kuota internet aman ya bang’ haha, harta,tahta, kuota. Dulu akses koran yang sulit ke daerah kepulauan, sekarang paling gak dapat terjangkau internet deh itu udah mending banget, keren ih Indihome

    Like

  26. Menjadi angin segar ketika akhirnya kualitas perfirma internet mulai merata di seluruh negeri. Karena dengan kemjuan komunikasi maka digitalisasi akan didapat secara adil dan indihome mendukung terciptanya situasi demikian. Salut.

    Like

  27. Salah satu hal yang sering kali kurang disyukuri adalah nikmat mampu menggunakan internet tanpa batas. Dengan hampir semua sendi kehidupan digerakkan oleh internet, maka yang tidak bisa menggunakan dengan baik dan bijak akan tertinggal.

    Pemerataan akses internet adalah salah satu hal penting dan IndiHome adalah salah satu provider yang konsisten mewujudkannya.

    Like

  28. Perjuangan IndiHome menyatukan Indonesia secara digital patut kita acungi jempol. Aku pernah ke Flores, di tengah lautan akses internet masih lancar tuh. Semoga semaki meluas ya jaringannya, sampai ke ujung gunung, supaya pendidikan anak-anak tetap berjalan baik.

    Like

  29. Syukurlah, berkat indihome internet dapat dinimati oleh masyarakat di daerah terluar. Bener banget internet adalah salah satu sarana yang memudahkan untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

    Like

  30. Wah keren nih IndiHome udah sampai ke Rote ya, jadi makin luas jaringan IndiHome ini.
    Semoga dengan ini IndiHome bisa selalu membantu generasi Muda di Indonesia

    Like

  31. IndiHome semakin keren ya, jangakauannya semakin luas udah sampai ke pelosok-pelosok negeri, hingga ke Pulau Rote. Memudahkan program pendidikan di masa pandemi ini, karena akses internet kini telah menjadi kebutuhan pokok.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.