Asah Keterampilan Kognitif dengan Hidden Object Games by Solitaire

Enam belas tahun lalu sebelum mengenal Solitaire, saya menghabiskan waktu luang dengan mengisi buku teka-teki silang. Ini adalah cara taktil untuk meredakan stres, entah sekadar menunggu jadwal pergantian dosen mata kuliah di kampus, menunggu rapat organisasi yang tak kunjung dimulai lantaran anggota datangnya pada ngaret, atau aktivitas sebelum tidur supaya lebih cepat mengantuk.

Bukan saya saja yang familiar dengan Solitaire. Saya yakin generasi milenial mayoritas pernah memainkan atau minimal tahu dengan permainan kartu legendaris ini.

Solitaire dan Nostalgia Masa Lalu

Solitaire pertama kali muncul dengan nama Patience era 1700-an di Eropa Utara, khususnya Jerman, Swedia, Prancis, dan Rusia. Permainan kartu ini populer di kalangan masyarakat kelas atas Prancis mulai pertengahan abad ke-19. Pangeran Albert, suami dari Ratu Victoria, Inggris sangat menyukai permainan ini.

Sekitar 1870 Patience melintasi Samudera Atlantik dan mulai dikenal di Amerika Serikat dengan nama Solitaire. Begitu komputer desktop ditemukan, Microsoft Windows menyertakan Solitare sebagai game gratis dalam perangkatnya pada 1990.

Komputer-komputer produksi Microsoft mulai masuk ke kantor, kampus, sekolah, dan rumah. Tak heran pekerja kantoran, pelajar, dan mahasiswa di seluruh dunia pada masa itu akrab dengan Solitaire yang selalu muncul di desktop komputer mereka. Sungguh menyenangkan.

Game online Solitaire membangkitkan nostalgia. Dengan visual sederhana, tapi tetap memukau. Permainan kartu legendaris ini mengharuskan kita fokus dan memerhatikan setiap detail permainan karena memiliki batas waktu.

Setidaknya ada tujuh game kartu populer keluaran Solitaire, yaitu Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, TriPeaks, Golf, dan Mahjong. Berikut lima di antaranya.

1. Klondike

Klondike adalah Solitaire klasik yang paling digemari di seluruh dunia. Tujuan game ini menempatkan kartu dalam tumpukan, mulai dari yang nilainya rendah sampai tinggi.

As adalah kartu paling rendah, sedangkan Raja adalah kartu paling tinggi. Kartu harus ditaruh bergantian, antara kartu merah dan kartu hitam.

solitaire

Kita bisa menggunakan mouse untuk mencari kartu yang cocok. Klik kiri setiap kartu untuk menyingkirkannya dari meja. Jangan lupa perhatikan timer saat kita hendak menggabungkan kartu.

2. Freecells

Permainan Solitaire satu ini dimainkan dengan 52 kartu. Kartu-kartu ini disusun sedemikian rupa dalam posisi terbuka membentuk delapan kolom, yang nantinya dipindahkan ke empat kolom free cells dan empat kolom home cells.

Kolom free cells berada di kiri layar, sedangkan home cells di kanan layar. Setiap kartu harus berbeda dan gak boleh ada Joker.

solitaire

Kita bisa menarik kartu dari kolom dan menaruhnya di free cells. Kita juga bisa menarik kartu dari kolom dan meletakkannya di home cells. Kartu yang diletakkan di home cells harus disusun dengan urutan tepat dan selang-seling antara kartu merah dengan kartu hitam.

3. Spider

Spider adalah permainan Solitaire yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Kartu dimainkan menggunakan dua dek, bisa juga menggunakan satu, tiga, atau empat dek. Mau pilih yang mana, aturan dasarnya tetap sama.

solitaire

Permainan asah otak ini misinya bukan sekadar habis-habisin kartu, kemudian menang. Kita bermain tanpa satu urutan pun kartu hilang, harus utuh.

4. Pyramid

Pyramid adalah game Solitaire paling menarik. Kita harus menghancurkan struktur Mesir Kuno tersebut sampai habis. Cara menghancurkannya tidak pakai linggis, palu, peluru, melainkan logika matematika.

Kita harus memulainya dari dasar piramida. Kartu yang dikeluarkan harus sepasang dan jumlahnya harus 13, tidak lebih dan tidak kurang.

solitaire

Ingat nilai numerik kartu, yaitu Raja bernilai 13, Ratu bernilai 12, Jack bernilai 11, As bernilai 1, sedangkan sisa kartu sesuai angka yang tertulis di atasnya.

Ingat juga kombinasi kartu yang berjumlah 13, misalnya Ratu + As, Jack + Dua, Sepuluh + Tiga, Sembilan + Empat, Delapan + Lima, dan Tujuh + Enam.

5. TriPeaks

TriPeaks pertama kali dikembangkan pada 1989. Kita harus menyingkirkan sebanyak mungkin kartu dari meja dalam game Solitaire ini.

Carilah kartu yang nilainya satu tingkat di atas atau di bawah kartu teratas. As bisa dianggap kartu tertinggi atau terendah, tinggal perhatikan saja rupa dan warna kartunya.

solitaire

Gunakan mouse untuk mencari kartu yang cocok. Klik kiri untuk menyingkirkan kartu yang cocok dari meja.

Grafis permainan ini sangat menarik. Kita disuguhi animasi dan efek suara saat bertanding.

TriPeaks diatur supaya kita bisa beradu kemampuan dengan siapa saja di seluruh dunia. Kita bisa cek papan peringkat dan melihat history pertandingan.

Manfaat Bermain Hidden Object Games

Solitaire sekarang gak cuma dikenal sebagai permainan kartu. Sejak lama pengembang game kartu solo ini terus melahirkan game yang menggabungkan hiburan dan nilai pendidikan. Oleh sebabnya Solitaire menawarkan koleksi game lain dari berbagai kategori, yaitu:

  • Logic puzzle game
  • Word games
  • Mahjong games
  • Hidden object games
  • Card games
  • Match 3 games
  • Game online lainnya

Kali ini saya tertarik mengulas hidden object games, permainan non-kartu keluaran Solitaire yang menurut saya paling ramah keluarga alias family friendly. Anak-anak menyukai permainan ini karena bisa mengurangi kesenjangan antara belajar dan bermain.

Dengan demikian, saat bermain anak tidak menyangka bahwa dia sedang belajar, dan saat belajar anak tidak menyangka bahwa dia sedang bermain.

Sebagian besar kita menganggap hidden object games atau permainan objek tersembunyi sudah terlalu old school. Banyak yang lupa bahwa kebiasaan memerhatikan sesuatu, dengan mata, tangan, atau hidung dilakukan manusia secara alami.

Berhubung kali ini kita melihat dari sudut pandang game online, maka hidden object games adalah permainan menggunakan mata dengan segudang manfaat di dalamnya.

1. Meningkatkan keterampilan eksplorasi visual

Keterampilan eksplorasi visual sangat penting dalam memainkan game satu ini. Hidden object games memang tidak serta merta membuat otak kita berpikir lebih cepat, tapi membuat kita lebih aktif dan termotivasi.

Permainan ini meningkatkan keterampilan melihat. Kita mampu melihat benda-benda yang disamarkan, mungkin dengan rumput, kayu, buku, atau sesuatu yang mirip. Ukuran di gambar bisa besar, tapi yang kita temukan ternyata kecil.

Ini akan memakan waktu jika kita baru pertama kali memainkannya. Namun, sekali kita mencoba dan terus mencoba, hidden object games menjadi permainan yang adiktif.

Menemukan benda-benda tersembunyi membantu kita lebih cepat melihat barang yang hilang atau tersembunyi di kehidupan nyata. Kita bahkan bisa menemukan objek yang belum pernah ada sebelumnya.

2. Meningkatkan kemampuan observasi anak

Hidden object games salah satu permainan yang bagus diajarkan pada anak. Ini akan meningkatkan daya ingat dan keterampilan observasi mereka.

Permainan ini secara tidak langsung membantu anak memecahkan masalah kompleks, seperti Matematika. Misalnya, kita harus menemukan 20 pedang, 10 apel, atau 15 buku.

Cobalah bereksperimen dengan anak kita, maka kita akan tahu manfaatnya dengan baik.

3. Melatih daya ingat

Sekarang ini kita terlalu mengandalkan Google, bahkan untuk informasi receh sekalipun. Tak perlu heran jika masyarakat kita sekarang, masih muda, tapi udah divonis demensia.

Ini karena kita berhenti menggunakan otak kita untuk berpikir, atau setidaknya berusaha berpikir, tidak buru-buru bertanya pada Mbah Google. Nah, hidden object games membantu mempertajam daya ingat kita karena kita melihat berbagai hal dari jarak cukup dekat.

4. Melatih bahasa inggris

Manfaat lain yang kerap dilupakan orang-orang saat bermain game online adalah meningkatkan kosakata bahasa inggris. Ini karena kita mengetahui sebagian besar objek, tapi tidak tahu namanya dalam bahasa inggris.

Hidden object games sangat membantu meningkatkan kosakata bahasa inggris kita. Pasalnya semua hal tersaji dalam bahasa inggris.

5. Melatih kepercayaan diri

Banyak orang memainkan hidden object games untuk bersenang-senang. Asiknya game ini bisa dinikmati semua generasi, mulai dari anak-anak sampai kakek nenek.

Apalagi anak-anak, pasti senang banget ketika mereka bisa menemukan objek tersembunyi yang mungkin gak bisa ditemukan orang tua mereka.

Orang dewasa sekali pun bisa kesulitan menemukan benda-benda dalam game ini ketika mereka kurang fokus. Sebaliknya mereka akan merasa berhasil ketika bisa menyelesaikan satu level dan lanjut ke level berikutnya. Ini mengasah kepercayaan diri semua kalangan umur.

Cari saja hidden object games di Google dan kita bisa menemukan banyak situs yang mencantumkan permainan ini secara gratis. Paling gampang sih visit Solitaire aja dan mulai bermain langsung.

Hidden Object Games di Solitaire

Hidden object games secara historis lebih banyak menampilkan protagonis wanita. Tak heran permainan satu ini sering dilekatkan dengan citra feminin yang mengarah ke audiens wanita.

Tombol apa yang kita tekan? Cara mana yang kita pilih? Barang apa yang bisa kita ambil? Hidden object games berfokus pada hal ini. Genrenya terbilang kasual, tapi tetap dimainkan penuh antusias dan luas.

Tema hidden object games macam-macam, mulai dari cerita kriminal detektif populer, roman gothic, kerajaan, hingga misteri. Awalnya permainan ini dikembangkan dari game petualangan berdasarkan strategi point-and-click.

Aturan dasar hidden object games adalah kita harus menemukan semua benda tersembunyi dalam permainan. Kita tinggal klik objek pada layar sesuai dengan gambar benda yang harus ditemukan sampai batas waktu yang ditentukan. Jika kita salah mengklik objek, maka waktu kita akan dikurangi lima detik.

Berikut beberapa materi hidden object games keluaran Solitaire.

1. China Temple

Game ini berlatar belakang kuil China. Permainan ini memiliki 10 level. Skor di setiap level bergantung pada seberapa cepat kita menyelesaikan teka-teki objek.

  • hidden object games
  • hidden object games

Kita bisa mencetak 500 poin untuk setiap objek tersembunyi. Sebanyak 200 poin untuk setiap nomor tersembunyi dan 200 poin untuk setiap menemukan perbedaan. Jika permainan berakhir dan masih ada sisa waktu, maka setiap detiknya dihitung tiga poin tambahan.

2. Garden Secrets Hidden Objects

Game ini memiliki 10 level dengan waktu berbeda-beda. Kita bisa meraih tiga bintang di setiap level bergantung seberapa cepat kita menyelesaikan teka-teki.

  • hidden object games
  • hidden object games

Kita harus bisa menyelesaikan level sebelumnya untuk membuka kunci level berikutnya.

3. Hidden Kitchen

Suasana game ini sangat unik. Kita dihadapkan dengan berbagai peralatan dapur yang nyaris penampakannya sama. Banyak objek yang sulit dilihat, kecuali kita memperbesar skala gambar dengan cara mengetuk layar atau mouse dua kali. Dapurnya didesain dapur komersial.

  • hidden object games
  • hidden object games

4. Hidden Princess

Temukan semua objek-objek tersembunyi dalam satu waktu. Saran saya cobalah menemukan semua objek dari satu kategori terlebih dahulu, misalnya temukan kelompok pedang terlebih dahulu, baru mencari kelompok tiara atau mahkota.

  • hidden object games
  • hidden object games

Level pertama berisi 20 pedang, 10 sepatu, 25 mahkota, 10 pita, 30 angka, dan 30 tangkai mawar. Saran saya temukan dari jumlah paling kecil, dan tempatkan angka di pencarian terakhir setelah objek-objek lain ditemukan.

5. Medieval Castle Hidden Numbers

Game ini berlatar belakang hutan yang lokasinya berseberangan dengan sebuah kastil megah. Tugas kita menemukan semua nomor tersembunyi yang tersebar di setiap level.

  • hidden object games
  • hidden object games

Total ada 10 level di mana masing-masingnya memiliki 30 angka tersembunyi. Kita harus merampungkan level sebelumnya untuk membuka kunci level baru. Jika kita gagal, kita bisa bermain ulang (replay).

6. Pirates and Treasures

Game ini memiliki delapan level dengan waktu berbeda. Skor di setiap level bergantung seberapa cepat kita menyelesaikan teka-teki di dalamnya.

  • hidden object games
  • hidden object games

Setiap objek, angka, dan item pada gambar yang kita temukan bernilai 200 poin. Setiap detik waktu sisa permainan dihargai tiga poin.

Latar belakangnya cukup unik, seperti lambung kapal perompak ala Pirates of the Caribbean.

7. The Palace Hotel Hidden Objects

Game ini terdiri dari 10 level dengan waktu berbeda. Latar belakangnya adalah suasana malam hari di halaman depan hotel berbintang.

Level pertama memiliki batas waktu empat menit dan level berikutnya lebih pendek. Level terakhir bahkan hanya memberikan waktu dua menit dan 20 detik.

  • hidden object games
  • hidden object games

Masing-masing item yang kita temukan bernilai 50 poin. Skor maksimal adalah 600 poin, kemudian tiga poin untuk setiap detik waktu yang tersisa di akhir permainan.

Main Game Jangan Lupa Waktu

Main game online tidak serta merta berdampak negatif terhadap anak. Justru sebaliknya, bermain game online bisa menginspirasi anak melakukan berbagai aktivitas di dunia nyata.

Anak saya misalnya, usai bermain hidden object games di laptop, dia terinspirasi bermain petak umpet atau ‘sembunyikan mainan’ di rumah. Seperti namanya, permainan ‘sembunyikan mainan’ semacam permainan mencari jejak.

Anak menyembunyikan mainan di beberapa sudut rumah, dan kita bertugas menemukannya. Permainan simpel ini mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, emosional, dan kognitif anak.

Secara khusus saya berpesan pada orang tua yang memperkenankan anak bermain ponsel, tablet, atau PC. Tetap kontrol waktu yang dihabiskan anak-anak kita untuk bermain game, 30 menit hingga dua jam, bergantung usia anak.

Anak harus belajar bahwa hiburan elektronik tidak boleh mengisi separuh hari. Mereka perlu mendiversifikasi aktivitas di rumah dan luar rumah. Selamat bermain!

16 thoughts

  1. Waktu masih kerja di Taiwan, majikan selalu main game Solitaire gini hampir sepanjang libur. Mereka kadang mengajarkan saya tapi sayanya yg ogah hahaha…
    Mending chating sama teman atau ngeblog, alasan sih ngantuk. Hehehe

    Like

  2. wah kangennnn….
    dulu banget , saya suka main kartu untuk ngurangin stres bareng temen2 kost
    sesudah lulus dan menikah kayanya sesuatu yang mewah deh bisa main kartu
    untung ada mengenal Solitaire ya?

    Like

  3. Solitaire ini legend banget buat saya, sejak dulu sampai sekarang masih tetap setia mainin di kala waktu luang atau pas lagi butuh refreshing otak.
    Senang banget ada situs yang simple kayak solitaire.org ini 🙂

    Like

  4. Jadi ingat zaman masih pakai komputer dengan monitor tabung, kalau sedang senggang di waktu kerja, ga pengen keluar ruangan apalagi ngobrol ngalor ngidul sama rekan, lebih suka main solitaire :))
    Rasanya seru dan asyik, hampir ketagihan malah. Tapi sejak teknologi komputasi makin canggih, laptop dan hp makin terbarukan, game-game canggih dan keren bermunculan, nafsu ngegame malah ilang haha. Tapi anak-anak saya malah pada hobi main game.

    Like

  5. Wah, kok mainnya kakak Muthe samaan sama diriku nih. Game kartu fenomenal begini, memang bangkitkan nostalgia. Jujur, saya belum bisa menikmati game anak zaman now, masih saja nyari game asah otak seperti ini

    Like

  6. Jadi inget jaman masih kerja dulu. Solitaire tuh sudah ada tapi yang model konvensional ya. Gamenya saya install di PC kantor. Biasanya saya main sambil istirahat makan siang. Kalau bosen main game, saya biasanya nyetel drakor hahahaha. Waktunya pas 1 jam untuk setiap episode.

    Tapi sekarang Solitaire sudah banyak ragamnya ya. Jadi pengen nyoba lagi. Asik buat hiburan dan biar gak gampang pikun juga.

    Like

  7. Hidden objects di games memang seru apalagi Solitaire permainan yang sudah dikenal, jadi makin menyenangkan memainkannya, apalagi untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas

    Like

  8. Game online di solitaire ini emang banyak banget ya ragamnya, game klasik tapi tetep aja menyenangkan karena bisa dimainkan di semua perangkat baik PC/Komputer, laptop, tablet, dll. Saya sendiri sudah mencoba permainan di solitaire.

    Like

  9. yess ini mainan komputer yang aku mainkan dari SD, cuman waktu masih SD masih ga paham gimana caranya buat menang, untungnya sekarang ada banyak variasi games dari solitaire.
    sekarang kalau sumpek, buka website games emang paling enak ya, stress teralihkan gitu jadinya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.