Cara Melatih Kosakata Bahasa Inggris Anak Lewat Game Online

Anak-anak kita zaman sekarang, masih duduk di sekolah dasar aja udah tahu banyak kosakata bahasa inggris, bahkan sebagian udah lancar speaking-nya. Pinter ya mereka? Namanya juga Generasi A alias Generasi Alfa.

Generasi Alfa yang lahir mulai 2010 merupakan anak-anak dari Generasi Milenial. Mark McCrindle, seorang analis sosial dan demografi yang mempopulerkan istilah tersebut, mengatakan Generasi Alfa akan menjadi generasi paling banyak di antara yang pernah ada. Sekitar 2,5 juta Generasi Alfa diperkirakan lahir setiap minggunya.

Beda cerita dengan kita, Milenial atau Generasi Y yang lahir 1980-an hingga 1995. Kita rata-rata baru serius belajar bahasa inggris begitu duduk di bangku SMA. Itu pun motivasinya untuk bekal kuliah dan biar gampang dapat beasiswa ke luar negeri sekiranya nanti mau lanjut S2.

Kosakata bahasa inggris memainkan peranan penting dalam pembelajaran bahasa asing. Tentunya ini gak mudah bagi mayoritas anak-anak Indonesia yang masih pemula. Apalagi mereka di sekolah juga dibebani mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa daerah.

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Guru dituntut inovatif memotivasi anak untuk bersemangat belajar bahasa inggris. Guru perlu lebih kreatif menggunakan teknik mengajar supaya anak tidak merasa bosan. Tujuan akhirnya murid tertarik belajar bahasa inggris dengan riang gembira.

Sebagai orang tua, kita tentu ikut men-support upaya guru bahasa inggris di sekolah. Ada banyak cara meningkatkan kosakata bahasa inggris yang bisa kita praktekkan untuk anak di rumah.

1. Tebak daftar kata

Ini adalah permainan sederhana. Kita menyebutkan satu tema yang harus dijawab anak-anak dalam bahasa inggris.

Misalnya, kita bilang, sebutkan 10 nama hewan dalam bahasa inggris, atau sebutkan tujuh warna pelangi dalam bahasa inggris. Anak diminta menyebutkan, kemudian menuliskan jawabannya di buku tulis atau papan tulis.

Dengan demikian anak belajar melalui banyak cara, yaitu melihat, mengucapkan, dan menuliskan.

2. Susun flash card

Kita bisa menggunakan kartu flash (flash card) A-Z di rumah. Kita pikirkan satu kata, misalnya nama hewan, DUCK, lalu kita siapkan empat kartu bertuliskan masing-masing huruf D, U, C, dan K, kemudian menyusunnya acak.

Minta anak menyusun kartu-kartu acak tersebut menjadi satu kata. Jika anak menyerah, tidak bisa melakukannya, beri clue pertama, misalnya aku adalah nama hewan.

Jika anak masih tidak bisa, beri clue kedua, misalnya huruf pertamaku adalah D. Begitu seterusnya sampai anak bisa menyusun kartu-kartu itu menjadi DUCK.

3. Isi teka-teki

Bermain teka-teki menurut saya mengasikkan bagi anak-anak dari segala usia. Kita bisa menentukan dalam hati satu kata, kemudian tuliskan di papan tulis. Namun, jangan tuliskan semua huruf dalam formasi lengkap. Kosongkan satu atau dua huruf untuk diisi oleh anak.

Misalnya, kita terpikir ingin menuliskan ORANGE. Nah, kita cukup menuliskannya di papan tulis dengan susunan O…AN…E. Minta anak mengisi huruf yang kosong.

Sama halnya dengan bermain susun flash card, jika anak tidak bisa menebak, berikan clue pertama. Misalnya, aku adalah nama buah. Jika anak masih belum bisa menebaknya, berikan clue kedua, misalnya aku adalah buah yang kaya vitamin C.

Begitu seterusnya sampai anak bisa mengisikan huruf R dan G untuk melengkapi kata ORANGE.

4. Pictionary

Cara melatih kosakata bahasa inggris yang satu ini dengan menggunakan gambar. Kalo orang tuanya jago gambar, bisa gambarkan satu benda atau apapun di papan tulis, kemudian minta anak menuliskan nama gambar itu dalam bahasa inggris.

Kita bisa juga pakai kartu flash atau flash card bergambar. Caranya sama, minta anak menyebut gambar tersebut dalam bahasa inggris.

5. Buat kamus pribadi

Anak kita walau pun masih kecil sudah bisa diajarkan memiliki kamus pribadi loh. Mula-mula tuliskan masing-masingnya satu halaman untuk satu abjad atau huruf, sehingga total akan ada 26 halaman.

Setiap harinya minta anak menuliskan kosakata bahasa inggris yang sudah dikuasainya, minimal 1-2 kata per hari, gak usah banyak-banyak. Evaluasi terus hafalan anak setiap hari agar seluruh kosakata yang sudah dia ingat dan tuliskan tidak dilupakan.

Game Online Edukatif di Plays.org

Lima cara melatih kosakata bahasa inggris anak yang saya tuliskan di atas adalah permainan offline. Secara umum konsepnya mirip dengan puzzle, anagram, scrabble, boggle, dan sebagainya.

Gimana dengan permainan online? Nah, ini dia nih yang lagi saya praktekkan ke anak saya di rumah. Soalnya putri saya yang sebentar lagi berumur enam tahun udah kadung mengenal game online.

Tugas saya sebagai orang tua adalah mengarahkan hobinya tersebut ke jalan yang benar. Oke, si kakak boleh main game, tapi harus game yang edukatif dong.

plays.org

Gak Perlu Install Game di Plays.org

Buk ibuk, pernah gak HP-nya tiba-tiba nge-hang lantaran anak terlalu banyak menginstall aplikasi game? Saya pernah, di HP jadul saya dulu.

Sebel gak sih, kalo anak kita sedikit-sedikit minta izin meng-install game baru di ponsel? Belum lagi nanti abis mereka main game, kita harus un-install lagi game-nya satu per satu.

Caca marica hey hey! Capek pastinya ya. Untungnya saya nemu solusi jitu.

Saya perkenalkan dan rekomendasikan terlebih dahulu, Plays.org. Ini adalah situs yang menawarkan game online gratis, edukatif, dan menyenangkan yang bisa dimainkan langsung dari browser laptop atau smartphone.

Kita gak perlu meng-install aplikasi game yang menurut saya cuma memenuhi memori ponsel. Kita gak perlu mendaftar, membuat akun, kemudian memverifikasinya via email hanya untuk memainkan satu game. Duh, ngabisin waktu.

Main game online di Plays.org sama kayak kita main game gratis di situs lokal, seperti games.co.id atau gameqoo.id. Beda Plays.org dari kedua situs lokal tersebut adalah mayoritas games yang disajikan bermuatan edukatif, bukan sekadar fun dan menantang.

Permainan atau game online yang ada di Plays.org super simpel. Anak, bahkan orang dewasa gak perlu pusing, ikutan stres memainkannya, apalagi menjadi adiktif. Amit-amit deh.

Pilihan games-nya kasual. Levelnya gak banyak. Setelah tiga atau empat kali main kita bisa langsung menamatkan permainan, kemudian berganti game berikutnya.

Game Online untuk Melatih Kosakata Bahasa Inggris

Plays.org sejak diluncurkan 2021 telah merilis lebih dari seribu game gratis. Setiap harinya situs ini bahkan menambahkan game baru.

Sedikit demi sedikit sekarang saya mulai mengajarkan anak saya bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Misi pertama saya adalah memperkenalkan kakak dengan kosakata-kosakata bahasa inggris sederhana.

Senang banget saya menemukan setidaknya lima game huruf dan kata dalam bahasa inggris yang bisa dimainkan si kakak di Plays.org.

Nah, sebelum si kakak mencoba, tentunya saya sebagai ibunya mencoba terlebih dahulu di ponsel, biar gak gaptek pas mendampingi anak saya bermain. Maklum, anak kecil biasanya banyak nanya dan ceriwis banget. Hehehe.

Berikut lima game online gratis untuk melatih kosakata bahasa inggris yang bisa diakses lewat Plays.org.

1. TypeShift: Letter Tile Word Spelling Puzzle Game

TypeShift adalah permainan kata. Levelnya gak dibatasi waktu. Kita juga bebas mengacak-acak susunan hurufnya. Cocok sekali untuk anak-anak kita yang masih pemula dalam belajar bahasa inggris, usia 7-10 tahun.

Bukan cuma anak-anak, orang tua anak pun bisa ikut bermain. Ya, kan gak semua emak bisa bahasa enggresss kaleee.

plays.org
Cara bermain

Saat pertama muncul, semua kotak huruf akan berwarna ungu. Tugas kita adalah memindahkan kotak huruf ke atas atau ke bawah. Kalo kata yang kita eja sudah benar, maka kotak huruf yang tadinya berwarna ungu akan berubah menjadi biru.

Kotak huruf yang sama bisa kita gunakan untuk menyusun kata berikutnya yang berbeda. Semua kata bahasa inggris yang ada dalam permainan ini tuh baku. Ya, kalo di Indonesia istilahnya mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kalo di Inggris apa ya? Hehehe.

Gak ada kata-kata slang. Gak ada nama-nama orang juga. Bagus banget buat nambahin vocabulary.

Games ini mendorong anak-anak mengategorikan, menghafal, dan memvisualisasikan kata-kata. Ini games alfabet yang paling saya suka di plays.org.

2. Alphabet Bubble Letter Match Game

Permainan mengenal huruf atau abjad ini terdiri dari empat level. Kita harus menyelesaikan level pertama dan satu level bonus, baru lanjut ke level kedua dan seterusnya.

plays.org
Cara bermain

Nantinya akan ada gelembung-gelembung huruf bergerak dari kanan ke kiri di atas peti harta karun. Tugas kita adalah menyentuh huruf pertama dari setiap kata yang tertulis pada peti.

Pada peti bertuliskan APPLE misalnya. Saat ada huruf A yang melintas di atas peti tersebut, pecahkan gelembung dengan cara mengetuknya sehingga huruf tersebut jatuh ke dalam peti. Jika kita salah memecahkan gelembung huruf, maka seekor hiu akan memakannya.

Setelah semua huruf pertama pada peti terpecahkan, pada level bonus, kita akan diminta mengingat kembali urutan gambar pada peti. Tugas kita adalah memecahkan gelembung huruf pertama dari setiap peti secara berurutan.

Misalnya, urutan petinya adalah Apple, Butterfly, Cat. Maka kita harus menunjuk gelembung dengan huruf A, B, kemudian C.

3. Sesame Street Big Bird and Snuffy’s Letter Dance Party

Siapa sih yang gak kenal Sesame Street? Anak saya senang banget sama Elmo, Big Bird, Kermit, Bert, Grover, Ernie, Abby, dan teman-temannya.

Nah, dalam permainan Sesame Street Big Bird and Snuffy’s Letter Dance Party ini, anak-anak belajar mengeja A, B, C, dan seterusnya dalam bahasa inggris bersama Big Bird dan Mr Aloysius Snuffleupagus. Jari jemari mereka diajak menari di atas huruf nih. Asik banget.

plays.org
Cara bermain

Kalo kita pakai HP dengan layar sentuh, maka gunakan telunjuk kita untuk menebalkan huruf sampai semua bagian putih diwarnai penuh. Kalo kita pakai komputer desktop, gerakkan kursor mouse kita mengikuti lekuk-lekuk huruf yang muncul, kemudian klik kiri begitu selesai.

Selanjutnya setelah berhasil kita akan mendapat kotak hadiah berisi surat undangan pesta. Klik, kemudian kita akan melihat salah satu muppet alias boneka itu menari seiring sentuhan tangan kita. Lanjutkan huruf berikutnya.

4. Alphabats Alliteration

Aliterasi adalah pengulangan kata berbahasa inggris dengan bunyi vokal yang sama, atau huruf yang sama. Contohnya, kata Big Bad Bear yang semuanya berawalan huruf B. Ada juga kata Cozy Kangaroo yang mempunyai vokal sama saat kita membaca kata Cozy (dibaca: kozi) dan kata Kangaroo (dibaca: kangourou).

plays.org
Cara bermain

Nantinya akan muncul beberapa ekor kelelawar. Perhatikan kata per kata yang tertulis di perut mereka.

Tugas kita memasangkan satu ekor kelelawar yang bergelantung di dahan paling atas dengan satu dari beberapa kelelawar yang berada di bawahnya. Tentu saja mengikuti kaidah aliterasi ya.

Begitu semua kata telah dicocokkan, ada level bonus nih. Tugas kita di sini membantu si kelelawar memakan sebanyak mungkin kunang-kunang. Ambil sebanyak mungkin kunang-kunang sebelum mereka menghilang.

5. Alphabetize With Tali and Otto: Alphabetical Order Game

Tali dan Otto adalah dua ekor burung tukan (Ramphastos toco) yang memiliki paruh sangat besar dan berasal dari Amerika Selatan. Mereka adalah teman kita dalam permainan ini.

Alphabetize With Tali and Otto adalah permainan mengurut abjad yang bisa dimainkan manual atau otomatis. Syarat pertama adalah anak kita harus hafal dulu ABCD.

plays.org
Cara bermain

Kalo kita pengen otomatis, pilih opsi Use our word list yang akan muncul di awal permainan. Kalo kita pengen manual, pilih opsi Create your own word list. Nanti akan muncul keyboard virtual, tempat kita mengetik kata yang kita inginkan.

Kita bisa memilih, mau bermain dengan lima kata, 10 kata, 15 kata, atau 20 kata. Kalo kita pilih 10 kata nih, tapi kenyataannya kita cuma ingat delapan kata, maka dua kata lainnya akan diisi kosakata default secara otomatis.

Langkah selanjutnya pada sisi kanan layar akan muncul kotak-kotak vertikal berisi kosakata yang diacak. Tugas kita adalah memindahkan kotak tersebut ke sisi kiri dinding pohon. Ingat, abjadnya harus berurutan ya.

Misalnya nih, urutan yang muncul adalah Elephant, Dog, Tiger, maka kita harus mengurutnya teratur, seperti mengabsen teman di kelas, menjadi Dog, Elephant, dan Tiger.

Mulailah dengan huruf pertama dari kata tersebut. Kalo semisal kita ketemu dua kata dengan huruf pertama yang sama, baru perhatikan huruf keduanya, manakah yang lebih dulu? Aturlah urutannya berdasarkan huruf pertama, kedua, dan seterusnya.

Games otomatis berakhir ketika semua kata sudah tersusun berurutan. Kita nanti akan ditawarkan, mau games selesai atau mau lanjut ke level bonus?

plays.org

Putri saya benar-benar senang bermain huruf dan kata dalam bahasa inggris bersama Plays.org. Dia bahkan ingin mengeksplore permainan edukatif lainnya, seperti game angka dan matematika sederhana.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Apakah kamu tertarik dan terinspirasi dengan cerita saya ini? Silakan berbagai pandangan di kolom komentar ya. Terima kasih.

13 thoughts

  1. Waaaaah, game yang edukatif. Bermain sambil belajar ya kak. Bisa ku rekomendasikan buat orang lain nih. Bermain yang menyenangkan. Bahasa inggris sekarang sudah menjadi kebutuhan sehari2.

    Like

  2. Ada banyak banget game ya di website plays.org. Kita tinggal pilih deh mau model game yang begimane. Mau game yang bikin pinter bahasa inggris pun ada. Apalagi game seru lainnya.

    Like

  3. It works memang belajar bahasa Inggris sembari main game. Anak sulungku tuh entah game apa yang dia install ya sampe sering banget ngobrol dengan teman-teman asingnya, yang kebanyakan orang US. Cuma ya gitu. Karena perbedaan waktu, dia mainnya tengah malam dan suka mengganggu tidur adiknya, yang kebetulan kamarnya bersebelahan hahahaha. Tapi sekarang kamarnya sudah tak pasangi peredam suara. Jadi sudah lebih nyaman.

    Oia dulu waktu anak-anak saya masih kecil, saya biasakan mereka nonton Net Geo dan beberapa channel LN lainnya. Dan menurut mereka, banyak vocabularies yang didapat dari situ.

    Like

  4. Main tebak daftar kata memang positif sih dampaknya.
    Mau gak mau kan jadi mikir kosakata dengan huruf itu apa ya, haha.
    Siip nih tipsnya apalagi buat anak² yang baru belajar bahasa Inggris ya

    Like

  5. Wah, anak-anak pasti suka ini. Bisa belajar sekaligus main games. Jadi pengen buka plays.org juga. Mayan banget bisa ngegames tanpa harus instal. Free pula. Asyik banget..

    Like

  6. Sebaiknya mengajar anak bahasa baru saat anak umur berapa ya? Saya khawatir anak jadi tambah bingung dan tidak mampu berkomunikasi karena sudah bilingual sejak kecil

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.