Belajar Asik dari Guru-Guru Terbaik di Ruangbelajar by Ruangguru

Banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) online mengklaim diri sebagai layanan belajar online terbaik. Sah-sah aja sih, tapi kita sebagai orang tua harus pandai menyeleksi aplikasi belajar tempat kita memercayakan peningkatan kualitas belajar anak kita untuk waktu yang tentunya tidak sebentar.

Anak SD saja oleh orang tua zaman sekarang sudah diikutsertakan dalam layanan belajar online. Apa jadinya jika sampai SMA atau SMK anak kita kursus di tempat sama yang kualitasnya ternyata standar-standar aja, tanpa ada peningkatan mutu pengajar dan materi pembelajaran?

ruangbelajar ruangguru

Master Teacher Si Guru Super

Sebetulnya apa sih yang membedakan layanan belajar online satu dengan lainnya? Jawabannya tentu saja guru.

Kita mengenal istilah guru besar atau profesor di perguruan tinggi. Sekarang pernah gak mendengar istilah guru master atau master teacher?

Saya pertama kali tahu istilah ini saat berkenalan dengan Ruangguru. Aplikasi belajar online terbaik yang baru saja dinobatkan sebagai perusahaan pendidikan paling inovatif nomor dua di dunia oleh Majalah Fast Company ini merupakan gudangnya guru-guru terbaik atau master teacher.

Jadi master teacher adalah pencapaian pribadi. Bagi saya master teacher adalah pendidik yang ingin terus unggul di bidangnya, ingin memberi pendidikan terbaik bagi siswanya, selalu bersikap positif dan fleksibel.

Master teacher adalah orang yang gak pernah pelit berbagi semangat mengajar kepada orang lain.

Gimana caranya seorang pengajar bisa menjadi master teacher?

1. Punya passion mengajar siswa

Seorang master teacher mencintai apa yang dilakukannya. Inilah yang disebut passion.

Guru-guru terbaik mengutamakan efektivitas dan keunggulan dalam pendidikan. Memang, setiap guru ketika bekerja pasti berhadapan dengan yang namanya good days or bad days, tapi semangat positif seorang master teacher terus menyala dalam kondisi apapun. Mereka bahkan menularkannya ke siswa dan sesama guru.

2. Punya harapan realistis untuk siswa

Mengajar orang lain dalam kapasitas apapun, mau itu guru atau bukan guru tetap menantang. Master teacher menentukan harapan realistis terhadap masing-masing siswa yang diajarnya.

Mau siswa SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa sekali pun, master teacher paling tahu bahwa masing-masing siswa belajar dan menafsirkan informasi dari guru secara berbeda. Mereka punya tingkat kesiapan masing-masing dalam menyerap materi pembelajaran. Sebagian cepat menangkap, sebagian lain agak lamban.

3. Tak pernah berhenti belajar

Seorang guru profesional punya gelar pendidikan tertentu, minimal S1 atau S2 disesuaikan dengan kelas dan materi-materi yang diajarkan.

Nah, yang membedakan master teacher dengan guru pada umumnya adalah meski sudah ahli, tapi tak pernah berhenti belajar, khususnya mengawinkan cara belajar konvensional dengan cara belajar menggunakan teknologi digital.

4. Menginspirasi siswa dan guru lain

Ketika guru kehilangan niat dan semangat untuk belajar, mustahil dia bisa menginspirasi orang lain. Master teacher menunjukkan semangat itu kepada siswa dan rekan sejawatnya sesama guru.

5. Percaya diri dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki

Master teacher harus percaya diri dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Semua yang dia dapatkan, semua yang telah dia pelajari sebelumnya, digunakan untuk membantu orang lain memahami apa yang diajarkannya.

6. Kreatif, efektif, dan bertanggung jawab.

Master teacher bertanggung jawab untuk mengajar, kadang terjun langsung menyusun kurikulum. Dia kreatif membantu siswa memahami apa yang diajarkan.

Semua guru pada dasarnya harus bertanggung jawab sebab pendidikan siswa ada di tangannya. Banggalah wahai para guru.

7. Menonjol di bidangnya

Master teacher tak ragu untuk maju dan memimpin. Dia tampil menonjol di bidangnya karena tak pernah berhenti belajar, terus memperkaya pengalaman, dan menyumbangkan semangatnya membantu siswa dalam belajar.

Master Teacher Ruangguru VS Bimbel Lain

Pastinya penasaran dong, apa sih yang membedakan master teacher Ruangguru dengan bimbel lainnya? Apa pula beda master teacher Ruangguru dengan guru-guru sekolah pada umumnya?

ruangbelajar ruangguru

1. Jumlah siswa yang diajar

Guru bimbel biasanya memegang sekitar 10-25 siswa di kelas umum atau 1-5 siswa di kelas privat. Nah, kalo master teacher Ruangguru bisa mengajar jutaan siswa sekaligus pada waktu sama di seluruh Indonesia.

Master teacher Ruangguru tak perlu mengubah gaya belajar siswanya. Mau anak belajar sendiri-sendiri, atau belajar berkelompok sama teman-temannya, bisa banget.

ruangbelajar ruangguru

Ruangbelajar by Ruangguru memakai teknologi pengajaran yang canggih dan menarik. Salah satu contoh, siswa bisa belajar dengan cara menonton video dari seorang master teacher, mau itu rekaman video atau live teaching. Lebih efektif kan?

2. Bisa memvisualisasikan pelajaran

Siswa-siswa zaman sekarang tidak sama dengan siswa-siswa zaman dulu yang kebanyakan text book. Mereka lebih senang memahami materi secara visual.

Master teacher di Ruangguru ahli memvisualisasikan pelajaran dengan berbagai cara. Jangankan bikin visual hitam putih di atas kertas atau papan tulis, mereka bahkan memaparkannya dalam bentuk animasi dan role play loh.

3. Waktu mengajar efektif

Master teacher gak perlu lagi mengulang-ulang materi yang sudah dia sampaikan sekiranya masih ada siswa kurang paham. Tinggal putar ulang saja video pemaparan dari sang guru, sehingga siswa bisa mengakselerasi dirinya sendiri. Efektif, bukan?

4. Pintar bikin rangkuman

Master teacher sudah pasti pintar membuat rangkuman di akhir sesi pelajaran. Mereka sudah menyiapkannya jauh hari loh, bekerja sama dengan para ilustrator kreatif Ruangguru.

5. Bikin soal dan bahas soal lewat aplikasi

Master teacher Ruangguru gak cuma bikin soal doang. Mereka juga ahli membahas soal-soal yang disajikan menggunakan sistem aplikasi secara terperinci. Jelas beda dengan guru bimbel pada umumnya yang baru akan membahas soal ketika tatap muka dengan siswa di jam kursus.

Langganan Ruangbelajar by Ruangguru

Saya sempat browsing mengenai tarif bimbel di beberapa lembaga kursus siswa. Rata-rata mereka menerapkan biaya pendaftaran setidaknya Rp 200 ribu per siswa baru.

Saya kemudian disajikan rincian biaya program, mulai dari superintensif online, reguler, silver, gold, sampai platinum juga ada. Begitu lihat angkanya, saya langsung elus dada.

Biaya normal paling murah Rp 2 juta dan paling mahal hampir Rp 20 juta per tahun. Duh, pikir saya, udah lah, anak saya biar papa dan ibunnya aja kelak yang ngajarin di rumah.

Saya teringat lagi, ini kan musim pandemi Covid-19, otomatis anak lebih banyak belajar online di rumah. Saya mau merekomendasikan layanan belajar online termurah, terlengkap, dan terbaik, yaitu Ruangbelajar by Ruangguru.

ruangbelajar ruangguru

Ruangbelajar by Ruangguru menyajikan segudang kemudahan belajar untuk anak. Orang tua sangat terbantu karena harga Ruangbelajar lebih murah dibanding biaya kursus atau les privat lainnya.

1. Ada puluhan ribu video animasi untuk belajar

Ruangguru sekitar akhir 2017 meluncurkan platform Ruangbelajar yang salah satunya memberikan pengalaman belajar langsung menggunakan video. Saya akui, interface dan penyampaian materi oleh para guru dan master teacher Ruangguru sangat menarik.

Video animasinya keren, kualitas videonya bagus. Belajar jadi gak membosankan. Lihat saja tuh putri saya, Maetami yang sudah pintar membaca dan berhitung, begitu excited belajar di Ruangbelajar by Ruangguru.

2. Ada latihan soal dan pembahasan

Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur latihan, seperti bank soal, latihan bab, cek kemampuan, dan kuis. Tujuannya memastikan siswa memahami betul materi yang tengah dipelajari. Ada rangkuman infografisnya juga loh.

3. Semua materi bisa diunduh

Semua materi di Ruangbelajar bisa diunduh, kemudian diakses secara offline. So, kalo mendadak koneksi internet di rumah ngadat atau putus, anak kita tetap bisa lanjut belajarnya.

4. Fitur premium lainnya

Banyak lagi fitur-fitur seru di Ruangbelajar by Ruangguru. Salah satunya Ruangguru Adventure dan Teman Belajar.

Fitur-fitur gamification ini membuat siswa lebih bersemangat belajar. Makin rajin mereka, makin besar hadiah yang dikumpulkan.

Orang tua akan mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif dengan cukup mengetik rapor anak ke nomor WhatsApp Ruangguru di 081578200000.

Juli 2021 ini Ruangbelajar by Ruangguru merilis fitur-fitur baru loh. Penasaran kan apa aja fiturnya?

Adapto

Fitur ini membuat pembelajaran jarak jauh lebih interaktif. Jawab-jawaban dari hasil nilai kuis dalam video akan mengarahkan siswa sesuai kemampuan belajarnya.

Tujuannya hasil belajar siswa meningkat karena siswa belajar dengan kecepatannya sendiri. Mereka perlu memahami materi sebelum lanjut ke bagian berikutnya. Siswa didorong belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan, dan imersif.

Rencana Belajar

Fitur ini memudahkan siswa ketika menonton video pembelajaran. Kalo semisal mendadak siswa bersangkutan ada aktivitas lain, sehingga harus menutup aplikasi Ruangguru, mereka gak perlu mengulang video dari awal jika ingin melanjutkan materi setelah itu.

Subtitle Video

Transkrip salah satu fitur berharga untuk membantu pembelajaran siswa. Ini berdasarkan tolak ukur aplikasi pembelajaran global.

Otak siswa dapat merekam video pembelajaran lebih banyak ketika membaca transkrip atau subtitle selama menonton. Mereka pun tak akan melewatkan poin-poin penting.

Fitur Pencarian

Siswa bisa menemukan materi belajar lebih cepat.

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Kalo siswa bisa menyelesaikan empat misi dalam seminggu, mereka bisa mendapat satu batu evolusi hewan peliharaan. Cocok nih buay siswa yang suka bermain game online supaya lebih semangat belajar.

Tes Minat Bakat

Sejenis tes psikologi berbentuk Tes RIASEC. Pengguna bisa memperkirakan karier yang sesuai dengan diri mereka.

Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning. Hasilnya jurusan-jurusan sesuai minat bakat yang dimiliki.

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2021/2022, Ruangbelajar by Ruangguru memberikan diskon hingga 60 persen untuk pelanggan baru. Harga normal paket Ruangbelajar setahun yang awalnya Rp 1,5 juta cukup dibayar separuhnya. Ini biaya setahun loh.

Bandingkan jika kita mengursuskan anak di tempat bimbel biasa. Tarif normalnya saja dua kali lipat dari tarif normal Ruangbelajar by Ruangguru.

Gimana cara berlangganan Ruangbelajar by Ruangguru?

  • Buka aplikasi Ruangguru, dan temukan pilihan Langganan Sekarang.
  • Isi jenjang pendidikan yang diinginkan, kemudian pilih durasi berlangganan, misalnya 1 bulan, 1 semester, 1 tahun, 2 tahun.
  • Pilih metode pembayaran, melalui bank transfer, kartu kredit, Indomaret, Alfamart Group (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan).
  • Tunggu notifikasi yang memberitahukan proses sudah selesai dan anak siap menikmati layanan belajar online terbaik di Ruangguru.

Dapatkan informasi selengkapnya tentang Ruangguru melalui chat WhatsApp di bawah ini, email info@ruangguru.com atau telepon 02140008000.

Guru di mata saya adalah sosok yang selalu menghargai waktu dan upaya siswa mengikuti pelajaran yang dia ajarkan. Guru-guru terbaik di Ruangbelajar by Ruangguru akan melakukan apa saja demi memberikan pendidikan terbaik untuk siswa setiap harinya.

Selamat datang tahun ajaran baru. Yuk, sempurnakan belajarmu di Ruangbelajar by Ruangguru!

17 thoughts

  1. Sebelum pagebluk ini, aku sempat survey ke sejumlah LBB konvensional, dan ya ampyuun auto terkedjoet begitu baca paket2 les apalagi program intensif mereka. MEHONG BUANGEETT, gaess
    Padahal, waktu itu, aku cari yg utk kls 6 SD.
    Wis, bubaarr bubaarr đŸ˜€

    Kemudian, datanglah pandemi dan segala hal serba online, ye kan.
    Sekaranng kalo ada temenku yg butuh rekomen, udah tentu kuarahkan ke RuangGuru dan aneka brand kerenS milike RuangGuru

    Like

  2. Bahkan master teacher pun tak pernah berhenti belajar, maka teacher biasa seharusnya demikian.
    Anak2 kita bisa nih selalu semangat belajar, tak berhenti belajar dengan inovasi2 dari Ruangguru.

    Like

  3. Anak-anakku sebelum pandemi ga pernah bimbel, Mbak. Pemantapan materi sekolah dan belajar saya dampingi sendiri. Tapiiii, saat pandemi kok ya enggak sanggup karena materi anak SMA kelas X dan SD kelas VI juga dah kelas berat. Maka pilihan belajar di ruangbelajar dari Ruangguru beneran membantu

    Like

  4. Yang saya salut dari ruangbelajar ini, master teachernya masih muda-muda. Tapi udah kreatif banget dalam mengelola dan menyampaikan materi ajar, penguasaan kelasnya juga oke. Tak salah kalau dapat panggilan Master.

    Like

  5. Kebetulan, salah saru adekku bakal nik kelas 9 nih mbak. Aku juga cari bimbel yang bisa bantu dia belajar.

    Kelamaan di rumah bikin males. Daring aja ogah-ogahan. Maknya mau aku les-in aja

    Like

  6. Ruang Guru selalu penuh inovasi ya. Ruang Belajar bersama Master Teacher tentunya akan sangat membantu anak untuk memahami pelajaran di masa daring ini. Harga berani bersaing demikian pula kualitasnya pasti oke punya dibanding bimbel-bimbel lainnya.

    Like

  7. Di ruangguru kita belajar tidak hanya materi tetapi juga ahlak. Menjadi guru itu tidak mudah, master guru di ruangguru swlain jadi teladayjuga mencerminkan guru yang beneran dengan passion nya sebagai tenaga pendidik dan pecinta pendidikan

    Like

  8. Guru2 di ruang guru memang berkualitas ya Belajar pun jadi Asik karena Guru-Gurunya pilihan terbaik.
    Saya sih iyess buat ruang guru hehe

    Like

  9. Wah keren. Ruang Guru menduduki peringkat #25 sebagai perusahaan pendidikan inovatif di dunia. Tapi bener. Saya setuju. Baru setengah perjalanan membaca dan menelusuri aplikasi ini, saya menemukan banyak plus poin dari Ruang Guru. Membanggakan.

    Like

  10. Terima kasih banyak infonya mbak … Betul sekali tahun ini ruang guru terlihat hits banget sebagai tempat buat belajar,tentu saja guru-gurunya terbaik sih ya mbak…

    Like

  11. Belajar dengan visualisasi gitu menurut daku memang lebih mengena, karena bisa cepat terekam oleh siswanya. Apalagi belajar di ruangguru bisa kapan aja dan disertai progressnya juga. Jadi ketahuan ya perkembangannya udah sampai mana

    Like

  12. Aku bertanya-tanya, berapa sih usia foundernya itu? Kelihatannya masih muda banget tapi sangat inovatif dan visioner. Dia bisa melebarkan sayap sesuai perkembangan zaman. Nah, ini dia yang dibutuhkan banget sama ibu-ibu yang kepengen anaknya punya strategi lain dalam belajar tapi suka mikir bimbel di mana supaya ongkosnya nggak berat. Ternyata sudah tersedia ya di Ruangbelajar by Ruangguru.

    Like

  13. Menurutku ruangguru itu benar-benar pilihan dan solusi yang tepat untuk membantu anak-anak belajar, apalagi di masa pandemi ini. Aku juga pernah dengar langsung dari keponakan, katanya emang nyaman banget belajar di ruangguru.

    Like

  14. wah luar biasa nih master teacher nggak berhenti belajar alias terus meningkatkan skillnya dalam mengajar dan pengetahuan. Hal ini tentu jadi nilai plus ketika orangtua mencari lembaga bimbingan untuk anaknya. Karena guru di sekolah kadang ya masih gitu gitu aja (meski nggak semua sih, hehe). Dimasa pandemi, Ruang Guru bener2 jadi alternatif bimbingan belajar yang solutif nih, banyak pilihan paketnya pula đŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.