Satu Dekade Bayar Tagihan Kartu Halo Gak Pakai Ribet

Telkomsel memang bukan operator yang kasih pelanggan tarif paling murah, tapi menurut saya ini satu-satunya operator paling ekonomis dan paling rasional mematok tarif. Suami saya misalnya, menjadi pelanggan Telkomsel dan bayar tagihan Kartu Halo sejak lebih dari satu dekade lalu.

Saya sendiri menggunakan kartu As lebih dari 11 tahun. Ayah dan ibu saya, papa dan mama mertua saya, adik-adik saya semua pakai Telkomsel.

Kalo kita ngakunya konsumen paling Indonesia, mestinya tahu bahwa layanan seluler itu bukan cuma pulsa dan data saja hitungannya. Ada cost lain yang dipertimbangkan, salah satunya kesediaan operator membangun infrastruktur jaringan ke berbagai daerah.

Sekarang coba kita lihat operator lain yang mematok tarif super murah. Rata-rata mereka menjangkau pengguna di perkotaan kan? Bikin infrastruktur jaringan di kota jauh lebih mudah karena semua akses tersedia. Dampaknya tarif yang diberlakukan pun bisa super murah.

Pertanyaannya, seberapa sedia operator non-Telkomsel membangun infrastruktur jaringan hingga ke daerah terluar, terdepan, tertinggal atau 3T? Mau gak mereka bangun tower di pedalaman Papua?

Mau gak mereka memperluas jaringan internet hingga ke pulau-pulau terdepan? Jawabannya ya mereka pasti mikir dua kali.

Nilai investasinya gak sedikit. Pembangunan satu tower base transceiver station (BTS) di wilayah Indonesia Timur kira-kira butuh biaya Rp 1-2 miliar.

Satu tower menjangkau sinyal hingga radius 1,5-3 km. Bayangkan, berapa tower perlu dibangun untuk menghubungkan daerah-daerah di Indonesia Timur?

Perusahaan telekomunikasi pastinya mengeluarkan dana gak sedikit. Belum lagi break even point (BEP) alias balik modalnya pasti lama, sementara hasilnya belum tentu mencatat profit.

Saya pernah berlayar hingga ke perbatasan Indonesia-Australia, tepatnya Pulau Ndana Rote sekitar pertengahan 2012. Satu-satunya sinyal operator yang saya dapatkan di sana hanya Telkomsel.

bayar tagihan kartu halo

Saya juga pernah memasuki Gate of Schwaner di pedalaman Bukit Baka Bukit Raya antara Kalimantan Barat dan Tengah pada 2007, lagi-lagi di sana saya hanya menemukan sinyal Telkomsel. Padahal saya sudah bawa tiga kartu operator berbeda buat jaga-jaga sebab harus ekspedisi selama dua minggu di pedalaman Borneo.

Jadi, kesimpulannya Telkomsel bukan cuma berorientasi bisnis. Anak usaha Telkom ini juga bagian dari BUMN yang notabene harus menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, serta terlibat dalam pengembangan ekonomi masyarakat di berbagai wilayah.

Sekiranya masih terdapat banyak keluhan soal layanan Telkomsel di sana sini, mau itu Kartu Halo, Simpati, As, atau by.U, saya sangat maklum. Gak ada yang namanya satu hal bisa memuaskan semua orang. Pasti ada saja tampak kekurangan di samping kelebihannya.

Cara Bayar Tagihan Kartu Halo Telkomsel

Kartu Halo salah satu produk pascabayar Telkomsel. Suami saya bilang ada tiga hal yang bikin dia betah lebih dari 10 tahun pakai Kartu Halo.

Pertama, Kartu Halo sangat fleksibel. Kita bisa berkomunikasi kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas pulsa. Ini juga terkait dengan pekerjaan suami saya sebagai engineer yang sering melakukan komunikasi telepon dengan rekan kerja dan klien di lapangan.

Kedua, pemakaian pulsa lebih terkontrol. Ini karena Kartu Halo memberlakukan tagihan bulanan. Kita bebas menentukan paket telepon, SMS, dan internet sesuai kebutuhan, sehingga bisa mengatur pengeluaran. Suami saya misalnya, rata-rata menggunakan pulsa kurang dari Rp 1,5 juta per bulan.

Ketiga, nomor cantik 10 digit. Pengguna Kartu Halo bisa pilih nomor cantik 10 digit loh. Gak ada cerita deh kita bisa lupa nomor telepon sendiri. Belum lagi sinyalnya kuat, jangkauan luas, dan bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Bagaimana cara bayar tagihan Kartu Halo Telkomsel?

Silakan ikuti panduan di bawah ini dan pilih cara bayar tagihan Kartu Halo paling mudah versi kamu.

1. LINKAja

Ini adalah cara bayar tagihan Kartu Halo paling praktis versi saya. LinkAja dulunya bernama Telkomsel Cash atau T-Cash yang diluncurkan sekitar 2007, kemudian berubah nama menjadi LinkAja pertengahan 2019.

LinkAja pada dasarnya adalah aplikasi uang elektronik (e-money) dan dompet digital seluruh pengguna Telkomsel, mau itu Kartu Halo, Simpati, As, atau by.U. So, langkah pertama yang harus dilakukan adalah install aplikasi LinkAja di ponsel, kemudian isi data yang diperlukan.

Berikut cara bayar tagihan Kartu Halo via LinkAja:

  • Buka aplikasi LinkAja
  • Pilih menu Lainnya
  • Pilih menu Kartu Halo
  • Kalo kita mau bayar tagihan untuk nomor sendiri, pilih pembayaran Nomor Saya. Nomor kita akan terinput otomatis. Kita tinggal pilih tombol konfirmasi, lalu masukkan PIN LINKAja.
  • Kalo kita mau bayar tagihan Kartu Halo untuk orang lain, pilih pembayaran Untuk Orang Lain. Masukkan nomor telepon Kartu Halo yang dimaksud, pilih tombol konfirmasi, dan masukkan PIN.

Gak ribet kan? Sebab semua bisa diselesaikan dalam genggaman.

Selain bayar tagihan Kartu Halo, LINKAja bisa juga digunakan untuk transaksi pembelian pulsa dan paket data, bayar tagihan, bayar asuransi, bayar merchant, beli voucher game, kirim donasi, kirim uang, hingga mengajukan pinjaman.

2. Mobile banking (m-Banking)

Cara bayar tagihan Kartu Halo lewat mobile banking juga mudah. Beberapa nasabah yang bisa menggunakan layanan ini, antara lain nasabah BNI, BRI, Mandiri, BCA, dan sebagainya.

Syaratnya ya kita harus install dulu aplikasi mobile banking bank yang kita gunakan. Misalnya saya nih, punya mobile banking BNI, BRI, dan BCA. Saya bisa membayar tagihan Kartu Halo lewat m-Banking BNI, m-Banking BRI, dan m-Banking BCA.

Berikut contoh penggunaan m-Banking BCA untuk bayar tagihan Kartu Halo:

  • Unduh dan install aplikasi mobile banking BCA via Google Play atau AppStore.
  • Buka aplikasi m-Banking BCA
  • Pilih menu m-Payment
  • Pilih menu Handphone
  • Pilih penyedia layanan Kartu Halo, masukkan nomor hp, dan konfirmasi pembayaran.
  • Masukkan PIN dan klik OK.

3. ATM

Kalo kita gak install layanan m-Banking di ponsel, kita bisa mencari ATM terdekat sebagai salah satu cara bayar tagihan Kartu Halo yang gak kalah praktis. Caranya:

  • Masukkan kartu ATM
  • Masukkan nomor PIN ATM
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Telepon atau Ponsel, kemudian pilih Telkomsel/ Kartu Halo
  • Masukkan nomor Kartu Halo, maka muncul tagihan Kartu Halo kita pada layar mesin ATM.
  • Tekan menu Benar, kemudian Ya untuk mengonfirmasi tagihan.
  • Struk tagihan Kartu Halo yang sudah dibayarkan akan keluar dari mesin ATM.

4. m-Banking Telkomsel

Telkomsel ternyata punya aplikasi mobile banking sendiri loh. Namanya m-Banking Telkomsel. Ayo, udah pada install di ponselnya belum?

Aplikasi ini telah tersedia di perangkat android sejak 2018. Telkomsel menggandeng setidaknya 24 bank sekaligus, seperti BNI, BRI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon, Bank OCBC NISP, Bank ANZ, BTN, Bank Muamalat, dan sebagainya.

m-Banking Telkomsel berbeda dengan mobile banking versi bank. Buat saya yang punya rekening di beberapa bank sekaligus, aplikasi m-Banking Telkomsel memudahkan banget. Kebetulan saya telah mendaftarkan nomor Kartu As saya untuk layanan SMS banking di BNI, BRI, dan BCA.

Cara bayar tagihan Kartu Halo lewat m-Banking Telkomsel adalah:

  • Buka aplikasi m-Banking Telkomsel, kemudian pilih merchant.
  • Di sana tertulis beberapa layanan merchant, mulai dari isi pulsa, isi saldo LinkAja, Go-Pay, bayar listrik, PLN, PAM, dan Kartu Halo.
  • Pilih layanan Kartu Halo, masukkan nomor ponsel yang dimaksud, dan konfirmasi tagihan pembayaran.

5. Alfamart/ Indomart

Siapa tahu mesin ATM yang kita tuju sedang rusak, kita bisa mencari Alfamart atau Indomart terdekat. Cara bayar tagihan Kartu Halo lewat salah satu merchant rekanan Telkomsel ini adalah:

  • Infokan pihak kasir Alfamart atau Indomart bahwa kita ingin membayar tagihan Kartu Halo.
  • Sebutkan nomor Kartu Halo
  • Kasir mengonfirmasi nomor dan nama pemilik Kartu Halo yang dimaksud, kemudian menyebutkan besaran tagihan.
  • Bayar tagihan pada kasir dan minta struk pembayaran sebagai tanda transaksi berhasil.

6. Kantor Pos

Ini cara terakhir sekaligus cara bayar tagihan Kartu Halo yang gak mungkin gak bisa dilakukan. Pasalnya di seluruh daerah Indonesia, mulai dari kota sampai desa pasti punya Kantor Pos.

Caranya:

  • Datang ke gerai Kantor Pos terdekat
  • Sampaikan pada petugas bahwa kita mau bayar tagihan Kartu Halo
  • Sebutkan nomor Kartu Halo
  • Petugas akan mengonfirmasi nomor telepon dan nama pemilik, kemudian menyampaikan nominal tagihan
  • Bayar tagihan sesuai angka yang disebutkan, kemudian minta struk pembayaran bukti transaksi berhasil.

Emang paling enak pakai kartu pascabayar. Selain kemudahan cara bayar tagihan Kartu Halo, Telkomsel juga menawarkan pengguna Kartu Halo dengan promo-promo eksklusif, seperti berbagai bonus bulanan hingga ekstra kuota yang gak dimiliki kartu prabayar.

19 thoughts

  1. Jadi inget salah satu tetanggaque mom, dideket kepala bayi disimpan quran Yasin. Sodaraku bertanya mengapa dan katanya “disalah satu keluarganya udah biasa gitu biar gak kenapa2”. Padahal kan baiknya mah dibaca bukan disimpen aja 😀
    Mengenai mitos-mitos, menarik memang

    Like

  2. keren nih udah mempermudah pelanggannya untuk melakukan pembayaran. Memang udah saatnya mengikuti trend pembayaran biar melekat dihati pelanggan

    Like

  3. Banyak cara untuk bayar tagihan kartu halo, jadi mempermudah banget ya mbak. tinggal pilih aja mana yang menurut kita paling mudah.Kalau aku biasanya sih pake link Aja atau mobile banking. tinggal klik-klik aja dari rumah.

    Like

  4. Wah iya, harus memperhatikan biaya pembangunan BTS juga ya. Makanya gak heran kalo sinyal Telkomsel bisa tembus pelosok desa.

    LinkAja memang ngebantu banget deh. Saya bayar Indihome, listrik, transfer uang ke BRI maupun transaksi digital lainnya juga pakenya LinkAja. Lumayan suka dapat cash back juga sih hihihi hihihi hihihi hihihi *maaf keceplosan

    Like

  5. Jadi inget jaman dulu kalau bayar Kartu HAao harus antri di bank atau enggak di gerai Telkomsel, sekarang banyak pilihan dan gampang. Dulu sempat pakai selama beberapa tahun, sekarang saya ganti Simpati nomor dipakai kakak. Emang kalau sudah merasakan produk Telkomsel rata-rata malas ganti provider lain. Udah nyaman aja.

    Like

      1. Cara bayar melalui M Banking bayar tagihan kartu halo lebih gampang ya , bisa pasca bayar juga ya , yang terpenting masih ada sinyal walau di pedalaman butuh banget soalnya.

        Like

  6. Saya dari dulu termasuk keluarga saya setia pake telkomsel…macem deh ada yang pake kartu AS, simPati, bahkan kartu hallo. Keren juga nih ternyata telkomsel punya myTelkomsel sendiri, jadi mau bayar tagihan kartu hallo jadi gampang ya kak 🙂 btw saya sendiri udah dari kelas XI SMA pake telkomsel terus gak pernah ganti kartu..

    Like

  7. aku juga pake metode mbanking sih selama ini, plus kemarin dapat offering promo auto debet via cc dapat potongan or cashback gak pake lama langsung oke hahaha mayan kan yaa mba

    Like

  8. Saya 2006 ada tugas ke Ende seminggu mbak, dan satu-satunya provider yang bisa ketangkap sinyalnya ya telkomsel. Akhirnya beli perdana simpati di sana.

    Saya tiap bulan membayar tagihan kartu halo beberapa teman. Kaget lho kok habisnya sedikit banget, rata-rata tiap bulan cuma 33 ribu, kalau pas banyak dinas luar bisa sampai 60 ribu. Tapi itu kan masih termasuk dikit banget untuk telpon dan juga data. Apa karena kartu halonya corporate ya?

    Like

  9. Mungkin karena Telkomsel Pioneer ya dalam dunia provider di Indonesia jadi lebih pengalaman dalam masalah jaringan data dan persinyalan heheh..saya juga gunakan Tekkomsel Kartu Halo..jangkauan sinyalnya sampai ke pelosok pedesaan di tanah air. Hebat deh

    Like

  10. Wah, jadi pingin mengaktifkan Kartu Halo lagi nih jadinya abis baca artikel ini. Kemaren agak tergoda dengan kartu yg lain ehh ternyata emang susah berpaling ke lain kartu ya hehe… Bayar tagihan Kartu Halo bisa via LinkAja ya

    Like

  11. Keutamaan TELKOMSEL yang tidak dimiliki provider lain memang sinyalnya yang lebih kuat. ditambah dengan kemudahan membayar tagihan, itulah mungkin yang bikin pelanggan Kartu HALO betah.

    Like

  12. Bapak, Ibuk dan saudara2ku yang di luar Jawa juga pada pake Telkomsel. Jangkauan sinyalnya nggak main-main memang, mengalir nembus gunung mkwkwkw. Kalau aku sih belum pernah pake HALO, cuma lihat kemudahannya jadi naksir pengen ganti nih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.