VoSpace Jasa Pendirian PT Murah dengan Prospek Cerah

Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan mempekerjakan karyawan jarak jauh alias work from home. Sebagian perusahaan mengurangi jam operasional, lainnya bahkan berhenti berproduksi alias gulung tikar. Sekilas kok kesannya sedikit saja peluang untuk mencapai pertumbuhan bisnis menguntungkan.

Terlepas dari berbagai penyesuaian yang terjadi di dunia kerja, selalu ada celah memanfaatkan keadaan di tengah Covid-19 dengan terus mengembangkan bisnis baru. Bisa jadi nih, sekarang justru waktu terbaik kita mencari peluang pendirian PT murah.

Perusahaan Sukses Didirikan Saat Krisis

General Motors, IBM, Groupon, Burger King, Hyatt Hotels Corporation, dan Uber beberapa contoh perusahaan sukses yang lahir di tengah kondisi ekonomi lagi ngenes.

Pada 2007-2009 hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia terimbas krisis keuangan global. Ekonomi Amerika Serikat terkontraksi hingga 4,3 persen dengan angka pengangguran menyentuh 10 persen.

Negeri Paman Sam mengalami resesi selama 18 bulan. Akibatnya pasar properti anjlok, sektor perbankan dan berbagai lembaga keuangan kolaps.

Travis Kalanick dan Garrett Camp tiba-tiba kepincut mau bikin aplikasi transportasi online. Ide ini muncul lantaran mereka waktu itu kesulitan nyari taksi pas jalan-jalan di Paris.

Uber kemudian lahir 2009. Siapa sangka 10 tahun kemudian aplikasi online ini telah digunakan untuk lebih dari 10 miliar perjalanan di seluruh dunia.

pendirian pt murah

Berinvestasilah di saat krisis. Prinsip ini dipraktikkan William Durant dan Charles Stewart Mott dengan mendirikan General Motors pada 1908. Padahal Amerika Serikat waktu itu mengalami resesi ekonomi berkepanjangan 1907-1910.

Di tengah ketidakpastian ekonomi, General Motors malah mengakuisi perusahaan-perusahaan mobil yang di ambang pailit, seperti Oldsmobile dan Cadillac, disusul Chevrolet pada 1918. Keputusan Durant dan Mott tepat. Pasar General Motors saat ini sudah di atas Rp 400 triliun dan menaungi 164 ribu pegawai di seluruh dunia.

Ah, itu kan di luar negeri. Ya wajar aja dong. Mereka kan kaya-kaya, punya dolar. Perusahaan di Indonesia mah gak mungkin bisa sehebat itu.

Siapa bilang? Pada medio krisis ekonomi 2008-2014, banyak perusahaan rintisan (start-up) bermunculan di Tanah Air. Salah satunya Adskom, perusahaan teknologi periklanan yang didirikan duet Daniel Armanto dan Italo Gani.

Mereka menawarkan otomatisasi penjualan ruang iklan digital bagi publisher melalui supply-side platform (SSP) buatan sendiri. Keduanya waktu itu mengklaim teknologi ini pertama di Asia Tenggara.

Adskom memungkinkan siapa saja bisa menjual ad-space lebih efisien, bahkan dikelola menjadi aliran pendapatan baru. SSP menjembatani publisher selaku pemilik ruang iklan dengan beberapa jaringan iklan sekaligus (ad-exchange).

Ada lagi nih, PT Cerdas Digital Nusantara atau dikenal sebagai Cakap. Ini adalah startup pengembang aplikasi edukasi yang membantu pelajar Indonesia yang ingin mendalami kemampuan berbahasa Mandarin, tapi tidak bisa belajar langsung dari penutur bahasa asli Mandarin di Cina.

Perusahaan yang awalnya bernama Squiline ini didirikan Tomy Yunus dan Yohan Limerta pada 2013. Cakap menghubungkan pengajar native Mandarin dengan pelajar-pelajar di Indonesia. Pada 2015 Cakap meluncurkan kursus bahasa Inggris Online, disusul kursus bahasa Jepang online 2016.

Siapa yang gak kenal Traveloka? Startup unicorn ini menjadi bagian dari perjalanan dan lifestyle anak muda di era digital. Perusahaan ini didirikan Ferry Unardi dan dua rekannya pada 2012.

Saya sempat bertemu beliau di sebuah konferensi internasional di Bali. Beliau sempat bercerita jatuh bangun membangun Traveloka.

pendirian pt murah

Memasuki krisis ekonomi 2013, Traveloka yang masih seumur jagung bukannya bangkrut, justru melebarkan sayap dengan menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna bisa melakukan pemesanan di situs resminya. Tak henti di sana, setahun kemudian perusahaan anyar ini memasuki bisnis reservasi kamar hotel dan paket wisata yang terus berkembang sampai hari ini.

Belajar dari perusahaan-perusahaan di atas, virus corona seharusnya bisa melahirkan ide-ide gila sebagai dasar membangun perusahaan yang berorientasi spesifik.

Jasa Pendirian PT Murah VoSpace

Perseroan Terbatas (PT) adalah bentuk perusahaan yang paling banyak diminati pelaku usaha di Indonesia. Alasannya ada pemisahan harta pribadi pemilik dengan harta perusahaan, sehingga lebih mudah mengurus pajak.

Januari 2020 adik saya memutuskan resign setelah 10 tahun lebih menjadi karyawan di salah satu perusahaan multinasional di Jakarta Selatan. Bersama istri dia membangun perusahaan kecil sendiri, PT Razka Anugerah Mandiri.

Perusahaan ini menyalurkan kebutuhan bahan pokok konsumsi masyarakat Indonesia dengan mengutamakan pelayanan prima yang sistematis dan berkualitas. Razka Anugerah Mandiri merintis usaha dengan visi menjadi distributor dan grosir bahan pokok andalan yang terintegrasi bagi masyarakat.

Fokus usahanya melayani penjualan ke distributor, grosir, dan eceran untuk produk spesifik, seperti beras, telur, minyak goreng, dan air mineral. Aspek pemasarannya mulai dari warung sembako, restoran dan kafe, pedagang kaki lima, pedagang beras, pasar, rumah tahanan (rutan), pesantren atau boarding school, hingga koperasi.

Pembuatan PT seharusnya bisa dilakukan dalam waktu singkat dan cara sederhana. Apalagi ada beberapa persyaratan dan prosedur dari pemegang kebijakan yang telah dipangkas atau dipersingkat.

Syarat pendirian PT dulunya membutuhkan lima izin, yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), akta pendirian, izin tempat usaha, dan izin gangguan yang semuanya didapatkan dalam waktu relatif lama. Sekarang ini syarat PT dipangkas dengan tiga izin usaha saja, yaitu SIUP, TDP, dan akta pendirian.

Meski sudah dipermudah, faktanya di lapangan masih banyak pelaku usaha kesulitan mengurus dokumen perizinan yang menjadi syarat utama pendirian sebuah PT. Adik saya membutuhkan waktu lebih dari sebulan untuk mondar-mandir ke sana kemari mengurus perizinan online dan offline sendiri. Ujung-ujungnya dia minta bantuan pada notaris dan profesional.

Banyak pelaku usaha saat ini menggunakan jasa pendirian perusahaan dengan tujuan mempermudah dan mempercepat proses pendirian perusahaan sedari awal hingga terbit Surat Keterangan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai bukti perusahaan memiliki izin yang jelas.

pendirian pt murah
Contoh bukti izin pendirian perusahaan dari Kemenkumham

VoSpace salah satu jasa pendirian PT murah dengan berbagai macam paket yang mengutamakan efisiensi biaya. Hanya dalam lima hari kerja, pelaku usaha sudah bisa mendapatkan legalitas PT secara legal dan berbadan hukum resmi dari pemerintah, sementara proses secara keseluruhan dari awal sampai akhir hanya berkisar 10-15 hari kerja.

Buat yang masih bingung cara pendirian PT bisa datang berkonsultasi ke VoSpace. Konsultan Infiniti VoSpace akan menjelaskan aspek hukum dan kewajiban setelah pendirian PT.

Tanya jawab dan meeting antara calon pendiri PT dan konsultan VoSpace berlangsung 1-2 jam. Outputnya calon pendiri PT mendapat pemahaman jelas tentang perusahaan yang akan didirikan.

pendirian pt murah

Mengapa pilih jasa pendirian PT murah VoSpace?

1. Harga murah dengan banyak pilihan paket

Jasa pendirian PT murah VoSpace memberikan bonus 24 jam ruang meeting dan bonus stempel perusahaan untuk menunjang produktivitas bisnis klien. Harga pembuatan PT di VoSpace lebih murah dibanding penyedia jasa serupa.

Kita bisa booking satu dari enam paket yang tersedia, yaitu:

  • PT Kecil Standart (Rp 4 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 204 juta hingga Rp 1 miliar.
  • PT Menengah Standart (Rp 5 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 1-10 miliar.
  • PT Besar Standart (Rp 6 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 10 miliar ke atas.
  • PT Kecil + Virtual Office (Rp 7 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 204 juta hingga Rp 1 miliar.
  • PT Menengah + Virtual Office (Rp 8 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 1-10 miliar.
  • PT Besar + Virtual Office (Rp 9 juta), untuk perusahaan dengan modal dasar Rp 10 miliar ke atas.
  • jasa pendirian pt murah
  • pendirian pt murah
  • pendirian cv murah
  • pendirian firma murah
  • pendirian yayasan murah
  • syarat pendirian pt
  • jasa notaris pembuatan
  • jasa notaris pembuatan

VoSpace bukan cuma jasa pendirian PT murah. Perusahaan yang berkantor pusat di Warung Jati Barat, Jakarta Selatan ini menyediakan layanan pengurusan legalitas untuk kebutuhan bisnis beragam, mulai dari pendirian CV murah, pendirian firma murah, pendirian yayasan murah, layanan pengurusan pajak, juga jasa notaris pembuatan.

2. Proses pendirian PT singkat

Jasa pendirian PT murah melalui VoSpace selesai dalam waktu relatif cepat, kurang dari sebulan. Pengusaha cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Isi formulir pemesanan paket PT yang dipilih.
  • Isi formulir quotation jasa pembuatan PT yang dipilih.
  • Datang dan konsultasi ke kantor infiniti office VoSpace.
  • VoSpace mengirimkan proposal.
  • Pengusaha menyetujui proposal tersebut dan membayar invoice minimal 50 persen.
  • VoSpace memproses pengerjaannya.
  • Pekerjaan selesai dan pengusaha melunasi 50 persen sisa invoice.

3. Langsung PKP

Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah pengusaha, bisnis, dan atau perusahaan yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) yang dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN) 1984 dan perubahannya.

Sebelum mendapat pengukuhan PKP, pengusaha atau wajib pajak badan harus memenuhi syarat pengajuan PKP dan lolos dari survei yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Kondisinya sering banget pengusaha atau badan usaha yang pengajuan PKP-nya ditolak. Alasannya bisa jadi tidak memenuhi semua syarat pengajuan PKP, keraguan petugas atas keabsahan dan kelayakan perusahaan, atau karena pengusaha melakukan penyerahan BKP dan JKP yang dikecualikan alias bukan obyek PPN.

VoSpace dalam hal ini akan membantu pengusaha supaya permohonan PKP-nya diterima oleh kantor pajak. Petugas kantor pajak akan dijadwalkan survei langsung ke VoSpace.

4. Ada dokumen Berita Negara dan Tambahan Berita Negara

Setiap pendirian PT di VoSpace akan memperoleh dokumen Berita Negara dan atau Tambahan Berita Negara. Syaratnya pengusaha cukup menambahkan biaya Rp 1 juta saja dari biaya paket pendirian PT yang dipilih. Ini tuh murah banget loh.

5. Aman dan terpercaya

VoSpace didukung para profesional berpengalaman di bidangnya. Seluruh pengerjaan legalitas dilakukan langsung Tim VoSpace tanpa menggunakan pihak ketiga untuk menjamin pelayanan.

Seluruh data dan dokumen softcopy klien akan disimpan dan dijaga kerahasiaannya. Data-data tersebut tidak akan tersebar ke pihak yang tidak berkepentingan. VoSpace mengantisipasi terjadinya pencurian data.

Perusahaan Gak Mesti Bangun Kantor, Pakai Virtual Office Aja!

Perusahaan harus menyediakan kantor untuk menunjang kegiatan operasional dan produktivitas karyawan. Pengadaannya tentu membutuhkan modal besar.

Salah satu alasan pelaku usaha mikir-mikir bikin PT, apalagi pas pandemi begini adalah pengadaan kantor. Selama satu dekade terakhir terjadi pergeseran tren dan kinerja properti perkantoran di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

1. Tren menggabungkan perkantoran

Satu dekade terakhir saya perhatikan terjadi tren perusahaan menggabungkan perkantoran. Induk usaha dan anak-anak perusahaan yang tadinya memiliki kantor-kantor terpisah menyatu dalam satu gedung atau kantor.

Saya merasakan sendiri sekitar 2013 di mana perusahaan media tempat saya bekerja memisahkan gedung kantor untuk tim Koran REPUBLIKA dengan REPUBLIKA Online.

Saya yang waktu itu masih tercatat sebagai wartawan online berkantor di Jalan Pejaten Raya arah ke Pasar Minggu, sedangkan teman-teman saya yang meliput untuk koran berkantor di Jalan Warung Buncit Raya. Kedua kantor ini sebetulnya berada di lokasi yang berdekatan, bisa diakses dengan 5-7 menit berjalan kaki.

Pada 2014 dewan redaksi memutuskan menggabungkan tim koran dan tim online dalam satu gedung yang sama. Alhasil kami semua pindah ke kantor utama di Warung Buncit Raya sampai sekarang.

Banyak perusahaan, alih-alih membangun kantor terpisah untuk karyawan mereka, sekarang memilih menggabungkan semuanya, kemudian menerapkan sistem ruang kerja terbuka.

Karyawan tidak lagi bekerja di bilik-bilik atau ruang terpisah, melainkan di ruang lepas, dilengkapi dengan meja panjang di mana karyawan dan atasan duduk berdekatan, bersampingan, atau berseberangan tanpa ada pemisah jarak pandang.

Tren kantor sekarang tidak banyak ruang privasi. Ruang-ruang kerja karyawan dibuat lebih inklusif. Satu ruangan yang dulunya hanya diisi 4-6 orang kini bisa diisi 6-8 orang, bahkan ada yang memadatkan sampai 10 orang.

2. Tren bekerja remote office

Teknologi telah memudahkan karyawan bekerja di luar kantor. Beberapa tahun terakhir tren bekerja remote office, baik itu dari rumah atau di mana saja semakin meningkat. Permintaan ruang di gedung perkantoran semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Sekarang saat Covid-19 menyerang, semua orang mau tidak mau bekerja dari rumah. Jika tidak memungkinkan, baru mereka bekerja dari kantor, atau dengan sistem shift.

Karyawan yang dulunya mungkin merasa ragu-ragu atau tidak nyaman bekerja dari rumah sekarang merasa lebih nyaman bekerja dari rumah. Mereka tak punya pilihan, selain menyesuaikan diri untuk work from home.

3. Tren co-working space

Sekarang ini adalah era kolaborasi. Pelaku usaha dan mitra membangun ruang kerja bersama. Mereka lebih senang mengadakan pertemuan kerja atau meeting di co-working space yang lebih fleksibel.

Daripada harus meeting di kantor yang alamatnya jauh dari jangkauan, mitra kerja lebih senang memilih co-working space sebagai win-win solution kedua belah pihak. Co-working space sekarang bisa disewa jangka pendek, misalnya beberapa jam saja, sehari saja, atau seminggu saja.

virtual office

Millennial workers zaman sekarang gak harus membangun kantor saat mendirikan perusahaan. Virtual office menjadi solusi bagi mereka yang mendirikan perusahaan dengan modal tidak terlalu besar.

Apa kelebihan virtual office?

1. Memangkas biaya pembangunan kantor fisik

Saat kita membangun bisnis dengan menyediakan kantor atau gedung, biayanya menjadi sangat mahal. Kita harus menyiapkan utilitas, merenovasi ruangan, serta membeli perlengkapan dan perabotan kantor.

Virtual office membuat kita bisa menghemat pengeluaran. Biaya pembangunan gedung fisik bisa dialokasikan ke pos lain, misalnya merekrut SDM berkualitas atau berinvestasi pada teknologi.

2. Menyediakan layanan resepsionis profesional

Penyedia jasa virtual office menyediakan layanan resepsionis profesional, mulai dari mengumpulkan surat dan paket ke alamat kantor kita, layanan menerima telepon, call center, dan sebagainya. Administrasi bisnis kita menjadi lebih mudah.

Resepsionis profesional terlatih menjawab panggilan telepon dan email. Mereka secara profesional akan meneruskan panggilan, faks, dan pendelegasian surat ke kita.

3. Meningkatkan citra profesional

Siapa sih yang gak kagum jika alamat kantornya ada di Sudirman CBD, Kompleks Mega Kuningan, atau sentral perkantoran lainnya di Jakarta Selatan? Virtual office Jakarta Selatan misalnya, bisa meningkatkan citra profesional kita sebagai pemilik bisnis.

Klien biasanya melihat mitra, salah satunya dari alamat kantornya. Alamat kantor bergengsi identik dengan kredibilitas, kapabilitas, dan kemampuan finansial pelaku bisnis yang memengaruhi perkembangan bisnis ke depan.

4. Memberi fleksibilitas kerja

Virtual office memberi fleksibilitas kerja luar biasa. Kita bisa bekerja di mana saja, sementara urusan administrasi dan sebagainya diselesaikan oleh penyedia jasa virtual office. Fleksilibilitas kerja ini penting untuk mendorong produktivitas seluruh tim.

VoSpace menyediakan jasa virtual office bagi pelaku bisnis. Kita bisa membuat kontrak virtual office Jakarta Selatan melalui VoSpace jika memenuhi persyaratan berikut:

  • Pastikan usaha yang dijalankan berada di Jakarta Selatan
  • Ada akta pendirian perusahaan atau PT
  • Ada Surat Keterangan Menteri atas akta PT
  • Memperlihatkan KTP direktur utama atau direktur
  • Melakukan pemesanan di VoSpace
  • Sudah mengonfirmasi pembayaran di VoSpace

Pada kartu nama atau identitas bisnis kita nantinya akan menggunakan alamat berikut:

Aldeoz Building Lt.6 – Jl. Warung Jati Barat No.39  RT.001/RW.009, Kel. Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • virtual office vospace
  • virtual office vospace
  • virtual office vospace

Harga sewa virtual office di VoSpace murah banget. Layanan Medium hanya dikenakan Rp 175 ribu per bulan dengan fasilitas mulai dari alamat kantor, free domisili gedung, servis resepsionis, fasilitas surat menyurat, share phone number, line fax sharing.

Layanan Premium hanya dikenakan Rp 250 ribu per bulan. Fasilitasnya mulai dari alamat kantor, free domisili gedung, servis resepsionis, fasilitas surat menyurat, share phone number, line fax sharing, free wifi, dan fasilitas ruang meeting dua jam per bulan.

Virtual office memang langkah awal menuju kepemilikan ruang kantor fisik, tanpa perlu berkomitmen penyediaan meja kerja, atau ruang kantor sungguhan. Singkatnya virtual office memungkinkan kita bisa bekerja di mana saja sambil tetap memetik manfaat dari citra bisnis profesional dan teknologi komunikasi sebagaimana kantor konvensional.

virtual office

VoSpace yang berdiri sejak 2018 telah membantu lebih dari 250 pengusaha di Indonesia untuk mendirikan perusahaan dan mengurus seluruh legalitasnya. VoSpace memiliki visi menjadi pusat untuk segala kebutuhan perizinan di Indonesia dan untuk seluruh kalangan.

Sekiranya masih ada pertanyaan tentang perizinan dan pembuatan PT, atau pertanyaan seputar virtual office, jangan ragu mengirimkan email ke info@perizinanmurah.com atau menghubungi VoSpace di nomor berikut.

Selalu ada peluang usaha untuk perusahaan dengan produk unik juga spesifik, terlepas bagaimana pun kondisi ekonomi saat ini. Semua hanya perlu pendekatan cermat dan dieksekusi dengan baik.

Founder Milwaukee Boot Company USA, Mark Kohlenberg.

Jangan ragu membangun perusahaanmu sendiri. VoSpace siap membantumu dengan jasa pendirian PT murah dengan prospek cerah.

15 thoughts

  1. Bisa dibilang ide vospace ini keren banget kak Mutia. Mereka membantu menyelesaikan banyak masalah orang lain yang kesulitan untuk mengurus berbagai macam surat. Bahkan mengurus izin PT hanya 5 hari. Gokil bener..

    Like

  2. harga sewa virtual officenya murah banget mbak, lebih murah dari sewa kamar kost per bulannya. Sayangnya baru ada di jakarta ya. Semoga VoSpace ini makin berkembang ya, jadi bisa melayani yang di daerah juga

    Like

  3. Wah sekarang syaratnya udah gak seribet dulu ya.. walau pada kenyataannya tetap harus bolak balik. Aku penasaran dengan jada VoSpace ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa bikin PT disana..

    Like

  4. Ya ampun ini artikel yang aku cari2 selama ini..
    Aku ijin bookmark yaah, daripada pusing nanti ya kan makasi mba
    Sebenarnya pendirian PT juga ada paket2nya gitu ya, aku baru tau

    Like

  5. Vospace ini bagai angin segar bagi para start up ya mbak. Karena terkadang para pengusahan rintisan ini bingung saat mau mendirikan perusahaan dan legalitas, biayanya pasti besar banget. Dengan adanya virtual office pastinya bisa menekan biaya donk, bayangin aja cuma butuh 175-250rb saja sebulan.

    Like

  6. Adiknya butuh waktu sampai sebulan ya untuk mendapatkan izin usaha. Untuk orang2 tertentu, jasa pendirianPT murah ini akan lebih membantu ya ketimbang menjalaninya sendiri selama sebulan padahal bisa mengerjakan yang lainnya.

    Like

  7. Apps nya Vospace namanya ya, bener2 bikin simple mbak, gak usah riwa riwi bla bla bla . Iya riwa riwi pastinya ada tapi gak sebanyak offline ya. Setelah membaca tulisan mbak, aku kok jadi mbayangin pingin buat usaha tapi gak usah bangun kantor ya. Ya Allah kira2 apa ya mbak?

    Like

  8. Sangat menarik banget ya aku baru tau kalau
    Adskom, perusahaan teknologi periklanan yang didirikan duet Daniel Armanto dan Italo Gani.

    Like

  9. Iya Kak, aku salut ama orang-orang yang jadinya makin kreatif membuat produk dan buka usaha gitu dalam keadaan ngenes gitu. Keren menurut aku.

    Oh ya Kak, aku baru tahu soal VoSpace ini? Menarik juga ya. Buat yang pengen bikin usaha perlu cari tahu dan mempelajari VoSpace ini biar paham ya alurnya

    Like

  10. Wah dengan harga yang sangat terjangkau bisa dapat virtual office yang memungkinkan kita bisa bekerja di mana saja sambil tetap memetik manfaat dari citra bisnis profesional dan teknologi komunikasi sebagaimana kantor konvensional biasa.
    Juga masalah terkait perijinan usaha bisa dibantu jika perlu…all in one nih! Bagus sekali vospace ini!

    Like

  11. Ya ampun, lama juga ya masa resesi 18 bulan, kita nih jg sedang alami itu di masa pandemi seperti sekarang. Btw, harganya terjangkau banget ya mbak. Izin save

    Like

  12. wahhh jaman sekarang tuh udh ada 3rd party buat bantu mendirikan PT ya, jadi ga keribetan atau kebingunan sendiri kalau mau urus berkas-berkas pendirian PT

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.