Indomilk Susu Bubuk Siapkan Si Kecil Tinggi, Tangguh, Tanggap.

Salah satu agenda wajib para ibu yang gak mengenal kata pandemi adalah belanja keperluan bulanan ke swalayan, toko grosir, atau mini market. Dua item yang gak pernah absen saya beli adalah popok bayi untuk si kembar dan Indomilk susu bubuk untuk si sulung yang sebentar lagi meninggalkan fase balita.

Begitu berjalan ke lorong susu, saya seperti dihadapkan pada jutaan pilihan. Selain warna-warni kaleng dan kotak, merek susu anak sungguh lah banyak ragamnya.

Serangkaian label yang saya lihat di kaleng-kaleng dan kotak-kotak susu itu membingungkan, meski sekilas semua terlihat serupa. Pilihan-pilihan ini kesannya menguji seberapa besar perhatian orang tua untuk menyempurnakan nutrisi anaknya.

Susu yang diminum anak-anak kita yang tak lama lagi akan meninggalkan fase balita menunjang pertumbuhan fisik dan perkembangan otak mereka hingga dewasa.

Anak-anak kita yang saat ini sudah beranjak lima tahun, enam tahun, tujuh tahun, hingga 12 tahun bisa dibilang belum begitu tahu seberapa banyak nutrisi yang mereka butuhkan. Mereka tahunya mereka bisa makan enak, minum banyak, tidur nyenyak. Kita para orang tua, khususnya ibu lah yang menjadi garda terdepan memastikan anak-anak kita menjadi generasi Tinggi, Tangguh, Tanggap.

Indomilk Susu Bubuk untuk Usia Berapa?

Indomilk susu bubuk adalah susu bubuk untuk anak usia 5-12 tahun. Nah, udah jelas kan? Semoga setelah ini gak ada lagi yang bingung dengan pertanyaan Indomilk susu bubuk untuk usia berapa.

Indomilk susu bubuk

Sebagai ibu, saya berjuang memberi ASI untuk ketiga anak saya minimal enam bulan, maksimal dua tahun atau lebih. Maetami, putri sulung saya alhamdulillah lulus ASI eksklusif hingga dua tahun dua bulan. Saat ini saya memberikan si kakak Indomilk Susu Bubuk Optinutri.

Indomilk susu bubuk untuk usia berapa

Kenapa pilih Indomilk susu bubuk?

Jawabannya simpel aja, sebab saya pas kecil juga Anak Indomilk. Awal 1990-an dulu ngetren banget Indomilk susu kental manis.

Kalengnya vintage banget, warna cokelat dan warna putih. Ada sapi kecil hitam putih berdiri di dalam kotak-kotak menyerupai papan catur bernuansa merah putih. Warnanya mirip bendera Indonesia.

Kalo sekiranya masih ada yang gak sengaja nyimpan kalengnya sampai sekarang, duh, layak banget jadi artefak sejarah. Hehehe.

Alasan berikutnya lebih ilmiah nih. Susu bubuk untuk anak produksi Indomilk mengandung Optinutri, yaitu omega-3, sumber protein dan kalsium tinggi. Susu bubuk ini diperkaya aneka vitamin, mineral, dan serat pangan.

Tinggi, Tangguh, Tanggap

Omega-3 pastinya udah pada tahu kan? Ini adalah asam lemak penting yang salah satunya berasal dari minyak ikan.

Ada dua jenis omega-3 paling dibutuhkan tubuh, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kalo anak-anak dan orang dewasa kekurangan dua jenis asam lemak ini, lama kelamaan tubuh akan menghadapi kondisi kesehatan serius.

Omega-3 pada Indomilk susu bubuk membantu perkembangan sel-sel otak anak, menunjang kecerdasan, dan fungsi penglihatan mereka.

Optinutri membangun anak kita Tinggi secara fisik, Tangguh menghadapi tantangan, dan Tanggap menerima dan menyerap pelajaran di sekolah.

Susu Indomilk Optinutri tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu Instan Cokelat, Instan Plain (bebas gula), dan Full Cream (bebas gula). Kakak Mae paling suka yang cokelat nih. Dia bahkan bisa bikin sendiri susunya.

Masukkan empat sendok makan susu bubuk Indomilk cokelat, kurang lebih 40 gram ke dalam gelas. Seduh dengan air dingin dan air hangat, kurang lebih 180 ml. Langsung diminum deh.

Susu Sumber Kalsium Terbaik dan Termurah

Kalsium sangat penting menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Nah, susu bisa menjadi sumber kalsium terbaik sekaligus termurah.

Pada dasarnya kita bisa mendapatkan kalsium yang dibutuhkan dari berbagai jenis makanan, bahkan suplemen. Sama seperti mineral dan nutrisi lainnya, kita perlu memantau asupan kalsium dalam tubuh dan memastikan jumlahnya tercukupi, tidak terlalu banyak, tidak pula terlalu sedikit.

Berikut adalah tujuh fakta menarik tentang kalsium.

1. Kalsium berperan penting menunjang fungsi dasar tubuh

Kalsium itu fungsinya dasar banget. Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk melancarkan peredaran darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga berperan membawa pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh.

Fungsi kalsium yang umum kita ketahui adalah menyehatkan tulang dan gigi. Tulang anak-anak bisa tetap kuat dan padat hingga mereka dewasa ketika kalsium tercukupi. Pertumbuhannya pun optimal, khususnya berat dan tinggi badan.

Tulang tak ubahnya seperti bank yang menyimpan kalsium. Ketika tubuh kita tak mendapat cukup kalsium dari makanan sehari-hari, tubuh akan mengambilnya dari tulang.

2. Tubuh tidak bisa memproduksi kalsium

Yup! Begitulah faktanya. Tubuh kita tidak bisa memproduksi kalsium sendiri, sama seperti karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai jenis vitamin. Semua itu berasal dari makanan.

Ini alasannya kita perlu mengonsumsi makanan tinggi kalsium setiap hari. Contohnya kangkung, bayam, brokoli, jeruk, kacang kedelai, dan aneka produk susu, mau itu susu formula, keju, yogurt, dan turunannya.

3. Tubuh butuh vitamin D untuk menyerap kalsium

Tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Artinya, kita tak bisa mendapat manfaat penuh kalsium ketika tidak diimbangi asupan vitamin D.

Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik. Kulit kita secara alami menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari.

Vitamin D juga bisa kita peroleh dari makanan tertentu, seperti salmon, kuning telur, dan beberapa jenis jamur. Ada juga susu yang diperkaya vitamin D, termasuk Indomilk susu bubuk.

susu bubuk untuk anak

Kalsium dan vitamin D itu ibarat Romeo dan Juliet, gak bisa dipisahkan. Makanya selain makan makanan sehat dan minum susu, saya selalu mendorong putri saya beraktivitas di luar rumah, khususnya pagi hari untuk memanen manfaat dari sinar matahari.

Biasanya si kakak bersepeda dengan teman-temannya, jalan sehat, main bulu tangkis sama papa atau omnya, atau sekadar bermain kejar-kejaran di halaman bersama kedua adik kembarnya.

4. Kalsium sangat dibutuhkan perempuan

Beberapa penelitian menunjukkan kalsium bisa meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Perempuan yang memiliki asupan kalsium dan magnesium rendah biasanya lebih sering merasakan gejala PMS.

5. Asupan total kalsium bergantung usia

Bagaimana caranya kita bisa tahu tubuh kita sudah mendapat cukup kalsium? Dilansir dari National Institutes of Health (NIH) Amerika Serikat, batas asupan kalsium per hari maksimal 2.500 miligram (mg) untuk anak usia 1-8 tahun, 3.000 mg untuk anak usia 9-18 tahun, dan 2.500 mg untuk orang dewasa usia 19-50 tahun.

6. Kurang kalsium picu masalah kesehatan

Orang dewasa yang kekurangan kalsium meningkatkan risiko osteoporosis. Tulang rentan rapuh dan mudah patah.

Osteoporosis lebih sering dialami perempuan usia tua. Ini sebabnya NIH merekomendasikan perempuan supaya lebih banyak mengonsumsi kalsium dari pria.

Kalsium sangat penting bagi anak sepanjang usia tumbuh kembang. Anak-anak yang kekurangan kalsium tidak bisa mencapai potensi maksimalnya, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan.

7. Terlalu banyak kalsium juga bisa berdampak negatif

Kalsium, mineral, dan nutrisi apapun yang masuk ke tubuh kita hendaknya dalam jumlah tepat. Terlalu banyak kalsium juga bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Gejala umum yang muncul saat tubuh defisit kalsium adalah  sembelit, frekuensi buang angin terlalu sering, dan perut kembung. Kalsium yang berlebihan juga meningkatkan risiko batu ginjal, bahkan hiperkalsemia alias timbunan kalsium dalam darah.

Minum Susu Bikin Anak Malas Makan?

Banyak yang bilang susu bubuk, mau itu berupa susu formula lanjutan, susu pertumbuhan, atau apa pun namanya tidak dibutuhkan anak sama sekali. Katanya manfaat susu bubuk itu gak ada, cuma bikin anak malas makan, anak maunya cuma minum susu, dan ujung-ujungnya kebiasaan makannya jadi tidak sehat.

Ya emang benar sih, anak yang dibebaskan mengonsumsi susu semaunya bisa malas makan. Sebetulnya ini semua bermuara pada diet sehat anak di rumah yang tentunya di bawah kontrol orang tua.

manfaat susu bubuk

Saya memberikan putri saya dua gelas susu Indomilk setiap hari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur. Kadang dia ingin minum susu siang hari, setelah aktif bermain. Saya izinkan, tapi jatah si kakak tetap cuma dua gelas per hari.

Satu hal perlu dipahami adalah susu formula lanjutan atau susu pertumbuhan ini bukan menu makanan utama anak. Manfaat susu bubuk di sini adalah menyempurnakan gizi anak dan menggantikan nutrisi yang hilang atau belum didapatkan tubuh anak dari makanan hariannya.

Tanpa bermaksud menggeneralisir, kita sama-sama tahu bahwa gak selamanya anak kita mau makan sayur dan buah dengan porsi ideal setiap hari. Saya saja gak selalu bisa menjamin putri saya mau melahap semua jenis ikan dan daging yang saya masak.

Tinggi, Tangguh, Tanggap bersama Indomilk

Anak-anak itu gak ubahnya seperti kita orang dewasa yang selera makannya bisa naik turun dalam sehari. Kadang seharian gak nafsu makan, atau bosan sama menu makanan yang sama.

Membujuk anak mau makan tiga kali sehari saja masih menjadi tantangan berat bagi sebagian besar ibu. Makanya, saya yakin gak ada yang bisa menjamin, sebab anak kita berproses dalam tumbuh kembangnya. Gak selamanya proses itu berjalan mulus, sehingga anak kita perlu stimulus.

Saya tetap mengajarkan putri saya menyukai apa saja makanan yang disajikan. Saya menanamkan pemahaman ke anak-anak saya bahwa masakan ibu adalah makanan terbaik dan terenak di dunia.

Namun, saya tak mendikte si kakak jika sesekali dia gak mau makan sayur atau buah, malas makan ikan ini, daging itu, dan sebagainya. Itulah alasan saya menyempurnakan nutrisinya dengan susu.

Tinggi, Tangguh, Tanggap

Yuk, jadikan si kecil Tinggi, Tangguh, Tanggap dengan Indomilk susu bubuk. Apakah kamu Anak Indomilk juga? Jangan segan berbagi cerita di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.