Tanya Jawab Islam Online Enaknya Bareng Komunitas Umma

Tanya jawab Islam online sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tak harus menunggu ustaz favorit kita menjadi bintang tamu di pengajian yang kita datangi. Soal ini saya punya pengalaman menarik dan sedikit menggelitik.

Suatu hari saya menghadiri pengajian yang mendatangkan ustaz kondang di Denpasar, Bali. Kebetulan pak ustaz waktu itu membahas tentang etika berhias wanita Muslimah.

Beliau cukup kocak menerangkan bagaimana sebagian Muslimah masa kini senang berdandan berlebihan ketika hendak ke luar rumah, sementara di rumah sendiri ketika berinteraksi dengan suami hanya memakai baju daster yang kemarin, atau pakaian yang itu-itu saja.

Nah, giliran pak ustaz membuka sesi tanya jawab, tiba-tiba salah seorang ibu di samping saya setengah berbisik meminta tolong temannya menanyakan sebuah pertanyaan. Singkat cerita si ibu malu bertanya langsung, entah karena segan, enggan, atau takut jika ditertawakan orang se-mesjid karena pertanyaannya.

tanya jawab islam online

Saya rasa bukan ibu itu saja yang pernah menghadapi problem serupa, yaitu malu bertanya di depan umum entah itu terkait fiqih wanita, pengetahuan tentang Islam, ibadah, dan sebagainya. Saya punya solusinya nih. Mau tahu? Install dulu aplikasi Umma di ponselmu.

Aplikasi Komunitas Muslim

Umma adalah aplikasi berbasis komunitas untuk kaum Muslim di Indonesia. Konten dan Komunitas Umma bertujuan mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Teknologi digital memudahkan masyarakat, khususnya Muslim dan Muslimah menjalankan berbagai aktivitas. Umma disempurnakan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang menawarkan berbagai konten Islami.

Aplikasi Umma yang dirintis Indra Wiralaksamana selaku CEO dan Co-Founder ini telah diunduh lebih dari lima juta pengguna (user) di seluruh Indonesia loh. Salah satu pembeda Umma dengan aplikasi sejenis lain adalah tersedia fitur komunitas.

Fitur ini tampilannya simpel banget, seperti layaknya kita sedang bermedia sosial. Ada laman khusus tanya jawab berisi grup percakapan yang dimoderasi untuk memfasilitasi pengguna dalam berdiskusi.

Setiap grup dibina satu orang ustaz yang siap menjembatani tanya jawab di antara anggota komunitas. Saya pun iseng membuka laman tanya jawab ini dan jebretttt, pertanyaan segala rupa bisa ditanyakan di sana.

Kadang saya ketawa ketiwi sendiri membaca pertanyaan-pertanyaan yang terkesan nyeleneh tapi sesungguhnya bikin kepo. Contohnya saja ada yang bertanya, shalat apa yang kita lakukan di kala kita dililit utang begitu banyak, kemudian amalan apa saja yang perlu kita lakukan?

Ada lagi yang bertanya, bolehkah kita sengaja mengerjakan shalat Isya di waktu larut malam, digabung dengan tahajud atau shalat malam?

Pertanyaan yang bikin saya geleng-geleng kepala adalah, saya berpacaran dengan istri orang yang suaminya sudah tidak bisa menafkahi batinnya, ringan tangan, tapi tidak mau pisah. Apa saya berdosa?

Bisa dipastikan ramai banget anggota komunitas yang nimbrung menjawab sederet pertanyaan di atas. Namun, kamu gak usah bingung. Di balik keramaian online tersebut, kamu akan menemukan jawaban terbaik dari salah satu ustaz Umma. Lebih dari 80 ustaz bergabung di aplikasi ini.

Saya yakin setiap kita punya pertanyaan-pertanyaan seputar Islam yang bikin penasaran, tapi kita malu menanyakan langsung di depan umum. Nah, mulai hari ini tanya jawab Islam online ya lewat aplikasi Umma aja.

Umma Hadirkan Fitur Menarik Lainnya

Tanya jawab Islam online hanya satu dari sekian banyak fitur menarik di Umma. Aplikasi ini menyediakan fitur penunjang ibadah loh. Kamu bisa mengecek waktu shalat dan penunjuk arah kiblat yang bisa digunakan di mana pun berada selama lokasi masih terjangkau GPS.

Ada fitur Alquran dan terjemahannya juga loh. Jadi, kamu gak ada alasan lagi buat malas mengaji. Ayat-ayat Alquran di Umma bisa dibaca sendiri, berikut terjemahannya, bahkan bisa dinikmati secara audiovisual.

Uniknya fitur Alquran di Umma adalah kamu bisa mengelompokkan ayat-ayat pilihan yang hendak kamu baca, disesuaikan dengan tema-tema kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini.

Mungkin saja kamu sedang menghadapi masalah pernikahan dan butuh semangat. Kamu tinggal kumpulin surah-surah, seperti Al-Baqarah ayat 221, Al-Baqarah ayat 223, An-Nisa ayat 1, An-Nisa ayat 22-23, An-Nahl ayat 72, Ar-Rum ayat 21, An-Nur ayat 32, hingga Al-Fathir ayat 11.

Mungkin saja kamu sedang menghadapi masalah utang piutang, entah itu kamu yang mengutangi atau diutangi. Kamu tinggal kumpulin dan dengerin surah-surah, seperti Al-Baqarah ayat 282-283.

Bisa jadi kamu lagi bingung soal cara mendidik anak sesuai ajaran Islam. Tinggal koleksi Al-Qashash ayat 68, Asy-Suura ayat 49-50, Al-Anfal ayat 27-28, Al-Maidah ayat 1, Al-Israa ayat 34, Ar-Ruum ayat 30, Al-Hijr ayat 99, hingga Hud ayat 63.

Terakhir, fitur artikel di aplikasi Umma memungkinkan kita mendapatkan segudang artikel dan video kajian dari ustaz-ustaz yang telah termoderasi dan terverifikasi. Insya Allah, Umma menyediakan informasi-informasi yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

bundalogy

5 thoughts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.