Belanja Online Sembako Murah di Lumbung Pangan Jatim, Solusi untuk Ibu Selama New Normal.

Ini adalah pengalaman perdana saya belanja online sembako murah di Lumbung Pangan Jatim. Suatu pagi suami mengajak saya dan anak-anak jalan-jalan keliling Kota Pahlawan. Sejak pindah dari Bali awal Maret lalu, kami belum sempat explore Surabaya lantaran langsung karantina mandiri Covid-19.

Begitu melintasi Jalan Ahmad Yani No. 97-109, sebuah gedung besar menarik perhatian saya. Tertulis di sana Lumbung Pangan Jatim, bersebelahan dengan Jatim Expo Surabaya. Sepertinya sih itu satu gedung multifungsi.

Saya iseng browsing dong, dan dari sana saya tahu ternyata singkatnya itu adalah gudang sembakonya Jawa Timur. Keren euy.

Lumbung Pangan Jatim berfungsi mengendalikan stok pangan dan stabilitas harga pangan di berbagai daerah. Seluruh komoditasnya merupakan hasil panen petani-petani di Jawa Timur. Gedungnya gak cuma untuk gudang doang, tapi juga silo, cold storage, dan controlled atmosphere storage (CAS).

Cara Belanja di Lumbung Pangan Jatim

Lumbung Pangan Jatim buka setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Kita bisa belanja online via website atau melalui layanan chat di nomor whatsapp 0821 1697 7557.

Buat warga Kota Surabaya dan sekitarnya, kita bisa berbelanja menggunakan layanan drive thru loh. Sistemnya pre-order dengan menghubungi call center atau customer service Lumbung Pangan Jatim. Setelah pembayaran beres, kita janjian dengan penjualnya sesuai waktu pengambilan barang yang disepakati.

Berikut saya akan cerita step by step cara belanja online sembako murah di Lumbung Pangan Jatim. Kali aja ada pembaca yang tertarik pengen mencoba. Simak selengkapnya ya.

1. Cari jenis sembako di website Lumbung Pangan Jatim

Pertama, kita masuk dulu ke website Lumbung Pangan Jatim di https://lumbungpanganjatim.com/ lalu cari jenis sembako yang mau kita beli di laman BELANJA. Ada banyak kategori nih, mulai dari sembako, olahan sembako, buah, ikan, frozen food, dan lainnya.

lumbung pangan jatim

Sembakonya lengkap, mulai dari beras, gula pasir, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, dan telur. Buahnya dijual dalam bentuk bekuan yang sudah dikupas dan dihaluskan. Cocok banget buat keluarga yang doyan nge-jus.

Kita bisa beli alpukat mentega yang sudah dikupas dadu, daging alpukat beku, daging durian, daging jambu, daging mangga, daging sirsak, jambu kupas, mangga slice, nangka, juga pomelo.

Saya bersyukur banget nih bisa tahu website Lumbung Pangan Jatim. Sebelumnya saya kesulitan mendapat ikan segar di pasar dekat rumah saya di Rungkut Menanggal Harapan Selatan.

Sebetulnya ada sih pasar yang lebih besar, tapi kondisi saya yang berstatus Emak Aga alias Emak Anak Tiga gak memungkinkan bisa meninggalkan rumah lama-lama. Alhasil saya cuma bisa belanja apa adanya dekat rumah, atau menunggu tukang sayur keliling lewat.

Begitu saya buka website Lumbung Pangan Jatim, mata saya langsung belo dong. Banyak banget ikan dan seafood yang bisa kita beli. Ada ikan gurame, kembung, lele, tenggiri, tuna, nila, dori, udang, cumi, juga gurita.

Harganya murah banget, di bawah harga pasar. Entah karena saya baru pindah ke sini ya, gak tahu juga. Menurut saya sih harganya super terjangkau, jauh lebih murah dibandingkan saya dulu berbelanja di pasar tradisional Bali yang notabene juga banyak wilayah pesisirnya.

Lumbung Pangan Jatim juga menyediakan air mineral, mie instan, kentang shoestring, kecap, sirup, frozen food, seperti sosis dan beef slice favorit suami saya nih. Biasanya saya selalu belanja online beef slice di platform e-commerce, seperti Tokopedia. Harganya pun lebih mahal dibanding harga yang tertera di Lumbung Pangan Jatim.

2. Tambahkan item ke keranjang

Setelah kita tandai item apa aja yang mau dibeli, kita tinggal pilih tanda centang dan masukkan ke keranjang. Lumbung Pangan Jatim memberlakukan minimum pembelian, yaitu Rp 60 ribu. Belanja kurang dari itu tidak dilayani.

Batas maksimal pembelian gula adalah 4 kg. Total barang yang dibeli beratnya maksimal 20 kg.

Pembatasan ini mungkin maksudnya untuk memudahkan kurir yang umumnya melayani pengiriman dengan sepeda motor. Tujuan lainnya bisa jadi untuk menghindari praktik-praktik curang, seperti penimbunan sembako. Secara ya, harga-harga sembako di Lumbung Pangan Jatim itu murah banget.

lumbung pangan jatim

Saya kemarin pesan 1/2 kg sapi slice kesukaan suami. Sisanya saya belanja online ikan kembung, ikan nila, ikan tenggiri steak, masing-masingnya 1 kg, dan alpukat mentega 1/2 kg. Setelah memasukkan seluruh item ke keranjang, total belanjaan saya adalah Rp 221 ribu.

Jangan lupa periksa kembali item belanja kita, mana tahu itemnya kebanyakan atau ada item yang belum dicentang. Setelah benar-benar yakin, baru deh kita check out.

3. Isi data pengiriman

Berhubung ini perdana saya belanja online sembako di Lumbung Pangan Jatim, maka saya wajib mengisi data penagihan dan pengiriman.

Kita cukup memberikan identitas diri, seperti nama lengkap, kota domisili di Jawa Timur, alamat rumah lengkap, nomor telepon, dan email. Apabila kita ingin menyampaikan catatan khusus untuk pengiriman, bisa dicantumkan di INFORMASI TAMBAHAN.

lumbung pangan jatim

Selanjutnya kita akan menerima detail pesanan dan jumlah total. Pembayarannya bisa melalui tansfer bank manual, atau pembayaran otomatis.

Saya pilih pembayaran otomatis dengan nomor rekening tujuan Bank Jatim melalui mobile Banking BNI saya. Ada pilihan bank lainnya juga, seperti Bank Mandiri, Permata Bank, e-Pay BRI, bahkan bisa bayar pakai Go-Pay loh.

4. Lakukan pembayaran

Kita sudah sampai di tahap akhir nih. Jangan tutup lamannya dulu ya. Tunggu sampai kita mendapatkan nomor virtual account untuk konfirmasi. Nantinya akan ada invoice pesanan kita dikirim lewat email, juga chat whatsapp.

lumbung pangan jatim

Lakukan pembayaran sesuai opsi yang kita pilih. Sudah deh, kita duduk manis di rumah menunggu pesanan sampai ke alamat.

Berapa lama pesanan kita dikirim ke rumah?

Khusus Kota Surabaya dan sekitarnya, pesanan dikirim via Go-Jek maksimal dua hari setelah terverifikasi. Pesanan ke Kota Sidoarjo dan Gresik dikirim via PT Pos Indonesia, maksimal tiga hari setelah terverifikasi.

Alhamdulillah sembako pesanan saya dikirim di hari yang sama alias same day delivery service. Saya tinggal cek online tracking untuk memantau pesanan sudah sampai di mana. Perkiraan jam sampainya juga tertulis di sana.

Serunya belanja online di Lumbung Pangan Jatim itu adalah gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Bangkalan, dan Malang Raya.

Kabar gembira nih buat warga Kabupaten Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Probolinggo, dan Madiun. Mulai Rabu, 8 Juli 2020 manajemen Lumbung Pangan Jatim memperluas layanannya hingga ke kota-kota kamu loh. Katanya sih tetap gratis biaya pengiriman alias free ongkir.

Semisal kita gak jadi belanja, tapi uang sudah terlanjur ditransfer, gimana?

Tenang, uang kita pasti dikembalikan kok. Kita cukup kirim email ke info@lumbungpanganjatim.com dengan memberi judul REFUND di tubuh email. Lampirkan bukti transfer dan invoice yang sebelumnya kita terima.

Jangan lupa sertakan nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, dan nomor telepon kita yang aktif. Uang kita dikembalikan sekitar 3-7 hari kerja.

Animo masyarakat belanja online di Lumbung Pangan Jatim cukup tinggi. Buktinya, rata-rata transaksinya berkisar 350-470 transaksi per hari.

Lumbung Pangan Jatim buat saya adalah solusi yang menjawab kebutuhan sembako ibu-ibu rumah tangga yang sedang beradaptasi dengan New Normal. Soalnya kondisi Kota Surabaya masih belum cukup aman.

Jumlah pasien positif Covid-19, termasuk ODP dan PDP masih tertinggi di Indonesia hingga awal Juli ini. Melihat hal tersebut, ibu mana sih yang gak risau berada di luar rumah?

Makanya saya senang banget ada tempat belanja online sembako murah dengan harga pasar, diantar ke alamat, plus free ongkir pula. Terima kasih, Lumbung Pangan Jatim.

bundalogy

12 thoughts

  1. Memudahkan warga banget programnya, Mbak. Bahkan kalau mau cepat bisa drive thru juga. Seandainya melayani pemesanan selain dari sub, sda, dan gresik pasti bakal makin membantu warga jatim nih..

    Like

  2. Senangnya yang berada di Jatim jadi mudah belanja kebutuhan pangan ya. Aku pun tak jarang pilih belanja sembako online juga mbak, nyaman dan aman rasanya. Lengkap banget ya di lumbung pangan Jatim ini, sampe buah alpuket aja ada

    Like

  3. Wah, menarik ya..aku coba kabarin ke teman yg menetap di Sidoarjo . Sistem belanjanya praktis apalagi dijaman wabah kaya gini
    Jadi salah satu langkah pencegahan dengan menghindari keramaian karena transaksi bisa via online

    Like

  4. Lengkap ini ya mba belanja online sembako murah di Lumbung Pangan andai sudah sampe Jakarta mau Juga you ongkirnya pasti lumayan klo kesini lebih meringankan tugas kita saat pandemi gini y gak usah kluar rumah

    Like

  5. Wah, makin banyak aja ya tempat belanja online yang memudahkan kita karena pengiriman delivery saat itu juga. Kita jadinya bisa tetap di rumah aja. Bayarnya juga praktis. Kepengen jugalah aku belanja begini. Di sini nunggu tukang sayur suka gak kebagian. πŸ˜€

    Like

  6. Asyik banget yang tinggal di Jawa Timur, ada lumbung pangannya, jadi nggak perlu keluar rumah ya buat nyetok bahan baku makanan dan kebutuhan lainnya.
    Kalau aku, bisa kalap belanja yang segalanya serba disediakan πŸ™‚

    Like

  7. Belanja Online bahan makanan dengan Lumbung pangan ini lebih mudah dan praktis ya, tetep bisa stay at home. Lebih safety untuk sekarang. Enaknya lagi bisa refund kalau enggak jadi beli.

    Like

  8. Wah pastinya nyaman sekali nih kalau ada program belanja online berupa bahan pangan di daerah sini juga, akan lebih memudahkan aja apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini yang emang lebih aman bisa belanja dari rumah.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.