SehatQ.com Sajikan Artikel Kesehatan Terlengkap dan Terakurat

Artikel kesehatan yang mengandung hoax bikin kita geleng-geleng kepala. Terlebih ketika tetangga, teman, bahkan saudara kita dengan santainya membagikan tulisan-tulisan yang tak jelas sumbernya di grup chat keluarga.

Judulnya macam-macam, mulai dari yang kesannya sains abis, sampai judul aneh-aneh yang bikin meh. Ada yang membahas penularan virus corona bisa melalui angin, menaruh obat amoxicillin di tandon air bisa mencegah corona, atau vodca bisa mengurangi risiko Covid-19.

Pernah juga saya menerima link artikel yang bikin istighfar, yaitu iluminati adalah dalang virus corona, dan Thailand menyembuhkan virus corona pakai ganja.

Ada apa dengan masyarakat kita? Logika mereka seperti menguap entah kemana. Mereka lebih percaya artikel-artikel dari sumber gaib yang antah berantah, ketimbang mencari tahu sendiri kebenarannya dari sumber-sumber terpercaya.

Kalo saya sih pilih cara gampang. Begitu saya menerima artikel gak jelas, saya langsung compare dengan artikel terkait di laman SehatQ.com.

SehatQ.com adalah portal informasi terlengkap dan terakurat. Aplikasi ini bisa kita unduh melalui Google PlayStore.

artikel kesehatan

Belum puas sama artikel yang kita baca? Kita lanjut ke halaman forum tanya dokter SehatQ. Tulis dan kirim pertanyaan atau uneg-uneg kita di sana. Dokter-dokter SehatQ siap memberi jawaban.

Masih kurang puas dan kurang percaya sama jawaban dokter? Saya mengutip sedikit kata-kata Pak Jusuf Kalla di buku berjudul Solusi JK, ditulis Hamid Awaludin.

Beliau bilang, “Selama ada dokter dan rumah sakit di negeri kita yang bisa menolong dan menyelamatkan nyawamu, berobat sajalah di negeri kita. Kalau Anda sudah merasa percaya dengan dokter kita, maka sebenarnya Anda itu sudah setengah sembuh.”

Oke, sekarang, kalo kita mau sembuh, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah percaya sama dokter. Jangan rewel!

SehatQ.com dan Fitur Lengkapnya

SehatQ.com adalah aplikasi kesehatan digital yang menyediakan berbagai fitur unggulan, mulai dari toko online yang menjual produk-produk kesehatan, informasi resep obat, artikel kesehatan, tindakan medis, buat janji dengan dokter, rumah sakit, chat dokter, promo layanan kesehatan eksklusif, dan forum tanya dokter.

SehatQ juga membuat fitur khusus update terkini corona di Indonesia loh. Saya pribadi terbantu banget dengan fitur anyar ini. Secara ya, Covid-19 itu penyakit baru, bukan cuma di Indonesia, tapi dunia. Wajar jika kita menyimpan segudang pertanyaan terkait virus ini.

Tiga bulan lalu kita menjalani work from home dan school from home. Beberapa kota di Indonesia secara bertahap mulai melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan bersiap dengan New Normal.

Musim virus begini semakin banyak masyarakat, khususnya pengguna (user) digital smartphone memilih menggunakan aplikasi kesehatan. Prinsipnya, tidak semua penyakit harus menunggu penanganan dari dokter di rumah sakit.

Ada beberapa kondisi, misalnya keadaan darurat yang membuat kita tidak bisa ke dokter segera pada saat itu juga. Contoh saja kita mendadak sakit menjelang larut malam, tidak ada orang yang bisa menemani ke rumah sakit, atau kondisi kita tak memungkinkan berkendaraan sendiri ke rumah sakit.

Ketimbang kita mengambil tindakan kesehatan berdasarkan preferensi pribadi, atau minum obat atas rekomendasi teman di chat, lebih baik kita buka smartphone dan install aplikasi SehatQ.

Temukan jawaban untuk tindakan yang bisa kita ambil, disesuaikan dengan kondisi kesehatan kita secara real time. Rekomendasinya tentu saja dari dokter SehatQ dong.

Nah, gimana kalo kita mengenal lebih dekat beberapa fitur menarik di SehatQ.

1. Dokter

Awal Juni 2020 saya galau karena anak kembar saya sudah tiga bulan tidak diimunisasi. Saya parno banget bawa anak-anak ke rumah sakit. Apalagi Surabaya dinyatakan zona merah Covid-19 dengan jumlah kasus positif terbanyak di Indonesia.

Sayangnya saya tak boleh lama-lama tidak memvaksin anak. Bukankah imunisasi sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka? Apalagi putera kembar saya masih berusia satu tahunan. Imunisasi jelas kebutuhan primer mereka.

Jika saya kembali menunda imunisasi PCV anak saya bulan ini, imunisasi lainnya terpaksa harus ditunda juga. Ujung-ujungnya jadwal imunisasi bakalan menumpuk, bahkan dalam kondisi terburuk saya akan melewatkan beberapa jenis vaksin untuk anak.

Saya pun membuka aplikasi SehatQ dan mencari dokter anak terbaik yang bisa menolong saya dalam kondisi ini. Saya buka fitur DOKTER, pilih kategori dokter anak, pilih lokasi praktik dokter, dan jadwal praktiknya. Pilihan saya pun jatuh kepada dr Mahendra Tri Arif Sampurna, Sp. A di RSIA Kendangsari MERR, Mulyorejo, Surabaya.

Setelah yakin, saya langsung klik Booking Dokter dan datang ke rumah sakit pada waktu yang ditentukan. Alhamdulillah saya bisa memvaksin kedua putera kembar saya di fasilitas layanan kesehatan yang direkomendasikan SehatQ.

RSIA Kendangsari MERR sangat memerhatikan protokol Covid-19. Seluruh petugas menggunakan alat pelindung diri lengkap. Ada jarak aman interaksi antara pasien, dokter, perawat, dan petugas lainnya di rumah sakit.

Kategori dokter SehatQ super lengkap loh. Ada dokter akupuntur, dokter anak, dokter bedah, dokter gigi, dokter gizi, dokter jantung, dokter jiwa, dokter kulit, dokter mata, dokter kandungan, psikolog, dokter THT, dokter umum, dan sebagainya.

Kita juga bisa memilih dokter laki-laki atau perempuan. Beberapa orang lebih nyaman ditangani dokter perempuan saja, atau laki-laki saja.

2. Chat Dokter

Fitur Chat Dokter ada di dashboard kanan atas pada aplikasi SehatQ. Tentu saja kita harus membuat akun terlebih dahulu untuk verifikasi.

Apa keistimewaan fitur Chat Dokter SehatQ?

Pertama, dokternya sangat responsif menjawab pertanyaan pasien. Gak sampai lima menit pesan kita dibalas loh. Jadi, chat sama dokter seperti chat sama teman saja.

Kedua, tidak semua pasien bisa mendeskripsikan keluhan penyakit yang dirasakan. Nah, kita bisa mengirimkan foto atau video terkait keluhan kita kepada dokter.

Dokter SehatQ akan mendiagnosis kondisi pasien dan memberi solusi terbaik. Sekiranya keluhan penyakit pasien tak cukup ditangani jarak jauh, dokter akan menyarankan pasien ke rumah sakit.

Ketiga, chatnya user friendly. Segaptek-gapteknya kita, pasti bisa menggunakan fitur chat dokter SehatQ. Fiturnya mirip banget sama aplikasi chatting yang biasa kita gunakan, seperti WhatsApp, LINE, dan sebagainya.

Keempat, kita bisa memberikan rating untuk dokter. Kalau memang kurang puas, ya boleh kasih bintang secukupnya. Kalau puas, ya jangan pelit kasih banyak bintang ya.

3. Toko

SehatQ terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sehat. Kita bisa mencari dan membeli aneka vitamin, obat, dan produk kesehatan lainnya di fitur Toko SehatQ.

Apa kelebihan fitur Toko SehatQ?

Pertama, semua produk kesehatan yang dijual di sini #PastiAsli. Pembeli mendapat jaminan uang kembali jika produk yang dibeli terbukti bermasalah. Produk-produk Toko SehatQ dijual di apotek dan distributor resmi yang terverifikasi.

Kedua, banyak promo menarik, mulai dari promo pembelian pertama, promo momen tertentu, dan promo ongkos kirim.

Ketiga, kita pasti takut salah beli obat kan? Nah, obat yang kita beli sebaiknya sudah dikonsultasikan dengan dokter SehatQ pada fitur Chat Dokter.

Keempat, belanja jadi praktis karena barang diantar langsung ke rumah. Pembayarannya bisa pakai mobile banking, virtual account, kartu kredit, hingga e-Wallet.

4. Obat

SehatQ memiliki fitur database Obat yang berisi informasi ribuan obat dan penyakit. Semua disajikan secara detail per itemnya.

Informasi nama obat, golongan obat, harga eceran, kemasan, dan produsennya bisa diketahui. Deskripsi, indikasi, komposisi, dosis, aturan pakai, dan efek samping obat diinformasikan lengkap.

Fitur Obat SehatQ juga dikaitkan dengan artikel kesehatan yang masih berhubungan dengan obat yang kita beli. Misalnya nih, saya membeli Apialys, suplemen makanan untuk anak-anak saya.

Pada bagian paling bawah SehatQ mengaitkan obat yang saya beli dengan artikel kesehatan berjudul Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Cara Mengatasinya. Ada juga artikel Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium. Informatif sekali ya?

5. Tindakan Medis

Fitur ini menyajikan informasi seputar tindakan medis berbagai penyakit. Kita perlu mengetahui beberapa informasi kunci sebelum memutuskan menjalani tindakan medis tertentu.

Contohnya, kita ingin mengikuti rapid test corona. Nah, informasi ini kebetulan tersaji lengkap di fitur Tindakan Medis SehatQ.

  • Apa itu rapid test corona?
  • Kenapa rapid test corona perlu dilakukan?
  • Siapa yang membutuhkan rapid test corona?
  • Kapan waktu yang tepat untuk menjalani rapid test corona?
  • Berapa harga rapid test corona?
  • Bagaimana prosedur rapid test corona dilakukan?
  • Seperti apa hasil rapid test corona?
  • Apa yang harus dilakukan bila hasil rapid test corona positif?
  • Apa saja risiko rapid test corona?

Semua pertanyaan di atas terjawab sudah di fitur ini. Keren banget kan?

6. Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan SehatQ.com super lengkap. Kategorinya banyak, mulai dari kesehatan mental, kesehatan lansia, kesehatan wanita, kesehatan pria, parenting, kehamilan, olah raga, kulit dan kecantikan, bayi dan menyusui, masalah tidur, dan sebagainya.

Satu hal yang paling kita takuti ketika membaca artikel kesehatan adalah termakan pseudosains. Pseudosains adalah konsep dan teori-teori yang diungkapkan dengan bahasa ilmiah, tapi sebenarnya teori tersebut tidak didukung kajian ilmiah yang benar.

Kita sering banget menemukan pseudosains dalam artikel-artikel kesehatan yang ditulis dari sumber tak jelas. Minimal artikel kesehatan hendaknya bersumber dari ahli kesehatan, dokter, jurnal ilmiah, dan sumber-sumber kredibel lainnya.

Semua artikel kesehatan di SehatQ tentu saja terlengkap dan terakurat, sebab ditinjau langsung oleh dokter yang mumpuni di bidangnya.

Misalnya nih, saya membaca artikel kesehatan berjudul Fakta Baru Seputar Penularan Virus Corona pada Anak-Anak. Artikel ini ditulis oleh Asni Harismi dan ditinjau oleh dr Karlina Lestari.

Ketika saya mengklik nama dokter bersangkutan, saya langsung dihubungkan ke laman profil dokter tersebut. Dokter Karlina adalah dokter umum lulusan Universitas Yarsi yang saat ini bergabung sebagai medical advisor, merangkap medical editor untuk SehatQ.

7. Corona

SehatQ merilis fitur terbaru yang memuat update terkini corona di Indonesia. Kita bisa membaca artikel info kesehatan dan menggunakan fitur Cek Risiko Covid-19 di fitur ini.

Cek Risiko Covid-19 di SehatQ merupakan tes mandiri yang bisa diakses gratis. Fitur ini dikembangkan tim dokter SehatQ sesuai panduan Kementerian Kesehatan RI.

sehatq.com

SehatQ berkontribusi memastikan keluarga Indonesia tetap sehat di tengah pandemi Covid-19. Jujur, saya terbantu banget.

Informasi kesehatan seputar Covid-19 unik-unik. Beberapa pertanyaan yang mungkin jarang ditanyakan orang bisa ditemukan di sini.

Contohnya, apabila kita berolah raga di tengah Covid-19 dengan tetap menggunakan masker, bahaya atau tidak? Pertanyaan ini berangkat dari kasus dua remaja di Tiongkok yang dilaporkan meninggal karena kekurangan oksigen akibat berolah raga pakai masker.

Nah, dr Rahmita Kusuma Dewi, telemedicine consultant SehatQ menjawabnya secara gamblang. Penasaran kan? Baca selengkapnya di SehatQ.com dan jangan lupa install aplikasinya.

bundalogy

18 thoughts

  1. Untuk pembelian obatnya dikrimkan dr Farmasi mana mbak? Jakarta kah? Kalo yang di luar Jakarta bagaimana, terutama di luar P.Jawa? Apakah sudah meliputi semua kota seluruh Indonesia?

    Like

  2. Wah lengkap banget. Baru tau ada aplikasi digital kesehatan selengkap ini. Tapi apa bisa ya diaplikasikan di Malang? Hehe.

    Like

  3. saya jg pakai aplikasi SehatQ mbak..kmrn sempat flu takut gejala corona trus pake aplikasi SehatQ eh ada fitur cek corona keren untung cuma flu biasa hehe..semoga kita semua senantiasa sehat deh

    Liked by 1 person

  4. Ini aplikasi Sehatq lengkap kali ya..semua ada. Memang saat pandemi mesti bijak menyikapi informasi. Jika dari aplikasi yang kredibel begini tenang hati..enggak aneh dan bkin galau berita yang disampaikan. Juga ada fitur lain yang semua dalam jangkauan tangan. Keren Sehatq!

    Like

  5. situs-situs kesehatan yang kridibel gini ini yang perlu banget sekarang, soalnya kalau ada apa-apa sering panik dan coba serching obatnya di internet, mungkin situs ini nantiny bisa jadi rujukan utama bagi kita semua ya

    Like

  6. Saya juga pernah mbak konsultasi di aplikasi sehatQ. Saran dari dokternya membantu banget. Waktu itu saya bintitan, dan banyak mitos untuk menyembuhkannya. Ternyata dari dokter cuma disuruh kompres pakai air es, dua hari pun sembuh.

    Like

  7. Waah dengan aplikasi sehatQ ini mempermudah calon pasien untuk mendiagnosa penyakit yang di derita sebelum berobat ke rumah sakit ya. Dokter yang menanganinya pun langsung merespon cepat dengan fitur chatnya.

    Like

  8. Nambah bagus nih aplikasinya krn dilengkapi fitur tambahan buat update mengenai covid-19. Jadi kita bisa waspada

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.