Cara Menguncir Rambut Pendek Kurang dari Sepuluh Menit

Cara menguncir rambut pendek itu gampang-gampang susah. Rambut pendek sekilas kesannya gak bisa dibuat macam-macam. Namun, dengan produk perawatan tepat plus aksesoris cantik, dibumbui sedikit kreativitas, kita tetap bisa tampil trendi dengan rambut pendek.

Aksesoris untuk rambut pendek banyak banget loh. Selain ikat rambut, ada bandana, jepitan rambut, scarf, hair clip, crown headband, dan sebagainya.

Kita bisa menata rambut pendek dengan aneka gaya. Modelnya disesuaikan dengan momen, apakah hendak pergi ke kantor, menghadiri sebuah pertemuan santai, pesta pernikahan, nongkrong di kafe, atau sekadar olah raga di luar rumah.

Sepuluh Cara Menguncir Rambut Pendek

Siapa bilang rambut pendek tidak bisa dikuncir atau dikepang dengan model-model lucu juga kekinian? Kita bisa melakukannya sendiri, gak perlu ke salon hanya untuk menata rambut ketika hendak pergi ke acara khusus.

Coba deh intip 10 cara menguncir rambut pendek berikut. Waktu yang kita butuhkan kurang dari 10 menit, bahkan beberapa model bisa dibentuk kurang dari lima menit saja.

1. Little Black Bows

Kuncir pendek berjenjang ala hairstylist Kristin Ess ini sangat simpel, tapi penuh gaya. Kita hanya perlu menambahkan dua atau tiga pita mungil dalam tampilan rambut yang bagian belakangnya dibuat bertumpuk.

cara menguncir rambut pendek

Langkah pertama adalah ambil bagian rambut atas, samping kiri dan kanan, kemudian tinggikan untuk mendapatkan efek rambut bervolume di puncak kepala. Ikat rambut dengan pita pertama. Lakukan hal sama untuk bagian rambut lapisan kedua, dan ketiga.

Tak masalah jika ada bagian rambut yang tak bisa diikat dan menjuntai ke wajah. Sisa rambut yang sedikit messy ini justru memberi kesan cantik di wajah.

2. Sleek Low Bun

Sanggul low-back ala si cantik Tessa Thompson ini bisa dicontoh siapa saja. Mula-mula kita harus mengoleskan gel ke rambut, kemudian sisir ke arah belakang untuk membuat kuncir kuda pendek. Ambil karet rambut lalu bentuk sanggul mini dan jepitkan.

cara menguncir rambut pendek

3. Teeny Top Knot

Tren jambul selama ini terkesan eksklusif untuk wanita berambut panjang saja. Siapa bilang? Kita yang mempunyai rambut pendek sebahu pun bisa memiliki jambul mini di atas kepala.

cara menguncir rambut pendek

Tarik ikatan rambut pendek ke atas, kemudian putar ujung-ujung rambut menjadi sanggul kecil. Biarkan sebagian ujung rambut tersangkut di beberapa sisi.

4. Simple Side Hair

Supaya rambut pendek terkesan bertekstur, cobalah membuat kepang samping yang simpel. Kita tak perlu menjalin semua rambut bagian samping. Cukup jalin setengahnya, kemudian selipkan sisa rambut di bagian ujung dengan jepitan. Jadi deh!

cara menguncir rambut pendek

5. Sporty Space Buns

Cara menguncir rambut bergaya sporty space buns ini lagi nge-tren dua minggu terakhir. Salah satu anggota girlband Korea, Secret Number yang berasal dari Indonesia, Dita Karang sering tampil dengan gaya rambut satu ini.

Rambut Dita memang panjang, tapi bukan berarti pemilik rambut pendek tak bisa meniru hal sama. Perbedaannya hanya terletak pada volume rambut yang lebih berisi jika rambut kita panjang.

cara menguncir rambut pendek

Belah tengah rambut, semprotkan sedikit hairspray ke seluruh bagian rambut. Kumpulkan rambut di sisi kanan dan kiri masing-masingnya membentuk ekor kuda yang tinggi. Lilitkan setiap kuncir kuda membentuk jambul kecil, dan kencangkan dengan beberapa jepit rambut.

Rambut terlihat sedikit berantakan, tapi itu sesungguhnya letak menariknya. Tarik rambut di masing-masing bagian ke bagian luar, sehingga rambut terkesan bervolume. Juntaikan beberapa helai rambut untuk membingkai wajah kita.

6. Messy Half Knot

Ini adalah kunciran terbaik untuk wanita berambut pendek. Ambil rambut bagian atas, samping kiri, dan samping kanan. Tarik rambut menjadi ekor kuda, usahakan sisir rambut tetap lurus di atas kepala.

cara menguncir rambut pendek

Jangan satukan kuncir kuda dengan karet rambut supaya rambut tetap bervolume. Buat sanggul sederhana, biarkan bentuknya berantakan. Kuatkan ujung-ujungnya dengan jepitan rambut berwarna hitam.

7. Low Ponytail

Rambut kuncir kuda model pendek di tengkuk bisa menambah keanggunan. Apalagi rambut atas di belah tengah, kemudian salah satu sisi kepala disisipkan beberapa aksesoris cantik dan blink-blink.

cara menguncir rambut pendek

8. Messy Ponytail

Rambut ekor kuda pendek yang acak-acakan ini dulu sering dibilang seperti rambut anak perempuan baru bangun tidur. Cara menguncir rambut pendek ini sekarang menjadi tren, terlebih wanita yang tipikal rambutnya halus.

cara menguncir rambut pendek

9. Fishtail Half

Wanita dengan rambut pendek tebal dan panjangnya rata cocok dengan kunciran satu ini. Buat dua kepang di rambut samping kanan dan kiri, kemudian ikatkan kedua ujungnya di tengah. Longgarkan kepangnya belakangan supaya rambut tampak lebih bervolume.

cara menguncir rambut pendek

Kita cukup menambahkan sentuhan hairspray setelah mengikatnya. Biarkan bagian rambut sedikit berantakan di beberapa sisi untuk membentuk tekstur bergelombang.

10. Warrior Princess

Nah, cara menguncir rambut pendek yang terakhir ini terinspirasi dari tokoh Rey, karakter utama serial terbaru Star Wars.

cara menguncir rambut pendek

Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan membuat tiga sanggul kecil di rambut belakang dengan posisi berjejer sama lurus dari atas ke bawah. Selesaikan dengan menyemprotkan hairspray.

Perawatan Rambut Pendek

Rambut wanita, mau panjang mau pendek sama-sama harus dirawat loh. Rambut pendek biasanya lebih cepat berminyak dibanding rambut panjang. Makanya wanita berambut pendek lebih sering keramas, setidaknya sekali dua hari.

Gunakan produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang cocok dengan jenis dan keluhan rambut. Ada yang rambutnya tipikal kering, lepek, berketombe, rambut tipis, rambut tebal bervolume, rambut kusam, atau rambut rontok. Lebih bagus lagi jika produk haircarenya yang terpercaya, bahkan sudah digunakan penata rambut (hairstylist) profesional.

Rambut pendek gak perlu terlalu sering disisir. Pada dasarnya kemungkinan rambut pendek kusut lebih kecil ketimbang rambut panjang. Kita cukup menggunakan sisir jari, atau sisir biasa dengan bulu halus. Begitu selesai keramas, tunggu rambut benar-benar kering, baru menyisirnya.

Oleskan cairan alami, seperti minyak zaitun, atau lidah buaya ke rambut setidaknya sekali seminggu. Gunakan pelindung kepala jika keluar rumah dan terpapar langsung sinar matahari. Ini membantu melindungi rambut pendek kita dari cuaca panas terik.

Rambut pendek bisa tampil memesona dengan penggunaan produk haircare yang tepat, disempurnakan dengan kreativitas masing-masing ketika menatanya.

Banyak aktris dalam dan luar negeri bisa dijadikan acuan gaya rambut pendek. Biasanya ketika kita udah mati gaya nih, gak tahu lagi mau mengkreasikan rambut pendek kita seperti apa, searching aja foto-foto aktris dalam dan luar negeri.

Aktris Hollywood yang tampil modis dengan rambut pendeknya, antara lain Brie Larson, Emma Stone, Marion Cotillard, Emma Watson, Taylor Swift, dan Kristen Stewart. Banyak inspirasi gaya rambut bisa diperoleh dari mereka.

Aktris Indonesia juga gak kalah cantik dengan rambut pendeknya loh. Sebut saja Chelsea Islan, Andien Aisyah, Bunga Citra Lestari, Vanesha Prescilla, dan Dian Sastrowardoyo. So, cara menguncir rambut pendek yang mana paling kamu sukai? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya.

bundalogy

15 thoughts

  1. Berhijab, membuatku malas memanjangkan rambut. Butuh perawatan ekstra, soalnya, dan aku terlalu sibuk untuk itu, wkwkwk …

    Tapi bener loh, di dalam rumah, aku pun sering mendandani rambut pendekku dengan macam-macam gaya. Senang aja bekerja dari rumah dengan tampilan yang berbeda. Kunciran rambut pendekku biasanya kuikat sebagian ke atas, lalu belakangnya disisihkan, kadang dibikin gelungan, kadang dikepang di bagian pinggir. Tergantung suasana hati, hihihi …

    Like

  2. Yang Simple Side Hair itu kl yg bikin gak ngerti n gak sabar bisa jadi gak simple ya hihi… nice banget ini artikelnya lengkap skalian sama kiat perawatan rambut pendek.

    Like

  3. Mantap nih mbak. Banyak juga cara cara menguncir rambut. Anakku yg baru setahunan rambutnya sudah mulai tumbuh banyak dan panjang dan sudah bisa dikuncir. Cuma nguncirnya ua kuncir gitu.

    Like

  4. Wah.. referensi bagus nih, buat teman-teman perempuan ya, Mbak Mutia. jadi bisa disesuaikan gayanya, jadi tidak membosankan.
    Tapi kalau dari kacamata saya, saya suka kunciran yang nomor 2. Kesannya rapi dan anggun sekali di mata saya hahaha

    Like

  5. Rambutku lagi segini hihi..biasa lebih pendek lagi. Sejak berhijab ga pernah punya rambut panjang. Pendek terus, biar gampang diurus. Eh giliran pandemi ga bisa nyalon buat gunting rambut jadilah panjangnya tanggung. Pas bener bisa dikuncir macam-macam gaya seperti di artikel ini.messy ponytail keknya yang paling sering

    Like

  6. Kalo rambut pendek, saya sukanya pake jepitan rambut aja. Biar rapi gitu. Kalo didandanin macem2 rasanya ribet, haha.. tapi boleh juga tips dari mbak ini. Nanti bisa dicoba. nice sharing.

    Like

  7. saya suka yg ke 3 alias rambut jambul karena paling ringkes walopun kata org kyk mo mandi wkwkw..dan bener jg sih rambut pendek gampang diatur ga repot nyisir, ga rontok dan ga gerah ya mbak.. mksh tipsnya jadi semangat pnya rambut pendek hihi

    Like

  8. Rambutku juga lagi pendek terus nih mbak. Paling sering bikin teknik no. 1, 3, 5 sama 7. Wah yang no. 10 lucu jugaaa jadi pengen nyoba. Thankyou mbaaak πŸ’š

    Like

  9. rambut saya pendek meski sehari2 pake hijab
    tapi di rumah tetap dikuncir
    ya kuncir asal jadi aja
    kadang dicepol alias dikucir lalu dilipat
    kadang dikuncir kuda
    pokoknya asal nyaman
    masuk yg nomer berapa ya style kuncir saya ? hehehe

    Like

  10. Dulu saat rambut masih panjang suka dikuncir kuda gitu, ga tau apa namanya simple hair bun kali ya wkwkkw sekarang mah ketutup jilbab jadi ya mending dibabat abis ajalah supaya praktis

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.