Tetap Nyaman Meski Pakai Heels

Foto: Pixabay

BUNDALOGY — Sepatu hak tinggi (heels) yang dipakai terus menerus memang kurang baik untuk kesehatan. Namun, aksesoris kaki yang satu ini selalu menggoda kaum hawa dengan model-model terkini yang membuat mereka tak kuasa menolak.

Sebelum bunda mengeluh karena jari kaki terjepit, pegal karena sol sepatu, tumit terus berdenyut, ada baiknya mencari tahu bagaimana cara mengenakan heels supaya tetap nyaman di kaki.

1. Pilih pitch terbaik

Kemiringan sepatu hak tinggi disebut pitch. Pitch menentukan sejauh mana kaki bunda akan bertahan berdiri di atas heels. Sepatu hak tinggi umumnya memiliki pitch sangat curam, sehingga bunda perlu mencari sepatu hak dengan kemiringan relatif landai.

2. Mantapkan langkah

Sebagus apapun heels, jika bunda tidak bisa memakainya atau tidak berhati-hati melangkah, maka sepatu tersebut akan menjadi neraka. Tumit dan jari bunda bisa terluka. Sewaktu berjalan memakai heels, pikirkan seolah bunda seorang balerina sempurna. Langkah ragu dan jantung berdebar hanya akan membuat sepatu bunda terasa aneh.

3. Perhatikan model

Bunda perlu memerhatikan model heels dengan bentuk kaki. Jika bunda memiliki kaki luas dan lebar, bunda sebaiknya mencoba heels dengan bentuk sedikit mengotak pada tumit dan ujung depan sepatu.

Ada begitu banyak pilihan model sepatu, tidak semata berujung runcing seperti stiletto, tapi juga wedges. Tapi, tak senyaman itu pula memakai wedges. Wedges yang tinggi dan tipis bisa sama menyakitkannya dengan stiletto. Pilihlah heels yang chunky dan nyaman di kaki.

4. Gunakan moleskin atau insoles

Moleskin adalah sejenis katun tipis atau bantalan yang ditempatkan di sepatu dan biasanya untuk menyerap keringat. Strip moleskin akan melindungi kulit kaki bunda dari lecet dan memberi kenyamanan tambahan.

Jika kurang suka dengan moleskin, bunda bisa menggunakan alas sepatu yang empuk atau insoles. Tapi, ini tentunya hanya dapat bunda gunakan jika mengenakan heels model sepatu.

5. Terima risiko

Semakin murah heels yang bunda beli, semakin sering bunda merasa sakit dan menahannya. Ini bisa terjadi misalnya saat bunda mengenakan heels murah yang terbuat dari plastik. Jadi, jika beli murah, maka harus siap menerima risiko ya.

6. Lakukan pijat telapak kaki

Sesekali lakukan pemijatan di area telapak kaki bunda. Pijat telapak kaki ini bisa menghentikan nyeri tumit. Ini karena saraf yang memberikan rasa gelisah atau nyeri pada tubuh salah satunya berlokasi di telapak kaki.

7. Minta bantuan tukang sol sepatu

Jagalah kondisi heels bunda agar tetap nyaman dipakai. Setelah beberapa kali pemakaian, sol sepatu bunda akan habis, atau hak sepatu menjadi miring. Saat ini terjadi, carilah tukang sol sepatu.

Biaya memperbaiki sepatu di tukang sol sangat terjangkau. Tukang sol sepatu juga bisa memotong tumit bawah heels bunda jika dirasa terlalu tinggi.

8. Lakukan suntik kaki

Suntik kaki adalah prosedur kosmetik yang populer beberapa tahun terakhir, meskipun sudah dikenal sejak lama. Caranya bunda pergi ke dokter kulit atau ahli bedah plastik terlebih dahulu untuk menyuntik bagian bawah kaki bunda. Ini fungsinya membuat bagian kaki bunda yang sakit menjadi mati rasa. Meski demikian, prosedur ini memerlukan lebih dari satu kali kunjungan.

Source: Fashion Spot
Advertisements

2 thoughts on “Tetap Nyaman Meski Pakai Heels

  1. Saya akhirnya pakai heels lagi setelah dari hamil sampai anak bayi sudah umur 6 bulan gak pakai heels. Rasanya entah kenapa lebih pede ๐Ÿ˜‚ membantu bun tulisannya,terimakasih banyak ๐Ÿ™

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.