Wow! Ada Hotel 3D di Bali

Bali seakan tak pernah berhenti menebar pesona. Orang bilang, ada segudang alasan untuk mengunjungi Pulau Dewata lebih dari sekali. Penduduk ramah dan berbudaya, obyek wisata beragam, ditambah fasilitas akomodasi, terutama hotel yang memanjakan wisatawan semua ada di sini. 

rhadana hotel
Salah satu kamar 3D di Rhadana Hotel Kuta (Foto: Rainier H Daulay)

Hotel Tiga Dimensi

Selama beberapa tahun terakhir, bisnis percetakan tiga dimensi (3D) masuk ke industri konstruksi. Ini dibuktikan dengan banyaknya in-door tourism berkonsep 3D, seperti museum trick art yang menjamur di berbagai kota di Indonesia. Bali setidaknya memiliki dua museum 3D populer, yaitu Dream Museum Zone (DNZ) di Jalan Nakula, dan Museum 3D I am Bali di Jalan Raya Puputan Renon.

Bagaimana jadinya jika konsep 3D merambah ke kamar hotel? Salah satu hotel perintis di Bali, bahkan pertama di Indonesia yang menerapkan konsep ini adalah Rhadana Hotel Kuta. Hotel butik yang beralamat di Jalan Raya Kuta Nomor 88 ini sebelumnya mengkhususkan diri sebagai hotel tematik. Ada 74 kamar didesain berbeda satu dan lainnya.

Sejak 2017, pendiri dan pemilik Grup Rhadana Hotel & Resort, Rainier H Daulay memiliki visi mengembangkan bisnis hotel ke level berikutnya, yaitu hotel tiga dimensi. Tamu tak sekadar menginap dan makan, tapi juga mengeksplorasi keunikan kamar-kamar tiga dimensi di hotel ini. General Manager Oasis Hospitality Management, Pak Budiman Tanto Widjaja mengatakan saat ini seluruh kamar tipe studio di Rhadana Hotel telah disulap menjadi kamar tiga dimensi.

“Konsep tiga dimensi membuat suasana kamar lebih hidup,” kata Pak Budi.

Pak Budi kebetulan juga menginap di Rhadana saat momen Nyepi beberapa waktu lalu. Kebetulan kami janjian menjelang makan siang di Restoran De’Dapoer, restoran yang sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebelumnya saya juga pernah mengulas lengkap tentang restoran ini.

Kali ini saya begitu tertarik mengeksplorasi keunikan kamar-kamar Hotel Rhadana. Pak Budi sangat ramah, bahkan mengajak saya berkeliling melihat sejumlah kamar hotel yang super unik itu. Rasanya mendapat suatu kehormatan dan kesempatan langka. Saya pun diizinkan mendokumentasikan beberapa di antaranya.

Kamar-kamar Rhadana sangat cocok dijadikan tempat berswafoto. Dengan pengambilan angle yang pas, hasil foto akan lebih hidup.

Kamar Tematik

Kamar di Rhadana Hotel Kuta terdiri dari tiga tipe, yaitu premium dengan luasan 20 meter, business (22 meter), dan studio room (33 meter) dengan detail interior yang sangat well-design. Tarif menginapnya mulai dari kisaran Rp 500 ribu hingga di atas satu juta rupiah, bergantung low season dan peak season.

Nyepi tahun ini, saya berkesempatan menginap di kamar tipe studio dengan tema Kombi 56 Anos Last Edition. Begitu pintu masuk dibuka, sebuah mobil kombi seolah tengah melintas di belakang tempat tidur. Kejutan tidak cukup sampai di situ. Panel kayu yang menutupi batang gorden kamar disulap menjadi tempat parkir dua miniatur mobil kombi dengan berbagai ukuran. Ada juga beberapa miniatur mobil volkswagen dipajang dalam sebuah rak display berbentuk gitar yang bagian depannya dibuat transparan.

rhadana hotel
rhadana hotel

Saya langsung jatuh cinta dengan kamar ini. Kursi sofa modern minimalis di dekat jendela mempercantik tampilannya, dilengkapi lukisan, cushion-cushion bantal, dan bed runner yang juga bertema kombi. It feels like home to me.

rhadana hotel
rhadana hotel

Hotel Ramah Muslim

Fasilitas kamar ini terbilang lengkap, mulai dari televisi LCD 32 inci, pendingin ruangan, kulkas, pengering rambut, meja kerja, deposit box, pemanas air, hingga perlengkapan ibadah bagi umat Muslim, seperti sarung, mukena, sajadah, juga Alquran terjemahan dalam tiga bahasa. Alhamdulillah, saya gak perlu bawa alat shalat lagi deh.

rhadana hotel
rhadana hotel

Semua perlengkapan ibadah tersebut disimpan khusus di laci bawah tempat tidur, tidak dipajang di tempat terbuka. Tujuannya supaya tamu non-Muslim tetap nyaman. Ya, selain hotel tematik dan hotel butik, Rhadana juga dikenal sebagai hotel halal atau hotel ramah wisatawan Muslim yang memenangkan penghargaan World Halal Tourism 2016.

Pak Budi mengatakan ke depan Rhadana akan mengembangkan konsep wisata kamar hotel. Saya pun menjajal perdana dengan mengunjungi sejumlah kamar tiga dimensi di hotel ini, seperti kamar bertema The Beatles, sepeda, militer, kapal laut, dan Universitas Indonesia (UI).

Saya menghabiskan waktu cukup lama di kamar The Beatles. Ini adalah kamar yang paling banyak peminatnya. Saat berbaring di kasur, keempat personel band legendaris Inggris ini, yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Horrison, dan Ringo Starr seolah sedang mengintip dan meninabobokan tamu menjelang tidur. Wallpaper kamar ini begitu hidup dan mewah, ditambah aksesoris piringan hitam dan gitar khas Beatles menghiasi sudut dinding.

rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel

Kesan manis juga saya temukan ketika masuk ke kamar bertemakan militer. Wallpaper tiga dimensi bergambar tank lapis baja lengkap dengan roket penghancur siap meledakkan seisi kamar. Sejumlah helm tentara dan senapan ikonis dipajang di dinding, lengkap dengan lencana-lencana TNI koleksi pemilik hotel. Kamar ini dipastikan menghipnotis semua tamu pria, terutama yang suka dengan segala serba-serbi militer. Di salah satu sudut dinding, seorang tentara sedang membidik Anda dengan senapannya.

rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel

Pehobi sepeda, termasuk sepeda gunung (mountain bike) pasti berebut menginap di kamar bertemakan hal serupa. Tak tanggung-tanggung, ada sepeda asli digantung di dinding dan langit-langit kamar, lengkap dengan helm pelindung dan jerseynya. Sungguh berani dan membangkitkan adrenalin tersendiri.

rhadana hotel
rhadana hotel
270
rhadana hotel
270
rhadana hotel

Ingin merasakan sensasi kenyamanan menginap di kabin mewah ala kapal pesiar? Anda bisa mendapatinya di kamar bertema Rhadana Cruise yang siap membawa Anda berpelesir ke seluruh Perairan Bali, mulai dari Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, hingga Pulau Menjangan. Ups, tentunya ini sebatas dalam mimpi. Hehehe.

rhadana hotel
rhadana hotel

Saat menyambangi kamar UI, saya langsung disambut tulisan ‘Tiada Kata Jera dalam Perjuangan.’ Ini adalah kalimat revolusioner mahasiswa UI untuk membangkitkan semangat perlawanan terhadap rezim Orda Baru terdahulu. Ya, empunya Rhadana, Pak Rainier tak lain alumnus kampus rakyat tersebut. Rektor UI periode 2014-2019, Muhammad Anis bahkan pernah menghabiskan beberapa malam di kamar ini.

rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel
rhadana hotel

Tamu yang ingin menginap di kamar tema tertentu di Rhadana Hotel Kuta hanya bisa melakukan reservasi lewat laman resmi rhadana.com. Situs perjalanan online, seperti Traveloka dan Agoda tidak memfasilitasi permintaan khusus tersebut.

Tamu Rhadana tetap sehat saat menginap di hotel ini. Pengelola menyediakan exercise room di lantai lima. Di sana ada sejumlah fasilitas kardio, seperti treadmill, sepeda statis, samsak tinju, barbel, dan gym ball.

rhadana hotel

Ingin lebih khusyuk? Anda bisa datang ke Mushola Al-Rhiend untuk mengaji, berdzikir, atau shalat berjamah dengan tamu Muslim lainnya.

Mushola sederhana ini didesain indah. Wallpaper ka’bah nan megah terpampang di dinding sebagai penanda kiblat menambah kemewahan hotel ini.

rhadana hotel
Kaca mushala sengaja ditutupi plastik berwarna gelap karena momen Nyepi

Exercise room dan mushola sama-sama berada di lantai lima. Letaknya berdampingan dengan ruang meeting.

Rhadana Hotel Kuta memiliki dua ruang meeting, yaitu The Sriwijaya untuk 5-10 orang, dan The Mandhailing untuk 50-90 orang, lengkap dengan fasilitas yang dibutuhkan. Ada juga de’lapo yang cocok dijadikan tempat private gathering & dinner, seperti kegiatan arisan, makan malam keluarga, dan acara ulang tahun.

rhadana hotel

Suami dan putri kecil saya, Maetami (21 bulan) juga sempat menghabiskan waktu paginya dengan berenang. Ada kolam untuk dewasa dan anak-anak.

rhadana hotel
rhadana hotel

Rhadana Hotel Kuta terlalu nyaman untuk ditinggalkan. Bali selalu menyenangkan, apalagi jika dipadukan dengan penginapan menarik. Liburan pun menjadi istimewa. Terima kasih untuk Pak Rainier, Pak Budi, dan seluruh Rhadana Troops yang telah membuat semuanya begitu berkesan dan luar biasa.

bundalogy

16 thoughts

  1. Pingback: Nyepi di Muslim Friendly Hotel – Mutia Ramadhani
  2. Pingback: Founder & CEO Rhadana Group, Rainier H Daulay: Halal Itu Pilihan – Mutia 'Muthe' Ramadhani
  3. Unik banget Hotel RHADANA ini ya mbak. Apalagi walaupun di BAli tetap ramah muslim ya mbak. Disediain alat sholat ma Alqur’an.

    Like

  4. Hotel butik selalu menarik. Menyuguhkan ciri yang berbeda di tiap kamarnya yang bisa disesuaikan dengan karakter tamunya. Kalau nginep di Rhadana aku bakal milih The Beatles, tapi suamiku yang jebolan UI bisa jadi tertarik dengan kamar UI. Kreatif sekali kamar 3D ini. Dan noted, langsung ke laman resmi untuk pemesanan. Semoga mereka masih bisa bertahan pasca pandemi jadi kalau ke Bali nanti aku bisa nginep di sini. Menarik konsepnya!!

    Like

  5. Asyik banget nginap disini ya, dan pasti pengen balik lagi karena tiap kamar di desain berbeda, jadi penasaran kali ini dapat kamar yang hiasannya bagaimana.

    Harganya juga nggak terlalu mahal ya, di Bali gitu lho ada kamar hotel sebagus ini dengan kisaran harga terendah masih 500 ribu

    Like

  6. Wahh hotel 3D, pasti seru ya nginep disini..
    Apalagi sangat ramah muslim, susah lho cari hotel seperti itu..
    Bisa dicoba kapan kapan saat ke bali

    Like

  7. Unik banget nih kamar hotelnya. Kalau aku juga bakalan ga pengen keluar kamar nih. Terus untuk kisaran harganya juga terjangkau yah kak. Ah kapan yah bisa berkunjung ke Bali..udah lama banget kayaknya terakhir study tour jaman SMA hahhahaha jadul banget

    Like

  8. Keren banget Mbak, saya baru tahu kalau di Bali ada hotel 3D yang keren. Dekorasi kamar dan kolam renang juga oke. Saya suka, hotel ini juga ramah muslim, ya. Jarang-jarang soalnya yang begini

    Like

  9. Kamarnya kece banget nih, kesan 3D dari interiornya kena banget ya. Anak-anakku pasti suka kalo diajak nginap di Rhadana Hotel. Rencana juni tahun ini kami ke Bali, udah booking tiket pesawat. Ternyata harus ditunda, semoga tahun depan ada rejeki tetap bisa ke Bali lagi bareng anak-anak

    Like

  10. Wah hotelnya bagus banget mbak hingga menyediakan mukena dan sajadah buat muslim. Kadang kalo liburan dan nyampe hotel suka lupa bawa mukena, akhirnya shalat pakai baju dress bersih. Dan mereka menghargai non muslim dengan menyimpan di tempat yang aman. Salut . Semoga setelah pandemi bs jalan2 lagi dan staycation di hotel yang menarik seperti ini contohnya :))

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.