Fishbowl Wives: Adakah Alasan Membenarkan Perselingkuhan?


Istri adalah makhluk yang tidak didambakan suaminya karena dambaan suami adalah istri dari pria lain.

Takuya Hiraga

Sungguh premis yang menyayat hati. Fishbowl Wives atau dalam bahasa Jepang disebut Kingyo Tsuma berkisah tentang kisah perselingkuhan pelik yang terjadi di sebuah apartemen mewah dari sudut pandang enam perempuan berbeda.

Serial Jepang 2022 yang tayang di Netflix ini menganalogikan enam perempuan atau istri-istri tersebut sebagai ikan mas. Sejatinya seekor ikan mas tidak akan bisa bernapas sebelum mengembuskan napas terlebih dahulu. Sama halnya seperti perempuan yang tidak akan bisa hidup bahagia sebelum mengurai semua masalah yang ada dalam rumah tangganya.

Pertumbuhan ikan mas bergantung pada wadah tempat dia hidup. Jangan kembali pada tempat yang telah mengurung dan mengekangmu.

Haruto Toyoda

Fishbowl Wives diangkat dari manga dewasa berjudul Kingyo Tsuma karya Kurosawa R yang terbit 2017. Manga ini diwarnai sisi gelap kehidupan pernikahan yang penuh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pengkhianatan, dan perselingkuhan.

Drama Jepang delapan episode ini berdurasi rata-rata 45-50 menit. Sutradaranya Hiroaki Matsuyama yang men-direct film Nobunaga Concerto bersama dengan Michimiko Namiki dan Aya Narakino. Wow, cewek semua ya.

Biar enggak penasaran, kita kenalan dulu sama para pemeran penting dalam serial Netflix Fishbowl Wives.

  • Shinohara Ryoko sebagai Sakura Hiraga (Lantai 43)
  • Ando Masanobu sebagai Takuya Hirgaa, suami Sakura.
  • Iwata Takanori sebagai Haruto Toyoda, selingkuhan Sakura, owner toko ikan mas.
  • Fukumoto Riko sebagai Ran, adik Haruto.
  • Minakami Kyoka sebagai Masako Bando, pengacara, mantan pacar Haruto.
  • Nakamura Shizuka sebagai Yuka Shimura (Lantai 16)
  • Osada Seiya sebagai Minoru Shimura (Lantai 16), suami Yuka.
  • Kubota Yuki sebagai Jun, selingkuhan Yuka, mantan pacar Yuka.
  • Hasegawa Kyoko sebagai Yuriha Hakozaki (Lantai 18), selingkuhan Takuya, selingkuhan Momoki.
  • Maekawa Yasuyuki sebagai Koichi Hakozaki (Lantai 18), suami Yuriha.
  • Seto Saori sebagai Noriko Hokabe (Lantai 16)
  • Fujimori Shingo sebagai Taro Hokabe (Lantai 16), suami Noriko.
  • Kanda Joe sebagai Shinji Tsuta, selingkuhan Noriko.
  • Ishii Anna sebagai Saya Sanada (Lantai 3)
  • Inukai Atsuhiro sebagai Sota Sanada (Lantai 3), suami Saya.
  • Matsumoto Wakana sebagai Hisako Taguchi
  • Mashima Hidekazu sebagai Baba, suami Hisako Taguchi.
  • Minemura Rie sebagai Ibu Mei, peramal.
  • Kawasaki Juri sebagai Nene, penata rambut, selingkuhan Takuya.
  • Fukami Motoki sebagai Momoki Gojo, selingkuhan Yuriha.

Sinopsis Fishbowl Wives

Fishbowl Wives seperti yang saya tuliskan di atas mengambil sudut pandang enam perempuan berbeda. Mereka dianalogikan seperti seekor ikan mas yang cantik.

Keenam perempuan tersebut adalah Sakura Hiraga, Yuka Shimura, Noriko Hokabe, Saya Sanada, Hisako Taguchi, dan Yuriha Hakozaki.

Sakura Hiraga menjadi tokoh sentral cerita. Namun, serial yang mirip seperti antologi film ini mencoba membedah latar belakang keenam perempuan tersebut secara terpisah.

1. Sakura Hiraga

Sakura Hiraga seorang penata rambut terkenal yang pernah mengalami kecelakaan saat menyelamatkan seorang anak perempuan. Sejak tragedi itu, Sakura kesulitan menjalankan profesinya. Tangan kanannya acap tremor setiap kali memegang gunting atau menggunting rambut orang lain.

Akhirnya, Sakura terpaksa mengubur impiannya menjadi wanita karier dan fokus mendampingi suami menjalankan usaha. Suatu hari, Sakura yakin penyakitnya sudah sembuh. Namun, sang suami, Takuya Hiraga tak sudi lagi memberi kepercayaan pada istrinya untuk menjalankan tugas sebagai penata rambut di salon mereka.

Takuya dan Sakura, pasangan suami istri yang berprofesi sebagai hair stylist.

Takuya seorang pengusaha kaya raya di bidang kecantikan. Dia merintis usaha bersama Sakura sejak mereka masih berpacaran sampai menikah. Usaha salon mereka berkembang pesat dan memiliki banyak cabang di berbagai kota.

Kehidupan rumah tangga Sakura tak seindah gambar dan foto yang dia posting di media sosial. Sakura kerap mengalami KDRT akibat Takuya yang temperamen dan posesif berlebihan.

Takuya juga berselingkuh dengan banyak perempuan dan mostly perempuan-perempuan selingkuhannya berada dalam circle Sakura. Beberapa di antaranya sesama penghuni apartemen dan karyawan salon. Setiap kali pada selingkuhannya Takuya selalu menyalahkan Sakura karena tak bisa memberinya anak.

Sakura berkenalan dengan pemilik toko ikan mas bernama Haruto Toyoda. Haruto satu-satunya pria yang bisa memberi Sakura kekuatan untuk lepas dari belenggu KDRT suaminya.

Sakura dan Haruto

Ikan mas adalah makhluk tangguh bahkan ketika mereka melompat keluar dari akuarium. Mereka mampu berenang dengan tenang. Sakura menganalogikan kondisi ini dengan dirinya sendiri. Ketika dia memutuskan keluar dari rumahnya dan meninggalkan Takuya, dia harus berpikir dan bertindak dengan tenang.

Kisah lengkap Sakura bisa kita saksikan hampir di keseluruhan episode, khususnya episode 1 The Fishbowl Wife.

2. Yuka Shimura

Yuka Shimura adalah istri yang haus perhatian suami dan sangat mendamba punya momongan. Sayangnya, keinginan Minoru, suami Yuka bertolak belakang. Minoru belum siap menjadi seorang ayah sehingga dia selalu menghindar tiap kali Yuka mengajaknya berhubungan seks saat masa subur.

Minoru tahu kalender ovulasi Yuka sehingga mencari seribu satu alasan untuk menggagalkan niat Yuka. Dia kerap pulang kerja larut malam, sibuk bermain game, atau tidur duluan dan meninggalkan Yuka seorang diri.

Yuka dan suaminya, Minoru.

Sikap Minoru membuat Yuka mencari pelarian dengan kembali berhubungan dengan mantan kekasihnya, Jun yang juga baru bercerai dengan sang istri. Dua sejoli yang sama-sama kesepian ini akhirnya menemukan kehangatan satu sama lain.

Pada akhirnya, Yuka hamil. Namun, dia tidak tahu siapa ayah dari bayi yang dia kandung. Apakah itu anak Jun atau anak Minoru? Dia sendiri tak peduli selama impiannya mempunyai anak tercapai.

Kisah lengkap Yuka bisa kita saksikan di episode 2 The Outsourcing Wife.

3. Noriko Hokabe

Noriko Hokabe tipe ibu rumah tangga sejati. Dia cantik, suka memasak, dan sangat penurut sama suami. Sayang sekali, suami Noriko, Taro Hokabe memiliki kelainan seksual disebut voyeurisme.

Taro baru bisa memperoleh kepuasan seksual dan mencapai klimaks ketika dia mengintip atau membiarkan sang istri berhubungan seksual atau disentuh pria lain.

Suatu hari, Taro membawa rekan sekantornya, Shinji Tsuta untuk bermesraan dengan sang istri. Noriko awalnya risih dan tidak enak dengan kehadiran Shinji di rumahnya. Namun, dia pasrah atas nama cinta pada suami.

Noriko

Berbeda dari Taro, Shinji sangat menghargai Noriko. Dia senang makan makanan dalam kotak makan siang yang diberikan Noriko pada Taro. Taro jarang menghabiskan bento yang disiapkan istrinya. Dia memberikan bento tersebut pada Shinji dengan alasan bosan, kemudian memilih makan siang di restoran.

Aku kira aku tak akan pernah bertemu seseorang yang membutuhkanku. Aku perempuan biasa saja, tak punya kelebihan.

Noriko
Noriko dan Shinji

Lama kelamaan, Noriko berbalik jatuh cinta beneran dengan pria yang dimintai tolong oleh suaminya itu. Shinji pun diam-diam simpati dan jatuh cinta pada Noriko. Akankah kisah cinta terlarang mereka menjadi kenyataan?

Saksikan kisah lengkap Noriko di episode 3 The Lunchbox Wife.

4. Saya Sanada

Saya aslinya wanita karier yang sukses dan bisa membeli apartemen mewah bersama suami, Sota Sanada. Seiring berjalan waktu, pekerjaan Sota makin mapan. Dia pun meminta Saya berhenti bekerja dan seutuhnya menjadi ibu rumah tangga.

Sayang sekali, sikap Sota berubah. Dia mengatasnamakan kebahagiaan bersama sebagai alasan untuk jarang lagi bermesraan dengan istri, terlalu cuek dengan kondisi Saya, dan hal tersebut membuat Saya merasa ditinggalkan.

Sota berubah menjadi one man show. Dia menjadi dominan dalam segala hal.

Sota dan Soya

Sota dan Saya adalah pasangan suami istri yang sangat hobi berlari. Dalam kehidupan pernikahan mereka, Saya sempat berselingkuh dengan Takuya. Namun, pada akhirnya dia mengurungkan niat karena Sota menyadari sikapnya dan meminta maaf pada Saya.

Kisah lengkap Saya dan Sato bisa disaksikan di episode 4 The Chaperone Wife.

5. Hisako Taguchi

Hisako adalah ibu rumah tangga yang mengalami amnesia disosiatif. Dia pernah mengalami trauma psikologis atau stres berat karena memergoki sang suami bersama perempuan lain.

Hisako kerap mengalami sakit kepala setiap kali mendengar cerita-cerita tetangga tentang perselingkuhan. Kondisi tersebut amat menyiksanya.

Hisako Taguchi

Ibu satu anak itu kehilangan memori tentang suaminya. Dia hanya tahu suaminya, Baba adalah pebisnis sibuk yang bekerja di luar negeri dan jarang pulang.

Suatu hari, tak sengaja Hisako bertemu lagi dengan suaminya. Namun, dia tak mengenal Baba lagi. Sebaliknya, Baba terkejut menyadari istrinya telah melupakannya.

Hisako bersama suami dan putra

Perlahan Hisako merasa nyaman berbicara dan berada di samping Baba. Dia merasa dirinya berselingkuh. Padahal, kenyataannya tak demikian. Hisako kembali berhubungan dengan suaminya dalam kondisi ingatan belum pulih. Bagaimana Hisako bisa mengingat Baba kembali?

Temukan ending mereka di episode 5 dan 6 The Headache Wife.

6. Yuriha Hakozaki

Yuriha adalah selingkuhan Takuya yang cukup intens bersama Takuya. Dia adalah perempuan yang tak pernah dihargai suami dan ibu mertua di rumah.

Suami Yuriha, Koichi Hakozaki menikahi Yuriha karena belas kasihan semata. Apalagi, separuh wajah Yuriha aslinya cacat. Namun, Yuriha bisa menyembunyikan kekurangannya tersebut dengan trik make up yang mumpuni.

Suatu hari, saat rumahnya tengah direnovasi, Yuriha berkenalan dengan Momoki, seorang tukang bangunan yang bertanggung jawab merenovasi rumah tersebut.

Yuriha (kiri) dan Sakura (kanan)

Sebagaimana Yuriha, kondisi Momoki juga mirip. Momoki memiliki tato besar di punggungnya. Tato tersebut membuat sang istri malu dan terus meminta Momoki menyembunyikan kekurangannya tersebut.

Saat mereka bertemu, Yuriha dan Momoki seperti menemukan orang yang bisa menerima kekurangan mereka satu sama lain. Hubungan mereka pun berkembang menjadi hubungan terlarang. Bagaimana ending kelana Yuriha? Saksikan di episode 7 The Renovation Wife.

Review Fishbowl Wives

Enam perempuan di sebuah kondominium mewah hidup dalam pernikahan yang tidak bahagia. Mereka akhirnya melewati batas dan terlibat dalam perselingkuhan.

Kesamaan enam perempuan ini adalah dilecehkan secara emosional oleh suami sendiri. Ada yang diselingkuhi berkali-kali karena tak bisa punya anak. Ada yang terluka karena suaminya memiliki kelainan seksual.

Ada yang selingkuh karena suaminya tak menganggapnya ada. Ada yang selingkuh karena suami hanya mementingkan orang tuanya dan mengabaikan perasaan istri di rumah.

Adakah alasan yang membenarkan perselingkuhan?

Sebagai penonton, Fishbowl Wives mempersilakan kita menilai sendiri keenam perempuan ini atas tindakan mereka yang keluar batas. Penonton terbagi ke dalam dua kubu, ada yang memihak dan ada yang menyalahkan. Sah-sah saja. Kita tak perlu juga membahasnya panjang lebar.

Plot cerita dalam Fishbow Wives memang lebih banyak menjelajahi hubungan suami istri antara laki-laki dan perempuan Jepang serta perilaku masyarakat di sana setelah menikah. Mungkin tidak sepenuhnya relate dengan gaya pasangan di Indonesia.

Aku termasuk orang yang tidak membenarkan perselingkuhan apa pun alasannya. Mau itu selingkuh karena KDRT, selingkuh karena pasangan tak bisa punya anak, selingkuh karena merasa tak dihargai di rumah sendiri, dan alasan lainnya.

Justru, selingkuh mendatangkan masalah baru bagi kita yang menjalaninya. Bukannya masalah rumah tangga yang pelik tadi mengecil, eh malah memunculkan problem baru bagaikan bom waktu yang potensial meledak sewaktu-waktu.

Aku suka sama ending serial ini. Sutradara tak langsung mengukuhkan Sakura dan Haruto sebagai pasangan selingkuh sukses. Sakura tetap menjaga jarak dari Haruto untuk menyelesaikan perceraian dengan Takuya, juga healing dari trauma pascapernikahan yang dia alami bertahun-tahun lamanya. Ini keren banget.

Apa yang kita tabur, itulah yang kita tuai. Takuya pada akhirnya harus menelan pil pahit bahwa Sakura lebih bahagia bersama laki-laki lain. Penyesalan Takuya di akhir tak ada gunanya dan itu bagaikan racunnya yang membunuhnya pelan-pelan.

Takuya terus menyiksa Sakura setiap hari

Kendati dalam episode terakhir diperlihatkan Takuya bisa bangkit kembali dengan pribadi lebih baik, tetap saja separuh kebahagiaan hilang akibat kesalahan di masa lalu.

Dorama Fishbowl Wives enggak cuma menyajikan penonton adegan panas dan isu perselingkuhan semata. Banyak pesan mendalam yang mengajarkan kita bahwa sekecil apa pun perbuatan kita pasti akan ada balasannya. Kalau tidak di dunia, maka di akhirat.

Penyajikan konflik yang enggak monoton menjadi nilai plus dorama ini. Penampilan semua aktor dan aktris di serial Netflix ini luar biasa.

Ada alasan kenapa sutradara memberikan peran sentral pada Shinohara Ryoko, penyanyi sekaligus aktris cantik veteran Jepang yang memesonaku setelah menyaksikannya di serial lawas Tsuki no Koibito (2010) bersama Takuya Kimura, Anego bersama Jin Akanishi, dan Last Cinderella (2013) bersama mendiang Haruma Miura dan Naohito Fujiki.

Shinohara mungkin not typical aktris Jepang yang cantik banget banget banget karena aslinya dia adalah penyanyi, bukan bintang film. Namun, kalian bakal tahu dari sisi mana dia bersinar kalau kalian udah nonton banyak aktingnya di film dan dorama sebelumnya.

Aku rekomendasikan serial Tsuki no Koibito. Nonton deh. Pasti kalian langsung jatuh cinta sama Shinohara.

Crazy for You (OST Fishbowl Wives) yang dinyanyikan Shinohara Ryoko

Saat bermain di serial Fishbowl Wives, Shinohara Ryoko umurnya udah 49 tahun loh. Gilaaaa, enggak kelihatan sama sekali. Padahal, secara usia dan karier, dia lebih senior dari Utada Hikaru yang 10 tahun lebih muda. Shinohara enggak kelihatan tua sama sekali dibanding pasangan mainnya di serial ini, yaitu Iwata Takahiro yang berusia 33 tahun atau 16 tahun lebih muda.

Iwata Takahiro adalah aktor sekaligus penyanyi. Dia salah satu main dancer grup J-pop, Sandaime J Soul Brothers dan Exile. Anak 90-an pasti tahu sama grup ini.

Secara keseluruhan, dorama ini menurutku keren banget. Tiga sutradara begitu apik menyoroti beragam alasan pernikahan tidak bahagia secara terperinci di setiap episode.

Kesenjangan gender dalam perselingkuhan makin terlihat saat ini. Fishbowl Wives menyindir bagaimana dunia memandang perselingkuhan bergantung siapa yang melakukannya.

Kita bisa lihat, bagaimana dunia baik-baik saja kendati seluruh penghuni apartemen tahu Takuya berselingkuh dengan banyak perempuan. Kondisinya berbeda ketika itu dilakukan Sakura. Hanya dengan selembar foto Sakura yang terluka memeluk Haruto di tengah hujan deras Kota Tokyo, itu sudah bisa membangkitkan gibah di seluruh kota.

Haruto menyelamatkan Sakura di tengah hujan deras

Kabar perselingkuhan Sakura dan Haruto bahkan masuk media online. Dunia seakan menujukan kesalahan terletak pada Sakura sepenuhnya.

Penggambaran karakter Sakura, perempuan yang memiliki semua kebahagiaan duniawi. Namun, alih-alih kebahagiaan yang dia dapatkan, Sakura menemukan dirinya terjebak dalam lingkaran kekerasan dan pelecehan emosional olah suaminya sendiri.

Saat merasa tak berdaya, Sakura menyamakan kondisinya bagai ikan mas yang hanya ditaruh di wadah kecil. Ikan mas yang terjebak dan tak bisa kemana-mana, menunggu seseorang menyelamatkannya.

Rasanya seperti relate dengan kehidupan pernikahan masa kini, bahkan sebagian besar pernikahan bermasalah di dunia.

Fishbowl Wives di-rated 18+ dan banyak sekali menampilkan adegan KDRT, seks, dan ketelanjangan. So, serial ini sangat tidak disarankan untuk penonton berumur di bawah 18 tahun, bahkan menurutku di Indonesia baru bisa ditonton +21 tahun.

Kenapa istri berselingkuh?

Kita sering mendengar asumsi lama yang mengatakan laki-laki cenderung lebih sering berselingkuh ketimbang perempuan. Asumsi ini makin tidak benar seiring berjalannya waktu, sebagaimana ditunjukkan beberapa cerita enam perempuan dalam serial Fishbowl Wives.

Pendapat tradisional mengatakan perempuan cenderung berselingkuh ketika mereka merasa tidak bahagia dengan pernikahan, sedangkan pria cenderung berselingkuh karena lebih kepada ingin mencari variasi seksual.

Kali ini aku mencoba merangkum beberapa alasan istri berselingkuh. Disclaimer dulu ya, ini sebatas pendapatku saja. Kalau kalian punya pendapat lain, silakan sampaikan di kolom komentar. Mungkin diskusinya bakal lebih hidup.

1. Kepercayaan diri rendah

Ini bisa kita lihat dari sosok Yuka dalam episode The Outsourcing Wive. Sepintas kita bakal beranggapan, apa sih kurangnya Yuka? Bodynya aduhai, dia ceria, humoris, dan hot di ranjang, tapi kok bisa kepercayaan dirinya rendah?

Rupanya Yuka kerap mendapatkan penolakan dari suami setiap kali dia ingin berhubungan seksual. Yuka kerap berpikir, “Kenapa tubuhnya tak menarik di mata suaminya?” atau “Kenapa suaminya tak mau punya anak darinya?”

Kemudian, sekonyong-konyong Jun muncul kembali. Jun, mantan kekasih Yuka yang serampangan tetapi tahu cara menjadikan Yuka seorang ratu.

Yang penting adalah observasi. Saat kau sudah merasakan gejala penyakit, biasanya itu sudah terlambat.

Pesan Sakura ke Yuka

Ketika Yuka merasa diabaikan, dianggap tak berharga oleh suaminya sendiri, Yuka mengejar romantisme dari pria lain. Siklus ini terus berlanjut dan akhirnya menyuburkan perselingkuhan.

2. Emotional starving

Banyak penelitian menunjukkan pria berselingkuhan didominasi motivasi seksual, sedangkan perempuan berselingkuh untuk memenuhi kebutuhan emosinya. Ada kondisi disebut emotional starving di sini.

Kita bisa lihat saat Sakura mengungkapkan isi hatinya pada Haruto. Dia ingin menjadi ikan mas yang dirawat dengan baik. Dia tak punya kebebasan di rumah yang seharusnya menjadi istananya, bahkan sesederhana ingin minum teh. Sakura harus mengalah karena suaminya lebih suka kopi.

Di rumah, aku harus mengalah pada pecinta kopi. Aku tak pernah sadar bahwa bebas minum apa pun sesukaku dapat membuatku sebahagia ini.

Sakura

Dari sini kita tahu bahwa seks bukanlah alasan utama Sakura berselingkuh dengan Haruto. Terlepas sebuah perselingkuhan bersifat fisik atau emosional, seorang perempuan mungkin berselingkuh karena mendambakan empati, rasa hormat, pujian, dukungan, atau mungkin komunikasi sehat bersama pasangan. Ini yang tak pernah didapatkan Sakura dari Takuya.

3. Marah dan balas dendam

Yuriha dalam episode The Renovation Wife berselingkuh dengan banyak pria lebih dikarenakan rasa marah pada suami yang tak bisa memenuhi harapan dan memberikan penghormatan padanya sebagai istri di rumah sendiri.

Koichi, suami Yuriha seperti tak memberi peran sebagai istri pada Yuriha. Semua keputusan dalam rumah tangga mereka diserahkan pada ibunya.

Ibu mertua mendominasi peran. Dia yang menentukan model renovasi rumah, menyusun anggaran, menentukan bahan, tanpa memberi kesempatan sedikit pun pada Yuriha untuk mengemukakan pendapat.

Ini menciptakan perpecahan dalam rumah tangga Yuriha dan Koichi. Namun, Yuriha memilih tak ingin ribut dan berdebat dengan suami. Dia memilih menyimpang dari jalannya dan bertemu pada Takuya juga Momoki.

4. Merasa sendiri dan ditinggalkan

Perempuan berselingkuh bisa jadi karena merasa ditinggalkan pasangan yang seharusnya berjalan berdampingan dengannya. Inilah yang dihadapi Saya. Sato tenggelam dan pekerjaan, mencari uang sebanyak mungkin, sementara Saya tinggal di rumah sepanjang hari.

Dulu istrimu dominan dalam segala hal, termasuk lari. Kamu sebagai suaminya mengejar dan unggul. Namun, kamu sama sekali tak pernah kembali pada istrimu. Sudah saatnya kamu berlari di samping istrimu. Mungkin, kini giliranmu yang menyemangatinya dan berlari mengikuti kecepatan istrimu. Dengan demikian, kamu akan melihat pemandangan yang telah kamu lewatkan bersamanya.

Nasihat tetangga pada Sato

Saya juga kesepian karena kehidupan sosialita di apartemen mewahnya. Hanya mereka yang tinggal di lantai 16 ke atas yang layak dijadikan teman. Penghuni lantai 15 ke bawah dianggap tidak memiliki strata sosial tinggi.

Akibatnya, Saya tak memiliki siapa-siapa untuk bercerita. Tiba-tiba, Takuya menawarkan diri untuk mengisi kekosongan tersebut. Saat itulah gerbang perselingkuhan itu terbuka.

5. Ada peluang

Beberapa perselingkuhan memang direncanakan. Noriko terang-terangan diatur sedemikian rupa untuk bersama Shinji.

Siapa yang mengaturnya? Suaminya sendiri yang memiliki kelainan seksual.

Kita bisa lihat Noriko mulai bersimpati dan kemudian perasaannya berlanjut dengan mengakui keberadaan Shinji di hatinya. Perempuan dalam situasi ini bisanya tak bisa menjelaskan alasan di balik perselingkuhannya.

Peluang hari ini di mana media sosial meraja lela, perselingkuhan pun tumbuh subur karena memberi kemudahan kita terhubung dengan orang lain. Kadang, ini menjadi batu loncatan untuk kesalahan itu tercipta.

Terima kasih sudah membaca ulasan ini sampai akhir. Semoga kamu suka dan berkenan berdiskusi di kolom komentar. Ditunggu ya.


19 responses to “Fishbowl Wives: Adakah Alasan Membenarkan Perselingkuhan?”

  1. Memang apapun alasan di balik perselingkuhan tidak bisa dibenarkan ya kak.
    Btw Jepang dan indo sama sih soal reaksi berita perselingkuhan. Kalo suami yang melakukan sudah pasti reaksinya biasa. Namanya juga lelaki. Tapi kalo perempuan alias istri rasanya beda. Hukuman sosial lebih terasa ya kak. Meski suami istri pun sama-sama berselingkuh. Apapun masalah rumah tangga, selesaikan dulu ya kak. Jangan ambil jalan tengah dengan selingkuh.

    Like

  2. Saya juga bukan orang yang menyetujui perselingkuhan apapun alasannya. Baik untuk suami maupun untuk si istri. Kalau sekira tak suka lagi, pisah saja, baru cari pengganti.
    Jangan selingkuh lah…

    Like

  3. Namanya penghianat pasti tidak dibenarkan. Termasuk selingkuh. Apalagi itu berkhianat akan janji kepada Tuhan,
    Tapi nama nya film baik buruk tetap pasti ada pelajaran yang bisa kita petik dari sana. Dan tergantung kita selanjutnya mau mengambil langkah yang mana…

    Like

  4. Sangat setuju perselingkuhan sangat tidak.dibenarkan apalagi dalam.ajaran agama.
    Memang kehidupan pernikahan itu harus sama2 menjaga.supaya tidak.bosan harus bisa mengolah rasa atau kebiasan atau kejutan2.

    Banyak hikmah yg bisa di ambil dari tulisan diatas

    Like

  5. Menarik kisahnya mbak. Membaca ini saya jadi tambah pengetahuan baru nih, kenal istilah voyeurisme.

    Selingkuh tak hanya bisa dilakukan oleh lelaki ya, perempuan pun bisa melakukannya dengan berbagai alasan yang memicunya untuk melakukan itu. Ada yang butuh penghargaan, ada yang butuh perhatian, ada yang butuh kasih sayang

    Like

  6. wow drama yang bagus, andaikan kuat nontonnya
    hehehe
    selama ini drama tentang petselingkuhan (seperti Penthouse) saya hanya kuat nonton beberapa episode.
    Kalaupun hingga habis karena mau tau endingnya
    Soalnya suka kesel sama perempuan/pria yang selingkuh 😀

    Like

  7. Saya biasanya suka kebawa emosi kalau tema ceritanya perselingkuhan. Karena saya pun berpendapat, selingkuh tidak dibenarkan. Kalau ada masalah dalam rumah tangga sebaiknya dibicarakan dan diselesaikan. Lebih baik selesai trus berpisah daripada diam-diam selingkuh.

    Tapi, terkadang suka penasaran juga dengan cerita-cerita di balik perselingkuhan. Jadi, pengen juga nonton dorama ini. Tentu harus dalam suasana hati lagi santai. Biar gak mudah emosi nontonnya 😀

    Like

  8. bagusssssss buangeetttt! wajib ditonton ini, saya paling suka cerita-cerita tentang drama relationship yang sebenarnya ini ada banyak di lingkungan kita loh, meskipun mungkin kondisinya berbeda ya.

    Btw, kalau ditanya, mengapa istri selingkuh? jawabannya mungkin karena nggak punya prinsip yang kuat.

    Seada kesempatan gimanapun, se kesepian gimanapun, nafsu pengen balas dendam gimana pun.

    Selama prinsip kuat, saya yakin nggak akan pernah melakukan selingkuh apalagi sampai physical (dalam keadaan sadar).

    Saya pernah berada di kondisi tersebut soalnya, semoga Allah menjaga kita dari dosa zinah ataupun selingkuh.

    Apapun alasannya, ya udah, cerai aja dulu, nikah lagi, baru deh bebas sama orang baru hehehehe

    Like

  9. Aihhhhh ceritanya gelap banget ya mba. Walau gelap sayangnya banyak yang realita hidup seperti itu dari KDRT, perselingkuhan dll. Hebat mba kuat nontonnya. Aku menghindari tontonan yang terlalu gelap begini. Soalnya akunya yang ga kuat. Coz terlalu menyayat hati buat aku hihihi 🤣

    Like

  10. Nonton drama tema perselingkuhan dari 1 sisi aja rasanya gemes banget, ini dari 6 sudut pandang perempuan, tingkat gemesnya kayak gimana ini 😀

    Like

  11. “Seorang perempuan mungkin berselingkuh karena mendambakan empati, rasa hormat, pujian, dukungan, atau mungkin komunikasi sehat bersama pasangan.”

    Ya Allah, kasian juga ya kalau nggak dapet apapun dari pasangannya. Bahkan sekadar dukungan dan pujian. Padahal itu penting untuk membuat seseorang tetap bertahan dalam badai apapun di pernikahannya. Aku penasaran sama seriesnya nih.

    Like

  12. Keren amaattt dramanya..
    Rasanya kehidupan 6 perempuan bagaikan ikan mas gini kudu banget dijadikan pelajaran agar terjaga selalu dari sifat khianat.

    Sutradaranya dan penulisnya tapi laki ya..?
    Kadang kalo dari sudut pandang laki, suka agak lebih gak masuk akal… Hehhe, dramatisasi drama memang selalu ada sih ya.. Apalagi NF nih jago banget!

    Like

  13. Awalnya aku salfok sama judulnya kukira makanan soalnya fishbowl hehe.

    İsunya perselingkuhan. Harus gimana rumah tangga yang harmonis itu, kadang bergelimang harta nggak menjamin langgeng, soal kecantikan apalagi. Selingkuh zaman sekarang kayak sudah tren astagfirullah

    Like

  14. Wow, ceritanya seru nih… Aku paling suka film dengan alur yang rumit kek gini. Nontonnya harus benar-benar fokus agar bisa mencerna film dengan baik…
    Cocok nih buat tontonan weekend depan… Thanks ya kak…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: