Berani Ngomong Bahasa Inggris dengan LEXO LAB Indonesia

Anak-anak, tak terkecuali orang dewasa di Indonesia sering merasa cemas dan gugup ketika harus berbicara bahasa inggris di depan umum. Apalagi kalau mereka secara kebetulan terpaksa ngomong bahasa inggris karena ditanyai orang asing.

Gak heran jika hari ini banyak yang mencari bantuan lewat aplikasi belajar bicara bahasa Inggris, seperti LEXO LAB Indonesia.

Biasanya ada tiga ketakutan menyertai mereka. Pertama, mereka gak pede karena kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris sangat minim. Kedua, mereka takut salah ngomong. Ketiga, mereka khawatir lawan bicaranya gak paham maksud mereka.

Kalau menurut saya sih, problemnya ada di pola pikir. Beralih dari seorang yang tadinya gak pede ngomong bahasa Inggris menjadi orang yang pede ngomong bahasa Inggris sering kali membutuhkan perubahan pola pikir.

Kita semestinya sadar bahwa bahasa Inggris memang bukan bahasa ibu kita. Jadi, selayaknya anak kecil yang baru belajar bahasa Indonesia di usia 1,5 atau dua tahun, ya begitu juga hendaknya kita mengawali kompetensi kita dalam bicara bahasa Inggris.

Dalam hal ini kita perlu fokus pada peningkatan level bahasa asing kita, sedikit demi sedikit, kata per kata, kalimat per kalimat setiap hari.

Tips Percaya Diri Ngomong Bahasa Inggris

Kepercayaan diri untuk ngomong bahasa inggris gak serta merta muncul hanya mengandalkan kesempurnaan bahasa atau vocabulary. Kepercayaan diri itu akan muncul secara efektif ketika kita berkomunikasi langsung dengan orang lain.

lexo lab indonesia

Berikut lima tips sederhana supaya kita berani ngomong bahasa Inggris.

1. Jangan takut salah

Pola pikir pertama ini perlu kita tanamkan dalam diri. Tujuan kita berbahasa Inggris adalah menyampaikan pesan. Kita gak harus ngomong bahasa inggris dengan sempurna, tidak harus dengan tata bahasa dan kosa kata tepat.

Jangan salah loh, seorang native speaker saja masih bisa membuat kesalahan dalam berbahasa inggris yang jelas-jelas bahasa ibunya. Ya, kurang lebih sama lah dengan kita di Indonesia. Gak semua orang mengerti ejaan bahasa Indonesia yang baku, ya ‘kan? Jadi, selama pesannya tersampaikan, tidak masalah jika tata bahasanya tidak baku.

2. Tempo bicara diperlambat

Dalam kebanyakan kasus, lawan bicara tidak paham dengan omongan kita karena telinga mereka masih asing dengan aksen atau vokal kita saat ngomong bahasa inggris.

Itulah mengapa lawan bicara gak bisa memahami kita. Apalagi kalau kita gugup, kita bisa bicara lebih cepat dari biasanya. Kondisi ini memperburuk pengucapan dan tata bahasa kita yang ujung-ujungnya bikin gak pede.

Oleh sebabnya kita perlu berhati-hati mengucapkan kata. Salah satu caranya ngomong bahasa Inggris dengan tempo lebih lambat. Kalau lawan bicara kita tidak lagi meminta kita mengulang pengucapan, itu tandanya mereka sudah paham dan ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita.

3. Jangan lari dari situasi yang gak nyaman

Kebanyakan orang yang kurang pede ngomong bahasa Inggris memilih menjauhi situasi yang gak nyaman. Kalau secara kebetulan mereka ketemu bule pas jalan-jalan misalnya, mereka akan menghindar, atau menawarkan temannya untuk melayani orang asing bicara.

Ingat, rasa percaya diri akan muncul sendiri justru ketika kita berani masuk zona gak nyaman. Tempatkan diri kita dalam situasi di mana kita awalnya gak nyaman, misalnya berani berhadapan dengan orang asing, kemudian bersiap bercakap dengannya, dan secara otomatis pede itu akan muncul.

4. Baca, tonton, dengarkan.

Guru bahasa Inggris sekarang kerap menyarankan anak muridnya untuk menonton film, mendengarkan podcast, bahkan bernyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan. Ini adalah metode pembelajaran aktif yang memungkinkan kita membenamkan diri dalam bahasa asing.

Anak kita pasti memiliki film, acara televisi, atau bahkan channel YouTube favorit. Alih-alih hanya menontonnya diam-diam, dengarkan baik-baik apa yang dikatakan karakter atau pembawa acaranya.

Ulangi dialog yang diminati anak, tekan jeda (pause), mundur (rewind), dan dengarkan hal sama beberapa kali.

Jauh lebih baik lagi jika kita aktifkan pengaturan subtitle bahasa Inggrisnya, supaya lebih mudah mengidentifikasi setiap kata yang diucapkan. Ini adalah cara termudah untuk melatih keterampilan mendengar dan bicara bahasa inggris kita dengan materi menyenangkan sekaligus menghibur.

Dari pada membaca kamus tebal, lebih baik memperkaya bahasa Inggris yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Istilah sehari-hari akan memudahkan kita bergaul dengan orang lain. Itulah kunci menjadi fluent layaknya native speaker.

5. Latihan, latihan, dan latihan.

Practice makes perfect. Pasti sulit berlatih sendiri, terutama dalam hal meningkatkan keterampilan bicara bahasa Inggris. Oleh sebabnya temukan teman atau komunitas yang juga sedang belajar dan berlatih bersama-sama menggunakan bahasa Inggris.

Ajak teman atau komunitas bertemu, entah itu offline atau online dengan aturan ‘Just English’ ketika sedang ngobrol. Artinya, semua orang hanya boleh bicara dalam bahasa Inggris selama 1-2 jam berikutnya.

Dukungan seperti ini akan membuat kita lebih nyaman membuka diri dan ngomong bahasa Inggris tanpa harus terkungkung dengan rasa tidak nyaman.

Terus cari peluang menguji kesempatan berbahasa Inggris secara lisan, seperti berlangganan web aplikasi berbicara bahasa Inggris LEXO LAB.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris LEXO LAB

Saat ini ada beberapa aplikasi untuk belajar bicara bahasa Inggris. Namun, fokus aplikasi lain terlalu banyak ke penulisan dan bacaan, sehingga sedikit saja mendalami kemampuan berbicara anak.

LEXO LAB aplikasi belajar bicara bahasa Inggris anak berbasis web. Aplikasi ini efektif menjadikan anak kita seorang confident english speaker. Anak bukan cuma diajarkan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris, melainkan mendorong mereka berani ngomong bahasa Inggris supaya kelak menjadi penutur yang baik.

Metode belajar yang dipakai LEXO LAB Indonesia sama dengan metode anak belajar bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui orang tuanya. Putri saya, Maetami (6 tahun) sangat tertarik dengan LEXO LAB karena belajarnya ditemani karakter warna-warni.

Maetami kurang lebih seminggu terakhir mengikuti uji coba gratis di web aplikasi ini. Dia senang karena pembelajaran diawali dengan metode mencocokkan gambar dengan kata.

Setelah melihat Maetami nyaman dengan uji coba gratisnya, akhirnya saya melanjutkan program belajarnya ke web aplikasi berbayar. Saya memilih berlangganan tiga bulan sekaligus, mumpung ada promo sampai 28 Februari 2022 dari LEXO LAB Indonesia.

ngomong bahasa inggris

Aplikasi belajar bahasa inggris untuk anak ini memungkinkan anak merekam suaranya untuk diinput ke sistem. Suara anak akan dianalisis oleh smart speech detector system, yaitu teknologi khusus untuk menganalisis suara sedetail mungkin.

Maetami yang awalnya asal-asalan saja membaca instruksi berupa ejaan bahasa Inggris, perlahan mulai lebih berhati-hati, memelankan temponya, dan berusaha sebaik mungkin meningkatkan kualitas pelafalannya.

Kata-kata yang sudah dikuasai Maetami ditempatkan di word vault. Nah, anak kita bisa mengakses word vault ini berulang, secara teratur, dan berlatih mengucapkannya lagi.

LEXO LAB memiliki lebih dari seribu program bicara dengan teknologi tingkat lanjut plus kurikulum standar internasional. Nantinya aplikasi belajar bahasa Inggris anak free ini akan memberikan laporan kemajuan dan perkembangan pembelajaran anak secara mingguan hingga bulanan.

aplikasi belajar bicara bahasa inggris

Laporan yang saya terima tentang Maetami bukan cuma soal speech ability, melainkan juga berapa banyak kosakata yang sudah dikuasai putri saya.

Web aplikasi ini sebelumnya sudah menjalani pengujian intensif di New Zealand. Hasilnya, kemampuan bicara anak terlihat jelas sebelum dan sesudah pembelajaran. Alasan ini pula yang membuat saya mantap berlangganan dan meneruskan pemakaian web aplikasi ini untuk putri saya. Tunggu review lanjutannya nanti ya.

lexo lab indonesia

Apa keunggulan LEXO LAB lainnya?

  • Memberi masukan jelas dalam membangun kosakata.
  • Membuat anak-anak memulai bicara sebanyak dan sesering mungkin.
  • Menawarkan bantuan jika diperlukan.
  • Memberi umpan balik yang akurat.
  • Mendorong anak semakin berkembang.
  • Memperkenalkan anak lebih dekat dengan bahasa inggris dan menjadikan mereka penutur bahasa inggris yang efektif juga penuh percaya diri.

Cara Daftar LEXO LAB

Anak sebaiknya mengakses aplikasi bicara bahasa inggris LEXO LAB minimal 30 menit setiap hari atau setidaknya tiga kali dalam sepekan. Tujuannya supaya kemajuan anak terlihat dan bisa dinilai menyeluruh.

Ngomong-ngomong, udah tahu belum cara daftar dan mengakses aplikasi belajar bicara bahasa inggris LEXO LAB Indonesia?

1. Buka website LEXO LAB dan registrasi

LEXO LAB Indonesia adalah web application, sehingga hanya bisa diakses menggunakan browser, bukan didownload melalui PlayStore atau AppStore, kemudian diinstall di gadget kita. Web aplikasi LEXO LAB dapat diakses melalui perangkat Android, iOS, dan desktop.

Langkah pertama adalah kunjungi website LEXO LAB di https://app.lexolab.com/home Berikutnya jangan langsung berlangganan. Silakan daftar uji coba gratis dan libatkan anak di tahap pertama ini.

2. Cek email untuk aktivasi akun

Kita akan menerima email berisi konfirmasi bahwa kita berhasil mendaftarkan anak. Setelah itu kita akan menerima email selanjutnya berisikan nama pengguna dan kata sandi anak kita.

Kita akan menggunakan nama pengguna dan kata sandi ini setiap kali masuk ke web aplikasi belajar bicara bahasa inggris android ini.

3. Ikuti quick quizz

Setelah mendaftar dan melakukan aktivasi akun, anak akan diarahkan mengikuti kuis singkat (quick quiz) untuk menentukan level belajar. Jadi, LEXO LAB Indonesia tidak menyamaratakan kemampuan anak.

Kurikulum pembelajaran masing-masing anak jelas berbeda, disesuaikan dengan kemampuan real time anak. Seru kan?

Selanjutnya anak sudah bisa mengikuti latihan bicara bahasa inggris GRATIS untuk lima hari berikutnya. Kalau kita nyaman, barulah kita menggunakan web aplikasi berbayar.

Anak membutuhkan tempat yang tenang dan headset untuk disambungkan ke perangkat yang dipakai, seperti ponsel, tablet, atau laptop. Sistem pembelajaran LEXO LAB Indonesia dirancang untuk membiarkan anak belajar secara mandiri.

Quick quiz dikerjakan anak secara mandiri, tanpa bantuan orang tua. Ini untuk memastikan anak kita memulai pelajaran di level yang tepat. Jadi, mohon untuk tidak membantu anak menjawab.

Lamanya quick quiz sekitar 15 menit dan harus diselesaikan dalam satu waktu. Tidak masalah jika anak kita tidak tahu jawabannya karena ada opsi jawaban aku tidak tahu.

4. Lanjutkan ke chatpods

Setelah menyelesaikan quick quiz, anak kita sudah siap menuju pelajaran pertamanya. LEXO LAB menyebutnya chatpods.

ngomong bahasa inggris
Maetami (6 tahun) uji coba gratis LEXO LAB Indonesia

LEXO LAB memberi jarak untuk setiap pelajaran baru dalam kurun waktu 18 jam. Istirahat 18 jam ini hanya dimulai setelah pelajaran keempat selesai, atau ketika anak sudah terbiasa sepenuhnya dengan pola pembelajaran dan permainan.

Istimewanya LEXO LAB, satu akun orang tua bisa menambahkan maksimal lima anak. Jika kita ingin menambahkan akun anak lainnya, tinggal log in dengan alamat email orang tua yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Opsi Pembayaran

Opsi pembayaran LEXO LAB Indonesia sangat fleksibel. Setidaknya web aplikasi berbicara bahasa inggris LEXO LAB memiliki dua opsi yang bisa dipilih.

Pertama, berlangganan bulanan. Kita bisa mendaftar dengan kartu kredit dan membayar sebesar Rp 65 ribu per bulan.

Kedua, beli paket tiga bulan. LEXO LAB menawarkan beberapa metode pembayaran lokal, termasuk GoPay. Pembayaran cukup dilakukan sekali, tidak berulang, yaitu sebesar Rp 150 ribu untuk paket tiga bulan.

lexo lab

Mumpung ada promo eksklusif sampai 28 Februari 2022, kita cukup membayar Rp 50 ribu per bulan untuk empat bulan pertama. Yuk, buruan daftar LEXO LAB Indonesia.

lexo lab indonesia

Ada banyak tantangan belajar bahasa asing, tetapi tak ada yang lebih besar tantangannya dari mengatasi rasa percaya diri kita. Keragu-raguan hanya menghambat kemampuan kita menguasai bahasa inggris lebih cepat.

Seperti halnya setiap tugas yang sulit, kunci menguasainya adalah terus berlatih. Selamat mencoba!

17 thoughts

  1. Zaman sekarang semua dipermudah ya. Adanya Lexo LAB Indonesia kegiatan belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan ya. Paket belajarnya juga terjangkau ya mulai dari 50 ribu. Sukses untuk Lexo LAB Indonesia dengan programnya

    Like

  2. mau ah install aplikasi LEXO LAB
    selama ini kelemahan saya adalah latihan
    Gak bisa cuma nonton film atau dengar conversationnya
    harus latihan bicara agar pede

    Like

  3. Saya setuju banget Mbak kalau yang terpenting itu adalah kepercayaan diri. Tapi saya sendiri pun kadang tahu mau ngomong apa tapi kadang nggak PD ngomong karena takut salah.
    Padahal banyak penjaja jasa dan barang di Bali, tempat saya kuliah dulu, bahasa Inggrisnya asal komunikatif saja, hehehee … misalnya saja saat mereka ngomong “buy me Sir … buy me Sir”. Wkwkwk …

    Like

  4. Di Era yang serba cepat dan digital seperti sekarang kemampuan berbahasa sangat dibutuhkan karena hampir setiap saat bersinggungan apalagi dengan bahasa inggris yang merupakan mayoritas bahasa internasional jadi kalau bisa kita ajarin anak kita sejak dini

    Like

  5. Wah iya, anak sekarang memang harus bisa berbahasa Inggris ya mbak
    Senang ya KLO bisa belajar bahasa Inggris di LEXO LAB ini
    Mudah dan menyenangkan

    Like

  6. wih menarik nih promonya, cukup bayar 50 ribu perbulan. Walau cuma untuk 4 bulan pertama, tetap lumayan banget hematnya. Menariknya lagi satu akun orang tua bisa buat sampai 5 akun anak.

    Saya juga punya masalah kepercayaan diri kalau harus bicara bahasa Inggris mbak. Eh tapi kalau kondisi terpaksa, tiba-tiba bisa lancar lho. Pernah dulu ada trouble test center di kantor, teknisinya adanya di Malaysia. Saya yang pas saat itu pegawai baru, langsung ditunjuk buat konsultasi lewat telpon. Pas juga teknisinya ini orang India, jadi saya pikir sama lah kemampuan bahasa Inggrisnya dengan saya. Hihi… sejak itu jadi berani ngomong bahasa Inggris

    Like

  7. Belajar bahasa Inggris jadi hal yang menyenangkan dengan Lexo Lab ini. Apalagi untuk anak-anak yang pastinya dapat menunjang untuk pendidikannya, karena ada pelajaran bahasa Inggris di sekolah

    Like

  8. Jujur, saya baru tahu dengan aplikasi LEXO LAB ini dan terlihat menarik karena tulisan Mba ini lengkap banget. Pas juga nanti untuk anak saya belajar..
    Makasih Mba ^^

    Like

  9. Intinya harus berani dan nekat ya mbak. Saya dulu pas SMP suka banget sama pelajaran Bahasa Inggris sampai dibela-belain kursus. Skrng ada Lexo Lab lebih praktis nih bagi anak yg ingin belajar bahasa Inggris

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.