Makin Pe-De Berkat Kursus Online Kelas Prakerja di Skill Academy

Tahu gak apa kesamaan Warren Buffet, Oprah Winfrey, Bill Gates, dan Marc Zuckerberg selain keempatnya sama-sama terdaftar sebagai orang terkaya di dunia? Jawabannya adalah mereka semua menghabiskan 3-5 jam setiap hari untuk memperbaharui skill.

Mereka gak pernah berhenti belajar, and YES, kita bisa menjadi seperti mereka. Bersyukurlah kita hidup di zaman hi-tech seperti sekarang di mana belajar itu gak harus di sekolah atau kampus, tapi juga bisa lewat kursus online, seperti situs kursus prakerja Skill Academy by Ruangguru.

Sebetulnya banyak banget platform kursus online yang menawarkan segudang manfaat buat kita, seperti MauBelajarApa, Pijarmahir.id, Pintaria, Kelas.com, dan tentunya favorit saya nih Skill Academy by Ruangguru. Masalahnya saya heran, peminatnya itu kok flat alias datar-datar aja sih? Gemes deh saya.

Banyak orang mengeluh mereka gak ada waktu buat upgrade skill lewat kursus online saking sibuknya dengan aktivitas lain, bahkan 24 jam rasanya gak cukup buat mereka. Ah, ini mah alasan doang. Padahal kalo mereka mau memanajemen waktu dan sedikit kreatif, mereka bisa kok punya waktu buat mengakses situs kursus prakerja di Skill Academy misalnya.

Alasan kedua yang juga umum nih, banyak orang cukup puas dengan karier dan kehidupan mereka yang sekarang. Mereka terjebak di zona nyaman. Mereka pikir karena hari ini pekerjaan mereka baik-baik aja, sehingga gak perlu upgrade skill dengan ikutan kursus online.

Hey, bangun!

Zaman pandemi Covid-19 plus resesi ekonomi seperti sekarang, yang ketar ketir takut gak dapat kerja itu bukan cuma sarjana fresh graduate aja. Mereka yang udah senior dan profesional pun pada takut kehilangan pekerjaan yang lama mereka tekuni.

Kita social distancing udah setahun lebih loh. Kita work from home tiap hari. Kira-kira udah siap belum kalo perusahaan tiba-tiba memanggil kembali kita ke kantor dan mengumumkan mereka akan melakukan perampingan jumlah karyawan?

Kira-kira kita bakal masuk ke dalam kelompok yang dipertahankan atau justru yang dibuang? Kira-kira kita punya ban serep gak nih, berupa keterampilan yang bisa menjadi ladang usaha baru buat kita? Udah siap belum? Tuh kaaan, banyak yang ngaku belum siap. Hihihi.

Kursus Online Itu Penting Bro!

Dulu sih perusahaan-perusahaan nerima karyawan baru pasti melihat latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Nah kalo sekarang udah beda.

Era teknologi yang serba cepat membuat perusahaan-perusahaan mengubah persyaratan perekrutan. Raksasa teknologi seperti IBM, Google, dan Apple aja udah gak saklek lagi nerima karyawan baru harus bergelar sarjana.

Perusahaan sekarang lebih senang nyari kandidat dengan keterampilan teknis yang solid, yang bisa mengikuti perkembangan teknologi. Orang yang punya soft skill, seperti punya segudang kreativitas, mampu beradaptasi, problem solver, dan pemikir kritis sekarang ini semakin diminati.

Nah, kira-kira kenapa kursus online zaman sekarang itu penting banget?

1. Tenaga kerja sih banyak, tapi yang terampil masih sedikit.

Manufaktur adalah satu dari banyak contoh industri yang paling terpukul akibat kekurangan tenaga kerja terampil. Ini terjadi di sebagian besar bidang industri yang berpotensi menimbulkan ancaman finansial serius bagi perusahaan, kecuali perusahaan mengambil langkah untuk menutup kesenjangan tenaga terampil tadi dengan menyekolahkan atau mengursuskan karyawannya yang dianggap potensial.

Kebetulan nih di Skill Academy by Ruangguru ada kursus online For Enterprise.

Ketika kita memenuhi selera pasar, bidang kerja mana pun terbuka untuk kita. Kita pun mudah beradaptasi dengan perubahan, dengan kata lain kursus online mempersiapkan kita menjadi tenaga kerja masa depan.

2. Keterampilan selalu up to date

Revolusi industri 4.0 sekarang mengusung konsep kecerdasan buatan (AI), cloud computing, dan virtual reality (VR). Gak heran keterampilan teknis, seperti analisis data, robotika, dan pengembangan software kian digandrungi.

Seiring perkembangan teknologi yang serba cepat, persyaratan keterampilan calon karyawan pun ikut dinamis, bisa berubah-ubah. Makanya pelatihan dan kursus berkelanjutan adalah kunci menjaga pertumbuhan bisnis dan stabilitas karyawan. Nah, kursus online bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Yang kaya akan soft skill selalu jadi pemenang

Karyawan dengan soft skill mumpuni akan selalu menunjukkan kinerja terbaik di dalam dan di luar perusahaan. Mereka akan selalu jadi pemenang. Gak seperti hard skill, soft skill itu gak mengenal istilah kedaluwarsa.

Pekerjaan yang kesannya sederhana sekali pun ternyata butuh soft skill loh. Contohnya saja belajar buka kedai kopi.

Tren meracik kopi sendiri menjadikan profesi barista kini kian menarik. Nah, gimana sih kita bisa memulai karier sebagai barista pemula, memahami tugas, dan menerapkan teknik meracik kopi di kedai kopi sendiri? Soft skill seperti ini ada materinya juga loh di situs kursus prakerja Skill Academy.

4. Kursus online tingkatkan kepercayaan diri

Kursus online rupanya bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan kerja kita loh. Produktivitas kita meningkat. Kita bisa mengambil berbagai peran dan tanggung jawab.

Antusiasme ini menjadikan perusahaan punya alasan mempertahankan kita sebagai karyawan. Kita pun menjadi ‘pemain terbaik’ yang memberi banyak inisiatif di lingkungan kerja. Nasib buruk, semisal kita di-PHK sekali pun, kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Dalam kasus berbeda, saya percaya banyak siswa lulusan SMA atau SMK zaman sekarang ini mikir dua kali mau lanjutin kuliah. Alasannya macam-macam, misalnya kuliah itu lama, paling cepat itu 2,5 tahun atau 3 tahun.

Abis kuliah, belum tentu langsung dapat kerja. Trus, materi yang kita pelajari pas kuliah 2-3 tahun itu bisa jadi udah expired alias tertimpa dengan materi baru yang lebih oke. Ya mending mereka ikutan kursus online di Skill Academy, trus ambil kelas prakerja.

Contoh kasus anak IT. Mereka belajar teknologi di era yang serba cepat. Eranya sekarang udah ultrasonic.

Setiap hari ada saja teknologi baru yang dirilis ke pasar, bahkan kita aja sampai pusing mengikutinya. Hari ini kita bisa bangga pamerin HP Samsung Galaxy S21. Eh, belum puas makenya, dengar-dengar Samsung Galaxy Z Fold 3 menunggu dirilis juga nih.

Kenapa gak coba buka situs kursus prakerja dan ikutan kelas onlinenya Skill Academy? Anak SMA dan SMK pun tetap pe-de bersaing dengan mereka yang lulusan S1.

5. Kalo kita terampil, customer jadi loyal.

Perkembangan teknologi terus meningkatkan ekspektasi pelanggan atau customer terhadap mutu layanan. Mereka menginginkan layanan premium yang menawarkan pengalaman luar biasa.

Nah, kalo kita kreatif, terampil memahami keinginan pelanggan, mereka pun akan menjadi customer loyal untuk kita. Keterampilan ini lagi-lagi bisa kita dapatkan lewat kursus online di Skill Academy.

Pengalaman Kursus Online di Skill Academy

Skill Academy itu dipercaya lebih dari empat juta pengguna. Ada ratusan kelas terpopuler dan terefektif, plus menduduki posisi pertama untuk kategori adult learning.

Biar gak lagi penasaran, berikut kita kupas kelebihan Skill Academy by Ruangguru.

1. Harga kursus online paling terjangkau

Setidaknya ada tujuh kelas yang bisa kita ikuti di Skill Academy by Ruangguru, yaitu:

  • Kelas mentoring
  • Kelas bisnis dan keuangan
  • Kelas pemasaran
  • Kelas pengembangan diri
  • Kelas Teknologi dan software
  • Kelas persiapan tes
  • Kelas prakerja

Skill Academy menyediakan ratusan materi kursus online. Pada situs kursus prakerja, platform adult learning ini menawarkan lebih dari 50 kelas online. Nyaris semua bidang keahlian yang ditawarkan bisa dibilang keterampilan yang menguntungkan dan dipatok dengan harga terjangkau.

Semuanya di bawah Rp 1 juta. Apalagi sekarang nih, pas lagi ada diskon besar-besaran. Kalo kita liat di website atau aplikasi Skill Academy pada bagian Kelas Prakerja, kursus onlinenya semua didiskon di bawah Rp 300 ribu.

Salah satu contoh adalah kelas Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona dengan durasi 1 jam 33 menit untuk pemaparan materi dan 1 jam 15 menit untuk ujian dan praujian. Kita cukup bayar Rp 215 ribu.

Instrukturnya adalah Mba Dwi Novianti yang merupakan lulusan tata busana dan sudah lebih dari 10 tahun terjun ke dunia tata busana.

Di kelas ini Mba Dwi akan mengajarkan kita mulai dari mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, mempersiapkan alat pendukung, dan langkah secara bertahap membuat masker kain dengan mesin jahit. Kita juga akan mendapat tips menjual masker secara online untuk mendapat hasil penjualan maksimal.

Buat blogger, content writer, atau digital marketer pemula, jangan lewatkan kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google. Kita pasti udah familiar sama istilah SEO atau Search Engine Oprimization. SEO adalah bagian penting bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis, bahkan profesi Praktisi SEO lagi naik daun nih sekarang.

Durasi total kursus onlinenya hingga lima jam, tapi kita cukup bayar Rp 272 ribu. Itu berarti kita cuma mengeluarkan uang Rp 5-6 ribu per jam untuk dapat ilmu SEO sampai ke akar-akarnya. Keren banget ini mah.

Instrukturnya Mas Ilman Akbar. Beliau adalah Praktisi SEO sekaligus Product Manager Traveloka.

Nah, di kelas ini kita akan belajar mulai dari bagian nonteknis, seperti memahami konsep dasar SEO dan mindset seorang digital marketer. Kita juga belajar bagian teknis, seperti research, SEO on-page, SEO off-page, measurement and analysis, hingga tips dan trik memastikan website atau webblog kita nangkring di halaman depan Google.

2. Banyak diskon dan promo, khususnya untuk kelas prakerja

Pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja untuk mengembangkan kompetensi kerja dan bantuan ekonomi, khususnya bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19 ini. Kartu Prakerja diberikan kepada WNI usia minimal 18 tahun dan tidak sedang berkuliah atau bersekolah.

Semua yang memenuhi persyaratan dan mendaftar akan mendapat subsidi pelatihan nontunai sebesar Rp 1 juta. Subsidi ini bisa digunakan untuk membeli dan mengikuti kursus online di Skill Academy.

Nah, kalo sudah selesai pelatihan, barulah peserta penerima Kartu Prakerja akan mendapat insentif langsung sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan berturut-turut dan Rp 150 ribu untuk pengisian survei.

Mumpung Skill Academy lagi banyak diskon gila-gilaan nih. Voucher Rp 1 juta ini kalo kita maksimalkan bisa buat mengikuti 4-5 kelas online dengan berbagai keterampilan dan keahlian loh.

Saya contohkan nih, sekiranya saya adalah influencer pemegang Kartu Prakerja, saya tinggal buka situs kursus prakerja Skill Academy by Ruangguru, trus saya akan pilih empat kelas yang menurut saya menarik, yaitu:

  • Sukses Beriklan di Google Ads (Rp 213 ribu)
  • Langkah Menjadi Youtuber Profesional Bersama Gita Savitri (Rp 175 ribu)
  • Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan (Rp 215 ribu)
  • Membuat Brosur Digital dengan Canva (Rp 150 ribu)
  • Personal Branding untuk Para Profesional (Rp 220 ribu)

Saya cukup membayar Rp 973 ribu dari voucher Rp 1 juta yang diberikan pemerintah untuk mendapatkan lima keterampilan dan lima sertifikat sekaligus. Keren gak tuh?

Kalo ntar udah gak ada diskon lagi, harga kursus online di Skill Academy udah normal lagi, uang Rp 1 juta palingan cuma cukup buat saya ikut dua pelatihan aja. So, grab it fast.

3. Pelayanan customer service yang baik

Baik buruknya platform kursus online, itu semua bergantung perilaku customer service dalam melayani pelanggannya. Mereka harus mampu memberi informasi plus solusi untuk setiap pertanyaan dan keluhan pelanggan.

Situs kursus prakerja Skill Academy cepat tanggap sama semua keluhan dan pertanyaan pelanggan. Kita bisa menghubungi via email di info@skillacademi.com atau pesan WhatsApp di nomor 08157890000 yang online mulai jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Sejauh ini semua pesan dibalas terus kok.

4. Langsung dapat sertifikat begitu selesai pelatihan

Sertifikat kursus online, apalagi dari situs kursus prakerja Skill Academy sudah lah pasti bergengsi. Kita bisa dengan bangga memasukkannya sebagai bagian dari keterampilan profesional di resume CV kita.

Sertifikat menunjukkan pengakuan atas keterampilan yang kita kuasai. Sertifikat juga jadi satu kebanggan bahwa kita sudah berinvestasi untuk diri sendiri.

Daftar keterampilan, apalagi soft skill itu gak ada habisnya. Teknologi automasi bisa menggantikan tugas dan proses berulang. Namun, tidak ada yang bisa menggantikan kecerdasan emosional dan pemikiran kompleks manusia yang dicerminkan dalam soft skill.

Jangan cepat puas. Lihat lagi, mana keterampilan selanjutnya yang bisa kita kembangkan, bergantung pada tujuan, bisnis, atau industri yang hendak atau sedang kita geluti, kemudian cari kursus onlinenya di Skill Academy.

5. Aplikasi yang mudah diakses dan tidak banyak eror

Ketika kita tengah asik ikut kursus online lewat aplikasi, ada beberapa hal bikin frustasi, salah satunya platform yang kita pakai tiba-tiba eror, not responding, atau susah diakses. Ini gak bakal terjadi kalo kita pakai Skill Academy.

Gak heran kalo rating aplikasi Skill Academy by Ruangguru di Google PlayStore itu 4.9/5. Aplikasi yang masih terbilang anyar ini sudah diunduh jutaan pengguna di seluruh Indonesia, tertinggi dibanding platform sejenis lainnya.

Memang, angkanya masih sedikit dibanding jumlah angkatan kerja produktif di negara ini. Namun, saya yakin ke depannya Skill Academy semakin dilirik banyak pencari kerja.

Kursus online memberi segudang manfaat. Bisa jadi dari yang tadinya kursus biasa, kemudian jadi hobi, bahkan profesi baru yang menjanjikan.

Situs kursus prakerja Skill Academy by Ruangguru menawarkan banyak hal baru bagi seluruh pemegang Kartu Prakerja. Kita hanya harus meluangkan waktu dan sumber daya tanpa harus terikat lokasi di mana pun kita berada.

Ketika kita mampu membedakan keterampilan kita dengan keterampilan rekan-rekan sejawat kita lewat kursus online, di sanalah tercipta peluang peningkatan karier sekaligus penghasilan. Masih gak tertarik juga? Berarti ada yang salah dengan diri kita. Buruan daftar dan gunakan kesempatan emas ini ya.

12 thoughts

  1. Semakin penasaran skill academy. Dan sepertinya di era digital ini, kita harus terus beradaptasi dan meningkatkan keterampilan. Untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan nya pun sekarang jadi mudah. Termasuk produk dari ruang guru yaitu skill academy

    Like

  2. Gak diragukan lagi sih, skill academy memang juara. Bangga deh Indonesia punya platform belajar yang luar bias kece. Aku juga pakai skill academy, sudah beli tiga ruang kursus, belajarnya pun menyenangkan. Salut!

    Like

  3. Menohok banget nih kalimatnya mbak Muthe. jangankan fresh graduate takut gak dapat kerja, bahkan pegawai yang sudah mapan pun takut terjadi perampingan di perusahaan tempat dia bekerja. Memang skrng harus memperbanyak skill ya mbak agar tidak tergerus zaman

    Like

  4. Nah ini, aku butuh kursus online seperti ini. Pas banget kmrin habis di-non-aktifkan dari kantor (sebenernya nggak bangga loh). Sempet down tapi ya gimana lagi (lho malah curhat). Next rencana mau buka usaha aja, memang ini saatnya upgrade deh, semoga kursus online skill academi ini bisa membantuku…

    Like

  5. hehehe… warga 62 tuh emang paling pintar cari alasan buat menghindar mbak. Eh lebih tepatnya, buat menutupi kemalasannya.

    dulu di suruh kursus alasannya jaraknya jauh, nggak ada waktu. Sekarang sudah ada kursus online, tetep aja cari alasan. Padahal upgrade skill itu kan penting banget ya

    Like

  6. Warren Buffet, Oprah Winfrey, Bill Gates dan Marc Zuckerberg –> ini berarti keempatnya Mba, bukan ketiganya. Hehehe, ada sedikit typo di awal.

    Saya juga salut sama orang-orang kayak mereka, udah kaya raya, sukses dan hidup enak, tapi nggak pernah berhenti belajar. Ketauan banget kalau mereka adalah pekerja keras dan ulet.

    Kalau usahanya setengah-setengah, ya hasilnya juga pasti akan segitu ya Kak. Lain cerita kalau usahanya maksimal, maka insha Allah hasilnya di sesuai ekspektasi. Bahkan bisa di luar ekspektasi.

    Wah di era digital ini, penting banget ya kursus online. Salah satu yang recommended adalah kursus online Skill Academy. Cocok banget untuk yang mau upgrade skill.

    Tapi saya rasa di dunia kerja seperti saat ini, The Power of Orang Dalam akan mengalahkan yang punya skill!!

    Maka dari itu, harus pandai dan cermat menciptakan peluang sendiri berkat skill tersebut.

    Makasih sudah berbagi…

    Like

  7. “banyak yang punya titel tapi sedikit yang punya skill” . Setuju banget. Sekarang ini memang lebih dibutuhkan ketrampilan. Bahkan dengar2 google gak lagi nerima karyawan modal ijazah doang. Gak menutup kemungkinan besok2 perusahaan lain juga ngikut. Ruang guru menangkap kebutuhan ini dengan menyediakan Skill Academy. 👍👍

    Like

  8. Kagum juga dengan skill academy ini. Kita bisa diajari oleh orang2 yg terbaik dibidangnya. Tentu sangat membantu tumbuh kembang UKM 😀👍

    Like

  9. Tentang alasan tidak kreatif dalam manajemen waktu dan terjebak di zona nyaman, itu terasa sekali, Kak Muthe. Dalam memanfaatkan internet pun malah banyak yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan asyik berselancar di media sosial. Semoga Skill Academy semakin bergaung dan menjadi pilihan banyak orang untuk meningkatkan kemampuan diri.

    Like

  10. Review yang keren dan lengkap. hehe… Skill Academy emang paten untuk kursus online berbagai skill. Layak coba nih…Terima kasih banyak Mbak, artikelnya TOP

    Like

  11. Wah hebat nih karya anak bangsa, nggak kalah sama Master Class dan website seperti Alison salah satunya.
    Ratingnya juga gede banget ya Mbak di Google Playstore.
    Btw berarti semua program yang ditawarkannya berarti berbayar ya Mbak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.