Happy 8th Wedding Anniversary: Jatuh Cinta dengan Suami Setiap Hari

Orang bilang, relationships take time and effort. Gak selamanya pernikahan itu semanis bulan madu. Kita harus bisa jatuh cinta dengan suami kita lebih dari sekali, lebih dari sehari, sepanjang kita hidup bersamanya.

Alhamdulillah kami kembali merayakan ulang tahun pernikahan kedelapan tahun ini. Delapan tahun sudah saya dan suami menikah, menjaga janji suci kami sebagai pasangan suami istri. Secara khusus lewat tulisan ini saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun pernikahan kepada suami tersayang.

Semoga Allah SWT senantiasa menjaga cinta kami tanpa ada batas hari. Semoga Allah SWT memelihara kedamaian dalam pernikahan kami seperti hari ini. Semoga rasa sayang di hati kami tumbuh lebih kuat hingga maut memisahkan nanti. Amin.

Sebagai wanita, gak perlu malu mengungkap harapan-harapan indah bersama suami. Normal kok, apalagi yang namanya pernikahan kan hubungan jangka panjang yang terus kita doakan insya Allah berjalan selamanya.

Serumit apapun sebuah hubungan dimulai, suatu hari pasti mencapai titik stabil. Ketika kita bertemu dengan orang yang sama, wajah yang sama setiap harinya, kita mulai terbiasa dengan kehadiran mereka. Sejak menikah, suami menjadi New Normal buat kita. Namun, kalo kita gak hati-hati, lama-lama kita bisa meremehkan kehadiran suami.

Problem terbanyak yang dihadapi pasangan menikah lama adalah suami atau istri mulai meninggalkan hal-hal yang dulunya disuka pasangan. Contohnya, istri gak lagi suka merayu, gak lagi suka belai-belai rambut suami, gak lagi suka gosok-gosok punggung suami, gak lagi suka kasih surprise, gak lagi suka bermanja-manja. Banyak lagi contohnya.

STOP. Jangan biarkan api cinta itu padam. Jika kita mau mempertahankan bahasa cinta kita kepada suami, yakinkan bahwa kita menginginkannya setiap hari.

Tips Mencintai Suami Setiap Hari

Cinta itu gak ada ukurannya, sama seperti perasaan apapun yang kita punya, mau marah, sedih, bingung. Alasannya karena emosi itu relatif.

Cinta bisa mengalami pasang surut, kayak air laut. Apalagi pasangan menikah masa kini memiliki kehidupan lebih sibuk dari pasangan-pasangan terdahulu.

Sering kali kita menempatkan hubungan suami istri di urutan kedua setelah anak-anak dan karier. Ini menciptakan jurang pemisah antara keduanya.

Jatuh cinta dengan pasangan setiap hari membuat pernikahan semakin kuat dan tahan lama. Simak delapan tips berikut supaya kita bisa jatuh cinta sama suami setiap hari.

1. Fokus pada hal-hal positif

Hal-hal negatif sudah lah pasti menjadi musuh semua hubungan. Bisa jadi hari ini kita kesal dengan suami karena sikapnya nyebelin banget atau dia melakukan sesuatu yang kita gak suka.

Nah, supaya kita bisa jatuh cinta dengan suami setiap hari, sometime kita perlu melangkah mundur dan melihat semua sisi positifnya.

Mumpung lagi ulang tahun pernikahan nih, ingat-ingat lagi. Apa yang membuat kita bisa suka sama dia dulu? Apa yang membuat dia istimewa sehingga kita mau menjadi istrinya? Ingat semua itu maka kita pun bisa jatuh cinta dengan suami setiap hari.

2. Sempatkan ngobrol sama suami setiap hari

Pernikahan bisa terasa basi lantaran suami istri kurang komunikasi. Contoh paling gampang, istri memendam amarah dan memilih pura-pura gak tahu waktu suaminya bikin masalah. Singkatnya istri menghindar dan memilih diam untuk menghindari pertengkaran.

Padahal, salah satu cara kita bisa jatuh cinta sama suami setiap hari adalah memastikan kita punya waktu berkomunikasi, ngobrol dengannya setiap hari. Gak peduli mau ngobrolin hal apa kek, selama tujuannya adalah menjalin komunikasi positif, tetap layak dilakukan.

Tetapkan tujuan kita ngobrol sama suami setiap hari. Kalo ngobrolin sebuah masalah, tujuannya ya mencari solusi, bukan menghakimi suami, bukan sekadar menunjukkan kesalahan suami, apalagi mempermalukan suami. Jangan sampai ya.

3. Bikin suami senyum setiap hari

Ingat gak waktu masih pacaran dulu, gimana kita sebagai pasangan sering ketawa bareng, saling melempar senyum? Mau itu pas ketemuan langsung, atau pun lewat emoticon-emoticon di chat ponsel. Senyum itu menular loh, dan bisa bikin pasangan saling jatuh cinta setiap hari.

Cara terbaik supaya suami tersenyum adalah melakukan sesuatu yang bisa bikin dia senyum. Entah lah itu berinisiatif senyum duluan dengan senyum termanis yang kita punya, entah itu bikin lelucon ringan, atau mengenang kejadian-kejadian lucu yang pernah dialami berdua.

4. Jaga keintiman

Keintiman pernikahan itu sering memudar seiring berjalannya waktu. Sayangnya kalo kita mau jatuh cinta dengan suami setiap hari, mau gak mau kita perlu menjaga keintiman dengan suami.

Jangan sampai istri melayani suami secara seksual disamakan dengan pekerjaan rumah yang merepotkan dan menyita waktu. Justru kita melakukannya karena kita cinta dan sayang sama suami.

Temukan waktu yang pas untuk mengakrabkan diri secara pribadi bersama suami. Keintiman akan menjadi perekat hubungan pernikahan kita.

5. Jangan menumpuk masalah

Kalo sekiranya ada masalah sama suami, bereskan segera. Jangan menumpuk-numpuk masalah, kemudian menunggu waktu yang pas buat meluapkan semuanya, buat muntahin semuanya ke suami.

Kunci kita bisa jatuh cinta dengan suami setiap hari adalah memastikan masalah-masalah kecil selesai, sehingga kelak ketika masalah besar datang, tidak menjadi badai topan dalam pernikahan. Selesaikan masalah bersama adalah kunci pernikahan bahagia dan tahan lama.

6. Beri ruang untuk merindu

Setiap hubungan punya batasan. Setiap orang butuh waktu untuk sendiri. Itu karena kita bukan cuma makhluk sosial, tapi juga individu.

Jika kita ingin jatuh cinta dengan suami setiap hari, sempatkan me time untuk diri sendiri, terbebas dari suami, meski hanya sehari. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi kita ya. “Katanya cinta, katanya soulmate, tapi kok pengen jauhan sih?”

Yakinlah, ketika sesuatu mulai terasa membosankan, itu artinya kita perlu waktu sedikit ‘berjarak’ dengan suami. Maksudnya bukan pergi meninggalkan suami sampai sebulan ke luar negeri atau pulang kampung ya, tapi beri ruang me time untuk diri sendiri.

Habiskan waktu sendiri, dengan teman, atau bersama keluarga. Kita bisa jalan-jalan tanpa suami. Nonton ke bioskop tanpa suami. Nongkrong sama teman tanpa suami. Rasakan rindu yang muncul dengan sendirinya.

7. Jangan malu godain suami

Bukan godain suami orang ya, tapi suami sendiri. Kadang ketika kita bicara tentang hubungan jangka panjang, kita lupa memupuk romantisme pernikahan seperti yang sering kita lakukan saat sebelum menikah dulu.

Jangan malu, apalagi segan menggoda suami. Temukan waktu yang pas, misalnya mengirimkan pesan teks manja di sela jam istirahat kantornya. Menelepon, mengucap sayang saat suami sedang bertugas ke luar kota. Kembali ke kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini akan membuat kita jatuh cinta setiap hari.

8. Simpan HP kalo lagi bareng suami

Pasangan milenial sekarang ini gak bisa lepas dari HP. Nah, sebaiknya kalo lagi bareng suami, HP-nya disimpan dulu, biar fokus berdua.

Semakin nyaman kita dengan suami, semakin gak mau kita menyia-nyiakan waktu bersamanya. Pas makan malam berdua, apakah kita masih menyempatkan diri buka chat WA yang masuk, atau kita memilih ngobrol sama suami yang duduk di samping kita?

Pas kita lagi duduk di sebelah suami, menemaninya menonton TV, apakah tangan kita sibuk mengupdate status medsos, atau justru tangan kita memeluk lengan suami, sekadar menggosok punggungnya, atau membelai pipinya? Cuma kita yang tahu jawabannya.

Putus hubungan dengan dunia luar selain suami untuk sementara waktu bisa memupuk kembali rasa sayang. Luangkan waktu untuk ngobrol dengan cara berbeda, misalnya yang satu bicara, lainnya mendengarkan.

Sekiranya kita yang berperan sebagai pendengar, usahakan kita bisa menahan diri tidak berkomentar dulu ketika suami sedang bercerita. Mungkin saja dia sedang mengeluarkan uneg-unegnya.

ulang tahun pernikahan

Sekiranya kita berkeinginan melakukan kalibrasi ulang hubungan kita dengan suami, kita ingin menemukan kembali rasa cinta yang sekuat dulu, kita ingin hubungan dengan suami seintim di awal menikah dulu, pertimbangkan untuk melakukannya sepenuh hati.

Kuncinya adalah kita terus melatih diri menjadi versi terbaik dari diri kita, hingga akhirnya kita lebih mudah menikmati hubungan bersama pasangan. Selamat mencoba.

10 thoughts

  1. Terima kasih tipsnya, Alhamdulillah aku udah menginjak 18 tahun pernikahan dengan kerikil-kerikil kehidupan yang udah dilewati, dasar pernikahan akan senantiasa kokoh bila didasari oleh keimanan.

    Like

  2. Setuju semua dengan tips2nya kak. Pernikahan itu Khan merupakan ibadah yang terpanjang daripada ibadah-ibadah lainnya. Jadi harus bisa saling menjaga agar ibadah tsb tetap harmonis dan membahagiakan

    Like

  3. Haduh manis sekali, semoga aku jug bisa menjalani rumh tangga dengan hal-hal yang positif serta menyenangkan. Terima kasih tipnya mbak.

    Like

  4. Selamat ulang tahun pernikahan Mbak Mutia dan suami tercinta..Semoga selalu Sakinah, Mawaddah, Warahmah…sebumi sesurga-Nya. Aamiin
    Tips yang lengkap untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dengan jatuh cinta pada suami setiap hari.
    Semoga bahagia senantiasa bersama keluarga dan terus menginspirasi sesama lewat artikel-artikel bernasnya

    Like

  5. Happy Anniversary ya…Semoga sakinah mawaddah wa rahmah. Kompak selalu senantiasa deh. Emang bener sih, menikah itu ibadah tak henti-henti, selalu ada penyesuaian tiap hari…

    Like

  6. Happy anniversary ya
    Semoga bahagia selalu bersama suami dan keluarga tercinta
    Pernikahan itu perjalanan panjang dan tetap saling menyesuaikan selamanya. Semoga kita semua diberkahi pernikahan yang bahagia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.