Perhatikan 10 Hal Ini Ketika Memilih Jasa Laundry Profesional

Bayangkan setiap hari selama seminggu, sebulan, bahkan setahun kita tak perlu mengkhawatirkan pakaian kotor. Urusan mencuci, menjemur, mengeringkan, menyeterika, dan melipat pakaian dibereskan jasa laundry profesional.

Surga dunia banget ya? Kita gak perlu terburu-buru, gak perlu takut kerjaan terganggu, atau lebih buruk lagi kehabisan pakaian buat ngantor.

Mengapa Pakai Jasa Laundry Profesional?

Profesional muda yang bekerja, pengusaha yang menjalankan bisnis perhotelan, penginapan, restoran, atau kafe biasanya bermitra dengan penyedia jasa laundry profesional.

Selama enam tahun tinggal di Bali misalnya, saya melihat banyak bisnis binatu beroperasi 24 jam. Mereka menyediakan layanan premium yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang tak punya cukup waktu mengurusi pakaian kotor.

Serbuah survei diterbitkan dalam the National Academy of Sciences menyebutkan secara umum orang-orang membelanjakan uang untuk berbagai layanan yang menghemat waktu. Studi ini melibatkan ribuan pekerja di Amerika Serikat, Denmark, Kanada, dan Belanda. Saya gak tahu nih, apakah survei serupa pernah dilakukan di Indonesia?

Lebih dari 25 persen responden yang menjadi obyek studi ini mengatakan mereka rela membelanjakan uang untuk layanan hemat waktu setiap bulan. Alasannya, biaya yang mereka keluarkan sepadan dengan waktu yang bisa mereka gunakan untuk kegiatan lain.

jasa laundry profesional

Salah satu jenis layanan hemat waktu yang paling banyak dicari adalah jasa laundry profesional. Pihak rumah sakit, hotel, dan penginapan bahkan mengangkat karyawan khusus untuk mengoperasikan jasa ini di tempatnya.

Ada banyak alasan kita sebaiknya menggunakan jasa laundry profesional.

Alasan pertama, kenyamanan dan kecepatan.

Kita bisa mendapatkan pakaian bersih siap pakai kapan saja kita mau. Mendadak klien ngajak ketemuan, sementara semua baju terbaik masih menumpuk di keranjang pakaian kotor? Gunakan jasa laundry profesional yang bisa membersihkan pakaian kita dalam hitungan 1-2 jam.

Alasan kedua, hasil kerja lebih profesional.

Kita tak perlu khawatir masih ada bekas noda, warna pakaian berubah, salah takaran deterjen atau pelembut pakaian. Pokoknya pakaian kita dibersihkan sangat hati-hati.

Alasan ketiga, hemat waktu.

Coba hitung waktu yang kita habiskan, mulai dari mencuci hingga melipat pakaian setiap minggu. Bayangkan jika waktu itu bisa kita gunakan untuk istirahat lebih setelah sepekan ngantor atau menyempatkan diri berolah raga, entah itu jalan sehat, lari, atau nge-gym.

Alasan keempat, hemat uang.

Sebagian besar jasa laundry profesional memberikan harga wajar, bahkan ada yang menggratiskan ongkos antar jemput pakaian. Coba kita rupiahkan uang yang dikeluarkan untuk membeli mesin cuci, membayar listrik, air, deterjen, pelembut pakaian, penghilang noda, dan perawatan pakaian supaya lebih tahan lama. Win-win solution, bukan?

10 Hal Penting untuk Jasa Laundry Profesional

Tren dan ekspektasi konsumen dari waktu ke waktu selalu berubah. Gak bakal ada industri yang kebal tanpa inovasi dan mempertahankan kualitas layanan.

Jasa laundry profesional zaman sekarang lebih dari sekadar bisnis cuci pakaian. Mereka perlu menemukan cara untuk tampil beda dari penyedia jasa serupa, memberikan layanan sesuai keinginan pelanggan, bahkan layanan yang sama sekali belum terpikirkan pelanggan sebelumnya.

Setidaknya ada 10 hal penting perlu diperhatikan penyedia jasa laundry profesional.

1. Layanan dry cleaning

Dry cleaning artinya mencuci kering tanpa menggunakan deterjen dan air. Jasa laundry profesional hanya menggunakan bahan kimia tertentu dibantu alat khusus untuk membersihkan pakaian kita.

Sebaiknya kita menggunakan layanan ini waktu kepepet saja. Jangan terlalu sering men-dry cleaning pakaian, sebab pakaian jadi cepat bladus dan rusak sebelum waktunya.

2. Layanan cuci seragam

Seragam bisa cepat rusak dan rentan bekas noda jika terlalu sering digunakan. Sebagian besar pakaian seragam memang bisa dicuci dengan mesin cuci biasa. Namun, carilah jasa laundry profesional yang menyediakan layanan seterika dan perbaikan seragam supaya tetap tampak baru.

Mereka dengan senang hati menjahitkan kembali kancing baju yang sudah longgar, memperbaiki resleting celana yang rusak, atau mengganti kancing seragam yang lepas dan hilang. Seragam pun lebih awet dan bisa dipakai lama.

3. Spot steam cleaning

Beberapa jenis pakaian tidak bisa dibersihkan dengan deterjen biasa, tidak bisa pula bisa di-dry cleaning. Carilah jasa laundry profesional yang menawarkan layanan spot steam cleaning yang bisa membersihkan noda pada pakaian yang sukar dicuci.

4. Layanan antar jemput pakaian

Kadang kita terlampau sibuk sehingga tak ada waktu membawa pakaian ke tempat laundry. Cari dan hubungi penyedia jasa laundry profesional yang melayani antar jemput pakaian sebelum dan setelah dicuci.

5. Layanan cuci dan lipat pakaian

Ini sih layanan dasar yang pastinya dimiliki semua penyedia jasa laundry profesional.

6. Layanan seterika pakaian

Beberapa kali saya pribadi menggunakan layanan ini. Kadang saya sempat mencuci dan menjemur pakaian, tapi ujung-ujungnya pakaian yang sudah bersih menumpuk di Kasur, tak kunjung dilipat dan diseterika.

Wangi deterjennya keburu hilang. Pelembut pakaiannya keburu menguap ke angkasa. Pakaian pun belum bisa dipakai karena masih kusut.

  • jasa laundry profesional

Solusinya? Saya tinggal bawa pakaian-pakaian bersih tersebut untuk diseterika di tempat laundry.

7. Layanan cuci seprai dan handuk

Biasanya pihak hotel, restoran, dan rumah sakit paling sering nih menggunakan layanan ini. Jasa laundry profesional biasanya menyediakan layanan cuci seprai dan handuk. Bukan cuma dicuci doang loh, seprai dan handuk kita juga di-desinfeksi, sehingga kuman dan kutu yang menempel hilang seketika.

8. Layanan cuci tirai dan gorden

Semua orang yang punya rumah dengan lapisan tirai dan gorden sangat membutuhkan jasa laundry profesional. Gorden dan tirai pelapisnya sudah pasti perlu perlakuan khusus, seperti debu-debunya perlu dibersihkan. Lagian, mesin cuci rumahan terlalu kecil untuk mencuci kain yang ukurannya besar-besar.

9. Spa laundry

Rumah-rumah spa menggunakan banyak handuk berbagai ukuran. Ada juga kain dan lapisan kain yang harus dicuci rutin. Cari saja jasa laundry profesional yang menyediakan paket khusus untuk spa laundry.

10. Cuci bersih 24 jam

Ada loh jasa laundry profesional yang membuka layanan sehari penuh alias 24 jam. Tujuannya tentu saja melayani dan memuaskan pelanggan sepanjang hari.

jasa laundry profesional

Jasa laundry profesional bisa membersihkan semua jenis pakaian dan kain, mulai dari seragam kantor, kemeja, jeans, blus, gaun, jaket, syal, sweater, jaket musim dingin, gorden, tirai, dan kain halus lainnya.

Setiap jenis pakaian memiliki harga tertentu. Jadi, kita perlu tahu persis dan catat, berapa uang yang dikeluarkan, misalnya untuk mencuci lima kemeja dan tiga celana jeans setiap minggu?

Sekiranya kita tipe yang suka mencuci banyak pakaian sekaligus, ditambah lagi kita juga pelanggan setia, tak ada salahnya kita memanfaatkan aneka diskon yang tersedia.

bundalogy

14 thoughts

  1. Wahh bener banget mba, laundry menurut aku juga lebih hemat. Apalagi sekarang ada harga kiloan yang juga bagus banget. Biasanya aku minta jasa antar jemput laundry satu minggu sekali, khusus untuk sprei selimut dan baju-baju yang berat gitu hehe.

    Like

  2. Satu dari kerjaan rumtang yg muales banget ngerjainnya ya mencuci pakaian ini 😂 dan dari 10 layanan diatas 1-8 aku memerlukannya wkwkw dan waktu mencuci bisa aku pakai buat kegiatan lain yg lbh berpaedah

    Like

  3. Aku lagi nyari laundry bedcover yg baik dan terjangkau nih. Kalau laundry yg biasa-biasa, weeeh…bedcover jadi kempes trus berat. Cuci sendiri ga bisa…hehe…Makasih infonya mb Mut…

    Like

  4. Kalau dipikir-pikir, biaya laundry memang setara saat kita cuci di rumah ya. Apalagi dengan poin plus plus lainnya. Saya sendiri biasanya pakai jasa laundry untuk selimut, boneka, dan baju khusus. Ternyata saat ini fasilitas laundry sangat beragam,

    Like

  5. Terimakasih infonya kak, aku termasuk ibu yang menjadikan strika ini jadi beban. isi rumah empat sehari pada ganti pakaian minimal tiga kali. Pokoknya ampun kalau soal pakaian.

    Like

  6. Bagi saya kegiatan rumah tangga yang paling berat adalah menyetrika. Ini butuh usaha yang besar sekali. Dengan adanya laundry jadi merasa terbantu. Terutama jasa layanan setrika.

    Like

  7. Hal penting nomor 4 helpful banget ya Muthe… ada layanan jemput pakaiannya, duh jadi tetep bisa ngasuh anak2 ya apalagi kl misalnya anak sedang rewel karena demam mau tumbuh gigi. emaknya kan ga bisa ke mana2 tuh, Alhamdulillah pakaian keluarga jd bersih n wangi Molto ya

    Like

  8. berkat jasa laundry, tugas kita emang kebantu banget kak. apalagi bagi momblogger kaya kita, cieeee. sekarang gak pake lagi karena pandemi. jadi yah cuman cuci aja dan setrika baju yang penting. sisanya? lipat masuk lemari! hahahaha. karena emang nyetrika itu makan waktu banyak. sementara kerjaan kita yang lain juga banyak kan ya, hihihi

    Like

  9. aku pun pernah mengalaminya mbak muthe, pusing 7 keliling melihat cucian dan baju kering menumpuk belum disetrika. ya akhirnya laundr dulu, maklum kami juga tanpa art di rumah dengan duo bocil. kebayang kan, rumah kaya apa hehe. Hidup Laundri!

    Like

  10. Dulu, ketika masih ngekos beberapa kali pakai jasa laundry. Waktu habis liburan kan pasti pakaian kotor banyak banget. Mana kepepet masuk kerja juga. Jadi deh milih laundry.
    Betul sekali, hemat waktu. Kita nggak perlu repot ngurusin cucian ketika harus buru-buru bekerja. Hhehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.