Rambut Megar Seperti Singa? Ketahui Cara Agar Rambut Tidak Mengembang.

Rambut megar seperti singa betul-betul masalah bagi wanita. Rasanya sulit menata rambut begini, bahkan dengan gaya paling sederhana sekali pun. Baru saja kita selesai merapikannya dan keluar rumah beberapa menit, eh rambut mengembang lagi tak beraturan, seperti baru diterjang angin puting beliung. Adakah cara agar rambut tidak mengembang? Soalan serupa sering ditanyakan banyak orang di berbagai forum online yang membahas tentang rambut, mau itu lokal atau luar negeri.

Rambut mengembang dan sulit diatur bisa disebabkan hilang atau berkurangnya kelembaban rambut dan kulit kepala. Para ahli mengidentifikasi beberapa faktor yang memengaruhi tampilan rambut rusak, antara lain asupan makanan bergizi kurang, aktivitas fisik berlebih, kurang minum, defisit vitamin C, penggunaan pewarna rambut, sisir plastik, atau terlampau sering keramas.

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Rambut mengembang kesannya sulit dijinakkan. Apalagi rambut mengembang plus kering seperti gurun pasir. Nyaris setiap wanita pernah mengalami problem rambut satu ini setiap hari. Rasanya seperti berada dalam pertempuran yang melelahkan.

cara agar rambut tidak mengembang

Sekiranya rambut mengembang itu adalah musuh bebuyutan kita, maka kita perlu mempersenjatai diri untuk memenangkan pertarungan. Berikut kita bisa mempraktikkan beberapa cara agar rambut tidak mengembang.

1. Keramas dengan air bersih

Klorin sangat umum dipakai sebagai penjernih air PDAM. Nah, klorin ini bisa memicu reaksi kimia pada rambut, salah satunya mengubah warna alami rambut.

Rambut lama kelamaan tampak kusam. Rambut yang terlalu sering terpapar klorin rentan rapuh, mudah mengembang, dan ujungnya bercabang.

Jika memungkinkan, gunakan air sumur berkualitas bagus saat keramas, bukan air PDAM yang mengandung klorin dan zat kimia lainnya. Sayangnya tips pertama ini tidak mudah dilakukan mengingat rumah rata-rata sekarang mengandalkan air PDAM.

Oleh sebab itu keramas lah seperlunya. Sebagian orang yang mengeluhkan problem rambut kerap menyalahkan brand sampo yang dipakai. Padahal sampo seharusnya tak menjadi penyebab rambut rusak. Bisa jadi kesalahan ada pada kita, misalnya terlampau sering keramas, atau justru terlalu jarang keramas tanpa memerhatikan jenis rambut sendiri.

Hindari keramas dengan air hangat. Air hangat memang membuat tubuh rileks, tapi kurang bagus untuk rambut dan kulit kepala jika terlalu sering dilakukan. Solusinya ya keramas dengan air dingin, atau kurangi frekuensi mandi air hangat.

2. Gunakan sampo dan kondisioner tepat

Gunakan sampo dan kondisioner yang bisa melembabkan dan melembutkan rambut. Contohnya adalah sampo dengan kandungan keratin dan minyak alami, seperti jojoba oil, minyak zaitun, minyak kelapa, almond, lavender, atau argant oil.

Tak semua orang tahu bahwa 95 persen komponen rambut terdiri dari keratin. Ini adalah jenis protein yang ada di kuku, kulit, dan rambut. Fungsi keratin adalah melapisi setiap batang rambut, sehingga rambut kuat dari dalam.

Sayangnya keratin bisa hilang atau jauh berkurang apabila rambut rusak karena faktor-faktor yang kita bahas di awal tadi. Ciri-ciri rambut yang kekurangan keratin adalah rambut mudah mengembang, sukar disisir, dan ujung rambut bercabang.

cara agar rambut tidak mengembang

Kandungan minyak alami pada sampo bertujuan mempertahankan kelembaban rambut. Argant oil adalah contoh minyak hasil ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko. Minyak argan dijuluki juga emas cair karena khasiatnya melembabkan kulit kepala dan rambut sejak zaman sebelum masehi.

3. Keringkan rambut secara alami

Biarkan rambut kering sendiri setelah kita selesai keramas. Ini juga cara agar rambut tidak mengembang tanpa menggunakan pengering rambut atau catokan rambut. Jika hendak merapikan rambut, gunakan sisir jari tangan.

Hindari keramas setiap hari karena rambut bisa kehilangan minyak esensial alaminya. Jika rambut kita kering, keramas dua kali seminggu sudah cukup.

Jika rambut kita berminyak, keramas setiap hari tak masalah. Jika kita ragu rambut kita jenis yang mana, tak ada salahnya bertanya pada hairstylist profesional.

4. Kreasikan gaya rambut

Ini bisa menjadi opsi terakhir dalam kondisi genting. Kita bisa mengkreasikan gaya rambut untuk menyamarkan bagian rambut yang mengembang. Buat gaya rambut ikal atau bergelombang.

Cara lain agar rambut tidak mengembang adalah membawa ikat rambut. Jika rambut mendadak mekar tak terkendali, ikat rambut menjadi ekor kuda atau buat sanggul kecil.

Kita bisa juga menggunakan bandana atau hair clip untuk menjepit bagian rambut yang mengembang. Aksesoris rambut ini perlu ada di dalam tas saat bepergian untuk menyelamatkan penampilan kita saat terdesak.

5. Gunakan sarung bantal berbahan sutera

Kita bisa menggunakan sarung bantal terbuat dari bahan sutera untuk mengurangi gesekan rambut saat tidur. Risiko rambut kusut, patah, dan mengembang bisa jauh berkurang.

Sarung bantal sutera dapat mempertahankan kelembaban rambut. Tidak seperti sarung bantal katun yang cenderung membuat rambut lebih kering karena panas.

6. Hindari paparan langsung sinar matahari

Bukan cuma kulit saja yang bisa rapuh dan kusam karena paparan langsung sinar matahari. Rambut juga terdampak hal sama. Helainya bisa mengering, patah, mudah mengembang, dan sukar diatur.

Cara terbaik melindungi rambut dari kondisi ini adalah menggunakan pelindung kepala, bisa dengan topi, kerudung, syal, atau payung. Topi lebar adalah opsi terbaik karena tutupannya lebih luas.

Kita juga bisa menggunakan produk styling cream yang berfungsi ganda melindungi rambut dari sinar ultraviolet. Istilahnya produk ini tuh tabir surya untuk rambut. Bentuknya bisa berupa hair cream, spray, atau masker rambut.

Cintai dan Rawat Rambutmu!

Dalam hidup kita perlu belajar mencintai apa yang kita miliki, tak terkecuali rambut. Apalagi bagi wanita, rambut adalah mahkota.

Gunakan produk perawatan rambut (haircare) sesuai keluhan dan jenis rambut. Menemukan produk perawatan rambut terbaik itu sama seperti menemukan pasangan yang cocok dengan kita.

Memang, rumput tetangga entah kenapa terlihat lebih hijau. Banyak wanita membenci rambutnya bukan karena jenis atau bentuknya, melainkan karena mereka tidak mengerti bagaimana cara menatanya.

cara agar rambut tidak mengembang

Kita yang memiliki rambut ikal bergelombang iri dengan mereka yang memiliki rambut tebal dan lurus. Kita yang memiliki rambut tebal dan lurus iri pada mereka yang memiliki rambut tipis dan berkilau.

Ini seperti lingkaran setan yang membuat kita berputar di situ-situ saja, kecuali kita mau belajar mencintai apapun tekstur rambut kita. Mau tebal, mau tipis, mau ikal, mau lurus, mau keriting, mau gimbal sekali pun, semua pasti ada sisi indahnya.

Terkadang sebagai wanita kita benar-benar terobsesi dengan rambut kita. Rambut bisa menjadi cara menyenangkan untuk mengekspresikan diri. Apakah ingin dibiarkan tergerai lurus, diikat ekor kuda, dikepung, diwarnai, diikal, atau dikeriting? Tidak ada yang salah dengan bergonta-ganti gaya rambut, asalkan sesuai dengan perawatannya.

Tips tentang lima cara agar rambut tidak mengembang di atas bisa berhasil sepenuhnya, bisa juga tidak. Pada dasarnya tidak semua rambut kebal dari ancaman kerusakan rambut. Menutrisi rambut secara alami, didukung produk perawatan rambut terbaik adalah kunci rambut sehat.

bundalogy

11 thoughts

  1. Wah tipsnya perlu dicoba nih mbak. Kalau kata salah satu pakar food combining, salah satu yg membuat rambut megar kayak singa adalah faktor makanan. Jadi semakin alkali makanan kita, ranbut akan gampang diatur dan gak mudah megar.

    Like

  2. iya yakan bang, ternyqta memang rambut jd kayak singa aka.mengembang itu krn kandungan minyak dirambut berkurang ya kak. pantesan lebih identik dgn kering ya rambut singa itu.

    Like

  3. Apalagi kalau rambutnya ikal ya kak, duh super mengembang. xixixi.. makasih banget nih tipsnya, nanti bisa kupraktekan deh di rumah, biar gak kayak rambut singa.

    Like

  4. Waduh kudu cari sarung bantal sutra ya. Emang sih kalau bangun tidur rambut dah kayak singa. Tapi tipikal rambut saya ini agak nurut. Sip2.. ma kasih tipsnya ya

    Like

  5. Perawatan rambutku di rumah masih sederhana banget. Keramas dua hari sekali, disisir menggunakan giginya yang jarang, dan selalu membiarkan rambut kering alami. Bukan apa-apa, nggak punya hair dryer, wkwkwk …

    Suka sih beli berbagai tonic atau vitamin rambut, tapi kok mager ya buat pakai sendiri. Maunya kayak di salon gitu loh kita tinggal duduk atau berbaring. Wkwkwk … Manja banget.

    Tapi Alhamdulillah sih, aku bukan termasuk pemilik rambut mengembang bak surai singa, hihihi …

    Like

  6. Hahaha, ini sih rambutku banget mbaak! Ngembang luar biasa sampai akhirnya aku smoothing biar agak damai. Tapi kalau aku, ngembang penyebabnya karena rambut emang tebeeeeel banget

    Like

  7. Dulu pas belom pake jilbab dan masih sma n di perguruan tinggi, saya emang sebel sama rambut saya yg seringnya susah dia atur ini.
    Bawaannya berantakan terus.
    Sesudah berhijab, malah jarang sisiran kwkwkwkkw..
    Kalo kepala udah pusing, berarti rambut perlu disisir hahaha..
    Tapi gak bisa kalo gak keramas.
    Bakalan gatal segatal gatalnya ini kulit kepala

    Like

  8. Ini tipikal rambut saya setelah kering dari keramas. Hihihihi.
    Nanti jadi membaik lagi setelah setengah hari. Makanya kalau habis keramas dan rambut kering, saya gelung saja.
    Lebih tepatnya sih, saya tuh lebih sering menggelung rambut daripada mengurainya. Praktis dan tanpa karet.

    Like

  9. Untungnya berhijab, jadi gak perlu khawatir dengan paparan sinar matahari yang bisa merusak rambut. Cuma memang harus pilih shampo yang tepat sih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.