https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-8K50HN0MMT window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag(‘js’, new Date()); gtag(‘config’, ‘G-8K50HN0MMT’);

Kakak Mae & Big-Sibling Blues


Maetami, putri pertama kami pada usia yang masih 2 tahun 7 bulan didaulat menjadi kakak untuk dua adik sekaligus. Enam bulan berlalu sejak hari persalinan itu, namun si kakak masih menyimpan sedikit rasa cemburu di hati terhadap adik kembarnya.

Tak peduli seberapa besar atau seberapa kecil umur anak, yang namanya anak pertama pasti butuh waktu menyesuaikan diri ketika memiliki adik. Pas adiknya belum lahir saja, banyak temanku berkomentar duluan perihal Mae nantinya akan mengalami apa yang namanya big-sibling blues.

Ibuku setiap menelepon selalu mewanti-wanti agar Mae tak lepas dari pengawasan kami. Si nenek takut pas kembar tidur, Mae bisa saja menutup wajah adiknya dengan bantal atau selimut (ups, ini memang pernah terjadi sekali dua kali), mencubit atau memukul adiknya diam-diam (and yes, ini juga pernah terjadi). Kok si nenek tahu? Karena anaknya (aku yang juga anak pertama) dulu pernah menggigit tangan adikku sampai merah dan berbekas. Omaigat.

Being jealous is normal for all firstborns, tentu saja. Namun, sebagai ibu, kita harus bisa menanganinya dengan baik, sebab ini faktor penentu bagaimana si kakak ke depan memandang adiknya, sebagai kawan atau justru lawan or saingan?

Sekarang Maetami sudah 3 tahun 2 bulan. Di usia ini, si kakak justru makin cengeng, makin nempel sama ibunnya, meski sudah cerai ASI. She still sees herself as a baby sometime. Hahaha. Meski begitu, syukur alhamdulillah big-sibling blues-nya jauh jauh berkurang.

ayah dan anak
Mae dan papa
ibu dan anak
Mae dan ibun

Saat kembar lahir, teman-teman berdatangan menjenguk, membawa berbagai macam hadiah. Mae gak kalah excited-nya melihat hadiah-hadiah itu. Dia dengan pede-nya mengira semua pemberian itu ditujukan untuknya. Begitu gembiranya dia membuka satu demi satu kertas kadonya, lalu berubah kecewa saat mengetahui mayoritas barang-barang itu untuk adiknya. Big siblings blues Mae bermula dari sini. Untungnya mas cepat tanggap menyiapkan kado terpisah (dibeli sendiri) untuk si kakak. Matanya pun langsung berbinar senang.

Sebulan pertama adik kembar di rumah, Mae sering tantrum. Dia bahkan pernah demam semalam karena menangis kejer, tak rela melihatku tidur bersama kedua adiknya, sementara dia tidur di kasur terpisah, meski dengan papanya. Sering dia meminta agar adiknya ditaruh di box bayi, sementara tanganku harus memeluknya.

Belum sebulan operasi sesar, si kakak manja gak ketulungan minta digendong setiap mau mandi. Mulai  bersikap aneh, seperti bicara padaku pakai bahasa bayi, padahal faktanya si kakak sudah bisa ngomong jelas. Banyak lagi keanehan terjadi.

ayah dan anak

Pernah Mae ingin dipakaikan popok dengan posisi tidur, persis seperti bayi. Dia juga pernah ingin minum susu dari dot lagi karena melihat adiknya ngedot. Pernah dia memaksa ingin memakai baju bayinya kembali yang saat itu tengah dipakai adiknya. Mae bahkan berteriak si kembar tak boleh memakai baju lamanya yang sudah kecil.

anak kembar
Rashif dan Rangin (6 months)

Dalam tidurnya tak jarang Mae tersedu-sedu, atau marah menggeram sendiri dengan mata terpejam. Entah mimpi buruk apa. Kerap dia mengamuk dan marah setiap adik kembarnya menangis tengah malam atau jam tidur siang, sambil bilang, “Berisik!”

Big-siblings blues Mae sebetulnya sudah kami antisipasi sejak adik-adiknya masih di dalam kandungan. Rutinitas sederhana, seperti memegang perut ibun tiap hari, kiss adik di perut saat bangun pagi dan sebelum tidur, ikut lihat perkembangan adek via USG di dokter, dan pelan-pelan menyapih tidur Mae dengan papanya (beda kasur, meski di kamar yang sama).

Kekhawatiran mengasuh tiga bayi sekaligus, tanpa bantuan ART kualami sejak lama. Belum lagi rasa lelah, sakit, atau nyeri punggung bekas suntikan operasi masih cenat cenut sampai sekarang. Meski demikian, aku berusaha tetap ceria dan positif demi anak-anakku. Ini adalah konsekuensi dari keputusanku resign dari kantor dan mengasuh ketiga anakku sendiri. In life, if you don’t risk anything, you risk everything. Bukankah begitu, Rosalinda? Hehehe.

SUPAYA KAKAK TIDAK CEMBURU PADA ADIK

Kakak Mae ini tipe rada posesif (mungkin sebagian besar anak pertama begitu ya). Dia ingin terlibat semua hal tentang adiknya, mulai dari memilihkan pakaian bayi, menyelimuti adiknya saat tidur, mencium memeluk adiknya dengan erat. Aku pun tak ambil pusing. Ya biarkan saja si kakak membantu sebanyak yang dia mau asal selalu dalam pengawasan. Mae juga sangat marah ada orang yang bercanda ingin ‘meminjam’ atau ‘mengambil’ adiknya, siapapun itu, bahkan kakek neneknya sendiri.

Yang namanya kakak, pasti ingin bermain dengan adiknya. Mae kerap melihat adik kembarnya sebagai teman bermain. Namun, karena masih batita, dia tak tahu cara yang benar. Responsku pun kadang berlebihan. Ini salahnya.

Kadang Mae bermaksud bermain lempar tangkap bola dengan si adik. Pernah dia melemparkan bola gabus (untung bukan bola kasti) ke arah Rashif, kemudian aku yang kebetulan melihat langsung ‘berteriak’ melihat si kakak melempar bola itu ke adiknya.

Pernah juga Mae mengajak adiknya bermain cilukba. Tapi, yang ada dia mengambil selimut bayi dan menutupi wajah adiknya, kemudian membukanya dan berkata ‘Cilukbaaaa.’ Dia malah tertawa melihat adiknya megap-megap karena gak bisa napas ketutup selimut. And yes, aku melihatnya sendiri sambil mengamati. Setelah itu? Spontan saja aku bersuara tinggi lagi karena takut si adik gak bisa napas.

Sering Mae memeluk adiknya gemes, namun kesannya itu pelukan ‘menyiksa,’ bahkan adiknya sampai berteriak. Lagi-lagi aku buru-buru mengingatkan Mae untuk berhati-hati memeluk adiknya.

She is confused. Kadang suara ibu atau papanya terkesan memarahi, padahal bukan itu maksud kita. Ujung-ujungnya si kakak menangis, bahkan semakin agresif.

Dari sini aku belajar, setiap kali si kakak dekat dengan adik-adiknya dan berubah kasar, ada baiknya aku mengalihkan perhatian. Misalnya, ajak si kakak ambil jajan di kulkas, ambil mainan, dan melakukan aktivitas lain.

Ada tips khusus gak sih? Adaaaaa. Baca terus ya…

1. Ajarkan sentuhan lembut pada adik

Mengajarkan Kakak Mae memberi sentuhan lembut pada adik kembarnya adalah pelajaran tersulit sampai sekarang. Si kakak suka lupa. Padahal aku sudah mengajarkan, kalo gemas sama adik, gosok punggungnya, elus pipisnya, atau beri ciuman mesra. Faktanya, setiap si kakak gemas, baru beberapa detik menggosok punggung adiknya, Mae langsung menguwel-uwel pipi si adik sambil bilang, “Iiiii, adik lucuuuu.” Trus muka adiknya yang awalnya senyum-senyum berubah meringis karena pipinya kesakitan. Semoga si kakak cepat belajar ya.

PR buat emak-emak. Kalo lagi gemas sama bayi, usahakan si kakak jangan sampai melihat apa yang kita lakukan. Apakah itu mencium gemas, menowel pipi gemas, memencet hidung, memukul mesra pantat bayi (plus gigi geretekan), atau meniup perut bayi sampai si kecil tertawa. Kita sebagai orang dewasa tentunya bisa mengendalikan kekuatan fisik saat berinteraksi dengan bayi. Namun, si kakak yang melihat kan belum bisa. Dia akan melakukan hal sama terhadap adiknya, namun dengan tenaga kura-kura ninja. Ini dia yang sebenarnya kadang bikin kakak kasar ke adiknya. Your daughter will learn most from watching you. Heuheuheu (salah lagi nih emak).

2. Beri pujian dan komentar positif

Berikan pujian dan komentar positif setiap kali si kakak memperlakukan adiknya dengan benar. Saat Mae membelai kepala adiknya atau menyelimuti kembar yang tertidur, aku langsung memberi tanda jempol, memeluk, dan mencium si kakak. Kukatakan betapa bangga aku padanya.

3. Jangan salahkan kakak karena adik

Jangan pernah menggunakan si adik untuk menyalahkan si kakak. Misalnya, saat kakak malas makan, ibu bilang si adik lebih banyak makan dari si kakak. Saat kakak malas tidur siang, ibu bilang adik lebih rajin tidur siang. Jangan pula menyalahkan si kakak dengan pernyataan menyudutkan. Misalnya, “Tuh kan kakak gak mau diam, adik jadi bangun.” #gigitlidahsendiri karena sering mengatakan ini. Help me, Fernando Josรฉ Altamirano del Castilloooo ๐Ÿ˜ฅ

4. Banyak alternatif bentuk kasih sayang

Jika dalam interaksi fisik dengan kakak sudah berkurang karena ibu terlalu sibuk mengurus adiknya, tingkatkan bonus cinta dalam bentuk lain, seperti tambah pujian. Katakan, “Ibun sayang kakak” berulang kali. Jika perlu, sampai si kakak bosan mendengarnya. Hehehe.

5. Libatkan kakak mengurus adik

Tak jarang Mae ngedotin adiknya, bahkan marah ketika aku mulai kesal (dengan diri sendiri) dan itu terpampang nyata di wajah dan sikapku saat merawat si kembar. Kalo muka emaknya udah asem dikit, trus ada ‘musik’ plentang plentong pas nyuci piring di dapur, Mae langsung bilang, “Bun, jangan marah-marah. Ibun sabar yaaaa.” Hadooooh, meleleh jadinya. Hebat kaaan si kakak.

Keterlibatan kakak menurutku cara terampuh mengatasi big-sibling blues. Buktinya? Sekarang jarang banget Kakak Mae iri-irian ke adiknya. Mae mau meminjamkan mainan pada adiknya (meski diawali dengan rasa enggan). Mae merelakan channel tv favoritnya untuk diganti ke saluran Didi & Friends yang paling ampuh mengalihkan perhatian si kembar. Mae mau menghentikan sementara waktu bermainnya bersama ibun demi si adik.

Every child is different. Mungkin saja pada beberapa anak sulung big-sibling blues langsung muncul sejak si adik masih dalam kandungan, bahkan ada yang terang-terangan mengatakan dia tidak berharap punya adik (untungnya Mae gak kayak gini). Ada juga big-sibling blues yang berlangsung hanya beberapa bulan setelah si adik lahir ke dunia. Nah, Mae masuk kategori ini nih kayaknya.

Menurutku, hal yang dibutuhkan si kakak adalah orang tua yang tetap tenang, tetap nyaman, dan tetap pengertian. Pahami betapa sedihnya dia karena tak lagi menjadi pusat dunia kedua orang tuanya, bahkan kakek nenek om tantenya.

Menjadi kakak (apalagi pada usia yang masih sangat muda) adalah perubahan besar bagi anak pertama, seperti Mae. Sebagai orang tua, kita tidak bisa mempercepat si kakak beradaptasi. Butuh waktu berbulan-bulan, demikian yang kujalani, sekitar 6 bulan. Ini juga bergantung seberapa temperamennya anak pertama. Give them awhile to adjust and be understanding, as much as you can.

anak pertama

Biarlah untuk beberapa bulan rumah yang biasanya damai tentram rutin diisi teriakan dan tangisan anak tantrum. Biarlah untuk beberapa bulan emak bersabar bersimbah keringat kecapean karena si kakak dan adiknya sama-sama menuntut kehadiran ibunya secara fisik. Biarlah untuk beberapa bulan rumah berantakan karena waktu utama tercurah untuk kakak dan adiknya. Biarlah. Yakinlah. Badai pasti berlalu, mak.


17 responses to “Kakak Mae & Big-Sibling Blues”

  1. Wah perjuangan banget ya mempunyai 2 bayi dan 1 balita, yang pertama menkadi kaka untuk 2 adik barunya, pasti belum ada rasa mengerti. Hebat menjadi mamanya yang selalu sabar menghadapi.

    Like

  2. Si sulung ku dulu saat punya adik di usia 20 bulan. Saat itu, dia sudah terbiasa dengan ayahnya. Kebetulan ia lebih cepat menyapih sendiri jadinya ketika minum susu ya sering kuanjurkan dekat ayahnya. Yes dia gak begitu kehilangan “emak” dan suka ketika kusuruh membantu ambil popok adeknya.

    Lalu punya adik kembali di usia 3 tahun 2 bulan. Saat itu, dia minta sekolah. Dan tidak ada tanda-tanda cemburu.

    Namun sekarang, di usia 8 dengan 4 adik, dia mulai terlihat tanda pra pubertas.

    Anak pra pubertas kadang sering ngeselin. Jadinya, aku berencana bikin playdate berdua dengannya.

    Sementara anak ke empat, ketika anak kelima hadir, aku selalu mendahulukan dia. Bahkan soal menyusu (kita tandem nursing).
    Namun kadang masih sering juga gigit adeknya.
    Saya pelajari ternyata dia cuma gemes. Tapi gak tau caranya..
    Akhirnya menggigit adalah ekspresi sayangnya..

    Like

  3. Wah, kakak Mae pinter ya… bisa jadi kakak yg baik buat kedua adik kembarnya. Salut deh liat Mbak Mutia bisa ngurusin 3 anak n ngeblognya kenceng pula. Bagi tipsnya Mbak gimana manajemen waktunya tuh. Sulungnya pas lahiran adek2nya itu samaan usianya ya sama bungsu kami sekarang, Ocean, 2,7 bulan, hehe. Salam dari Dede Ocean di Medan yaa

    Like

  4. Ternyata hal-hal itu normalnya, mendadak si kakak jadi cemburu dan melakukan hal yang tak biasa seperti itu. Mungkin karena mereka masih belum tau ya…. Info menarik sekali pengalaman dalam mengasuh anak

    Like

  5. Wah, Mae cantik sedang merasa sedih, ya? Merasa ditinggalkan, ya…
    Anak cantik, semoga segera membaik ya.
    Memang butuh proses, dan kadang tak mudah. Yang penting SEMANGAT!

    Like

  6. Saya juga merasakan hal itu mbak. Sampai sekarang masih “kumat” manja dan cemburu si kakak ke si adek. Tips di atas terbukti bermanfaat untuk pelan-pelan mengikis rasa cemburunya.

    Like

  7. Lucunyaaaa dedek kembar. Itulah sebabnya kalau ada temanku yang lahiran bukan anak pertama aku jarang bawa kado buat adeknya mbak,seringnya aku bawa kado buat kakaknya supaya kakaknya seneng. Kalau adek baby sih pastinya udah dapat banyak haha.
    Iya sih yg penting diberi pengertian aja. Dulu sblm lahir anak kedua jg kakaknta kusounding terus mbak

    -April-

    Like

  8. Baru tau Mbak ada istilah Sibling blues. Kirain cuma baby blues aja. Ini PR besar buat aku lho, agar anak pertama kami bisa menerima kehadiran adeknya sebagai saudara yang kudu disayangi.

    Saat aku komen ini, bayi 8 bulanku lagi nangis, digigit pipinya ampek merah kebiruan pipinya sama kakaknya.

    Makasih Mbak tipznya.

    Like

  9. Jleb banget baca poin-poinnya, saya sering bilan duhh kakak pelan-pelan ngomongnya, jangan berisik mainnya, jangan lari-larian, adek jadi bangun deh. Hiks. Thanks for sharing ya mbak, suka sekali baca tips parenting seperti ini yang relate dengan kehidupan sendiri

    Like

  10. Ada rasa cemburu ya kak. Mungkin si sulung blm siap jd kakak karena masih ingin bermanja2 sama mamanya eh udh punya adik 2 lg

    Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.