Oli Mobil Terbaik Fastron Sempurnakan Gaya Hidup Milenial

Oli mobil terbaik itu bagaikan darah dalam tubuh manusia. Ia adalah penyambung nyawa mesin supaya tetap berfungsi optimal menyalurkan nutrisi, tenaga, dan energi ke roda-roda kendaraan.

Mesin dan oli ibarat pasangan sejoli, Romi dan Yuli. Keduanya tak dapat dipisahkan dan ditakdirkan untuk terus bersama.

Oli mobil banyak jenis dan peruntukannya, mulai dari oli mesin, oli transmisi, oli rem, hingga oli power steering. Pertamina Lubricants melalui brand utamanya, Fastron menyajikan sederet produk pelumas yang bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan kendaraan.

Pertamina Fastron adalah pelumas mesin kendaraan karya anak bangsa yang kualitasnya tak hanya diakui dalam negeri, tapi juga luar negeri loh. Fastron juga tak mau ketinggalan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan gaya hidup milenial masa kini.

Ngomong-ngomong soal generasi milenial, banyak dari mereka kini semakin berdaya dengan penghasilan di atas rata-rata. Kaum milenial mampu membeli kendaraan sendiri, khususnya mobil pada usia muda.

Namun, apakah mereka semua mengerti soal mobil dan pelumas mesin mobil? Jawabannya, tidak semua.

DAFTAR OLI MOBIL TERBAIK FASTRON

Gaes, jangan sembarangan pilih oli mobil!

Sebagai generasi milenial yang melek informasi digital, kita perlu banyak mencari tahu dan tak boleh asal pilih oli mobil hanya berdasarkan rekomendasi bengkel nonresmi, bertanya pada sembarang orang, apalagi bereksperimen sendiri.

Beli oli mobil juga tidak boleh berpatokan pada harga semata. Ada anggapan bahwa semakin mahal harga pelumas, semakin bagus untuk mobil. Ini salah kaprah. Oli mahal belum tentu sesuai dengan spesifikasi mesin mobil kita.

Nah, berikut daftar beberapa varian oli mobil terbaik dari Pertamina Fastron yang penting untuk kita ketahui.

1. Fastron Gold Oil

Ini adalah oli Fastron pertama yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif-aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja API tertinggi. Oli ini cocok untuk mobil-mobil berkelas, seperti BMW, Mercedes Benz, VW, dan Porsche.

Ada tiga tipe oli Fastron Gold, yaitu SAE 0W-20, SAE 5W-30, dan SAE 5W-40. Harga oli mobil Fastron masuk kategori terjangkau dan menjadi salah satu alternatif pilihan oli mobil terbaik yang ramah di kantong.

2. Fastron Platinum Racing Oil

Fastron Platinum Racing adalah pelumas mesin kendaraan bensin premium yang diformulasikan khusus bekerja sama dengan Lamborghini Squadra Corse. Yups, minyak pelumas ini dikhususkan untuk mobil balap dan sangat unggul di kelasnya.

Bahan dasarnya full sintetik Polyalphaolefin atau PAO. Selain Lamborghini, pelumas ini bisa digunakan untuk Ferarri. Harga oli mobil Fastron Platinum Racing isian 1L dibanderol Rp 285 ribu. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu menyesuaikan harga pasar.

3. Fastron Platinum Oil

Pelumas mesin kualitas premium ini diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja API tertinggi. Fastron Platinum hanya tersedia jenis SAE 0W-40 dan direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem.

4. Fastron Techno Oil

Fastron Techno adalah oli berkualitas tinggi yang dibuat untuk kendaraan dengan kebutuhan khusus. Oli ini memiliki tiga varian.

Pertama, SAE 10W-30 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem.

Kedua, SAE 10W-40 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang menyaratkan pelumas dengan kadar SAPS (Solfated Ash, Posphorus, and Sulphur) rendah.

Ketiga, SAE 15W-50 direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang dilengkapi sistem direct injection dan multikatup.

5. Fastron Eco Green

Ini adalah keluarga terbaru Fastron yang baru saja diluncurkan September 2019, tepatnya saat Hari Ulang Tahun (HUT) keenam Pertamina Lubricants.

Fastron Eco Green menjawab tantangan pesatnya penjualan low cost green car (LCGC) di Indonesia. Pelumas ini diformulasikan menggunakan aditif yang lebih unggul dalam menjaga kestabilan kekentalan, sehingga lebih baik melindungi mesin.

Fastron Eco Green tersedia dalam ukuran 3,5 liter dengan dua spesifikasi, yaitu 0W-20 API SN dan 5W-30 API SN ILSAC GF 5. Masing-masingnya dibanderol dengan harga Rp 250 ribu dan Rp 235 ribu.

PERTAMINA FASTRON DAN GAYA HIDUP MILENIAL

Pertamina Fastron menghadirkan produk pelumas yang menyempurnakan gaya hidup milenial.

Berbagai cara dilakukan untuk mendekatkan diri dengan Generasi-Y ini, mulai dari meluncurkan aplikasi pintar untuk referensi oli terbaik, menjadi technical partner pabrikan supercar dunia, memproduksi oli mobil ramah lingkungan, digitalisasi Olimart, hingga memanjakan pelanggan di berbagai event kreatif.

1. Referensi oli terbaik dari Dr Lube

Nah, supaya generasi milenial yang serba digital tidak buta urusan teknis per-oli-an, Fastron memperkenalkan Dr Lube. Ini adalah aplikasi yang memberikan referensi oli untuk pemilik kendaraan dengan cara mudah dan instan.

Fitur Mix & Match pada progressive web application (PWA) ini sangat mudah digunakan. Kita cukup memilih merek, varian, dan tipe kendaraan, kemudian klik Mix & Match. Hasil oli yang tepat untuk kendaraan kita pun akan muncul lengkap dengan detail keunggulan oli tersebut.

Dr Lube akan mengarahkan kita ke lokasi terdekat tempat oli hasil Mix & Match dijual. Jadi, kita tidak perlu repot berkeliling mencari Olimart atau SPBU yang menyediakan pelumas yang dimaksud.

Foto: @officialfastron

Fitur Point pada Dr Lube akan muncul setelah kita melakukan Mix & Match. Semakin banyak poin yang kita kumpulkan, semakin besar kesempatan kita memenangkan banyak hadiah. Jangan lupa mengisi fitur Schedule untuk mengingatkan kita jadwal perawatan mobil, khususnya ganti oli berikutnya.

Fitur Dr Lube yang tak kalah penting adalah News. Kita semakin tahu banyak tentang dunia otomotif, beragam informasi tentang oli dan produknya, juga tentang perusahaan induk Pertamina Lubricants, yaitu Pertamina.

2. Fastron Platinum untuk sports car dan supercar

Fastron Platinum bukan sembarang pelumas loh. Oli satu ini dirancang khusus untuk kendaraan berteknologi tinggi, yaitu sports car dan supercar.

Ada dua varian, yaitu Fastron Platinum SAE OW-40 untuk kelas premium car dan sports car, dan Fastron Platinum Racing SAE 10W-60 untuk kelas sports car dan racing car. Kehadiran Fastron Platinum membuktikan produk Indonesia sangat bagus, bahkan bisa digunakan untuk mobil-mobil buatan luar negeri.

Foto: @officialfastron

Pelumas Pertamina Fastron menjadi technical partner pabrikan supercar dunia, Automobili Lamborghini di ajang balap GT3 dan Super Trofeo Championship 2020-2021.

Varian Fastron Platinum Racing 10W-60 digunakan di GT3 dan ST Vehicles untuk Lamborghini Squadra Corse. Fastron Platinum Racing memang pelumas yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan kinerja mesin V10 mobil-mobil Lamborghini Huracan.

Pertamina Fastron telah mengukir prestasi berbagai kejuaraan GT, yaitu 24 Hours of Daytona, 12 Hours of Sebring, Blancpain GT Series, serta Kejuaraan One-make Lamborghini di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

3. Fastron Eco Green untuk mobil ramah lingkungan

Apa saja sih fungsi oli?

Fungsi pertama tentu saja melumasi komponen-komponen di dalam mesin supaya tidak cepat rusak, sehingga usia pakai mesin kendaraan lebih lama.

Oli juga berfungsi mendinginkan suhu mesin yang panas supaya tetap bekerja ideal pada suhu kerja.

Dampak mesin mobil yang terlalu panas alias overheat bisa sangat fatal loh, mulai dari merusak piston, merusak klep dan ring piston, hingga risiko terparah memicu mobil terbakar.

Berikutnya oli berfungsi membersihkan partikel-partikel kotoran dalam mesin dan mencegah korosi. Fungsi terakhir oli yang tak kalah penting adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar, sehingga lebih ramah lingkungan.

Mobil ramah lingkungan atau LCGC memang tak sementereng mobil-mobil kelas premium. Namun, faktanya mobil kelas ini paling banyak diminati dan dibeli generasi milenial, khususnya mereka yang lahir pada medio 1982-2000.

Mobil LCGC menjadi favorit bagi milenial yang baru pertama kali memiliki mobil pribadi. Ini terbukti dengan puncak permintaan mobil LCGC sepanjang 2016-2017.

Fenomena ini juga didukung maraknya aplikasi taksi online di perkotaan. Banyak generasi milenial bekerja sampingan sebagai driver takol alias taksi online atau ojol alias ojek online.

Pertamina Lubricants menjawab tantangan ini dengan meluncurkan pelumas Fastron Eco Green yang diformulasikan dengan nano guard, yaitu teknologi pelumas sintetik untuk mesin bensin terbaru. Formula ini terbukti efektif melindungi mesin dan membersihkannya secara menyeluruh hingga ke celah tersempit sekali pun.

Foto: @officialfastron

Fastron Eco Green bahkan bisa digunakan untuk mesin mobil LCGC yang dilengkapi turbo atau non-direct injection. Tujuannya untuk mengurangi emisi gas buang.

Fastron Eco Green cocok untuk mobi-mobil LCGC, seperti Toyota Agya atau Calya, Honda Brio, Daihatsu Ayla atau Sigra, Suzuki Karimun, atau Datsun Go. Kualitasnya lebih baik dan  harga lebih terjangkau.

Bahan baku sintetiknya memberi perlindungan maksimal terhadap keausan mesin, konsumsi BBM, dan akselerasi kendaraan untuk aktivitas dalam kota.

4. Digitalisasi Olimart

Oli mobil Fastron saat ini tak hanya dijual di Olimart, namun juga berbagai marketplace online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blanja.com, dan Blibli.

Pertamina Lubricants juga telah melakukan digitalisasi Olimart dengan mengubah konsep bengkel menjadi teknologi atau digital savvy. Tuntutan zaman saat ini semakin mengedepankan integrasi sistem pembayaran. Hal ini juga menjadi bagian dari gaya hidup milenial.

Digitalisasi bisnis di Olimart saat ini berbasis online based point of sales bekerja sama dengan Moka Pos oleh Telkomsel. Konsumen juga bisa bertransaksi di Olimart menggunakan aplikasi fintech, seperti T-cash, GoPay, dan OVO.

Sebagai anak perusahaan pelat merah, Pertamina Lubricant ikut serta meningkatkan sinergi dengan perusahaan BUMN lainnya. Salah satu bentuknya menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan FASTRON BRIZZI Loyalty Card.

Ini adalah kartu member untuk meningkatkan pelayanan konsumen setia pelumas Pertamina, khususnya pemilik mobil. Kartu yang diluncurkan sejak 2017 ini bertujuan meningkatkan transaksi nontunai, terutama di gerai Olimart.

FASTRON BRIZZI Loyalty Card bisa digunakan saat penggantian minimal tiga liter oli. Pelanggan Olimart misalnya bisa melakukan transaksi nontunai di mesin EDC BRI. Kartu ini juga bisa untuk membayar tol. Kekinian banget bukan?

5. Memanjakan pelanggan di berbagai event

Pertamina Lubricants memanjakan seluruh pelanggan setia Fastron di berbagai event, salah satunya Java Jazz Festival 2019. Promo spesial berupa diskon hingga 50 persen untuk pembelian pelumas Fastron Gold dan Techno series diberikan khusus untuk pelanggan yang membelinya di booth Pertamina Fastron.

Foto: @officialfastron

Pelanggan juga berkesempatan mengikuti undian berhadiah utama smartphone Oppo F7 dan Guitar Gibson Les Paul. Pertamina Lubricants mengusung tema Broadway Fastron Lounge Cafe.

Masyarakat Indonesia di mana pun berada, khususnya konsumen Fastron bisa mendapatkan pelumas Fastron sesuai spesifikasi kendaraannya di general outlet, bengkel own-channel, seperti Olimart, juga SPBU Pertamina.

Ratusan bengkel Olimart kini telah tersebar dari Sabang sampai Merauke, Jadi, mulai sekarang, jangan pernah beli sembarang oli ya? Oli baik ya Fastron!

100 thoughts

  1. Memilih oli yang baik untuk kendaraan juga menjaga kendaraan kita agar tetap terjaga kualitasnya.. Oli fastron emang yang terbaik deh

    Like

    1. #BaikItuFastron emang Mas Andrie. Hehehe. Udah coba cek Dr Lube mas? Keren deh. Tinggal masukin jenis dan tipe mobil, langsung keluar jenis oli pelumas dan BBM yang sebaiknya digunakan. Gak perlu bingung lagi.

      Like

    1. Pertamina Fastron mendukung cashless society melalui gerakan nontunai mas. Selain menggandeng bank plat merah, pelumas Fastron juga banyak dijual di marketplace belanja online. Tapi kalo mau aman sih memang sebaiknya belinya di Olimart Pertamina saja.

      Like

    1. Biar mobil dan motor tetap handal dan mulus luar dalam kayak tubuh kita, ya harus diperhatikan oli pelumasnya mba. Kalo jarang ganti oli, jangan heran kalo mendadak pagi-pagi motor atau mobil gak bisa distarter, mendadak mogok atau mati di jalan, kejadian terparah adalah terbakar. Duh, ngeri kan mba kalo gak disiplin ganti oli.

      Like

  2. Kalo kita sayang sama mobil kita pastinya bakal pilih oli yang terbaik ya. Bayangin aja Fastron jadi partnernya Lamborghini loh, berarti kan kualitasnya oke. Well noted ah, beralih ke Fastron untuk oli mobil di rumah. Apalagi ada Dr. Lube yang interaktif dan kasih banyak suggestion. Support produk dalam negeri aku sih.

    Like

  3. Iya banyak yang miliki kendaraan tapi tidak tahu tentang seluk-beluk tentang dalamannya ya. Apalagi soal oli, seperti saya ini kudet banget. Baca artikel ini jadi nambah wawasan nih
    Terimakasih
    Salam
    Okti Li

    Like

    1. Saya pun dulu kudet mba. Sekarang dah mulai mengerti sedikit demi sedikit. Makin ngerti lagi begitu buka web Dr Lube. Tinggal masukin jenis dan tipe mobil, langsung keluar deh rekomendasi oli yang sebaiknya digunakan.

      Like

      1. Wah ada website dr lube ya? Apa itu Mbak? Saya malah baru tahu tuh web nya. Soal otomotif juga kah? Web anak bangsa bukan?

        Like

  4. Wah, ternyata oli pun diproduksi dalam berbagai jenis menyesuaikan dengan mesin kendaraan, ya. Tentunya kita jadi nggak khawatir dan jadi lebih mudah memilih mana yang sesuai dengan mesin kendaraan kita. Fastron ini canggih banget ya karena sudah mendunia. Bangga dong produk anak bangsa sudah bersaing di pasar internasional

    Like

    1. Yuhuuuuu, technical partner Lambo loh mba. Kapaaan lah kita punya mobil keren kayak gitu yaaa. Sekarang yg penting bisa mengurus mobil biar sehat dan handal dengan pelumas Fastron saja lah dulu. Hihihi

      Like

  5. Enggak heran ya Fastron termasuk oli mobil terbaik soalnya setiap jenis kendaraan dibuatkan olinya masing-masing. Sampai buat yang Eco Green aja ada. Asli dari dulu aku pikir oli buat setiap kendaraan itu sama aja, padahal ada yang fungsinya buat mesin, buat rem, tranmisi dan lainnya.

    Like

  6. Detail banget Mbak informasinya. Saya juga punya motor tetapi gak faham masalah oli bensin dan sebagainya apa aja kebutuhan motor. Taunya dianter jemput pake tu motor aja. Hahaha.

    Like

    1. Hahaha. Taunya ngisi bensin doang ya Mba Ida. Trus kalo motornya mogok di jalan gara-gara udah 3 tahun gak ganti oli, baru deh kita sedih. Heuheu. Semoga tulisan ini bisa membantu emak-emak mengenal detail mobil dan motor hingga ke olinya.

      Kalo oli motor pakai Enduro Mba Ida. Kalo mobil baru pakai Fastron.

      Like

  7. Acung jempol buat innovasi aplikasi Dr Lube-nya. Soalnya bisnis jaman sekarang harus menyertakan value added yang banyak, biar pelanggan memilih bisnis kita.

    Like

    1. Dr Lube sebuah gebrakan bagus dari Pertamina Fastron mas. Kami pun merasakan manfaatnya untuk mobil di rumah. Bengkel mobilnya boleh di mana aja, tapi olinya harus tetap Fastron. Hehehe. Tinggal cek cocoknya Fastron jenis apa di Dr Lube, trus kasih tahu deh teknisi bengkelnya.

      Like

  8. Emang terbaik deh Oli Fastron ini, saya jadi banyak pengetahuan tentang Oli karena baca ini.
    Sebagai wanita memang nggak ada salahnya tahu sedikit banyak tentang otomotif ya, biar lebih mandiri 🙂

    Like

      1. hahaha betul banget, apalagi bagi pejuang LDM, mau nggak mau harus upgrade ilmu meski ilmu buat perbapakan 😀
        Jadinya lebih bisa mandiri dan bisa makin nyambung ngobrolnya ama pak suami.
        Apalagi kalau ngobrolin oli yang berkualitas 😀

        Like

  9. Benar sekali, Mbak Mutia. Jadi Oli mesin, bagai darah dalam tubuh. Jadi kalau olinya bagus, bersih, maka mesin akan berfungsi dengan baiknya. Makanya pergantian oli harus sangat diperhatikan dan berkala.

    Like

    1. Fastron Eco Green memang dikhususkan untuk kebutuhan mobil LCGC terbaru mba. Jenis dan tipe mobilnya di antaranya sudah saya sebutkan di atas. Akan tetapi, Fastron Eco Green juga bisa untuk mobil mesin turbo (non-direct injection) kok.

      Like

  10. Fastron merawat kendaraan dengan maksimal yah. Pertamina emang mantap deh dengan konsep go green nya membuat kesadaran lingkungan tetap terjaga. Suami ku juga percayakan oli mobilnya pakai Fastron.. keren

    Like

  11. Jujur aku gak ngerti mesin sih hehe
    Tapi kalo masalah oli ya memang harus pakai yang sudah teruji kualitasnya.. Apalagi fastron ini karya anak bangsa ya mbak…

    Like

  12. Emang juara sih produknya Pertamina Lubricants ini, Fastron untuk mobil dan Enduro untuk perawatan mesin motor. Kerennya lagi karena tersedia banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan masing-masing.

    Like

  13. Nah bukan hanya kulit yang dirawat, bahkan kendaraan pun butuh perawatan rutin termasuk di dalamnya adalah memilih oli dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, mesin kendaraan juga akan tefap terjaga

    Like

    1. Hahahaha. Dirimu juga yaaa Bang Doel, semangat. Gak papa bang, gak menang juga. Saya senang kalo nulis produk yg emang saya pakai. Kadang emang sayanya yg pengen nulis, bukan sekadar lagi dapat job sponsored post atau lagi ikut lomba. Kalo emang bagus, layak untuk dipromosikan. Gitu ceu nah, kata Kang Deddy Corbuzier.

      Like

  14. Keren nih produk asli anak bangsa yang prestasinya sudah sampai ke mancanegara. Pastinya karena kualitasnya dong, ya. Nah, kalau sudah begitu, nggak ragu lagi dong buat pakai Fastron untuk kendaraan pribadi di rumah. Biar Romi dan Yuli-nya akur-akur gitu, ya.

    Like

    1. Tuh, gak nyangka kan mba? Kita tahunya cuma oli doang. Padahal oli juga sama kayak cokelat atau cake, banyak variannya. Hehehe. Tinggal disesuaikan saja sama kebutuhan mobil kita seperti apa. Bisa tanya dr Lube.

      Like

  15. Kendaraan itu ibarat kaki kedua kita deh
    Mengantarkan kita kemana saja, di berbagai medan dan jarak
    Karena itu asupan gizinta harus yang terbaik ya, biar lancar berkendaranya
    Percayakan pada oli terbaik dari Pertamina

    Like

    1. Benar Mba Arni. Kita gak mau dong kalo kendaraan kita malah bikin masalah di kemudian hari. Misalnya, lagi asik jalan-jalan, tiba-tiba mobil mendadak mogok, susah distarter, dan trouble lainnya. Jadinya harus kita perhatikan sedari awal, khususnya kebutuhan oli yang sesuai.

      Like

  16. Memilih oli terbaik untuk mobil susah-susah gampang ya Mbak. Tapi sebaiknya memang pilih oli dari pabrikan terpercaya seperti Pertamina Lubricants ini dengan merek Fastron nya

    Like

    1. Pokoknya kalo mobil jodohnya mah udah pasti Fastron. Tinggal sesuaikan varian olinya dengan kebutuhan. Mobil LCGC, mobil sports, sampai truk pun beda-beda olinya. Gak usah bingung, tanya dr Lube aja.

      Like

    1. Selain itu, cek harga menjadi prioritas. Hahaha… mungkin suatu saat stlh punya mobil, harus literature review dulu utk pilih oli. Btw namaku (zamhari) muncule berbeda klo d wordpress… wah. Perlu setting ulang iki

      Like

      1. Ya mas, biar gak bingung, tinggal tanya sama dr Lube saja. Masukin merek dan tipe mobil, nanti akan diarahkan oli paling cocok dengan kendaraan kita. Aman deh. Terima kasih mas sudah sudi berkunjung ke blog saya. Alhamdulillah rame nih yg nanya. Hehehe

        Like

  17. menurut saya sih, milih oli utk kendaraan bukan soal jodoh atau nggak ya, wkwkwk
    namanya juga kendaraan, pasti ada karakteristiknya. dan oli kan juga gitu, ada karaktersitik utk mesin tertentu, kebiasaan penggunaan tertentu, kondisi cuaca, dsb. jadi kondisi2 itu perlu diperhatikan agar berjodoh dengan oli yang tepat hehehe CMIIW ya

    Like

    1. Milih jodoh juga Mas Lufti sudah pasti perhatikan karakteristiknya toh. Kalo gak kita gak bakal cocok tuh nikah sama pasangan kita. Sama lah ibarat mobil dan oli ini. Kalo olinya gak cocok, ya kendaraannya bakal gak awet.

      Like

  18. info menarik. tapi belum punya mobil. lebih tepatnya blm jadi beli mobil. kalo pengalaman utk motor, selama ini cuman nanya sama tukang servisnya, apa yang ada. udah itu aja. hehe… jadi pembelajaran

    Like

    1. Oli tu sama kayak makanan dan minuman yg masuk ke tubuh kita mba. Kalo kita asal makan, asal minum saja, tanpa tahu apakah yg kita konsumsi itu zat bagus atau tidak, ya siap-siap saja tubuh bobrok. Demikian juga mesin mobil atau motor.

      Like

    1. Oli itu seperti prajurit utama yang menjaga kesehatan mobil kita. Faktor lainnya adalah servis mobil. Kadang banyak orang malas bawa mobilnya ke bengkel setelah masa servis gratis berakhir. Hehehe. Harusnya kan supaya mobil tetap prima, rutin ganti oli dan rutin cek/ servis mobil perlu dilakukan.

      Like

  19. Hehe iya ya mbak Oli itu bagai darah kalau di manusia. Jadi gak bisa dipisahkan dari kendaraan. Kalau telat diganti bisa bermasalah kendaraannya. Dulu kupikir oli itu ya oli aja, padahal ada oli mesin, oli rem dan lainnya. Keren ya Fastron punya banyak jenis oli untuk kendaraan yang berbeda dan punya banyak event menarik 🙂 Ngerti banget sama kebutuhan milennial

    Like

  20. Waah, banyak juga ya jenis oli itu? Baru tahu nih, secara cuma tahu oli sebagai pelumas aja, gak pernah ngurusin ganti oli dll, lah nyetir aja gak tahu. Mau tahu beres aja dah jd penumpang, hihihih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.