Pilihan Tanaman Gantung untuk Mempercantik Teras Rumah

Dua adik saya yang merupakan pasangan suami istri memilih tinggal di Tangerang. Pertimbangannya daerah yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Banten tersebut relatif dekat ke tempat kerja mereka di Jakarta, ketimbang rumah orang tua kami di Bekasi.

Alhamdulillah setelah menikah mereka langsung memiliki rumah. Sebagaimana tipikal rumah perkotaan di wilayah sub-urban, arealnya terbatas. Penghuni perlu kreatif menciptakan kesan asri dengan luasan halaman dan ruangan yang ada.

Perumahan di Tangerang tentu akan lebih cantik tampilannya bila di teras rumahnya terdapat tanaman gantung. Menaruh tanaman gantung pada teras rumah dapat memberikan suasana yang asri, nyaman, dan memanjakan mata.

Manfaat tanaman gantung di rumah

Tanaman gantung alternatif bagi pemilik rumah yang hobi berkebun, tetapi tidak memiliki lahan cukup. Bunga dengan pot gantung memiliki pesona khusus, layaknya taman hijau atau hutan mini yang dipersonalisasi.

Tanaman gantung menciptakan kesan tenang bagi penghuni rumah. Kebun vertikal ini menambah keanggunan hunian, modern, dan tidak membutuhkan banyak area.

tanaman gantung

Berikut berapa manfaat tanaman gantung.

  • Menyerap karbon dioksida dan menyediakan udara segar
  • Mengurangi partikel debu yang ada di udara
  • Menjaga kesejukan dengan menurunkan suhu mikro
  • Mengontrol kelembaban dan mendukung lingkungan tempat tinggal yang sehat

Tanaman seperti teman hidup yang menambah kebahagiaan dan ketenangan. Berbagai penelitian ilmiah bahkan menyebutkan tanaman merespons positif ketika seseorang berbicara, bersenandung, atau bernyanyi kepada mereka.

Jenis tanaman gantung

Butuh imajinasi dan kreativitas untuk membuat kompleks rumah kita terlihat menarik secara estetika. Kebanyakan orang berpikir satu-satunya cara mempercantik rumah dengan menanam bunga dan pohon di tanah.

Saat ini pemilik rumah memunyai banyak ide lanskap revolusioner, seperti kebun vertikal dengan tanaman gantung. Ada banyak sekali jenis tanaman gantung yang bisa kita pilih untuk mempercantik tampilan teras rumah.

1. Begonia

Rumah di Tangerang akan lebih cantik dengan adanya bunga begonia (Begonia sp) di teras. Bunga ini memiliki warna cerah dan tampilan amat elok, sehingga tepat digantung pada teras rumah untuk mempercantik suasana.

tanaman gantung begonia

Begonia merupakan tanaman tropis yang cepat sekali berbunga. Keunikan tanaman ini adalah bentuk daunnya tidak simetris, misalnya oval, menjari, seperti palem atau terompet. Ada lebih dari dua ribu jenis begonia di dunia.

Bunga ini mekarnya tidak terbatas, mulai dari atas sampai bawah. Warnanya beragam, mulai dari merah, merah muda, putih, dan kuning.

2. Meat leaf

Meat leaf adalah tanaman gantung termasuk golongan sukulen. Bentuk daunnya mengilap dan tebal, sehingga kesannya seperti irisan-irisan daging.

Tanaman meat leaf membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh dan berkembang. Penempatannya harus sesuai, misalnya di teras rumah yang terkena langsung cahaya matahari.

tanaman gantung meat leaf

Penyiraman meat leaf harus lebih intensif karena penguapannya tinggi. Kita bisa juga menyemprot daunnya agar tetap terhidrasi.

Warna daun meat leaf lebih segar dan berbeda dari jenis tanaman lainnya. Tanaman ini dapat menciptakan suasana rimbun dan asri pada teras.

3. Creeping charlie

Creeping charlie atau mint kw cocok untuk menghiasi teras perumahan di Tangerang. Tanaman ini merupakan jenis herbaceous yang masuk ke dalam suku urticaceae dan berasal dari Amerika Selatan bagian utara.

tanaman gantung creeping charlie

Bentuk daunnya bulat, warna hijaunya sempurna, permukaan daun agak kasar dan berkerut. Batangnya berbulu. Bentuknya sangat cantik ketika batang tumbuh memanjang dan menjuntai ke bawah.

Tanaman bernama latin Pilea nummulariifolia ini bisa tumbuh dengan cepat dan dapat mempercantik tampilan teras rumah ketika didesain sebagai tanaman gantung. Selain mint kw, nama lainnya di Indonesia adalah sanggah tanah.

4. Portulaca

Masyarakat kita lebih mengenalnya dengan nama sutra bombay atau bunga pukul sembilan. Mengapa namanya demikian? Alasannya portulaca sering mekar pada jam sembilan pagi.

Tanaman bernama latin Portulaca grandiflora ini sebenarnya terdiri dari 100 jenis dan tersebar di berbagai daerah tropis juga subtropis. Orang Indonesia lebih sering menganggap portulaca sebagai gulma karena kemampuan tumbuhnya begitu cepat.

tanaman gantung portulaca

Kelopak bunga portulaca ada yang tunggal, ada yang susun. Beberapa varietas memiliki ukuran bunga lebih besar. Warna bunga yang menarik membuat tanaman ini bagus menghiasi pot gantung di teras rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus karena kuat dan tahan di lingkungan kering.

5. Lobelia

Bunga lobelia juga cocok dijadikan tanaman hias gantung untuk teras rumah di Tangerang. Tanaman ini memiliki bunga lebat berwarna biru yang sangat cantik.

Perawatannya sangat mudah dan mampu tumbuh subur di berbagai macam musim, hujan dan kemarau. Gantungan pot lobelia di teras rumah menciptakan kesan yang asri sekaligus tampilan cantik hunian.

tanaman gantung lobelia

Lobelia sangat bagus ditanam di rumah perkotaan karena bermanfaat kesehatan. Tanaman ini bisa meredakan depresi, asma, hingga gangguan penyalahgunaan obat.

Bunga lobelia cantik karena warna bunganya beragam, mulai dari ungu, biru, merah, dan putih. Tanaman ini mudah tumbuh dari biji dan mekar di semua musim. Taburkan saja di atas tanah, maka bunga akan tumbuh tak berapa lama.

6. Silver hair

Silver hair salah satu tanaman yang bisa ditemukan di dataran tinggi dan dataran rendah. Daunnya akan menjuntai ke bawah setelah dewasa dan bisa mencapai panjang satu meter.

tanaman gantung silver hair

Daunnya berwarna hijau dengan paduan perak, sehingga disebut silver hair. Tangkai batangnya lunglai menggantung, sehingga terlihat lebih cantik, apalagi saat digantung di teras.

Perawatan silver hair tergolong mudah. Apabila ukuran tanaman sudah terlalu panjang, kita bisa memangkas batangnya dan bisa dijadikan tanaman baru dengan cara menancapkan di media tanam.

7. Petunia

Bunga petunia hadir dengan warna-warna pastel. Waktu mekarnya lama dan tahan lama.

Perawatan tanaman ini sederhana dan mudah. Jenis petunia yang umum tumbuh di Indonesia adalah Petunia grandiflora. Berbeda dari tanaman lain, petunia sebaiknya diletakkan di lokasi relatif teduh supaya mekarnya penuh dan bunganya berlimpah.

Kelopak bunga petunia mirip terompet dengan mahkota tunggal atau ganda. Warna kelopak bunganya bervariasi, mulai dari merah, kuning, ungu, putih,dan biru.

tanaman gantung petunia

Demikian beberapa pilihan tanaman gantung yang bisa kita gunakan untuk menghias teras perumahan di Tangerang. Selain pilihan tanaman-tanaman di atas, pastinya masih banyak lagi jenis tanaman gantung lain yang tidak kalah cantik dan menarik. Apakah kamu punya rekomendasinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.