Gak Bakal Rugi Punya Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi mobil di Indonesia sudah familiar di berbagai kota besar. Gimana dengan pinggiran kota dan desa? Kayaknya belum begitu populer deh.

Padahal ya, asuransi mobil itu penting banget loh. Di Amerika Serikat misalnya, semua pemilik kendaraan wajib punya asuransi mobil. Mereka yang punya mobil, tapi gak punya asuransi, kalo ketahuan bisa kena denda, SIM-nya dicabut, bahkan mobilnya disita.

Asuransi mobil adalah perlindungan penting tidak hanya untuk mobil kita, tapi juga kewajiban finansial kita ketika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan.

Kalo semisal pemilik polis asuransi mengalami kecelakaan nih, perusahaan asuransi lah yang membantu membayar sebagian atau keseluruhan kerugian yang mereka tanggung, seperti tagihan medis, kerusakaan pada kendaraan atau properti lain yang terdampak kecelakaan tersebut.

Asuransi mobil juga membantu meringankan denda atau saksi jika kasus kecelakaan pemegang polis berlanjut ke pengadilan.

Tuh, pada gak nyangka kan, segitu pentingnya asuransi mobil?

Pertimbangan Punya Asuransi Mobil di Indonesia

Beneran deh, gak ada ruginya punya asuransi mobil di Indonesia. Polis standar asuransi kendaraan bermotor di Indonesia itu menjamin pertanggungjawaban berupa kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotot yang secara langsung disebabkan oleh:

  • Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok.
  • Perbuatan jahat
  • Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan atau pun ancaman kekerasan.
  • Kebakaran, termasuk kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan dengan lokasi kendaraan bermotor, kebakaran akibat sambaran petir, kerusakan karena air dan alat lain yang digunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran, dimusnahkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak berwenang dalam upaya mencegah menjalarnya kebakaran.

Ada juga kerugian atau kerusakan yang disebabkan selama kendaraan bermotor berada di atas kapal untuk penyeberangan. Pokoknya mobil berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kerugian atau kerusakaan akibat kapal bersangkutan mengalami kecelakaan.

asuransi mobil di indonesia

Asuransi mobil dan asuransi kesehatan itu gak bisa ditawar lagi deh, wajib punya. Kita tinggal di Indonesia loh, negeri yang penuh dengan driver-driver koboi yang suka mengemudi sesuka hati.

Gak heran tingkat kecelakaan lalu lintas di negara kita terus meningkat dari tahun ke tahun. Dua tahun terakhir agak melandai ya karena kita sama-sama tahu lah alasannya, pandemi. Orang-orang tentu jarang keluar rumah, sehingga mobilnya juga gak banyak melaju di jalanan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mencatat sepanjang 2015-2020 terdapat 528.058 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 164.093 orang. Sedihnya, kecelakaan lalu lintas ini menyumbang tingkat kematian tertinggi pada kelompok usia 15-29 tahun. Duh, ini mah usia produktif banget ya.

Sebanyak 61 persen kecelakaan terjadi karena faktor manusia. Sisanya 30 persen karena faktor sarana prasarana, dan sembilan persen faktor pemenuhan persyaratan laik jalan.

asuransi kesehatan

Saya pribadi mempertimbangkan dua faktor saat memilih asuransi mobil di Indonesia. Pertama, cari perusahaan asuransi mobil yang prosesnya cepat dan gak bikin rempong.

Saat kita membeli polis asuransi mobil, pertimbangkan pihak asuransi mempermudah kita menjalani prosedur yang tadinya panjang dan berbelit menjadi cepat dan mudah. Pokoknya semua prosesnya sederhana, cepat, dan nyaman deh.

Selain itu, pertimbangkan juga perusahaan asuransi mobil yang menawarkan kenyamanan tambahan untuk membeli polis asuransi secara online. Secara ya, sekarang ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kedua, pilih perusahaan asuransi mobil yang maksimal memberi dukungan untuk pelanggan. Kalo perusahaan asuransinya udah andal dan bereputasi baik, pastinya mereka mempekerjakan personel terlatih dan berpengalaman untuk membantu menjawab pertanyaan dan menyelesaikan semua permasalahan pelanggan.

Bila perlu perusahaan asuransinya aktif melayani komunikasi langsung lewat obrolan telepon untuk memastikan masalah pelanggannya langsung diselesaikan tanpa perlu menunggu lama.

Manfaat Asuransi Mobil di Indonesia

Saya masih ingat pernah menjadi korban kecelakaan sebuah mobil saat masih duduk di bangku SMP. Pihak keluarga si pemilik mobil yang menabrak saya berkomitmen membiayai seluruh pengobatan saya, termasuk memperbaiki motor saya yang rusak parah akibat ditabrak. Kalo mereka gak bertanggung jawab secara finansial, ya siap-siap saja, ayah saya akan membuat laporan kecelakaan ke pihak kepolisian.

Waktu itu kepala, bibir, dan kaki kanan saya harus menjalani operasi kecil. Biaya pengobatannya cukup besar, hampir Rp 10 juta, belum termasuk biaya perbaikan motor saya.

Pihak yang menabrak saya membayar saya dengan uang cash. Coba aja dia mengasuransikan mobilnya, mungkin dia gak perlu keluar uang pribadi sebanyak itu, ya kan?

Ya emang sih, gak ada yang berencana kecelakaan. Setiap mengemudikan mobil kesayangan, kita pasti berhati-hati dan berdoa untuk keselamatan diri. Namun, nasib manusia siapa tahu kan? Kadang kalo lagi apes, mobil kita gak nabrak orang, eh malah mobil orang nabrak mobil kita. Ini bisa aja terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga.

Berikut adalah manfaat memiliki asuransi untuk mobil.

1. Mengurangi risiko biaya kerusakan

Mobil kita bisa rusak kapan aja. Mungkin hari ini kita masih yakin mobil kita punya mesin bagus. Namun, kerusakan mobil bukan cuma terjadi karena faktor usia, melainkan  juga faktor lainnya, seperti kecelakaan dan bencana alam.

Bisa dibayangkan betapa sedihnya kita melihat mobil kesayangan rusak, misalnya tertimpa sesuatu. Kalo biaya kerusakannya ringan, kita masih bisa bayar. Kalo biaya kerusakannya berat? Tentu saja kita harus merogoh rupiah cukup besar.

2. Mengantisipasi kasus pencurian mobil

marak terjadi di berbagai daerah. Mobil-mobil keluaran baru, hingga mobil tua sering menjadi bahan incaran para pelaku kejahatan.

Tanpa asuransi, mobil yang hilang karena dicuri tidak bisa ditemukan dengan mudah. Sudah hilang pun, kita harus mengikhlaskannya.

Kekhawatiran seperti ini tak perlu ada ketika kita memiliki asuransi. Jika mobil kita hilang akibat dicuri, asuransi ajan memberikan hak kita dari premi yang dibayarkan setiap bulan.

3. Memberi ketenangan

Bukan cuma ketenangan dompet saja ya, asuransi mobil juga memberi ketenangan jiwa. Asuransi mobil membantu melindungi diri kita sendiri dan orang yang menumpangi mobil kita.

Semisal kalo kita dan keluarga kecelakaan mobil, pihak asuransi bisa membantu membayar tagihan dokter dan operasi, seperti kejadian saya di atas.

Kita bisa mengajukan klaim ketika mobil hilang atau rusak. Kalo kita gak punya asuransi mobil, begitu mobil hilang atau rusak ya pasrah aja deh. Mau gimana lagi? Atau pilihan terakhir adalah ngumpulin rezeki lagi buat beli mobil baru.

Kalo mobil kita termasuk berisiko tinggi dicuri, artinya populer di kalangan maling kendaraan, maka premi mobil kita bisa lebih tinggi lagi. Kita perlu memperhitungkan peningkatan risiko untuk kendaraan kita.

Jangan lupa kalo pilih asuransi mobil, pilihlah yang memberi jaminan optimal untuk mobil kita.

4. Mengatasi masalah keuangan

Gak semua orang punya alokasi uang untuk perbaikan mobil. Kadang harus pakai duit tabungan yang tadinya buat investasi, ya terpaksa dipinjam dulu buat bayar perbaikan mobil.

Nah, kalo sejak awal mobil kita sudah diasuransikan, masalah seperti ini tak perlu lagi ditakutkan. Jadi, kita semacam punya kompensasi kalo ada masalah sama mobil kita. Makanya, pilihlah asuransi mobil di Indonesia yang terpercaya.

Polis asuransi mobil terbaik mencakup perbaikan dan pergantian kerusakan kendaraan, ganti rugi kepada pihak lain yang terdampak kecelakaan yang kita sebabkan, Guaranteed Auto Protection (GAP) berupa manfaat tambahan atau perlindungan ekstra, bahkan sampai biaya penyewaan mobil sekiranya mobil kita sedang diperbaiki. Sedetail itu loh.

Asuransi mobil itu sama pentingnya dengan asuransi kesehatan loh. Nah, kalo kalian tertarik untuk daftar asuransi untuk mobil, langsung aja mendaftar di lifepal.co.id sebagai penyedia asuransi yang udah pasti terpercaya.

Lifepal adalah salah satu asuransi mobil di Indonesia yang sudah sangat berpengalaman. Ada banyak jenis-jenis asuransi mobil yang bisa kita pilih lewat platform ini.

Preminya bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil kita. Namun, secara garis besar kisarannya mulai dari Rp 600 ribuan per tahun atau Rp 50 ribuan per bulan.

Ya ampun, ini mah relatif terjangkau ya. Kita absen ngopi sekali di coffee shop aja udah bisa bayar asuransi mobil sebulan. Hehehe.

Sebenarnya Lifepal gak cuma menyediakan asuransi mobil doang, tapi juga asuransi kesehatan. Jadi, kalo kebetulan kalian butuh asuransi mobil di Indonesia, plus butuh asuransi kesehatan juga, jangan ragu milih lewat Lifepal.

So, tunggu apa lagi? Segera daftarkan mobil kalian untuk mendapat proteksi maksimal bersama Lifepal.

7 thoughts

  1. Keren ya, era digital zaman seperti sekarang ini mencari asuransi terpercaya banyak ditemukan misalnya LIfepal ini bisa mengcover semua kebutuhan harian, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan dll. Layak dicoba nih jika sewakttu saat nanti membutuhkan asuransi lebih lanjut.

    Like

  2. Saya jadi teringat cerita adik-adik mahasiswa di kampus. Waktu itu mereka nyewa mobil, mobilnya kecelakan dan rusak bagian depannya. Entah ceritanya bagaimana, akhirnya mereka harus membayar untuk perbaikan yang jumlahnya belasan juta. Sebagai senior, kami pernah tanya apa ada asuransi. Konon katanya asuransinya gak penuh atau bagaimana, akhirnya mereka pakai uang kas organisasi untuk ganti rugi
    Mestinya bisnis rental mobil begitu pakai asuransi penuh ya, Uni. Cuma saya kurang tahu pasti berapa banyak jenis asuransi mobil ini

    Like

  3. Baru tau nih, peraturan di AS ketat juga ya. Mungkin tingkat kecelakaan di sana sangat tinggi, jadi penting banget bagi warganya wajib punya asuransi kendaraan. Pengguna kendaraan di Indonesia bisa membeli produk asuransi di Lifepal, apalagi premi per bulannya cukup terjangkau ya.

    Like

  4. Penting banget asuransi mobil karena manfaatnya banyak banget. Kita ngga pernah tahu mobil di jalanan kadang kalau ngga nabrak ditabrak orang lain kalau ada asuransi ngga sakit kepala, cukup klaim dan bayar beberapa ratus ribu sudah mulus lagi. Lifepal ini bisa jadi pilihan yaa muthe bagi yang punya kendaraan untuk ikutan asuransi.

    Like

  5. Bener, gak ada yang merencanakan kecelakaan mobil. Tapi kalo mobil sudah diasuransikan kok rasanya agak sedikit tenang ya. Beda aja gitu bawanya 😁

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.