Tampil Cantik dengan Budget Minim Saat Hamil

BUNDALOGY — Bunda sedang hamil? Selamat yaaa. Sekarang saatnya ‘berdamai’ dengan lemari pakaian bunda sembilan bulan ke depan.

Gaya berpakaian saat hamil (maternity style) tentunya jauh berbeda dari fesyen sebelum hamil. Tiga bulan pertama mungkin bunda masih santai. Memasuki bulan keempat, kelima, dan seterusnya, mau tak mau bunda membutuhkan pakaian baru.

Hamil bukan berarti meninggalkan style berpakaian. Ada begitu banyak pilihan gaya busana ibu hamil, tak peduli bunda tinggi atau rendah, berhijab atau tidak, tubuh kurus, sedang, atau gemuk.

Tips Belanja Baju Hamil

Perempuan mana pun layak terlihat cantik dan merasa istimewa menjelang hari bahagia menyambut buah hati. Sayangnya ketika bentuk tubuh berubah, kebutuhan pakaian yang menunjang kehamilan pun bertambah.

Kondisi ini bisa menyulitkan, terutama bagi bunda yang anggaran keluarganya ketat. Mikirnya, lebih baik menyimpan cukup uang untuk biaya persalinan ketimbang beli baju hamil. Nah, biar kantong gak jebol, berikut beberapa tips belanja baju hamil dengan budget minim yang bisa bunda praktikkan.

1. Lebihkan ukuran pakaian

Bunda sebaiknya melebihkan ukuran pakaian dua atau tiga nomor lebih besar. Ini karena tubuh bunda akan bertambah gendut dari bulan ke bulan. Bukan hanya ukuran celana, ukuran baju, sandal, sepatu, bra, dan celana dalam pun akan bertambah.

Bunda yang merangkap pekerja kantoran, belilah pakaian hamil yang nyaman dan maxi. Sekarang ini ada banyak pilihan pakaian hamil untuk ke kantor.

2. Miliki item wajib

Apa saja itu? Pertama, celana panjang khusus ibu hamil, atau rok yang bisa dipakai keluar rumah atau bekerja kantoran.

Bunda juga perlu memiliki  dua pasang legging hamil, kardigan atau jaket, dua atau tiga lembar kaos hamil yang longgar di bagian perut (nah, ini bisa pinjam punya suami), juga dua atau tiga lembar gaun. Gaun digunakan saat bunda diundang ke pesta, arisan, ingin menghadiri acara penting, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Baju Menyusui untuk Emak Berhijab

Alas kaki nyaman, bisa berupa sandal flat atau sepatu kets menjadi item penting. Saat cuaca panas, kaki ibu hamil biasanya mudah bengkak. Hindari memakai sepatu hak tinggi, apalagi stiletto.

Terakhir, aksesoris, khususnya sabuk atau ikat pinggang. Item ini membuat bunda tampil tetap stylish, gak jadi Humpty Dumpty lagi deh 😀

3. Item dengan harga terjangkau

Belilah beberapa item pakaian hamil dengan harga terjangkau, seperti celana dalam, bra, dan daster. Ini karena bunda hanya memakainya kurang dari setahun, atau maksimal 1,5 tahun. Bunda tidak mungkin selamanya memakai celana dalam XXL setelah si kecil lahir kan? So, buat apa beli yang mahal?

4. Black is friend

Hitam adalah warna dasar yang sering digunakan ibu hamil supaya tetap tampil menarik, khususnya menyembunyikan ukuran tubuh yang semakin besar. Bunda bisa memiliki celana panjang hitam, kardigan hitam, atau kemeja hitam.

6. Sewa pakaian

Jika tak mungkin membeli gaun, sementara bunda harus menghadiri acara-acara besar, misalnya pernikahan, menjadi pembicara di sebuah acara, tamu undangan, dan sebagainya, pertimbangkan menyewa pakaian. Ini juga lebih menghemat uang.

7. Rok jadi gaun

Saat perut semakin membesar, rok-rok cantik yang tersimpan di lemari tak lagi bisa dipakai. Coba tarik rok tersebut, khususnya yang model A-line hingga ke bagian dada di atas payudara. Taraaaa,  bunda sudah memiliki gaun trapeze gaya baru. Rok maxi sekarang sudah menjadi gaun mini.

8. Dibuang sayang

Jangan buru-buru menyingkirkan pakaian hamil bunda begitu si kecil lahir. Tubuh perempuan setidaknya membutuhkan waktu enam bulan setelah persalinan untuk bisa kembali memakai pakaian-pakaian lama.

Jika masih bagus, baju-baju hamil bekas pakai bisa disumbangkan atau diberikan kepada saudara yang mungkin membutuhkan.

Tips Tampil Menarik Saat Hamil

Saat mengandung putri pertama kami, orang-orang sepertinya kompak menyebut saya lebih bersinar dari biasanya. Bintang kali ah 😀 Duh, langka banget dipuji begitu sama orang. Pasti banyak yang punya pengalaman sama, ya kan?

Ibu hamil itu bukan cuma cantik, tapi memesona. Orang bilang, aura ibu hamil itu beda. Meski demikian, bunda bisa melakukan hal berikut supaya tetap menarik sepanjang kehamilan.

1. Yoga

Bunda akan merasa luar biasa dengan melakukan yoga selama kehamilan. Yoga cara terbaik menenangkan pikiran dan meregangkan tubuh. Pikiran terstimulasi positif untuk menghadapi tantangan persalinan.

Olah raga adalah energi yang membuat aliran darah lancar. Jika saat ini bunda masih belum rajin berolah raga. mulailah dengan rutinitas dua kali seminggu. Caranya bisa dengan jalan-jalan ke car free day, jalan sehat keliling kompleks, atau rekreasi alam. Ini akan membuat perasaan bunda semakin hebat dan berenergi.

2. Postur tubuh tegak

Usahakan postur tubuh selama kehamilan tetap tegak. Hindari membungkuk terlalu lama, meski berat badan semakin ekstra. Posisi tubuh membungkuk membuat bunda kesulitan bernapas lancar, sehingga mudah lelah.

3. Makan teratur

Diet seimbang dengan makan teratur, konsumsi buah dan sayur, serta vitamin akan memberi energi positif untuk ibu hamil. Hindari konsumsi kafein sementara waktu.

4. Menata rambut

Perubahan hormon membuat ibu hamil memiliki rambut tebal dan berkilau. Bunda bisa menggunakan momen ini untuk pergi ke salon mencoba potongan rambut baru, atau sekadar perawatan rambut biasa.

5. Berias

Riasan adalah cara terbaik membuat ibu hamil tampak cantik.

Inspirasi Maternity Fashion

Selain memilih gaya sendiri, bunda juga bisa mendapat ide berpakaian saat hamil dari artis luar atau dalam negeri.

Kali ini saya akan merekomendasikan maternity fashion ala selebriti Indonesia. Saya sengaja mengambil beberapa gaya yang simpel dan mudah.

1. Zaskia Adya Mecca

Gaya sporty chic ala Zaskia bisa menginspirasi hijabers milenial yang tengah menunggu kehadiran buah hati. Bia, panggilan sayang dari anak-anaknya bahkan sering memadumadankan jogger dengan atasan formal. Jogger sama nyamannya dengan celana olah raga bagi ibu hamil.

Zaskia juga sering mengenakan celana panjang hitam untuk menyamarkan perut. Sesekali ia memasang sabuk sebagai aksesoris.

Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca
Foto: IG @zaskiadyamecca

2. Andien Aisyah

Andien mempunyai selera fesyen unik, tak terkecuali saat hamil putra pertamanya, Anaku Askara Biru alias Kawa. Pelantun lagu Indahnya Dunia ini senang mengenakan gaun terusan pendek dengan detail menarik. Ada yang dihiasi sulaman, renda, mengakomodasikan style terkini dengan perut yang semakin membesar.

Sesekali Andien memilih gaun berpinggang tinggi, berpola, dengan bahan nyaman. Tak lupa ia hiasi aksesoris, seperti kalung, scarf, atau mengikatkan sweater di pinggangnya.

Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah
Foto: IG @andienaisyah

3. Sandra Dewi

Sandra Dewi senang mengenakan legging dan skinny jeans selama mengandung putra pertamanya Raphael Moeis. Legging dipasangkan dengan baju kaos, kemeja panjang, atau, kardigan panjang. Sesekali istri Harvey Moeis ini juga mengenakan gaun pendek dengan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, dan biru muda.

Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88
Foto: IG @sandradewi88

4. Acha Septiasa

Acha senang mengenakan jaket, kardigan, dan sweater selama hamil putri pertamanya, Bridgia Kalina Kharisma. Tak ketinggalan ia menyelipkan sepasang sandal atau sepatu flat yang nyaman.

Penampilannya terlihat nge-pop dengan potongan sweater beraksen netral dengan warna-warna pastel. Kardigan panjang menjaga tubuhnya tetap terlihat ramping, meski menonjol di bagian perut. Sangat kasual.

Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha
Foto: IG @septriasaacha

Semoga tulisan ini bisa membantu dan menginspirasi bunda semua yang sedang membaca. Cantik saat hamil itu tidak harus mahal. Sehat-sehat selalu ya, bumil 🙂

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.