Film Dignitate: Cinta, Harga Diri, dan Kehormatan

Film Dignitate karya terbaru sineas kondang Fajar Nugros yang tayang di Disney Hotstar 2020. Saya tertarik nonton film ini karena baru tahu ada Giorgino Abraham sebagai second lead. Masih belum bisa move on dari aktingnya Gio di serial Turn On yang perfect abis.

Dignitate dibintangi Alghazali, anaknya Bunda Maia Estianti nih. Pasangannya Caitlin Halderman. Ini film perdana yang mempertemukan mereka berdua.

Berikut pemeran utama dan beberapa pemeran pendukung film Dignitate:

  • Caitlin Halderman sebagai Alana
  • Ahmad Alghazali sebagai Alfi
  • Lania Fira sebagai Shabita
  • Giorgino Abraham sebagai Regan
  • Sophia Latjuba sebagai Mama Alfi dan Regan
  • Izabel Jahja sebagai Mama Alana
  • Teuku Ryzki sebagai Keenan
  • Sonia Alyssa sebagai Natasha
  • Bramanta Sadhu sebagai Max

Sinopsis Film Dignitate

Film Dignitate diadaptasi dari novel berjudul sama karya Hana Margaretha. Cerita yang hadir dalam versi Wattpad ini sudah dibaca lebih dari 10 juta kali.

Dignitate mengisahkan Alana, gadis cantik kelas III SMA yang terus berpindah sekolah dalam beberapa waktu terakhir. Alana menyimpan trauma mendalam akibat mantan kekasihnya, Regan, seorang pebalap liar sekaligus pecandu narkoba.

dignitate
Alana dan Alfi

Regan sangat mencintai Alana, tapi dengan cara salah. Dia kerap menyakiti gadis berambut panjang itu secara fisik dan mental, bahkan di bawah pengaruh narkoba.

dignitate
Regan

Putus dengan Regan tak serta merta membuat Alana bebas. Gadis berambut panjang ini sering ketakutan dan terus dibayangi sosok Regan.

Mama Alana yang single parent khawatir dengan keselamatan putrinya. Demi menghindari Regan, Alana dipindah sekolah ke SMA Sanjaya.

dignitate
Alana dan mamanya

Mama Alana memohon kepala sekolah untuk memilihkan teman sebangku terbaik untuk Alana. Di sana lah Alana berkenalan dengan Alfi, siswa III IPS yang juga murid paling cerdas di sekolah.

dignitate
Alana dan Alfi jadi teman sebangku

Alfi keras kepala dan jutek banget sama cewek. Dia gak suka sama cewek berisik dan manja. Alfi punya kesan buruk saat pertama kali bertemu Alana.

Sejak Alana dan Alfi menjadi teman sebangku, Alfi merasa dirinya semakin sering disanksi hukuman oleh guru. Kalo bukan karena Alana anak baru, Alfi gak bakal mau membantu gadis itu mengejar pelajaran.

Awalnya Alana juga gak suka sama Alfi karena menurutnya Alfi kasar. Ini mengingatkannya pada sosok Regan yang juga kasar.

Suatu hari Alana pingsan waktu stretching di lapangan. Pak Satrio, guru mata pelajaran olah raga menyuruh Alfi menggendong Alana ke UKS. Di sana Alana berkenalan dengan Shabita, cewek pendiam yang juga teman sekelasnya.

Gak butuh waktu lama bagi Regan menemukan alamat rumah baru Alana. Regan juga tahu Alana pindah sekolah ke SMA Sanjaya.

Alana kembali dihantui Regan, membuatnya takut pergi ke sekolah. Alfi yang merasa kehilangan teman sebangku mencoba berkomunikasi dengan Alana dibantu Keenan.

dignitate
Alana curhat sama Keenan

Keenan mengirim ringkasan catatan mata pelajaran Akuntansi yang dibuatkan Alfi untuk Alana. Pandangan Alana terhadap Alfi perlahan berubah. Alana merasa nasihat mamanya yang mengatakan bahwa semua laki-laki itu jahat gak berlaku untuk Alfi.

Alana kembali bersemangat ke sekolah karena Alfi. Teman sebangku yang biasanya berseteru akhirnya gencatan senjata. Alana membuat Alfi berjanji untuk gak kasar lagi sama cewek, siapapun itu.

dignitate
Janji Alfi pada Alana

Siang hari sepulang sekolah, Keenan melihat Regan memandang Alana dari gerbang sekolah. Keenan mencari tahu hubungan Alana dan Regan, kemudian mengabarkan Alfi.

film dignitate
Sabitha, mantan kekasih Regan.

Ternyata Alana bukan korban Regan satu-satunya. Shabitamantan kekasih Regan yang pertama bahkan bernasib lebih buruk. Dia menjadi taruhan Regan saat balap motor. Sabitha menjadi korban perkosaan Max, teman Regan sekaligus orang yang mengajak Regan mengonsumsi narkoba.

Sejak kedatangan Regan ke sekolah, Alfi semakin terobsesi melindungi Alana dan Sabitha. Siapa sesungguhnya Alfi? Apa hubungannya dengan Regan? Rahasia apa yang disembunyikan Alfi dari Alana?

Review Film Dignitate

Siswa-siswa SMA Senjaya mengadakan study tour ke kampung nelayan di luar kota. Alana, Alfi, Keenan, dan teman-teman sekelasnya ikut dalam perjalanan tersebut.

Saat semua murid melakukan sesi wawancara, Alana tiba-tiba melihat Sabitha mengasingkan diri, kemudian mengikuti dari belakang. Sabitha berusaha bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri ke laut.

film dignitate
Study tour SMA Sanjaya

Alana akhirnya tahu bahwa Sabitha adalah mantan kekasih Regan yang juga menjadi korban perkosaan Regan dan teman-temannya. Hal yang paling membuat Alana terkejut adalah Alfi ternyata adik kandung Regan.

Kehormatan

Mungkin ini alasan film berdurasi 1 jam 47 menit ini berjudul Dignitate. Sedari awal masing-masing tokoh memperjuangkan kehormatan dari berbagai sudut pandang.

Regan dan Alfi dua kakak beradik, putra dari pejabat pemerintahan. Sedari kecil Regan merasa kedua orang tuanya hanya sayang pada adiknya.

film dignitate
Regan berselisih dengan papanya

Papa Regan menuntut kedua putranya menjadi anak baik dan berprestasi. Dia kerap membandingkan Regan dengan Alfi. Hal ini membuat Regan semakin benci dengan papanya dan meninggalkan rumah.

Suatu hari Regan ditangkap polisi saat mengikuti balapan liar. Hal itu membuat papa Regan malu, hingga terkena serangan jantung dan meninggal dunia.

film dignitate
Alfi di pemakaman papanya

Sejak hari itu Alfi bertekad mengembalikan kehormatannya dan kehormatan keluarganya. Sebisa mungkin dia menjauhkan mamanya dari Regan.

Sejak awal hubungan Regan dan Alfi sudah ketebak. Ada scene di mana mama Alfi membungkus makanan dan mengirimkan diam-diam dengan ojek online tanpa sepengetahuan Alfi. Makanan tersebut ternyata untuk Regan.

Alana berusaha memahami posisi Alfi, tapi tak bisa menolak perintah mamanya yang ingin membawanya pindah kerja ke Bangkok, Thailand. Pindah ke luar negeri, menurut mama Alana cara terakhir untuk menjauhkan Alana dari Regan dan Alfi.

Alfi gak mau terus dicap buruk seperti kakaknya. Dia rela menjadi pebalap liar dengan tujuan membubarkan geng-geng balap motor yang berhasil dikalahkan.

film dignitate
Regan dan Max

Misi terakhirnya adalah mengalahkan Max. Sayang di tikungan terakhir motor Alfi tergelincir. Kaca helmnya membentur tembok beton, pecah, dan serpihannya mencederai kedua mata Alfi hingga buta.

Shabita memberanikan diri melaporkan Regan dan Max ke polisi. Akhirnya kedua orang itu ditangkap dan dipenjara. Regan dihukum 20 tahun kurungan plus denda.

film dignitate
Sopia Latjuba sebagai mama Regan dan Alfi

Regan menyesali semua kesalahannya. Namun, dia tetap berpikiran sempit, terlebih saat mengetahui Alfi buta karena Max.

Regan membunuh Max di penjara. Regan sendiri meninggal dunia karena dihajar sejumlah penghuni lapas. Surat wasiat terakhirnya menyebutkan Regan mendonorkan kedua matanya untuk Alfi.

Akhirnya udah ketebak ya. Happy ending. Alana berhasil meyakinkan mamanya bahwa dia bisa menjaga diri meski hidup sendiri di Jakarta.

Alana dan Keenan sosok yang terus berada di samping Alfi, menemani Alfi melalui masa-masa kelamnya, hingga Alfi bisa melihat lagi setelah menjalani operasi transplantasi kornea.

Sibling Rivalry

Sibling rivalry atau persaingan antara saudara kandung lumrah terjadi sedari dulu kala. Kadang anak pertama merasa tidak mampu dibanding anak kedua, atau anak kedua dan ketiga merasa tidak sepintar kakaknya. Meski demikian masing-masing anak sesungguhnya memiliki keahlian berbeda.

Sayangnya orang tua sering memperkuat perbedaan itu. Tujuan awal mereka sih katanya memotivasi. Namun, yang terjadi seringnya anak merasa dibandingkan dengan saudara kandungnya. Inilah yang dialami Regan terhadap Alfi.

Secara sosial, Alfi juga jengah karena kerap disamakan dengan Regan yang nakal. Perasaan negatif itu semakin kuat mana kala Alana menganggap Alfi pasti sama dengan kakaknya.

Pekerjaan mengasuh anak sangat menantang, terlebih orang tua yang memiliki anak dengan usia berdekatan dan dengan jenis kelamin sama. Ini yang terjadi pada Regan dan Alfi.

Keduanya cenderung merasakan tekanan kompetitif. Dalam kasus Regan dan Alfi, yang muda tertekan karena dicap anak nakal, sama seperti kakaknya.

film dignitate
Regan dan Alfi

Yang tua tertekan karena tidak bisa sepintar dan semanut si adik yang berprestasi. Bisa dilihat bagaimana pusingnya mama Regan dan Alfi menghadapi kedua anaknya yang bermusuhan, anak-anak yang seharusnya berteman baik dan saling menyayangi satu sama lain.

Kesimpulan

Film Dignitate memang menceritakan kehidupan anak-anak SMA, tapi gak seperti anak SMA kebanyakan. Gambarannya lebih relate sama anak-anak SMA di kota besar, seperti Jakarta dan Bandung.

Saya pikir film ini lebih cocok ditonton orang tua karena pesan-pesan parenting di dalamnya cukup berarti. Ada juga pesan persahabatan, sebagaimana yang ditunjukkan Keenan pada Alfi.

Karakter Alfi pas sekali diperankan Alghazali. Demikian juga karakter Regan yang diperankan Gio. Cocok lah mereka jadi adik kakak yang sama-sama jago balap motor.

Ini film Al pertama yang saya tonton. So, sayang banget karena saya gak bisa bandingin film Dignitate ini dengan akting Alghazali lainnya.

Jam terbang Caitlin Halderman yang sudah tinggi membuat aktris kelahiran Jakarta, 17 Juli 2000 ini gak kesulitan sama sekali ketika dipasangkan dengan Alghazali, bahkan saat keduanya harus beradegan romantis di akhir cerita.

dignitate
Happy ending di akhir cerita

Film-film Caitlin udah banyak ya. Satu judul paling berkesan buat saya adalah Forever Holiday in Bali (2018). Di sana Caitlin beradu akting dengan aktor sekaligus idol K-pop, Kay alias Thunder (member boyband MBLAQ).

Rating film Dignitate di IMDb cukup bagus, 7.9/10. Jalan ceritanya gak kayak film romance kebanyakan.

Cinta dibungkus dengan problem keluarga, menyangkut harga diri dan kehormatan dua pemeran pria. Cinta-cintaannya gak lebay, malah lebih banyak konflik keluarganya.

Satu yang saya sayangkan, sutradara dan penulis naskah sama sekali gak menampilkan scene yang sekilas bisa menceritakan hubungan Regan dan Alana atau Regan dan Shabita di masa lalu. Menurut saya lebih seru aja gitu lihat backgroundnya Regan.

Film ini cocok ditonton saat luang, misalnya weekend, saat kita punya jadwal kosong 1-2 jam buat nyantai.

Kamu udah nonton juga? Jangan lupa berbagi cerita di kolom komentar ya. Terima kasih.

11 thoughts

  1. Dari cuplikan kisah filmnya, sesuatu ya mbak. Karena ada hubungan saudara antara Alfi dan Regan. Jadi mau nonton juga, karena unik aktingnya si babang Al tamvan hehe

    Like

  2. Udah lama ga nonton film bertemakan remaja anak SMA dan kisah percintaannya. Alana ini cantik banget ya wajahnya imut indo. FIlm kayak gini memang bagus buat modal percakapan anak dan orang tuanya, parenting yang menghibur. Bagus đŸ˜€

    Like

    1. Sama kak, pengen banget nonton nih film. Entar kalo pas ada waktu senggang coba ku serach2 di youtube, atau aplikasi film2.

      Like

  3. Saya belum nonton, dan belum pernah tahu ada film ini. Setelah baca ulasan yang lengkap ini (walau spoiler banget), saya tetap akan nonton. Agak kaget pas diceritakan Alfi ternyata adiknya Regan. Biasanya kalau di drakor, pasti ditampilkan kisah cinta masa lalu macam Regan dan Shabita itu, buat penguat cerita, dan ga berada ada bolongnya. Tfs mbak. Bagus ulasannya.

    Like

  4. Ini konsepnya beti sama sinetron Indo
    Ada yang ‘kebetulan” adiknya mantan – kebetulan kecelakaan hingga buta – dan kebetulan yang ‘menguntungkan” sehingga tokoh antagonis bisa tersingkirkan

    Untung aja dikemas dengan apik oleh sutradara dan punya tokoh cakep kinyis kinyis

    eeeeh kok ini lebih kritik ya đŸ˜¦ maafkeun

    Like

  5. Awalnya saya menebak-nebak ada hubungan apa Alfi dan Regan? Ternyata memang saudaraan. Sibling rivals itu bisa bikin keduanya engga nyaman karena yang satu dibandingkan dengan lainnya. Pesan buat ortu juga agar tidak membanding-bandingkan anak. Efeknya kebawa sampai dewasa. Terekam dalam inner child mereka.

    Like

  6. Jadi ga ada adegan saat Regan dan Alana pacaran dulu, ya. Tapi durasi filmnya memang ga panjang banget sementara isah yang sekarang sudah padat merayap. Kalau bisa nonton ini mungkin saya suka. Beberapa kali katanya dapat voucher langganan Disney Hotstar tapi ga bisa diklaim. Males jadinya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.