Food Preparation dengan Wadah Kaca, Mahal tapi Sehat.

Food preparation (food prep) sangat meringankan pekerjaan ibu rumah tangga seperti saya. Bahagia ibu itu sederhana kok, sesederhana kita membuka kulkas trus lihat isi lemari es rapi dan bersih.

Isi kulkas yang tertata rapi adalah kunci memasak efisien. Kita gak perlu membuang lima menit waktu berharga buat ngubek-ngubek kulkas mencari wortel, kembang kol, buncis, dan bahan lainnya untuk membuat sayur sop. Kita gak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengupas bawang, cabai, dan printilannya.

Salah satu wadah penyimpanan terbaik untuk food preparation berbahan kaca. Memang, harganya jauh lebih mahal dari wadah plastik. Semua kembali lagi ke pertimbangan kita masing-masing.

Kelebihan Food Preparation dengan Wadah Kaca

Wadah kaca atau wadah plastik sama-sama mendapat tempat di hati kita. Tidak pas juga jika secara sepihak kita mengatakan kaca itu baik dan plastik itu jahat, meski plastik memiliki reputasi buruk di mata para pecinta lingkungan sebab diperkirakan baru sembilan persen saja limbahnya yang didaur ulang.

Wadah kaca juga wadah plastik memberi manfaat luar biasa bagi kehidupan kita sehari-hari. Nah, berhubung kali ini saya secara spesifik membahas wadah kaca untuk food preparation, berikut saya paparkan kelebihannya satu per satu.

1. Kualitas makanan lebih baik

Kita pasti sepakat bahwa makanan apapun yang disimpan di dalam wadah kaca rasanya akan tetap sama, tidak berubah. Apalagi jika tutup kacanya sempurna dan kedap udara.

Makanan atau bahan makanan yang disimpan dalam wadah kaca, pada waktu lama sekali pun, rasanya tetap segar dan enak. Kelebihan ini tidak akan kita dapatkan pada wadah plastik. Makanan atau bahan makanan yang disimpan lama dalam wadah plastik bisa mengalami penurunan kualitas dan rasa.

2. Bebas zat kimia berbahaya

Kaca tidak seperti plastik yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti phthalate, PVC, polikarbonat, atau BPA yang bisa larut ke dalam makanan atau minuman. Sedikit demi sedikit bahan berbahaya ini bisa mengendap dalam tubuh dan dalam jangka panjang akan memengaruhi kesehatan dengan cara berbeda.

Inilah alasannya orang lebih memilih wadah kaca. Tidak ada zat kimia yang akan larut ke dalam makanan yang disimpan di dalam wadah kaca.

3. Bisa didaur ulang tanpa akhir

Kaca bisa didaur ulang (recycle) berulang kali dan tanpa akhir. Kualitasnya akan tetap sama baiknya seperti kaca produksi pertama. Kemurnian kaca tak pernah hilang, tak peduli berapa juta kali kaca tersebut didaur ulang.

Plastik di sisi lain juga bisa didaur ulang, tapi kan tidak semua plastik didaur ulang menjadi wadah makanan. Bisa jadi plastik yang didaur ulang untuk wadah makanan dahulunya adalah plastik bekas pembuatan kursi, sedotan, tikar, atau mainan anak. Kemurnian plastik tidak sesempurna kaca.

4. Masa pakai lebih lama

Wadah gelas, botol, piring yang terbuat dari kaca bisa digunakan dalam jangka panjang. Ini jelas berbeda dengan wadah dan botol plastik yang sebagian besar tidak bisa lama digunakan. Sebut saja botol kemasan air mineral, botol plastik minuman berkarbonasi, dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, wadah plastik bisa terkena goresan, berubah warnanya, atau mengalami disfigurasi. Ini yang mempersingkat masa pakai wadah plastik. Berbeda dengan wadah kaca yang tak akan mengalami penurunan kualitas seperti plastik, kecuali terjatuh dan pecah.

5. Lebih cantik

Wadah kaca jauh lebih cantik. Bentuknya bening dan bersih. Makanan yang disimpan di dalamnya juga apik. Kaca menawarkan pengalaman food preparation premium dalam hal tampilan dan rasa.

Lima Wadah Kaca Terbaik untuk Food Preparation

Berikut saya merekomendasikan lima brand wadah kaca (glass container) terbaik untuk food preparation. Kisaran harganya saya dapatkan dari iPrice Indonesia, yaitu situs perbandingan harga berbagai produk kebutuhan sehari-hari yang dijual di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Zalora, Lazada, dan sebagainya.

1. Glasslock untuk ibu rumah tangga yang rajin memasak

Glasslock ada di urutan pertama wadah kaca terbaik untuk food preparation pilihan saya. Mengapa? Segel tutupnya kedap udara dan menutup sempurna, BPA-free, bisa ditaruh di freezer juga microwave, dan  tersedia dalam berbagai ukuran. Pas banget untuk ibu-ibu seperti saya yang suka masak di rumah dan senang menyiapkan food preparation untuk seminggu.

Kaca yang digunakan untuk wadah Glasslock merupakan tempered glass yang lebih kuat dari kaca biasa. Cocok nih buat istri yang suka bikin bekal makan siang suami untuk dibawa ke kantor. Duh, pokoknya kalo ada dana lebih, recommended banget nih mengoleksi Glasslock.

Kisaran harganya mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 400 ribu per pcs. Beli set lebih murah.

2. Prep Naturals Meal untuk keluarga doyan makan

Ibu-ibu yang suami atau anak-anaknya suka makan paling pas mengoleksi wadah kaca dari brand satu ini. Banyak menu dan varian makanan bisa disimpan di kontainer kaca berbagai ukuran.

Prep Naturals Meal juga cocok untuk persiapan piknik. Misalnya, kita mau berangkat piknik Minggu pagi, Sabtu malamnya kita bisa memasukkan makanan, buah, roti, dan sebagainya ke dalam wadah kaca.

food preparation

Prep Naturals Meal terbuat dari kaca borosilikat yang kuat. Wadahnya bisa dimasukkan ke microwave, oven, juga freezer. Jadinya kalo kita mau memanaskan makanan ya langsung saja masukkan bersama wadahnya.

Prep Naturals Meal menarik karena memiliki sekat pemisah makanan. Tutupnya antibocor dengan segel karet yang bisa dilepas ketika dibersihkan.

Kacanya tidak mudah pecah. Beberapa ulasan yang saya baca menyebutkan banyak pengguna tak sengaja menjatuhkan wadahnya tapi tidak pecah.

Kisaran harga Prep Naturals Meals di iPrice hanya tersedia sistem set, bukan satuan, yaitu Rp 900 ribu hingga di atas Rp 2 juta.

3. OXO Tot Baby Blocks untuk MPASI bayi

Ibu-ibu yang senang menyiapkan MPASI bayi paling cocok mengoleksi OXO Tot Baby Blocks. Ukuran wadahnya pas, bentuknya lucu, warna-warni, dan antitumpah.

Kita pasti terbantu banget bisa menyimpan bahan MPASI atau pun menu MPASI yang sudah jadi di OXO Tot Baby Blocks. Bayi yang baru belajar MPASI biasanya makan tidak banyak, apalagi yang masih berusia 6-7 bulan. Dari pada makanan yang gak habis dibuang, lebih baik disimpan di wadah kaca kedap udara.

4. Tedemei Glass Food Container untuk makanan porsi besar

Ibu-ibu yang senang menyiapkan makanan porsi besar cocok mengoleksi kotak kaca Tedemei. Penutupnya disegel keempat sisi, sehingga antibocor.

Wadah kaca Tedemei lebih tinggi, tidak sepipih wadah kaca kebanyakan, sehingga cocok untuk menyimpan salad, salad buah, dan buah potong. Harga beli Tedemei lebih ramah di kantong ketimbang tiga brand sebelumnya. Kisaran harga produk yang umum dijual mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 300 ribu per pcs untuk ukuran besar.

Tedemei lebih dulu populer dengan kotak makan siangnya yang terbuat dari stainless steel dengan berbagai desain menarik. Tedemei lunch box bisa disimpan dan dipanaskan pada suhu -20 derajat Celsius hingga 100 derajat Celsius.

5. LifeFactory untuk kado pernikahan atau hadiah untuk orang tersayang

Brand terakhir ini menurut saya paling unyu secara tampilan dibanding lainnya. Wadah kaca LifeFactory cocok banget buat dijadikan kado pernikahan untuk sahabat atau kenalan, bisa juga hadiah untuk orang tersayang, misalnya ibu kita.

Biasanya kan pengantin baru, khususnya mempelai perempuan nih, suka banget mengoleksi kontainer atau wadah makan warna-warni yang bentuknya lucu-lucu.

Wadah kaca LifeFactory bentuknya unik karena dilapisi karet silikon atas dan bawah. Wadah ini bisa dimasukkan ke dalam microwave, freezer, juga dicuci menggunakan dishwasher. Sayangnya beberapa review yang saya baca menyebutkan wadah kaca ini kadang sulit ditutup dengan pas, sehingga butuh usaha.

Beberapa orang berpendapat wadah plastik lebih nyaman dan hemat biaya ketimbang wadah kaca. Memang benar. Saya pun termasuk ibu rumah tangga yang lebih senang pakai wadah plastik.

Tak apa pakai wadah plastik, asal kita sadar dengan pilihan yang kita buat. Kita harus berhati-hati agar tidak membuang limbah plastik sembarangan yang akhirnya mencemari lingkungan dan membunuh banyak organisme di laut.

Saya percaya apapun pilihan kita itu tidak masalah. Walau belum mampu membeli wadah kaca dalam jumlah banyak untuk food preparation, kita sama-sama berkomitmen menjaga Bumi ini lebih ramah lingkungan.

bundalogy

9 thoughts

  1. kayaknya pas nih buat jadi kado pernikahan papa mama besok haha soalnya suka nyimpen makanan juga mama ku di kulkaas

    Like

  2. Ya ampun ituuuh LifeFactory unyu bener ya…Suka yang colourful begini. Pasti lebih semangat masaknya.
    Memang bener wadah kaca punya banyak kelebihan. Aku sudah pakai tapi belum semua, masih campur dengan plastik. Hm..keknya pelan-pelan memang mesti beralih ini. Buat kesehatan yang utama pasti!

    Like

  3. Food Preparation aja malah belumbelum juga saya terapkan. Wkwkwk. Niat mulu, realisasi gak. Tapi gak papa deh, baca ini jadi tahu kalau lebih baik dan sehat pakai wadah kaca. Jadi besokbesok kalau sukses food prepnya, ya pastikan udah pakai wadah kaca 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.