Bumil on Duty: Liputan Annual Meeting IMF-World Bank 2018

43514593_10217248423191554_6224484394564845568_n.jpg

Telat banget yaaaa ceritanya baru ditulis sekarang. Hihihi. Acaranya udah sejak 8-14 Oktober 2018. Tapi gak papa lah, dari pada enggak sama sekali.

Indonesia di mata saya benar-benar diuji sebagai negara besar di tengah serangkaian bencana. Saat Lombok berduka, Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Saat Palu berduka, Bali menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) – Bank Dunia (World Bank) 2018. Continue reading “Bumil on Duty: Liputan Annual Meeting IMF-World Bank 2018”

Advertisements

Darth Vader is Pregnant: Mudah Marah Saat Hamil

WhatsApp Image 2018-11-01 at 13.01.42.jpeg

Sisi gelap kehamilan itu adalah emosional dan marah. But, no one talks about it. Kebanyakan cuma cerita yang indah-indah saja. Cerita gak enaknya paling cuma seputar morning sickness, atau susah makan di trimester pertama. Memang, kalo lagi hamil katanya harus perbanyak berpikir positif, rileks, dan istirahat. Tapi, faktanya kan gak selalu begitu.

Of course, gak semua perempuan hamil mengalaminya (suka marah-marah). But I do. Di kehamilan kedua ini aku melalui hari-hari tak biasa, jauh berbeda dengan kehamilan pertama dulu. Continue reading “Darth Vader is Pregnant: Mudah Marah Saat Hamil”

A Weaning Story: Mae Lulus S1, S2, S3 ASI

marlenesusan.jpg
Foto: Marlene Susan

Kapan Mae disapih?

Pertanyaan pertama dari ibu, mama mertua, bahkan suami begitu mengetahui aku hamil lagi saat Maetami berusia genap dua tahun. It’s hard for the mother and the baby, isn’t it? Sebulan, dua bulan, tiga bulan aku santai menjawab pertanyaan sama. Aktivitas menyusui Mae jalan terus, sama sekali gak berubah meski dibulan ketiga dokter mengabarkan aku hamil anak kembar.

Sejak Mae 2 tahun sebenarnya perlahan aku mulai mengurangi direct breastfeeding. Alhamdulillah saat 2 tahun 2 bulan, Mae sudah sangat jarang, bahkan terbiasa gak nenen nenen siang hari. Kalo malam hari sebelum tidur masih wajib. Kalo gak, Mae bakal tantrum dan nangis kejer.

Continue reading “A Weaning Story: Mae Lulus S1, S2, S3 ASI”

Pregnancy Update! My Twin Boys

123rf.jpg
Foto: 123RF

Waktu dr Semadi bilang bayi kembar kami keduanya berjenis kelamin laki-laki, sulit menggambarkan apa yang kurasakan saat itu. Benar-benar kejutan. Berulang kali nanya, “Beneran nih, dok?” Kemudian pas aku dan mas menyadari dr Semadi gak mungkin bercanda, tawa kami pun pecah di Klinik Kulhen malam itu, 31 Agustus 2018.

Bergantian aku mengalihkan pandangan ke monitor saat dokter melakukan USG, kemudian gantian melihat wajah mas yang merekam video pemeriksaan kandunganku yang sudah empat bulan dan tak lama lagi menjelang lima bulan. Alhamdulillah wasyukurillah. Kulihat wajah mas tampak bahagia, bangga, bersyukur, terharu, ekspresi campur aduk gak ketebak terlihat di wajahnya, disela dengan kepo-nya Maetami yang terus-terusan nanya sambil nunjuk ke TV, “Pa, pa, apa itu?” Continue reading “Pregnancy Update! My Twin Boys”

Hamil Si Kembar

twin-babies_2.png

Yes, you read that right! Two little blessings sent from above.

Allah Maha Besar. Aku menyadari hamil kembali tepat sehari mau mudik ke Jakarta Lebaran Juni 2018. Tahunya dari test pack saja karena si merah udah telat tiga hari. Sebagai perempuan yang siklus haidnya teratur, patut menaruh curiga pada si merah yang tak pernah ingkar janji.  Continue reading “Hamil Si Kembar”

Maetami Sariawan Perdana

 

20180221042631.685-1457447429
Foto: Halodoc

Gak tahu ini udah jalannya apa gimana, mendadak di usia 2 tahun 1 bulan Maetami anakku sariawan perdana. Maetami masih belum bisa cerai ASI, masih suka ngempeng malam sebelum tidur, meski intensitas mimikcu-nya udah berkurang.  Continue reading “Maetami Sariawan Perdana”

Anakku yang tidak Selalu Manis

27752270_10215388570616402_714658233248993032_n

“Gimana sih caranya bikin bayi berhenti merengek?”

“Kok bayiku gak bisa lama anteng main sendiri ya? Harus bareng aku terus?”

“Anakku gak bakalan biarin aku masak atau ngerjain apapun. Melihatku gak ada di sampingnya aja langsung nangis kejer. Lama-lama emaknya bisa gila!”  Continue reading “Anakku yang tidak Selalu Manis”