Bersitegang dalam Melodi

IMG-20190601-WA0007
Kakak Mae, 3 tahun

Judulnya nyontek dikit dari kuis legendaris besutan Om Koes Hendratmo, Berpacu dalam Melodi yang populer di TVRI era 1990-an. Itu kalo emak tebak lagunya sama Om Koes. Kalo lawan mainnya anak bayi tiga tahun yang ngomong aja belum fasih? Judulnya jadi Bersitegang dalam Melodi.  Continue reading “Bersitegang dalam Melodi”

Advertisements

Mudik Bareng Kembar, Double Trouble Double Fun!

WhatsApp Image 2019-06-26 at 13.24.35.jpeg

“Anaknya kembar ya?”

Tiga kata ini kerap kami dengarkan sepanjang perjalanan mulai dari Bandara Ngurah Rai, Bali hingga mendarat di Soekarno-Hatta, Jakarta. Sebagai pasangan yang baru saja memiliki anak kembar dan harus mudik di saat usia mereka belum setahun, kami tahu perjalanan ini bakal sangat menantang. Kami perlu  rencana matang. Maybe a lot of planning. Continue reading “Mudik Bareng Kembar, Double Trouble Double Fun!”

My Twin Birth Story: Selamat Datang Pelindung dan Perisai Kecilku

WhatsApp Image 2019-02-11 at 12.48.23.jpeg

Dua minggu sudah berlalu. Dua pasang mata indah itu menatapku setiap hari. Meski pandangan mereka masih kabur – karena bayi baru bisa melihat jelas saat berusia 3-4 bulan – namun mereka bisa merasakan kehadiran ibunya lewat sentuhan, lewat pelukan, lewat aroma tubuh, lewat suara, lewat ASI yang kuberikan padanya setiap hari. Continue reading “My Twin Birth Story: Selamat Datang Pelindung dan Perisai Kecilku”

Menghitung Hari Menyambut Si Kembar

WhatsApp Image 2019-01-21 at 11.37.04.jpeg

Cuti melahirkan kuambil lebih awal, 15 Januari 2019. Due date persalinan menurut dokter adalah akhir Januari tahun ini. Gimana ya? Perut ibun udah gendut banget. Letoy bawa gembolan kemana-mana, udah gak mungkin terjun ke lapangan lagi.

Bulan kesembilan itu akhirnya datang juga ya nak. Gak seperti kehamilan pertama dulu, setiap tahapannya detail banget kuceritakan. Kehamilan kedua kali ini aku sedikit cuek. Bukan karena gak care sama si utun, tapi hari-hari mengandung mereka benar-benar penuh perjuangan. Semua jadinya serba dobel. Dobel morning sicknessnya, dobel mood swingnya, dobel lelahnya, dobel pula kerjaannya. Continue reading “Menghitung Hari Menyambut Si Kembar”

Saat Jawaban Si Kecil Serba “No!”

WhatsApp Image 2018-11-16 at 17.15.48.jpeg
Maetami (2y5m)

Sejak Maetami (2y5m) semakin pintar ngomong, semakin banyak mengingat suku kata, semakin aktif menjelang usia 2,5 tahun, saat itu kemandiriannya semakin meningkat. Hal yang sering membuatku frustasi, kadang stres sendiri adalah kebiasaannya yang suka berteriak di rumah dan mengatakan gak, no, ndak mau setiap kali diajak atau diminta melakukan sesuatu.

Udah empat bulan lebih penyakit endless no-nya ini muncul. Setiap si anak ngebantah, emaknya rasanya pengen jedukin kepala sendiri ke tembok peron 9 3/4 di Stasiun King’s Cross-nya Harry Potter. Continue reading “Saat Jawaban Si Kecil Serba “No!””

Bumil on Duty: Liputan Annual Meeting IMF-World Bank 2018

43514593_10217248423191554_6224484394564845568_n.jpg

Telat banget yaaaa ceritanya baru ditulis sekarang. Hihihi. Acaranya udah sejak 8-14 Oktober 2018. Tapi gak papa lah, dari pada enggak sama sekali.

Indonesia di mata saya benar-benar diuji sebagai negara besar di tengah serangkaian bencana. Saat Lombok berduka, Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Saat Palu berduka, Bali menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) – Bank Dunia (World Bank) 2018. Continue reading “Bumil on Duty: Liputan Annual Meeting IMF-World Bank 2018”

Darth Vader is Pregnant: Mudah Marah Saat Hamil

WhatsApp Image 2018-11-01 at 13.01.42.jpeg

Sisi gelap kehamilan itu adalah emosional dan marah. But, no one talks about it. Kebanyakan cuma cerita yang indah-indah saja. Cerita gak enaknya paling cuma seputar morning sickness, atau susah makan di trimester pertama. Memang, kalo lagi hamil katanya harus perbanyak berpikir positif, rileks, dan istirahat. Tapi, faktanya kan gak selalu begitu.

Of course, gak semua perempuan hamil mengalaminya (suka marah-marah). But I do. Di kehamilan kedua ini aku melalui hari-hari tak biasa, jauh berbeda dengan kehamilan pertama dulu. Continue reading “Darth Vader is Pregnant: Mudah Marah Saat Hamil”